Yuk, kenali 6 Tips Supaya Bebek Bertelur Setiap Hari

Ternak bebek memang merupakan salah satu usaha yang dapat dikembangkan untuk mendapatkan keuntunggan. Keuntungan tersebut didapatkan dari telur yang dihasilkan dari bebek yang dipelihara atau diternakan. Dari tahun ke tahun permintaan akan bibit bebek atau DOD bebek semakin mengalami peningkatan, baik dari permintaan daging, telur yang dihasilkan, bulu bebek maupun kotoran bebek yang berfungsi sebagai pupuk tanaman.

Semakin banyaknya masyarakat yang memelihara bebek ini disebabkan karena kesadaran masyarakat sendiri yang telah mengetahui akan kandungan gizi dan protein tinggi yang ada di dalam daging bebek. Kandungan gizi ini tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan fit. Selain itu daging bebek memiliki citarasa yang lezat sama halnya dengan daging ayam kampung, bahkan daging bebek memiliki tekstur yang lembut, enak dan padat.

Bebek Raja dan Ratu memiliki produktifitas telur yang cukup tinggi

Ternak itik bertelur  saat ini cukup diminati oleh beberapa peternak di indonesia, baik peternak pemula maupun peternak senior. Karena memang hasil yang dihasilkan dari ternak bebek bertelur memiliki hasil yang cukup tinggi. Berbagai cara untuk menghasilkan ternak bebek agar cepat bertelur, telah banyak dilakukan oleh peternak. Melalui inovasi inovasi baru peternak dapat meracik pakan sendiri dengan komposisi yang memang dibutuhkan oleh bebek petelur. 

Apakah Bebek Petelur bisa Bertelur Setiap Hari ? 

Beternak bebek memang dapat dijadikan mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan keluarga dalam sehari – hari. Tatapi sebelum beternak alangkah baiknya jika peternak menyiapkan segala sesuatunya dengan terencana dan terperinci. Seperti dalam pembuatan kandang, sarana dan prasarana kandang, menejemen pakan dan pengendalian terhadap bebek yang terserang penyakit.

Kebutuhan pakan bebek petelur memang harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk bebek. Karena pakan ini sangat menunjang pertumbuhan dan produktifitas pada bebek agar bebek cepat bertelur. Setiap harinya bebek membutuhkan 18 % protein dengan pakan minimal 150 gram. Dan untuk cara beternak bebek agar cepat bertelur ini sudah mulai banyak dipraktekan oleh sebagian masyarakat. 

Bebek Mojosari merupakan salah satu bebek penghasil telur yang dikenal dengan produktifitasnya yang cukup tinggi.

Sistem pemeliharaan yang banyak digunakan oleh para peternak untuk menghasilkan bebek agar cepat bertelur yakni dengan menentukan pola pemeliharaan. Pola pemeliharaan bebek ini dibagi menjadi 2 : pemeliharaan secara intensif dan ekstensif. Tetapi jika digunakan untuk memfokuskan pada produktiftas telur, sebaiknya peternak menerapkan sistem pemeliharaan intensif atau dikandangkan. Penerapan sistem instensif ini juga dapat diterapkan di lahan – lahan sempit seperti di daerah perkotaan.

Dengan menerapkan sistem instensif ini pertumbuhan bebek akan lebih terperhatikan oleh peternak, sehingga pemberian pakan dan minum pun lebih terkontrol.

Berikut 6 tips cara memelihara bebek agar cepat bertelur setiap harinya : 

  1. Dalam menerapkan pola pemeliharaan, sebaiknya bebek tetap dipelihara di dalam kandang. Tidak perlu diumbar atau diliarkan. Hal ini bertujuan agar bebek lebih fokus dalam produktifitas telurnya.
  2. Membuat pakan berupa rasum, rasum ini sangat penting dalam pertumbuhan bebek. Dalam pembuatannya peternak dapat memilih formula yang sesuai dengan potensi bahan pakan yang sudah tersedia di sekitar lokasi peternakan.
  3. Dalam pemberian pakan, sebaiknya dilakukan selama sehari 2 kali. Yakni diwaktu pagi, siang atau malam. Pemberian pakan ini dapat berupa konsentrat ataupun dalam bentuk rasum makanan yang disusun dengan baik.
  4. Dalam memberikan pakan bebek usahakan agar tidak terlalu lama, terutama pada pemberian pakan berupa rasum. Karena jika terlalu lama akan menyebabkan komponen yang tersusun pada rasum akan menjadi basi.
  5. Jangan lupa untuk menyediakan minum untuk bebek. Perlu diperhatikan juga dalam memberikan minum sebaiknya jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kandang bebek menjadi becek. Serta peternak juga dapat menambahkan vitamin kedlaam minuman tersebut. Agar daya tahan bebek tetap kuat.
  6. Lalu jika pakan yang diberikan sisa, sebaiknya diberikan diternak lain atau bisa dibuang saja. Karena pakan yang terlalu lama atau sudah basi akan menjadi bibit penyakit

Bagaimana cara agar bebek cepat bertelur ? 

Pada umunya bebek akan mulai bertelur saat menginjak usia 6 bulan. Sedangkan puncak bertelur terjadi di usia 12 bulan, kemudian bebek akan mengalamai moulting atau rontok bulu. Pada saat bebek mengalami rontok bulu ini peternak tidak perlu kawatir, karena setelah rontok bulu bebek akan memproduksi telur seperti biasanya.

Cara agar bebek cepat bertelur dapat dipengaruhi dari pemberian pakan yang mengandung gizi tinggi dan berprotein. Dalam pemberian pakan bebek ini diusahakan agar sesui dengan usia bebek. Untuk pembagian usianya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pemberian pakan bebek fase Strater (anakan bebek) : 1-4 minggu
  2. Pemberian pakan bebek fase Grower (bebek dara/ remaja) : 5-22 minggu
  3. Pemberian pakan fase Layer (bebek petelur dewasa) : 22-144 minggu

Pakan Penunjang Pertumbuhan Bebek

Pakan bebek fase strater sebaiknya menggunakan pakan yang memiliki formula yang baik dan tentunya mudah disiapkan, yakni bisa kita sebut sebagai pakan konsetrat atau pabrikan. Tentunya dalam pemberian pakan pabrikan agar cepat besar ini setelah bebek berusia 4 bulan dan memasuki fase grower dan finisher pakan bebek dapat dikombinasikan dengan rasum.

Apakah yang disebut Rasum Bebek ?

Rasum pakan bebek merupakan kombinasi atau campuran pakan yang bahannya mudah diperoleh dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Saat ini banyak peternak yang telah berinovasi untuk merangkai pakan bebek petelur dengan kadar gizi dan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan bebek. Telur bebek yang dihasilkan oleh akan menjadi lebih spesial jika didalam pakan ditambahkan beberapa komponen, seperti tepung tepungan ikan, tepung hijauan, bekatur, keong, enceng gondok dan berbagai macam makanan lainnya.

Pakan Campuran untuk ternak Bebek Petelur

Beberapa jenis tepung hijauan tersebut yang kaya akan karoten dan vitamin A dapat meningkatkan kepekaat warna kuning telur dan mendambah kandungan nutrien yang terkandung dalam telur. Untuk zat – zat yang dibutuhkan bebek antara lain seperti, karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin, dan mineral.

Berikut bebrapa tips menyusun Formula Pakan Bebek :

  1. Tentukan jenis ternak dan umur yang akan diberi pakan
  2. Tentukan kebutuhan nutrien yang akan digunakan untuk penyusunan pakan
  3. Tentukan bahan pakan yangakan digunaka, misalnya sumber protein, sumber energi, dan sumber mineral
  4. Tentukan kandungan nutrien yang ada dalam bahan pakan
  5. Pertimbangkan kandungan serat kasar bahan pakan, kandungan antrinutrien, ketersediaan bahan pakan, dan harga pakan
  6. Formula pakan yang baik untuk bebek adalah formula pakan yang bahannya tersedia, kebutuhan nutrien sesuai dengan ternak bebek, dan kandungan serat kasar pakan paling minimal.

Adapun bahan – bahan penyusun rasum pakan bebek sebaiknya adalah yang mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Secara umum, bentuk fisik bahan pakan untuk bebek sebagai berikut :

  1. Bahan Pakan berbentuk butiran : kacang – kacangan, jagung, sorgum, gabah, dan lain sebagainnya
  2. Bahan Pakan berbentuk tepung : tepung ikan, tepung tulang, dedak halus, dan lain sebagainya
  3. Bahan Pakan berbentuk cairan

Adapun untuk bahan pakan bebek terdiri dari bahan sebagai berikut ini :

Bahan Pakan Sumber Energi Bahan Pakan Sumber Protein 
1. Gabah  1. Bungkil Kelapa
2. Jagung 2. Bungkil Kedelai
3. Dedak 3. Ampas Kecap
4. Bekatul 4. Tepung Daun Lamtoro
5. Onggok 5. Tepung Keong Mas
6. Tepung Gaplek  6. Kulit dan Kepala Udang
7. Tepung Limbah Ikan 

    Dari hal – hal diatas dapat disimpulkan bahwa nutrisi dan gizi pada pakan yang diberikan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bebek yang akan bertelur.

    Bagi Anda yang ingin beternak Bebek, kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan Mojosari dan Bebek Betina Mojosari. Kami siap mengirimkan pesanan DOD hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau. 

    Untuk informasi lengkap mengenai cara pemesanan, daftar harga DOD, dan konsultasi mengenai pemeliharaan DOD bebek. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :   

    SMS/CALL/WHATSAPP
    0856 4772 3888
    Telkomsel:
    0812-2028-8686
    0822-2123-5378
    Indosat:
    0856-4772-3888
    0857-2932-3426
    XL:
    0819-3140-9353

    Kata terkait : video bebek bertelur, usia bebek bertelur, umur bebek bertelur, ternak bebek bertelur, cara ternak bebek bertelur, cara memelihara bebek bertelur, cara budidaya bebek berelur, cara ternak bebek bertelur, cara bebek bertelur, bebek bertelur banyak, bebek bertelur, agar bebek bertelur tiap hari, usaha telur bebek, harga telur bebek di jawa timur, bisnis telur bebek, ternak bebek bertelur, ternak bebek agar cepat bertelur, agar bebek cepat bertelur, cara beternak bebek agar cepat bertelur, pada umur berapa bebek muali bertelur, pakan bebek bertelur agar cepat bertelur, penyebab bebek tidak bertelur, umur berapa bebek muali bertelur, ternak bebek biar cepat bertelur