6 Tips Ternak Bebek Petelur Agar Bertelur Setiap Hari

Usaha ternak bebek petelur menjadi salah satu kegiatan yang banyak dikembangkan oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan cara pemeliharaan bebek mudah serta keuntungan yang didapatkan pun juga relatif tinggi. Keuntungan yang didapatkan peternak dengan ternak bebek petelur ini didapatkan dari produktivitas telur serta penjualan daging ketika masa afkir. 

Dari tahun ke tahun permintaan DOD atau bibit bebek petelur semakin mengalami kenaikan yang cukup signifikan, baik dari permintaan daging, telur yang dihasilkan, bulu bebek maupun kotoran bebek yang berfungsi sebagai pupuk tanaman.

Bebek Mojosari merupakan jenis bebek petelur yang memiliki jumlah produktifitas tinggi | image 1
Bebek Mojosari merupakan jenis bebek petelur yang memiliki jumlah produktifitas tinggi | image 1

Saat ini ternak bebek petelur cukup diminati oleh peternak di Indonesia, baik peternak pemula maupun peternak senior. Pemeliharaan bebek ini dapat diterapkan dengan sistem ternak bebek petelur modern dan ternak bebek petelur tradisional. Cara ternak bebek petelur kering pun juga dapat dilakukan oleh peternak bebek. 

Penerapan sistem pemeliharaan yang berbeda – beda ini, tentu mempengaruhi hasil telur yang didapatkan. Berbagai cara untuk menghasilkan ternak bebek agar cepat bertelur, telah banyak dilakukan oleh peternak.

Baca juga : Mari Kita Analisa Ternak Bebek Petelur 100 Ekor

Apakah Bebek Petelur bisa Bertelur Setiap Hari ? 

Ternak bebek petelur memang dapat dijadikan sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari – hari. Tetapi sebelum beternak, alangkah baiknya jika peternak menyiapkan segala sesuatunya dengan perencanaan dan terperinci. Seperti dalam pembuatan kandang, sarana dan prasarana kandang, manajemen pakan dan pengendalian terhadap bebek yang terserang penyakit.

Pada umumnya bebek petelur akan menghasilkan telur sebanyak satu butir dalam sehari. Dalam membudidayakan ternak bebek petelur agar menghasilkan jumlah telur yang stabil peternak perlu memperhatikan jenis pakan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Pada umumnya bebek petelur akan menghasilkan jumlah telur satur butir dalam sehari. | image 2
Pada umumnya bebek petelur akan menghasilkan jumlah telur satu butir dalam sehari. | image 2

Kebutuhan pakan bebek petelur memang harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk bebek. Karena pakan ini sangat menunjang pertumbuhan dan produktivitas pada bebek agar bebek cepat bertelur. Setiap harinya bebek petelur membutuhkan 18% protein dan jumlah kebutuhan pakan 150 gram per ekor pada usia produksi atau layer.

Pola pemeliharaan bebek agar cepat bertelur ini dibagi menjadi dua, yakni pemeliharaan secara intensif dan ekstensif. Jika digunakan untuk memfokuskan pada produktivitas telur, sebaiknya peternak menerapkan sistem pemeliharaan intensif.

Cara ternak bebek petelur modern disebut juga dengan sistem intensif, dan dapat diaplikasikan pada lahan sempit di daerah perkotaan. Dengan menerapkan sistem intensif atau cara ternak bebek petelur modern ini pertumbuhan bebek akan lebih ter perhatikan oleh peternak, sehingga pemberian pakan dan minum pun lebih ter kontrol.

Baca juga : Ternak Bebek Petelur Modern Dengan Memanfaatkan Lahan Sempit

Pemeliharaan bebek sistem Angon biasnya dilakukan oleh peternak - peternak tradisional yang terdapat di daerah pedesaan. | image 3
Pemeliharaan bebek sistem Angon biasnya dilakukan oleh peternak – peternak tradisional yang terdapat di daerah pedesaan. | image 3

Bagaimana Cara Agar Bebek Cepat Bertelur ? 

Pada umumnya bebek akan mulai bertelur saat menginjak usia 6 bulan. Sedangkan puncak bertelur terjadi di usia 12 bulan, kemudian bebek akan mengalami moulting atau rontok bulu. Pada saat bebek mengalami rontok bulu ini peternak tidak perlu khawatir, karena setelah rontok bulu bebek akan memproduksi telur seperti biasanya.

Seperti penjelasan kami diatas bahwa, cara agar bebek cepat bertelur dapat dipengaruhi dari pemberian pakan yang mengandung gizi tinggi dan ber protein. Dalam pemberian pakan bebek ini usahakan agar sesuai dengan usia bebek. 

FASEUSIA
1. Fase Starter (anakan bebek)1 – 4 minggu
2. Fase Grower (bebek dara/ remaja)5 – 22 minggu
3. Fase Layer (bebek petelur dewasa)24 – 144 minggu

Cara ternak bebek petelur agar menghasilkan telur ternyata bukan hanya dipengaruhi oleh pemberian pakan saja, tetapi ada beberapa faktor juga yang mempengaruhi nya. Kali ini kami tim hobiternak.com akan membagikan tips supaya ternak bebek petelur Anda dapat bertelur setiap hari. 

6 Tips Ternak Bebek Petelur Agar Cepat Bertelur 

1. Usahakan bebek selalu di dalam kandang

Dalam menerapkan pola pemeliharaan, sebaiknya bebek tetap dipelihara di dalam kandang. Peternak tidak perlu mengumbar atau meliarkan bebek. Hal ini bertujuan agar bebek lebih fokus dalam produktivitas telur nya.

2. Berikan Pakan berupa Ransum

Ransum ini sangat penting dalam pertumbuhan bebek. Dalam pembuatan nya peternak dapat memilih formula yang sesuai dengan potensi bahan pakan yang sudah tersedia di sekitar lokasi peternakan. Usahakan dalam membuat ransum pakan ternak bebek petelur dapat sesuai takaran gizi dan nutrisi yang dibutuhkan si bebek. 

Pembuatan formula pakan ternak bebek petelur tidak lepas dari campuran konsentrat bebek petelur, karena gizi yang terkandung dalam konsentrat bebek petelur dapat menunjang produktifitas telur bebek | image 4
Pembuatan formula pakan ternak bebek petelur tidak lepas dari campuran konsentrat bebek petelur, karena gizi yang terkandung dalam konsentrat bebek petelur dapat menunjang produktifitas telur bebek | image 4
3. Atur Jadwal Pemberian Pakan 

Dalam pemberian pakan, sebaiknya dilakukan selama 2 kali dalam. Yakni di waktu pagi, siang atau malam. Pemberian pakan ini dapat berupa konsentrat atau pun dalam bentuk ransum makanan yang disusun dengan baik.

Baca juga : Cara Ternak Bebek Petelur yang Baik, Apakah Bisa?

4. Berikan Pakan Ransum Tepat pada Waktunya

Dalam memberikan pakan bebek usahakan agar tidak terlalu lama, terutama pada pemberian pakan berupa ransum. Karena jika terlalu lama akan menyebabkan komponen yang tersusun pada ransum akan menjadi basi.

Selain itu ransum pakan yang tidak habis atau terlalu lama dapat menimbulkan jamur, sehingga dapat berefek buruk.

5. Pastikan Ketersediaan Minum 

Jangan lupa untuk menyediakan minum untuk bebek. Perlu diperhatikan juga dalam memberikan minum sebaiknya jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kandang bebek menjadi becek.

Air sangat penting dalam proses kegiatan beternak, adanya sumber air yang dekat dengan kandang maka akan memudahkan peternak dalam mengambil air untuk minum maupun untuk membersihkan kandang | image 5
Air sangat penting dalam proses kegiatan beternak, adanya sumber air yang dekat dengan kandang maka akan memudahkan peternak dalam mengambil air untuk minum maupun untuk membersihkan kandang | image 5

Usahakan air minum bebek selalu dalam keadaan bersih, sehingga air tetap dalam keadaan bersih dan higienis. Selain itu peternak juga dapat menambahkan vitamin ke dalam air minum tersebut. Hal ini dilakukan agar daya tahan bebek tetap kuat di segala kondisi. 

6. Buanglah Pakan Sisa Bebek

Jika pakan ternak bebek petelur yang diberikan sisa atau tidak habis, sebaiknya segera buang pakan tersebut atau bisa diberikan hewan ternak lain. Karena pakan yang terlalu lama akan menjadi basi, sehingga akan mengurangi kadar nutrisi yang ada di dalam pakan. Selain itu dapat juga menimbulkan bibit penyakit. 

Sebelum Anda memutuskan untuk ternak bebek petelur, alangkah baiknya untuk mempersiapkan analisa ternak bebek petelur 100 ekor. Apabila dirasa terlalu tinggi, Anda bisa ternak bebek petelur skala rumahan dengan jumlah analisa ternak bebek petelur 50 ekor. 

Bagi Anda yang menginginkan ternak bebek petelur mojosari silahkan bisa di order di hobiternak.com | image 6
Bagi Anda yang menginginkan ternak bebek petelur mojosari silahkan bisa di order di hobiternak.com | image 6

Pada penjelasan diatas memang benar pakan menjadi salah satu faktor dalam perkembangan bebek yang akan bertelur. Selain itu peternak juga harus memperhatikan tipe kandang bebek petelur yang baik. Karena kandang bebek petelur yang baik akan menunjang produktivitas telur yang dihasilkan bebek.

Usahakan agar kandang memiliki tempat yang memberikan kenyamanan, jauh dari pemukiman penduduk, aman dari serangan binatang buas dan cukup tersinari sinar matahari. 

Bagi Anda yang ingin beternak Bebek, kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan Mojosari dan Bebek Betina Mojosari. Kami siap mengirimkan pesanan DOD hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau. 

Untuk informasi lengkap mengenai cara pemesanan, daftar harga DOD, dan konsultasi mengenai pemeliharaan DOD bebek. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :   

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK ternak bebek petelur word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : ternak bebek petelur, analisa ternak bebek petelur 50 ekor, cara ternak bebek petelur modern, cara ternak bebek petelur untuk pemula, ternak bebek petelur dari kecil, beternak bebek petelur di lahan sempit, cara ternak bebek petelur kering, pakan ternak bebek petelur, ternak bebek petelur skala rumahan

*nra

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 2: es.pinterest.com
  • image 2: animalia-life.club
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 3: updesa.com
  • image 4: contohternak.blogspot.com
  • image 5: Pixels
  • image 6: hobiternak.com
  • cover: pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA