Panduan Cara Beternak Bebek Pedaging Hingga Panen Untuk Pemula

Cara beternak bebek pedaging cukup mudah, Anda harus tekun, sabar dan telaten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beternak bebek pedaging merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih jika dilakukan secara intensif, tentu akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Saat ini permintaan daging bebek cukup meningkat pesat, sehingga Anda tidak terlalu sulit untuk memasarkan bebek Anda. Harga bebek pedaging saat ini bisa dikatakan cukup tinggi, karena tingginya permintaan pasar.

cara beternak bebek pedaging
Bebek Peking

Sebagian masyarakat masih menyuplai bebek pedaging dari bebek betina yang sudah afkir, sangat jarang sekali yang menyuplai dari daging bebek khusus pedaging. Sudah kita ketahui bahwa daging bebek afkir memiliki tekstur yang alot dan keras. Saat ini bebek pedaging yang cukup diminati yaitu bebek peking dan bebek hibrida. Dalam perawatannya, cara ternak bebek pedaging hibrida dengan bebek peking sama.

Saat ini ada beberapa bebek pedaging yang cocok untuk dikonsumsi, diantaranya bebek hibrida dan bebek petelur. Kedua jenis bebek ini memiliki cita rasa daging yang gurih dan empuk. Bebek yang masih muda, memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Selain itu, pertumbuhannya relatif cepat dibandingkan jenis lain, yaitu sekitar 40 hari beratnya bisa mencapai 1.5 kg. Dengan membudidayakan bebek tersebut, dalam waktu relatif singkat sudah bisa mendapatkan hasil. Bisnis budidaya bebek cukup menggiurkan karena peternak bisa mendapatkan uang dari semua yang dihasilkan bebek bahkan kotorannya pun bisa ditukar dengan uang.

Sebelum beternak bebek, Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara beternak bebek pedaging untuk pemula. Karena perawatannya harus tepat agar bebek cepat pertumbuhannya dan cepat gemuk. Berikut langkah atau cara ternak bebek potong agar cepat besar :

1. Tahapan Ketika Memutuskan untuk Memulai beternak

-Menyediakan atau membuat kandang boks beserta perlengkapan kandang (tempat pakan, tempat minum, pemanas dan lain-lain)
-Mencari penyedia DOD yang terpercaya
-Memperbanyak pengetahuan mengenai cara beternak bebek pedaging, bisa dengan membaca buku, seminar, atau konsultasi langsung dengan ahlinya
Analisa budidaya bebek pedaging untuk mengetahui modal yang dibutuhkan
-Mencari pengepul untuk memasarkan hasil produksi

cara beternak bebek pedaging
DOD Bebek Peking

2. Tahap Ketika Sudah Merasa Siap Untuk Memulai Beternak

-Menyemprot kandang dengan desinfektan
-Secepatnya memesan DOD karena biasanya ketersediaan DOD terbatas

3. H-2 Sebelum DOD datang

-Menyiapkan pakan starter
-Membeli vitamin (vitachick, vitastress, sorbitol, dan lain-lain)
-Membeli obat dan preparat antibiotik (teraphy, anti snot, teramycin, dan lain-lain) sebagai persiapan ketika gejala penyakit datang tiba-tiba

4. H-1 Sebelum DOD datang

-Memastikan kesiapan kandang boks untuk DOD (meliputi pemanas), pakan dan minum
-Menyiapkan gula merah sebagai minuman khusus untuk DOD yang baru datang

5. Tahap Ketika DOD Datang

-Memberi minum larutan gula merah untuk DOD
-Menyeleksi bibit (yang sakit atau cacat)
-Mengganti air gula (1 jam setelah kedatangan DOD) dengan air minum biasa, bisa juga ditambah dengan vitamin untuk merangsang nafsu makan DOD
-Memberi pakan (1 jam setelah  air diganti) sedikit demi sedikit namun sering

6. DOD umur 1-14 hari

-Memberikan pakan starter yang dicampur dengan sedikit air agar mudah menelannya. Dengan freskuensi sampai 5x sehari
-Selalu tersedia air minum
-Rajin membersihkan kandang
-Mengurangi atau bahkan melepas pemanas ketika sudah berumur 14 hari dan kondisi bebek sudah kuat untuk menahan hawa dingin. Apabila bebek masih belum kuat, pemanas bisa dipasang sampai bebek berumur 20 hari namun suhunya diturunkan.
-Membeli pakan grower dan pakan alternatif

7. Bebek umur 15-20 hari

-Memberikan pakan grower yang dicampur dengan pakan alternatif dengan frekuensi 3x sehari. Pakan dicampur dengan sedikit air.
-Selalu tersedia air minum
-Rajin membersihkan kandang
-Memberikan obat anti stres ketika itik berumur 20 hari

8. Bebek umur 21-30 hari

-Bebek dipindahkan ke kandang yang lebih besar,bisa ke kandang ren atau postal
-Melepas pemanas (apabila ketika DOD 14 hari belum dilepas)
-Pemeliharaan sama dengan bebek umur 15-20 hari
-Apabila masih terlihat stres, maka dilakukan penmbahan obat anti stres
-Penambahan sekam, jerami atau litter lainnya sebagai tempat tidur dan agar kondisi kandang tidak terlalu lembab

9. Bebek umur 31-35 hari
-Menyeleksi itik yang sudah layak panen
-Mengundang pengepul atau bisa juga mencari pembeli lain untuk perbandingan harga, kecuali jika sudah melakukan kontrak sebelumnya
-Pemeliharaan sama dengan sebelumnya

10. Bebek umur 36 Hingga Panen

-Menjual bebek siap potong
-Mengosongkan kandang

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika beternak bebek pedaging :

1. Menentukan lokasi beternak bebek

Sebaiknya lokasi kandang jauh dari permukiman untuk menghindari bising (gaduh) dan udaranya sejuk. Selain itu sebaiknya dekat dengan sumber air dan sumber pakan untuk memudahkan memenuhi kebutuhan bebek setiap hari. Hindari lokasi yang terkena sinar matahari langsung dan angin kencang, bisa di daerah yang rindang. Selain itu sebaiknya mudah jalur transportasinya. Tak lupa juga lokasi tidak rawan penggusuran dalam beberapa periode produksi.

2. Kandang dan Sanitasi

Sebelum memulai beternak, hal pertama yang dilakukan yaitu menyiapkan kandang. Kandang bebek pedaging merupakan faktor utama yang menentukan keberlangsungan usaha beternak bebek. Hal utama yang harus diperhatikan yaitu bebek merasa nyaman di dalam kandang. Karena kandang berfungsi sebagai tempat beristirahat bagi bebek dan tentunya untuk bereproduksi. Oleh karena itu, kandang harus bersih, nyaman, dan kokoh.

Kandang yang kokoh atau kuat bisa dibuat dari bahan bambu, dinding kandang bisa dibuat dari kayu, sedangkan atapnya menggunakan genteng atau asbes. Kandang bebek membujur dengan arah timur-barat untuk mencegah masuknya sinar matahari sepanjang hari yang akan menyebabkan suhu kandang menjadi panas.

Bebek memerlukan ruang gerak yang cukup besar, karena bebek mudah stres dengan kandang yang sempit, setidaknya ada ruang agar bebek bisa berlari. 1 meter persegi berisi  2 ekor bebek, jadi untuk ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor yaitu 50 meter persegi. Tinggi kandang minimal 2 meter, agar sirkulasi udara cukup dan tidak susah untuk membersihkan kandang.

Sebaiknya sisi kandang terbuka, artinya tidak  terbuat dari tembok atau bahan lain yang menutupi. Saat itik masih kecil dan belum tahan dingin, sekitar kandang harus ditutupi plastik/karung. Kandang juga harus diberi penerangan, untuk memudahkan pengaturan kandang dan agar tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagiannya.

Sanitasi sangat berperan dalam pencegahan penyakit. Sanitasi berhubungan dengan kebersihan yang meliputi kebersihan kandang, peralatan, pakan, dan perawatannya. Kondisi kandang tidak lembab, kotoran itik dan sisa pakan itik tidak dibiarkan menumpuk sehingga tidak menimbulkan penyakit akibat bakteri atau virus. Kandang bebek pedaging sistem kering juga cukup baik untuk beternak bebek pedaging, karena tidak terlalu menimbulkan polusi bau.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kandang menjadi lembab, antara lain :
– Memberi alas jerami karena jerami mampu menyerap air sehingga lantai tidak terlalu lembab
– Mengatur atau merancang kandang sedemekian rupa agar sinar matahari bisa masuk ke dalam kandang
– Memberi ruang gerak yang cukup untuk bebek

3. Pemilihan bibit yang baik

Berikut ciri DOD yang baik :
– Memiliki bulu bersih, bagus dan kering
– Mata jernih, kedua matanya terbuka dan tidak buta
– Bergerak lincah
– Kaki kokoh dan tidak pincang
– Bobot minimal 40 gram
– Tubuh tegap
– Nafsu makan besar
– Bebas dari penyakit
– Memilih DOD berjenis kelamin jantan karena laju pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan betina. Ciri-ciri DOD jantan yaitu memiliki paruh lebih mengkilap dibandingkan paruh DOD betina, ukuran badan lebih besar, suaranya lebih serak (parau), mempunyai leher yang lebih pendek, dan ekornya lebih naik dibandingkan DOD betina.

4. Pemeliharaan

Ketika mulai menekuni bisnis beternak, sebaiknya menggunakan sistem pemeliharaan secara intensif yaitu ternak-ternak peliharaan selalu ditempatkan di kandang dan diberi makan secara terus menerus dan memperhatikan aspek teknis pemeliharaan secara ilmiah.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

kata terkait :
cara ternak bebek potong agar cepat besar, analisa budidaya bebek pedaging, cara ternak bebek pedaging hibrida, kandang bebek pedaging, ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor, harga bebek pedaging, cara beternak bebek pedaging untuk pemula, kandang bebek pedaging sistem kering,

<Duwi Kristinawati>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Peking dan Hibrida
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: