Cara Beternak Bebek Secara Intensif

Beternak Bebek

Sekarang ini beternak bebek memiliki kelebihan salah satunya lebih tahan penyakit jika dibandingkan dengan ayam ras sehingga dalam pemeliharaannya mudah. Berdasarkan dari macam jenis bebek yang sudah terkenal, bebek menurut tipenya digolongkan menjadi tiga, yaitu :

Mengenal Bebagai Jenis Bebek Pedaging

Bebek pedaging merupakan sejenis bebek yang diternakkan untuk diperoleh dagingnya. Budidaya ternak bebek pedaging, bisa dibilang cukup menguntungkan karena permintaan daging bebek saat ini meningkat cukup signifikan. Bebek tipe ini memiliki ciri – ciri diantaranya : memiliki ukuran kepala yang besar dengan tubuh hampir horizontal serta pada punggung lebar dan lurus mendatar. Yang termasuk dalam tipe bebek ini adalah :

1.Bebek Manila

Bebek Manila atau entok merupakan bebek yang baik digunakan sebagai bebek potong karena memiliki berat badan sekitar 3-3,5 kg/ ekor dan memiliki ukuran tubuh yang besar. Selain itu bebek manila juga memiliki daya eram yang baik.

Bebek Manila
Bebek Manila

2. Bebek Serati

Bebek Serati atau mandalung adalah jenis bebek hasil perkawinan silang antara ternak entok jantan atau bebek manila atau bebek muscovy dengan bebek betina lokal. Bebek ini termasuk dalam tipe pedaging karena memiliki tubuh besar, baik bebek jantan maupun betina.

Bebek Serati
Bebek Serati

3. Bebek peking

Bebek Peking adalah bebek yang terkenal akan nilai ekonomisnya yang tinggi. Bebek ini termasuk tipe dwiguna, karena untuk bebek betinanya dijadikan petelur, sedangkan untuk yang jantan dijadikan pedaging. Cara ternak bebek peking sendiri termasuk susah-susah gampang dimulai dari pemeliharaan mulai dari usia 1-14 hari.

Dalam merawat anakan bebek ini dipisahkan dari induknya dan diletakkan dikandang box yang diberi penerangan karena usia anakan ini masih cukup rawan. Pada beternak bebek yang masih anakan ini diberikan makanan khusus yang memiliki kandungan protein sekitar 20%.

Pada usia bebek 15 sampai 60 hari adalah masa pertumbuhan, diwaktu itu bisa memulai memilih bebek jantan dan betina yang mempunyai kualitas unggul. Untuk pemilihan bebek jantan dan betina diberikan kandang khusus yang dilengkapi tempat bertelur, kandang umbaran serta perairan yang baik, misalkan saja kolam hal ini disesuaikan dengan habitatnya.

Bebek Peking
Bebek Peking

4. Bebek Hibrida

Hibrida merupakan bebek hasil persilangan antara bebek mojosari dengan bebek alabio.  Bebek ini memiliki 2 fungsi, yakni dapat dijadikan bebek penghasil daging dan telur. Produks telunya pun juga tidak kalah dibanding dengan bebek petelur lainnya. Dalam sekal masa bertelur bebek ini dapat menacapai sekitar 220 – 230 butir per tahunnya. 

Jika peternak ingin menjadikan bebek hibrida sebagai bebek penghasil daging maka peternak memerlukan masa pemeliharaan sampai 45 hari. Cukup singkat bukan untu masa panen bebek tersebut. Selain itu bobot yang dihasilkan bebek hibrida dalam sekali panen sekitar 1,2 – 1,5 kg per ekornya. 

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida

5. Bebek PMP

Jenis bebek ini adalah bebek yang secara genetis memiliki campuran darah bebek peking (jantan) dengan bebek mojosari putih (betina).

Bebek PMP
Bebek PMP

6. Bebek Lokal Pejantan

Bebek Lokal Pejantan adalah jenis bebek yang sering dijadikan sebagai bebek penghasil daging. Bebek lokal ini termasuk jenis petelur tetapi yang dijadikan sebagai pedaging adalah jenis kelamin jantan. Bobot yang dihasilkan bebek ini dapat mencapai 1,1 – 1,5 kg per ekornya. 

Bebek Lokal Mojosari
Bebek Lokal Mojosari

2. Bebek Petelur

Mengenal Berbagai Jenis Bebek Petelur di Indonesia  

Bebek Petelur merupakan jenis bebek yang memiliki penampilan tubuh relatif tegak serta kuat berjalan jauh. Selain itu, bebek petelur ini memiliki bentuk tubuh seperti botol dengan lehernya yang panjang, kaki cukup besar, diantara kedua kakinya terdapat perut yang menggelantung, pada matanya cerah bersinar dan memiliki gerak-gerik yang lincah.

Untuk perawatan bebek ternak ras yang tradisional dengan memanfaatkan lahan yang luas misalkan persawahan atau bisa juga menggunakan kandang yang ada di dekat rawa dengan kawasan pertanian. Tetapi untuk saat ini mulai di terapkan cara ternak bebek petelur modern yang bisa memberikan hasil menguntungkan. Yang termasuk dalam tipe bebek petelur adalah :

1. Bebek Mojosari

Bebek Mojosari merupakan bebek lokal asli Indonesia yang banyak diternakkan untuk diambil telurnya. Produktifitas telur bebek mojosari dapat menacapai 240 – 250 butir per tahunnya. Bulu pada bebek mojosari ini cenderung berwarna cokelat kehitam – hitaman.

Analisa usaha ternak bebek petelur lengkap
Bibit bebek petelur jenis mojosari. Anda bisa mendapatkan bibit bebek berkualitas dari kami.

2. Bebek Alabio

Bebek Alabio adalah salah satu jenis bebek yang memiliki posisi berjalan dengan badan miring 45 derajat. Bebek ini banyak terdapat di daerah Pulau Kalimantan. Produktifitas telur yang dihasilkannya pun juga cukup tinggi.

Bebek Alabio
Bebek Alabio

3. Bebek Tegal

Bebek Tegal merupakan bebek yang memiliki daya tahan yang unggul. Pada bebek jantan mempunyai bulu ekor yang mencuat ke atas.

Bebek Tegal
Bebek Tegal

4. Bebek Magelang

Jenis bebek Magelang ini biasa orang menyebutnya dengan nama bebek kalung atau plontang karena bebek ini mempunyai kalung atau garis jelas pada leher berwarna putih.

Bebek Kalung
Bebek Kalung

5. Bebek Cirebon

Bebek Cirebon atau bebek rambon adalah bebek hasil persilangan antara bebek lokal cirebon dengan bebek alabio.

Bebek Rambon
Bebek Rambon

6. Bebek Bali

Jenis bebek bali ini yaitu bebek yang asli berasal dari indonesia yang kemudian mengalami perkembangan di pulau Bali dan Lombok. Bebek bali ini hampir memiliki kesamaan dengan bebek jawa tetapi pada bebek bali memiliki badan yang lebih sedikit berisi serta memiliki leher yang lebih pendek.

Bebek Bali
Bebek Bali

7. Bebek Khaki Campbell

Bebek Khaki Campbell adalah bebek hasil persilangan antara bebek jawa dengan bebek rouan dari Prancis. Di Indonesia, bebek ini bisa memproduksi telur 280 butir/ekor/tahun sedangkan di Eropa mampu 350 butir/ekor/tahun. Jika dibandingkan dengan bebek jawa bentuk telur bebek Khaki Campbell ini lebih kecil dan warna kerabangnya putih.

Bebek Khaki Campbell
Bebek Khaki Campbell

8. Bebek Damiaking

Bebek Damiaking ialah bebek yang memiliki warna seperti jerami kering. Nama damiaking sendiri diambil dari bahasa sunda (dami = jerami dan aking = kering)

Bebek Damiaking
Bebek Damiaking

9. Bebek Kerinci 

Jenis bebek ini dapat berkembang baik dihabitatnya,yakni daerah dataran tinggi antara 600 – 1500 m di atas permukaan laut.

Bebek Kerinci
Bebek Kerinci

10. Bebek Cihateup

Bebek Cihateup atau biasa dikenal dengan nama bebek pajajaran. Bebek cihateup juga disebut sebagai bebek gunung karena daerah berkembangnya pada ketinggian 378 m dari permukaan laut yang merupakan dataran tinggi dan memiliki udara yang dingin.

Bebek Cihateup
Bebek Cihateup

Jenis – jenis Bebek Ornamental 

Bebek Ornamental atau bebek kesayangan (Hobby) dipelihara karena memiliki ciri khas yang menarik. Untuk nilai ekonomis hampir tidak ada jika dijadikan sebagai produsen telur dan daging. Yang termasuk dalam tipe ornamental adalah:

1. Bebek Mandarin

Bebek Mandarin menurut kepercayaan dan tradisi di Tionghoa, dipercaya dapat mendatangkan kebahagian, terutama bagi pengantin yang baru saja menikah sehingga terdapat foto atau gambar bebek mandarin ketika ada upacara pernikahan.

bebek hias indonesia
Bebek Mandarin

2. Bebek Kayu

Bebek Kayu atau dinamakan juga ( Wood Duck – Aix Sponsa) karena salah satu jenis ini bertengger dan membuat sarang di lubang pohon atau dikotak sarang buatan. Penampilan bebek ini sangat menarik dan unik. Bentuk menyerupai kotak pada kepala serta memiliki ekor yang pendek dan juga lebar.

Wood duck
Wood duck

3. Bebek Liar

Bebek Liar atau Mallard Duck (Anas platyrhynchos) adalah burung liar yang hidup dan berkembang biak dihutan basah. Di hutan danau, kolam, sungai atau rawa dapat menemukan bebek ini.

Mallard Duck
Mallard Duck

Mudahnya Beternak Bebek Pedaging dan Petelur

Cara beternak bebek ini lebih mengguntungkan jika dibandingkan cara menggembala. Keuntungan lain yang bisa diperoleh antara lain kesehatan dan keselamatan bebek lebih terjamin, serta biaya pemeliharaannya juga lebih efisien. Ternak bebek petelur tanpa air pemeliharaannya dengan cara dikandangkan. Bebek sudah tidak lagi digembala ke sawah, hanya cukup di kandang. Di dalam kandang bebek petelur sudah disiapkan pakan dan minum. Yang perlu diketahui bahwa untuk memberikan pakan ternak bebek petelur berbeda kandungannya dengan bebek pedaging. Maka, peternak harus memberikan pakan sesuai dengan kebutuhan bebek.

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak bebek peking dan hibrida, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau bibit bebek pedaging peking dan hibrida yang siap kami kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
cara ternak bebek petelur modern, ternak bebek pedaging, cara ternak bebek petelur kering, cara ternak itik petelur tanpa air, pakan ternak bebek petelur, bebek ternak ras, cara ternak bebek peking, kandang bebek petelur

*Krisna Verawati*


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: