DOC Joper atau anakan ayam kampung super merupakan salah satu jenis DOC yang cukup banyak peminatnya. DOC ini merupakan jenis persilangan antara ayam Bangkok yang tergolong buras (ayam kampung) dan ayam ras betina (petelur). Sehingga dengan persilangan itu menghasilkan bibit unggul yang mampu menghasilkan produksi daging yang baik. Dengan kelebihan tersebut banyak peternak yang mencoba memelihara ayam kampung super guna meningkatkan pendapatan keluarga. Apalagi joper termasuk kategori unggas yang dapat dikirimkan menggunakan kargo kereta dan pesawat. Salah satu tujuan pengiriman kami adalah stasiun Tawang di kota Semarang.

Pengiriman Joper ke Kota Semarang
Pengiriman Joper ke Kota Semarang

Kota Semarang

Kota Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Dengan jumlah penduduk sekitar hampir 1,6 juta jiwa (2010). Untuk tahun 2019 tentu penduduknya semakin bertambah. Dengan penduduk yang padat tentu membuka peluang bisnis peternakan ayam yang cukup potensial. Apalagi saat ini gaya hidup masyarakat cukup komsumtif dengan berjamurnya rumah makan atau restoran yang menyediakan makanan siap saji.

Sebagai ayam pedaging, ayam joper mempunyai pasar sendiri yang selama ini terisi ayam kampung biasa. Seperti kita ketahui, pasar ayam kampung berbeda dengan ayam kampung potong seperti broiler. Hal itu disebabkan oleh rasa daging ayam kampung yang lebih lezat dibandingkan ayam broiler. Sehingga bagi penikmat kuliner ayam kampung akan lebih memilih joper dibandingkan ayam broiler. Untuk harganya sendiri lebih terjangkau broiler dibandingkan joper, hal tersebut disebabkan citarasa joper yang lebih lezat.

1 bok DOC Joper isi 100 ekor
JOPER (Ayam Kampung Super)

Beternak ayam Joper

Bagi peternak, memelihara ayam joper lebih menguntungkan karena masa panen yang lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Untuk ayam kampung biasa dengan pemeliharaan secara tradisional membutuhakan waktu sekitar 5 bulan agar dapat dipanen. Namun jika menggunakan bibit ayam kampung super atau joper dalam waktu 60 hari atau 2 bulan sudah dapat dipanen dengan bobot yang cukup bagus yaitu sekitar 1,1 – 1,2 kg per ekor jika pemeliharaan secara intensif.

Untuk itu agar menghasilkan ayam dengan bobot yang baik maka beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah jenis bibit, metode pemeliharaan, jenis pakan yang digunakan dan mempunyai jaringan pemasaran yang jelas. Saat ini ada beberapa metode pemeliharaan yang digunakan diantaranya intensif, semi intensif dan tradisional. Untuk menghasilkan yang terbaik sebaiknya menggunakan metode intensif. Kandang yang digunakan untuk metode pemeliharaan intensif biasanya litter atau sekam. jadi kandang yang luas disekat menjadi beberapa bagian dan di bagian atas kandnag diletakkan litter atau sekam padi. Sekam tersebut dapat berfungsi sebagai penyerap cairan (minuman, kotoran) sehingga kandang selalu dalam kondisi kering dan tidak lembab.

Pakan ayam Joper

Seperti halnya pemelihraan ayam broiler, untuk joper juga perlu diperhatikan pakan konsentrat atau voer. Pada umur 0 – 3 minggu sebaiknya konsentrat murni. Setelah 3 minggu ke atas baru bisa diberikan konsentrat dan bahan pakan tambahan seperti bekatul atau jagung kuning giling. Untuk pakan perlu diperhatikan agar ayam tetap mendapatkan asupan pakan yang bergizi. Terkadang dengan alasan ingin menghemat pengeluaran pakan menyebabkan peternak memberikan pakan alternatif yang kurang mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan joper. Untuk itu peternak bisa mencari alternatif pakan yang mengandung nutrisi yang bagus.

Ayam Kampung Super
Ayam Kampung Super

Ada peternak yang menggunakan komposisi konsentrat 1 : 1 bekatul (jagung kuning giling). Untuk konsentrat tetap menggunakan BR1 atau 511. Dengan perbandingan tersebut maka nilai nutrisi akan tetap seimbang atau mendekati seimbang. Jika pada tahapan (umur diatas 3 minggu) ayam kurang terjamin nutrisinya maka pertumbuhannya akan terhambat dan ayam akan kerdil, mudah terkena penyakit dan beresiko mengalami mengalami kematian atau cacat.

Joper di hobiternak.com

Joper yang kami kirimkan merupakan anakan yang baru baru menetas yang kami kirimkan sehingga aman dikirimkan karena masih mempunyai cadangan makanan di dalam tubuhnya. Untuk pengiriman joper via kereta membutuhkan waktu semalam sehingga aman. Untuk tingkat kematian joper sendiri cukup rendah dibandingkan ayam broiler (ayam ras). Namun untuk mengantisipasi adanya kematian maka kami berikan bonus 2 ekor per boksnya.

Saat ini kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOC termasuk DOC ayam kampung super. Kami bisa mengirimkan joper ke berbagai penjuru tanah air mulai dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Merauke di Papua. 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
harga ayam joper 2019, harga ayam joper siap panen hari ini, harga ayam joper siap panen 2019, kandang ayam joper, harga doc joper jogja, pakan ayam joper, kebutuhan pakan ayam joper per 100 ekor, pakan ayam joper, ayam joper adalah, harga ayam joper 2019, kandang ayam joper 100 ekor, harga doc ayam joper, ayam joper siap panen, harga doc joper jogja, analisa usaha ayam joper 1000 ekor


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: