Apa Saja Perbandingan Ternak Bebek dan Ayam Petelur?

Bagi calon peternak yang baru akan mencoba dalam berbisnis unggas, tentu mengalami kebimbangan dengan usaha ternak yang akan dilakukan karena di dunia unggas ada beberapa pilihan sehingga calon peternak tentu membutuhkan banyak informasi terkait usaha yang akan dilakukan.

Calon peternak akan mencari informasi yang sebanyak-banyaknya terutama masalah keuntungan dan kekurangan, berapa modal yang perlu dipersiapkan, tingkat resiko dan kebutuhan pasar akan produk tersebut.  

Informasi tersebut cukup penting sebagai acuan dasar sebelum terjun sebagai calon ternak. Banyak sumber informasi yang bisa diperoleh. Diantaranya adalah informasi dari pelaku usaha yang sudah lebih dahulu terjun di bidang tersebut dan internet.

Dari pelaku usaha, kita bisa memperoleh informasi mengenai pakan, pemeliharaan dari penyakit, keuntungan yang diperoleh, beberapa resiko dan informasi lainnya yang berguna sebelum membangun bisnis ternak unggas.

Dua jenis unggas yang sering membuat peternak bingung mau pilih yang mana yaitu bebek dan ayam | Image 1
Dua jenis unggas yang sering membuat peternak bingung mau pilih yang mana yaitu bebek dan ayam | Image 1

Salah satu sumber informasi lainnya adalah internet. Dari informasi di internet kita bisa memperoleh sesuatu mengenai gambaran usaha beternak bebek atau ayam.

Informasi tersebut bisa kita gabungkan dengan ilmu yang kita peroleh dari peternak yang sudah sukses sehingga ilmu tersebut bisa saling melengkapi. 

Bila kita ditanya mengenai perbandingan ternak bebek dan ayam, serta lebih menguntungkan mana ternak bebek petelur atau ayam petelur, maka kita perlu mengetahui dahulu informasi mengenai serapan pasarnya bagaimana. 

Seperti kita ketahui hukum alam yaitu demand dan supply. Dimana semakin banyak kebutuhan maka harganya akan semakin tinggi. Dan dimana kebutuhan sedikit maka harganya akan rendah. 

Setelah mengetahui serapan pasarnya barulah kita bisa menentukan usaha ternak yang akan kita lakukan. 

Kelebihan dan kekurangan ternak bebek petelur

Bebek mojosari si bebek petelur yang memiliki produktivitas tinggi | Image 2
Bebek mojosari si bebek petelur yang memiliki produktivitas tinggi | Image 2

Bebek petelur merupakan bebek yang cukup banyak peminatnya. Salah satu home industri yang cukup banyak menyerap produk telur bebek adalah home industri telur asin.

Peluang bisnis bebek dibidang telur asin cukup luas sehingga dapat menjadi salah satu peluang peternak bebek petelur untuk berkembang dengan pesat.

Biasanya telur yang dijadikan telur asin yang ukurannya cukup besar dengan cangkang yang tebal dan kuning telur yang berwarna orange.

Dengan adanya kriteria tersebut para peternak banyak berlomba-lomba menghasilkan telur yang berkualitas dengan memberikan pakan yang berkualitas tentunya serta pemeliharaan secara intensif sehingga mudah mengontrol pakan dan kesehatan bebek.

Selain sebagai telur asin, telur bebek banyak dimanfaatkan pada industri olahan telur seperti roti, lauk pauk bahkan jamu. Sehingga peternak bebek tidak perlu khawatir mengenai pemasaran telur bebek. 

Baca juga : 

Pengolahan telur bebek yang dijadikan menjadi telur asin daya serap pasarnya cukup tinggi | Image 3
Pengolahan telur bebek yang dijadikan menjadi telur asin daya serap pasarnya cukup tinggi | Image 3

Selain kelebihan, beternak bebek petelur juga mempunyai kekurangan dibandingkan dengan pemeliharaan ayam petelur :

  1. Bebek mempunyai tingkat konsumsi pakan yang lebih tinggi dibandingkan tingkat konsumsi ayam petelur
  2. Bebek lebih sensitif terhadap pakan yang kualitasnya kurang bagus dan berjamur
  3. Kotoran bebek lebih menyengat dibandingkan kotoran ayam petelur

Beberapa kelebihan memelihara ayam petelur

Ayam petelur isa brown mulai bertelur usia 16 minggu dan memiliki produktivitas telur yang cukup tinggi  | Image 4
Ayam petelur isa brown mulai bertelur usia 16 minggu dan memiliki produktivitas telur yang cukup tinggi | Image 4

Ayam petelur mempunyai beberapa kelebihan diantaranya peminatnya masih tinggi, bahkan terkadang terjadi kelangkaan stok karena masa pemeliharaannya cukup lama. 

Harga relatif stabil dibandingkan dengan ayam petelur lainnya bahkan harga masih jauh di atas harga ayam petelur lainnya. 

Ayam petelur mempunyai permintaan yang stabil dan masih cukup jarang peternak yang fokus pada bidang ayam petelur, sehingga masih memberikan celah bagi peternak pemula yang berniat memelihara ayam petelur.

Baca juga : 

Berikut ada beberapa perbandingan ternak bebek dan ayam petelur

2 unggas yang berbeda ini mempunyai perbedaan baik dalam pemeliharaan ataupun sifatnya | Image 5
2 unggas yang berbeda ini mempunyai perbedaan baik dalam pemeliharaan ataupun sifatnya | Image 5

1. Kandang

Untuk kandang bebek perlu dalam kondisi kering dan bersih serta bisa muat 50 ekor per kandang.

Berbeda halnya untuk ayam petelur dalam 1 kandang terdapat 1 ekor ayam dengan bentuk kandang baterai, sehingga perlu penerangan lampu setiap meter persegi.

2. Pakan

Untuk pakan lebih banyak bebek dan lebih mahal pakan bebek dibandingkan pakan ayam petelur.

3. Vaksinasi

Untuk program vaksinasi, ayam petelur lebih terjadwal dan lebih teratur dibandingkan vaksin pada bebek. 

4. Produksi telur

Untuk bebek mempunyai puncak produksi telur yang lebih tinggi bisa mencapai 90 %  dengan rata-rata 70 % dibandingkan dengan ayam petelur yang mempunyai puncak produksi telur sekitar 80 % dan rata-rata sekitar 60 % per ekor 

5. Masa bertelur

Lama masa bertelur ayam petelur lebih unggul karena bisa mencapai 15 bulan sedangkan untuk bebek lebih rendah hanya  7 – 10 bulan.

6. Faktor stres

Ayam petelur lebih mudah stres yang mengakibatkan penurunan produksi telur dibandingkan dengan bebek petelur. 

7. Untuk pengelolaan

Dalam pengelolaan sama-sama mudah, bedanya jika untuk ayam petelur paling utama adalah disiplin dalam vaksinasi sedangkan untuk pengelolaan bebek lebih  memilah musim agar tingkat kematian rendah.

Jadi untuk bebek sebaiknya dipelihara pada musim kemarau dan tidak pada musim dingin. 

Lebih untung mana bebek petelur atau ayam petelur

Kalau dilihat dari sisi penjualan telur, usaha bebek petelur atau ayam petelur lebih menguntungkan ayam petelur hal ini karena telur ayam banyak dikonsumsi oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

Meskipun telur bebek sebenarnya bisa juga menguntungkan, namun jika dibandingkan dengan ayam petelur lebih menguntungkan ayam petelur. 

Setelah mengetahui hal tersebut terlihat bahwa  beternak ayam petelur lebih prospek dibandingkan dengan memelihara bebek petelur. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat ternak

Jika Anda tertarik untuk beternak ayam atau pun bebek petelur kami dari hobiternak.com menyediakan. Kami sedia DOC dan DOD yang bisa dikirim ke seluruh penjuru Indonesia. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami dibawah ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK perbandingan ternak bebek dan ayam word2

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : 

lebih untung mana bebek petelur atau ayam petelur, perbandingan ternak ayam dan bebek pedaging, perbandingan ternak ayam dan entok, bisnis bebek, kelebihan dan kekurangan ternak bebek, usaha bebek petelur atau ayam petelur, cara ternak bebek untuk pemula, cara beternak ayam dan bebek

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: pixabay.com
  • image 1: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 3: pixabay.com
  • Image 4: pinterest.com
  • Image 5: pixabay.com
  • cover: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA