Bebek Peking

3 Cara Pemeliharaan Bebek yang Baik

3 Cara Pemeliharaan Bebek yang Baik

Keberhasilan para peternak Bebek terletak pada pelaksanaan program tata laksana pemeliharaan bebek sampai pada usia 22 minggu. Kesalahan dalam pemberian nutrisi pada masa pertumbuhan bisa menyebabkan bebek terlambat mencapai kedewasaan kelamin sehingga bebek tidak bisa berproduksi pada usia yang diharapkan.

Oleh karena itu peternak harus mempunyai keterampilan dan selalu siap dalam mencari pemecahan masalah yang dihadapi. Kegagalan dalam beternak bebek akan mengakibatkan perkembangan bebek menjadi abnormal, sehingga dalam memperoleh efisiensi dari usaha beternak bebek hanya tinggal kenangan saja.

Bebek Peking

Bebek Peking

Dalam usaha beternak Bebek dengan Sistem Intensif, ada 3 hal pokok yang dapat menunjang keberhasilan, yaitu :

  1. Makanan bebek dalam menunjang keberhasilan usaha sebesar 30%.

  2. Bibit bebek sebesar 20%.

  3. Tata laksana pemeliharaan, termasuk kandang, cara pemeliharaan dan keterampilan sebesar 50%.

Bagaimana tahapan pemeliharaan Bebek saat masih DOD hingga siap produksi ?

1. Pemeliharaan Bebek saat masih DOD

Anak Bebek yang baru saja menetas tentu membutuhkan penanganan yang khusus. Hal yang perlu diperhatikan saat bebek berumur DOD adalah faktor suhu, lingkungan, ventilasi dan luas kandang. DOD bebek biasanya dipelihara dalam BOX pemanas dengan diberikan penghangat berupa lampu. Pemanas diperlukan sampai Bebek berusia 3 minggu, dan pada usia 4 minggu ke atas lampu digunakan untuk penerangan saja.

Kandang Bebek dibuat tidak terlalu sempit, anak bebek yang baru berusia 1 hari sampai 4 minggu membutuhkan luas 1 meter untuk 10 ekor anak bebek.

Bebek Lokal Mojosari

Bebek Lokal Mojosari

Bagaimana penanganan anak bebek ketika tiba di rumah ?

Bebek yang masih DOD dan dibeli dari tempat yang cukup jauh, setelah dimasukkan ke dalam kotak, jangan terburu-buru diberikan pakan. Usahakan memberikan minuman segar terlebih dahulu biasanya air segar yang diberikan gula jawa. Hal ini perlu diterapkan untuk menghindari stress selama di perjalanan dan perpindahan tempat. Setelah 1 jam baru kemudian bisa diberikan pakan sedikit demi sedikit.

2. Pemeliharaan Bebek dalam masa pertumbuhan

Bebek yang sudah berusia 5-22 minggu digolongkan dalam periode pertumbuhan. Bebek usia pertumbuhan tidak dipelihara dalam kotak pemanas lagi, tetapi dipindahkan dalam kandang yang berlantai dan dialasi dengan sekam atau bahan yang mempunyai daya serap yang tinggi.

Penggunaan pasir dan kapur diperlukan sebagai alas lantai kandang agar pasir tidak mudah menggumpal dan mampu menyerap kebasahan. Kapur juga berfungsi untuk meredakan kadar amoniak yang disebabkan oleh kotoran bebek. Campuran pasir, kapur dan sekam dengan perbandingan 1:2:5 dan tebal minimal 20 cm untuk alas lantai.

Sebaiknya kandang Bebek digunakan saat malam hari saja, pada siang hari Bebek diumbarkan agar bisa bermain di kolam. Hal ini bertujuan agar kandang bebek tidak terlalu padat dan bebek tetap merasa nyaman. Untuk masa pertumbuhan ini perbandingan luas kandang dan jumlah bebek adalah 1 meter untuk 6 ekor Bebek.

Kolam air untuk masa pertumbuhan Bebek sebaiknya per meter persegi untuk 12 ekor. Usahakan dalam membuat kandang jangan terlalu dalam agar Bebek tidak terlalu banyak membuang energi. Pemberian pakan untuk masa ini sebaiknya mulai diatur dan dibatasi. Berat standar untuk bebek untuk usia 20 minggu adalah 1,350-1,400 kg. Usahakan bebek mencapai berat standar agar tidak terlambat untuk bertelur.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

3. Pemeliharaan Bebek masa produksi

Bebek yang sudah berusia 22 minggu ke atas digolongkan dalam Bebek periode produksi. Biasanya Bebek yang sudah berusia 23 minggu akan mulai bertelur. Untuk kandang bebek yang sudah bertelur sebaiknya dibuatkan sarang dengan ukuran 40x40x30 cm dengan kapasitas per sarang untuk 6 ekor Bebek.

Sebaiknya Bebek menempati sarang dari awal hingga akhir bertelur karena Bebek terlalu peka dan mudah stress jika sering berpindah-pindah sarang. Pemberian pakan juga cukup penting selama masa produksi. Karena pemberian pakan yang teratur dapat menjaga keseimbangan antara pakan dan produksi telur.

Pemberian kalsium dan fosfor cukup penting untuk Bebek yang rajin memproduksi telur. Jika bebek kekurangan kalsium dan fosfor Bebek akan mengalami kelumpuhan. Bebek juga membutuhkan mineral untuk membuat kulit telur yang diproduksi. Bebek Petelur yang dipelihara dengan sistem intensif memiliki kemampuan bertelur sampai usia 74 minggu. Tetapi apabila pemeliharaannya cukup baik, bisa dipertahankan sampai usia 144 minggu.

Beternak Bebek Peking

Beternak Bebek Peking

Demikian informasi mengenai pemeliharaan Bebek dari usia DOD hingga usia masa produksi. Sebaiknya untuk pemeliharaannya menggunakan sistem intensif karena dirasa lebih menguntungkan dan kesehatan, pakan dan minum bebek bisa dipantau terus-menerus.

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

pemeliharaan bebek petelur, pemeliharaan bebek pedaging, pemeliharaan bebek, cara pemeliharaan bebek, pemeliharaan bebek petelur, peluang usaha ternak bebek petelur, peluang ternak bebek, pakan ternak bebek potong, modal usaha ternak bebek petelur, bebek peking, bebek petelur, kandang bebek peking

**Linda Rahmawati Choiriyah**

Leave a Reply