Berbagai Informasi Tentang Bisnis Ternak Bebek Petelur

Berbagai Informasi Tentang Bisnis Ternak Bebek Petelur

Bisnis Ternak Bebek
Bisnis Ternak Bebek sanagat menguntungkan

Bebek adalah hewan yang hidup di darat atau bisa disebut dengan unggas. Bebek ini adalah hewan pedaging yang sangat digemari oleh masyarakat luas. Untuk ternak bebek pedaging ini sangatlah mudah dan memerlukan teknik tertentu, untuk teknik pemeliharaan itik pedaging yaitu sebagai berikut :

 Menentukan Lokasi Budidaya Bebek 

Untuk lokasi budidaya itik sebaiknya berada di lokasi yg tidak bising, udara bersih,ketersediaan dengan sumber air bersih dan sumber pakan untuk menunjang kebutuhan itik setiap hari.    

Perkandangan dan Sanitasi

Sebelum memulai usaha/budidaya bebek ini kita harus menyiapkan kandang. Kandang merupakan faktor utama menentukan keberlangsungan usaha bebek ini untuk kedepannya. Kandang bebek ini berfungsi untuk tempat berlangsungnya hidup bebek dan proses untuk bereproduksi. Pembutan kandang ini juga tidak memerlukan biaya yang cukup mahal cukup dengan bambu sebagai tiang penyangga, kayu sebagai dinding dan asbes atau genting sebagai atap. Ada 3 tipe perkandangan dalam budidaya bebek pedaging ini, sebagai berikut :

1. Tipe kandang battery

Tipe kandang baterry ini, bebek dikandang satu persatu dalam satu kotak dengan ukuran panjang x lebar x tinggi (45 x 45 x 35 cm). Untuk ukuran kandang ini hanya cukup untuk 1 ekor bebek saja. Dengan tipe kandang ini, sistem perkawinannya harus menggunakan kawin buatan yang dilakkan oleh tanaga ahli atau inseminator.

2. Tipe kandang postal

Tipe kandang postal, bebek dipelihara dan di tempatkan dalam satu ruangan besar dengan jumlah tertentu. Pada tipe kandang ini, pemberian makan dan miniuman ditempatkan di dalam ruangan kandang, sehingga ternak bebek yang dipelihara selalu berada di dalam ruangan. Kapasitas bebek untuk tipe kandang postal ini tergantung dari jenis bebek yg dipelihara seperti bebek starter dan grower.

3. Tipe kandang ranch

Tipe kandang ranch ini merupakan pengembangan dari tipe kandang postal. Karena bebek tidak tahan terhadap panas, maka pembuatan kandang dengan tipe ini di bagian luar kandang disediakan halaman tempat bermain yang biasa dikenal dengan kandang umbaran yang dilengkapi dengan saluran air yg bersih atau kolam. Penggunaan saluran air bersih dan kolam ini berfungsi sebagai tempat mandi bebek atau tempat untuk membersihkan kotoran yang menempel di badan bebek dan untuk mendinginkan tubuh diwaktu siang hari.

Resiko ternak bebek

Pada segala jenis usaha pasti mengenal yang namanya resiko, baik resiko buruk dan resiko baik. Untuk resiko yang terdapat dalam ternak bebek ini adalah mudahnnya terserang penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur serta parasit.

Berbagai penyakit ini memang mudah menyerang bebek, kurangnya kebersihan kandang dan teknik pemeliharaan yang baik dan benar penyebab utama bebek mudah terserang penyakit. Dengan teknik pemeliharaan sistem panggung dapat menggurangi resiko buruk bebek terserang penyakit.

 

Cara Ternak Bebek Petelur Modern

Cara ternak bebek petelur modern adalah dengan menyediakan kandang dengan sistem yang akan dimanfaatkan telurnya. Karena telur yang dihasilkan bebek mempunyai harga yang sangat tinggi maka perawatan bebek petelur ini harus dengan sistem yang baik dan yang benar. Adapun cara yang akan kita terapkan adalah sebagai berikut :

  • Persiapan Kandang

Syarat utama budidaya bebek yang baik adalah persiapan kandang. Kandang yang baik akan menunjang kesehatan bebek, baik bebek petelur dan bebek pedaging. Untuk syarat kandang yang baik adalah ketersediaan air yg baik serta kondisi udara dan lingkungan yang baik pula.

Untuk tipe kandang yang cocok untuk bebek petelur ini adalah dengan tipe kandang ranch. Dengan tipe ranch ini bebek akan lebih leluasa dalam beraktifitas sehingga bebek tidak mudah stres dan terserang penyakit. Untuk lantai atau tempat istirahat bebek alangkah baiknya lantai dalam kondisi kering dan dilapisi dengan jerami, sekam atau serbuk kayu, ini digunakan agar keadaan telur bebek tidak mudah pecah dan tidak mudah busuk.

  •  Pemilihan Bibit

Setelah persiapan kandang selesai, maka langkah selanjutnya adalah pemilihan bibit bebek yang baik. Dalam pemilihan bibit bebek ini usahakan memilih bibit bebek yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Ini bertujuan agar telur yang dihasilkan oleh bebek dalam keadaan dan kualitas yang baik. Untuk jenis – jenis bebek kita dapat mmeilih ras bebek yang berbeda – beda, antara lain :

  1. Bebek Tegal
  2. Bebek Mojosari
  3. Bebek Bali (Anas SP)
  4. Bebek Alabio (Anas platurynchos)
  5. Bebek Rambon (Bebek Ras Cirebon)
  6. Bebek Turi
  7. Bebek Magelang (Kalung)

 

  • Perawatan Bebek dan Kandang

Untuk perawatan bebek dan kandang ini kita harus merawatnya dengan baik dan benar. Kandang dibuat luas agar bebek lebih leluasa dalam beraktifitas. Jika kandang terlalu sempit maka kurangilah jumlah bebek yang berada di kandang, ini bertujuan agar telur-telur yang berada di kandang tidak pecah akibat terinjak oleh bebek dan produksi telur yang dihasilkan oleh bebek lebih maksimal.

  • Pemberian Pakan

Pemberian pakan ternak yang bagus untuk bebek adalah dengan pakan yang terbuat dari pabrik. Pakan ternak yang dihasilkan oleh pabrik lebih teruji baik dan higienis. Dengan pakan dari pabrik ini harga yang dihasilkan cukup mahal tetapi kita dapat mengakalinya dengan bekatul, kulit kedelai atau ampas jagung. Dan untuk lebih baiknya lagi, kita dapat mencampurkan pakan tersebut dengan tambahan keong, bekicot, ikan kecil dan cacing, karena pakan dari hewan tersebut mempunyai protein yang tinggi dan menambah gizi baik pada bebek.

  • Masa panen bebek

Bebek biasanya akan bertelur setelah menginjak usia 6 bulan, bebek mulai bertelur pada waktu dini hari. Jadi untuk panen telur bebek ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari, hal ini bertujuan agar telur  bebek tidak pecah akibat terinjak – injak oleh bebek.

 

Cara Ternak Bebek Petelur Kering

Ternak Bebek
Telur siap dipanen

Cara beternak bebek petelur kering sangat diminati oleh pengusaha selain menciptakan keadaan kandang yang bersih keadaan udara pun terhindar dari bau bebek yang menyengat dan ini dapat meminimalisir keadaan lingkungan menjadi  kotor disebabkan oleh bebek.Cara ini juga terbukti memberikan keuntungan loh, yang diantaranya produksi telur lebih tinggi, kesehatan bebek lebih terjamin dan biaya menjadi lebih efisien.Lalu bagaimana cara beternak bebek petelur kering yang baik? Mari kita simak caranya berikut ini..

  • Teknik Dasar

Cara beternak bebek petelur ini dengan cara sistem kandangan. Dengan cara ini bebek tidak perlu diumbar/dilepas, cukup diletakan di dalam kandang dengan disediakan pakan dan minum. Dalam kandang pun tidak perlu disediakan kolam, sebab akan membuat bebek lebih banyak bermain dan membuat produktifitas telur yang dihasilkan tidak menurun.

  • Lokasi Kandang

Pemilihan lokasi kandang bebek dapat ditempatkan dimana saja sesuai dengan keadaan lingkungan yang ada seperti daerah pegunungan atau daerah berumput lainnya. Namun pastikan lokasi ini tidak bising atau gaduh supaya bebek tidak mudah stres dan terjangkit penyakit.

Dalam pemilihan lokasi kandang sebaikanya jauh dari daerah pemukiman warga, memang dalam pemeliharaan bebek ini tidak berbau tetapi alangkah baiknya jika hal ini dilakukan agar produktifitas telur bebek tetap stabil.

  • Pembuatan Kandang

Dalam pembuatan kandang ini kita dapat membuat kandang dengan biaya yang relatif murah. Seperti menggunakan bambu sebagai kerangka bangunan kandang kita, selain itu Anda juga dapat menggunakan jerami, ijuk, plastik, dan genteng sebagai atap.

Alas yang dapat kita gunakan pun dapat berupa cor cor an semen, dan jangan lupa dilapisi jerami,sekam atau serbuk kayu lainnya agar tidak melukai bebek dan tidak membuat telur menjadi pecah.

  • Tempat Pakan

Untuk pembuatan tempat pakan dan air ini dapat dibuat menggunakan kayu atau plastik, sebaiknya disediakan lebih dari satu. Hal ini berupaya agar memudahkan dalam pergantian tempat ketika dicuci dan lebih menjaga kebersihan kandang.

  • Luas Kandang

Dengan keadaan kandang yang luas akan membuat bebek lebih mudah bergerak dan beraktifitas. Untuk pembuatan kandang ini usahan kandang terletak dengan membujur ke arah utara ke selatan dan atap yang miring, buatlah atap sebelah timur lebih miring dari pada sebelah barat hal ini bertujuan agar sinar matahari pagi dapat dengan leluasa masuk ke dalam kandang.

  • Sirkulasi Udara

Pastikan aliran udara yang masuk kedalam kandang lancar, sebaiknya tinggi kandang tidak lebih dari 2 meter yang bertujuan agar peternak lebih mudah dalam membersihkan kandang. Tutup kandang tembok setinggi 60 cm dari lantai dan sisanya biarkan terbuka dengan ditutup kawat atau bilah – bilah bambu.

  • Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit bebek yang baik
Pemilihan bibit bebek yang baik

Langkah selanjutnya dengan adalah pemilihan bibit bebek yang baik. Dalam pemilihan bibit bebek ini usahakan memilih bibit bebek yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Ini bertujuan agar telur yang dihasilkan oleh bebek dalam keadaan dan kualitas yang baik.

  • Pemeliharaan lanjutan

Pada usia bebek petelur menginjak 10 hari, berikanlah pakan konsentrat yang telah direndam air dan diperas. Untuk bebek yang berusia 3 minggu keatas dapat diberikan dedak dengan ditambah porsi setiap harinya.

  • Vitamin Tambahan

Vitamin tambahan yang dapat kita berikan kepada bebek petelur berupa bahan organik seperti bekatul, dedak, kulit kedelai, daging kelapa dan sorgum.

  • Kebutuhan Minum

Untuk kebutuhan minum pastikan wadah minum pada bebek terisi penuh, sehingga bebek tidak muda kehausan. Ini berguna agar bebek memporoduksi telur dengan baik.

  • Produktifitas Telur

Pemberian pakan yang teratur akan menunjang keberhasialn bebek dalam bertelur. Sehingga telur yang dihasilkan lebih banyak. Dan setelah berusia 6 bulan pun bebek tetap dapat bertelur walaupun tidak ada pejantan. Tetapi, telur ini tidak dapat ditetaskan sebagai bibit anakan bebek, dikarenakan tidak adanyanya benih atau steril.Jika tujuanya sebagai pembibitan maka bebek betina dan pejantan terlebih dahulu disatukan ke dalam kandang tersendiri.

  • Panen

Telur yeng telah memasuki masa panen sebaiknya tidak disimpan terlalu lama, dan sebaiknya segera dijual agar telur masih dalam keadaan segar saat sampai di pasar.Lakukanlah perawatan ulang dari awal sampai akhir agar bebek petelur dapat berproduksi telur dan dapat menghasilkan telur lebih banyak lagi sesuai dengan target yang diharapkan oleh peternak.

 

Baca juga :

 

Pakan Ternak Bebek Petelur

pakan bebek
Dedak/ tepung kulit jagung

Saat ini , peternak bebek petelur dihadapkan pada masalah tingginya harga pakan dan ketersediaan yang tidak pasti. Dengan adanya permasalahan ini, peternak dapat mengakali dengan mencari bahan pakan alternatif sebagai bahan penyusun pakannnya.

Bahan pakan alternatif ini adalah bahan pakan yang jarang digunakan, terutama digunakan dengan skala yang besar. Padahal bahan pakan ini sering kita jumpai di berbagai tempat. Kandungan nutrie atau nutrisi yang terkandung dalam pakan ternak alternatif ini sangat baik bagi pertumbuhan bebek petelur.

Meskipun belum banyak yang mengetahui tentang pakan ternak ini, kita mesti menggali potensi sumber daya alam ini agar pertenak dapat mengetahui kegunaan bahan alternatif ini dengan baik. Berikut ini adalah bahan alternatif yang mulai digunakan oleh peternak di Indonesia :

  • Ampas Tahu

Ampas tahu adalah limbah yang berasal dari proses pembuatan tahu yang sudah tidak dipergunakan lagi. Kandungan yang terdapat dalam ampas tahu ini ternyata memiliki protein yang tinggi,disamping itu juga memiliki kelemahan berupa serat yang kasar, memiliki lemak yang tinggi serta mudan ditumbuhi jamur.

Dalam pemakaian ampas tahu hanya dapat diberikan dalam bentuk tambahan pada pakan ternak dan tempat pakan ini harus segera dibersihkan agar tidak ditumbuhi jamur.Sebelum dicampurkan ke dalam pakan bebek, sebaiknya ampas tahu dikeringan terlebih dahulu sampai kadar air yang terkandung kurang dari 13%.

  • Ampas Tempe

Ampas tempe berasal dari pembuatan tempe berupa kulit ari kedelai. Ampas tempe ini mudah dijumpai dimana saja, karena ketersediannya yang cukup melimpah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrik tempe yang berada di Indonesia. Namun, penggunaannya dalam pakan bebek ini terbatas karena kandungan serat kasarnya yang tinggi.

  • Nasi Kering

Nasi aking/nasi kering merupakan pakan alternatif yang mudah sekali dijumpai. Nasi aking ini merupakan sumber energi bagi bebek petelur. Untuk penggunaanya lebih baik menggunakan nasi aking/nasi kering yang tidak berjamur karena bebek mudah terserang penyakit oleh jamur mikroskopik.

  • Limbah Tauge

Limbah tauge yang dimaksud adalah kulit tauge berwarna hijau yang sering kita jumpai di pasaran. Limbah ini berpotensi sebagai bahan pakan bebek karena mengandung protein yang cukup tinggi.

  • Tepung hijauan

Tepung hijauan ini berasal dari tumbuh – tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar kita. Kandungan nutrien yang ada dalam tumbuh – tumbuhan hijau ini sangat baik bagi kelangsungan pertumbuhan bebek.Beberapa pakan alternatif yang dapat kita gunakan sebagai bahan tambahan pakan bebek ini diantaranya :

  1. Tepung daun singkong
  2. Tepung daun lamtoro
  3. Tepung enceng gondok
  4. Tempung kayambang
  5. Tepung kulit pisang
  6. Tepung daun pisang
  7. Tepung daun katuk
  8. Tepung daun beluntas

 

Analisa Ternak Bebek Petelur 100 Ekor

Bisnis Ternak Bebek
Analisis Beternak Bebek Dengan Memulai Bisnis Bebek Siap Telur

Sebelum memulai usaha sebaiknya peternak menganalisis biaya pengeluaran yang akan dibuat untuk membuka usaha, agar dalam proses pelaksanaanya nanti tidak ada kendala yang terjadi dan meminimalisir kekurangan biaya yang ada.

Dalam usaha berternak bebek, usaha ini dapat memberikan keuntungan yang maksimal kepada peternaknya. Banyak masyarakat lebih meilih berwirausaha, seperti berwirausaha ternak bebek ini dan modal yang kita keluarkan pun tidak terlalu banyak.

Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek kami dari hobiternak.com menyediakan. Kami menyediakan DOD Bebek Peking, DOD Bebek Hibrida, DOD Bebek Mojosari. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP :

0812-2028-8686

XL :

0819-3140-9353

Indosat :

0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel :

0812-2028-8686
0822-2123-5378

 

Kata Terkait :

ternak bebek pedaging, resiko ternak bebek, analisa ternak bebek petelur 100 ekor,analisis usaha ternak bebek petelur lengkap, cara ternak bebek petelur modern, bebek ternak ras, cara ternak bebek petelur kering, pakan ternak bebek petelur

^_^ Nuraaasikin ^_^

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: