Membedakan Ciri – ciri Bebek Peking Betina dan Jantan – Bebek peking merupakan salah satu jenis bebek yang berasal dari Tintsien, Cina. Sejak pertama didatangkan ke Amerika Serikat tahun 1870, popularitasnya sebagai bebek penghasil daging semakin menyebar bahkan sampai hampir seluruh dunia mengenalnya. Dalam bidang pembibitan dan pembudidayaan, bebek peking sering disilangkan dengan bebek jenis lain. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki keturunan bebek peking. Yang cukup menjadi incaran yaitu Bebek hibrida, bebek hasil persilangan antara bebek peking jantan dengan bebek mojosari betina (Mojokerto, Jawa Timur)

Ciri –  ciri itik hibrida hampir sama dengan ciri-ciri bebek peking, karena memang keturunannya. Namun karena sudah disilangkan, maka beberapa sifat merupakan sifat gabungan dari bebek peking dan bebek mojosari. Perbedaan bebek peking dan hibrida yaitu bebek peking merupakan jenis bebek impor sedangkan bebek hibrida merupakan bebek hasil persilangan.

Bibit Bebek Peking

DOD Peking

Ciri-ciri Bebek Peking
  • bulu berwarna putih
  • dengan postur besar,
  • dada yang membusung dan besar,
  • paruh dan kakinya kuning dan orange,
  • telur berwarna putih kotor dan bentuk bulat,
  • ekor dan sayap pendek.
Ciri – ciri Bebek Hibrida
  • Bentuk tubuh relatif kecil
  • Berjalan tegak kurang lebih 45 derajat
  • Memiliki daya seksual yang tinggi
  • Memproduksi telur saat memasuki umur 6 – 7 bulan
  • Memeiliki leher yang panjang
  • DOD berwarna hitam yang semakin dewasa akan berubah menjadi coklat kehitaman
  • Paruh dan kaki berwarna hitam dan
  • Badan terlihat seperti botol.

Selain bebek peking sebagai bebek penghasil daging yang unggul, bebek hibrida juga memiliki keunggulan bagi peternaknya sehingga banyak peternak mengalami keuntungan yang pesat dalam beterna bebek hibrida. Keuntungan tersebut dikarenakan petumbuhan bebek hibrida yang lebih cepat, memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik, dan menghasilkan daging tebal serta aromanya yang tidak terlalu amis.

Bebek jantan dan betina memiliki perbedaan yang bisa diamati meskipun masih DOD atau anakan.

Berikut beberepa ciri-ciri bebek betina dan jantan :

  1. Membuka kloaka atau inus induk
    Apabila terdapat benjolan kecil di dalam anus, maka DOD tersebut adalah jantan dan sebaliknya, jika tidak ditemukan benjolan kecil atau anus, maka DOD tersebut betina. Teknik ini memang sangat menghemat waktu, namun harus teliti dalam melakukan pemilihan.
  2. Cara yang kedua yaitu dengan melihat ciri fisik bebek
    Yaitu dengan cara membedakan bulu halus dan paruh bebek. Bebek jantan memiliki warna gelap terang dan lebih kasar bila dibandingkan dengan bebek betina. Sedangkan bebek betina cenderung memiliki warna transparan tipis dan memiliki bulu yang lembut. Namun, apabila menggunakan teknik ini harus mendalami perbedaan bulu dan paruh, karena teknik ini cukup sulit.
  3. Teknik membedakan suara bebek jantan dan betina
    Hal ini dilakukan dengan cara memilih suara yang serak dan juga besar, yang berarti merupakan bebek jantan. Sedangkan bebek betina memiliki suara yang lebih tajam dan nyaring.

Baca juga di : 

Teknik Pemeliharaan Itik Pedaging

Bebek peking merupakan bebek yang banyak digemari oleh masyarakat luas. Bebek peking ini sangat diminati dan digemari karena memiliki rasa yang khas ketika dimasak. Permintaan akan daging bebek dipasaran dan restauran – restauran besar pun tidak pernah surut untuk pembeli, sehingga ini yang membuat peternak semakin menekan produktifitas bebek agar menjadi lebih cepat panen dan unggul.

Peluang usaha untuk beternak bebek peking masih terbilang cukup luas. Bagi peternak yang ingin mencoba beternak bebek peking, alangkah baiknya mengetahui cara dan teknik beternak bebek yang baik dan benar. Untuk teknik pemeliharaan itik pedaging yaitu sebagai berikut :

1.Menentukan lokasi budidaya itik

Untuk lokasi budidaya itik sebaiknya berada di lokasi yg tidak bising, udara bersih,ketersediaan  sumber air bersih dan sumber pakan untuk menunjang kebutuhan itik setiap hari.

 2. Perkandangan dan Sanitasi

Sebelum memulai usaha/budidaya bebek ini kita harus menyiapkakan kandang. Kandang merupakan faktor utama menentukan keberlangsungan usaha bebek ini untuk kedepannya. Kandang bebek ini berfungsi untuk tempat berlangsungnya hidup bebek dan proses untuk bereproduksi. Pembutan kandang ini juga tidak memerlukan biaya yang cukup mahal cukup dengan bambu sebagai tiang penyangga, kayu sebagai dinding kandang dan asbes/genting sebagai atap. Ada 3 tipe perkandangan dalam budidaya bebek pedaging ini, yaitu sebagai berikut :

  • Tipe kandang battery

Tipe kandang baterry ini, bebek dikandang satu persatu dalam satu kotak dengan ukuran panjang x lebar x tinggi (45 x 45 x 35 cm). Untuk ukuran kandang ini hanya cukup untuk 1 ekor bebek saja. Dengan tipe kandang ini, sistem perkawinannya harus menggunakan kawin buatan yang dilakkan oleh tanaga ahli atau inseminator.

  • Tipe kandang postal

Tipe kandang postal, bebek dipelihara dan di tempatkan dalam satu ruangan besar dengan jumlah tertentu. Pada tipe kandang ini, pemberian makan dan miniuman ditempatkan di dalam ruangan kandang, sehingga ternak itik yang dipelihara selalu berada di dalam ruangan. Kapasitas itik untuk tipe kandang postal ini tergantung dari jenis itik yg dipelihara seperti bebek starter dan grower.

  • Tipe kandang ranch

Tipe kandang jenis ranch ini merupakan pengembangan dari tipe kandang postal. Karena bebek tidak tahan terhadap panas, maka pembuatan kandang dengan tipe ini di bagian luar kandang/halaman disediakan halaman tempat bermain yang biasa dikenal dengan kandang umbaran yang dilengkapi dengan saluran air yg bersih atau kolam. Penggunaan saluran air bersih dan kolam ini berfungsi sebagai tempat mandi bebek/ tempat untuk membersihkan kotoran yang menempel di badan bebek dan untuk mendidnginkan tubuh diwaktu siang hari.

Bebek Hibrida/ Bebek Petelur

Bebek Hibrida/ Bebek Petelur

Ketika melakukan pemilihan jenis kelamin bebek jantan dan bebek betina, tetap membutuhkan pengetahuan yang lebih rinci dan teliti. Berbicara tentang masalah bebek tak lepas dari harga bebek itu sendiri. Dan saat ini  Harga bebek hibrida untuk wilayah pulau jawa  adalah sebagai berikut:
Peking KW 8.500
Persilangan Betina Hibrida Putih dan Pejantan Peking
Hibrida 7.500
Mojosari 10.100
1 Bok isi 100 Ekor
Pembelian 1 atau 2 box dikenakan ongkos kirim Rp 100.000,-, untuk pembelian 3 box, gratis ongkos kirim. Bisa terjadi perubahan harga saat pemesanan dengan saat pengiriman. Kepastian harga pada saat pengirimanSilahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:
ciri ciri itik hibrida, ciri-ciri bebek betina dan jantan, perbedaan bebek peking dan hibrida, bebek hibrida petelur, kandang bebek hibrida, cara budidaya bebek hibrida pedaging, harga bebek hibrida, pakan bebek hibrida,

<Duwi Kristinawati>
*


2 Comments

Perbedaan Antara bebek Peking dan Bebek hibrida · September 29, 2018 at 9:49 am

[…] hibrida adalah bebek peking berasal dari impor sedangkan bebek hibrida merupakan hasil persilangan. Ciri-ciri bebek peking adalah berwarna putih dengan postur yang besar, mempunyai dada yang membusung dan besar, paruh dan […]

Mengenal Lebih Dekat Dengan Bebek Hibrida Super Jumbo  · March 22, 2018 at 8:02 am

[…] berasal dari imporan  sedangkan untuk Bebek Hibrida sendiri merupakan hasil persilangan. Dan untuk ciri-ciri bebek peking sendiri yaitu: memiliki postur tubuh yang besar serta warnanya putih. Dadanya besar serta […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: