6 Tanda Saat Bebek Akan Bertelur

Kadang hewan atau unggas yang kita ternakan tiba-tiba melakukan tingkah laku atau kebiasaan yang berbeda dari biasanya. Kebanyakan dari peternak setelah mengetahui hewan yang diternakan melakukan kebiasaan aneh, ia akan langsung menjual hewan tersebut. Mereka takut jika tidak segera dijual hewannya akan mati dan itu akan membuat rugi. Mereka juga berfikir, daripada hewannya mati dan tidak ada keuntungan yang didapat maka lebih baik langsung dijual saja. Padahal ada beberapa tingkah laku yang memang biasa terjadi oleh hewan ternak. Salah satunya bebek.

Bebek adalah unggas yang sering diternakan oleh manusia setelah ayam. Banyak keuntungan yang bisa didapat saat beternak bebek petelur modern maupun tradisional. Dagingnya bisa dimasak dengan cita rasa yang lezat, telurnya bisa dijadikan telur asin yang dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Biasanya kebiasaan aneh yang sering terjadi saat beternak bebek yaitu pada saat bebek akan bertelur. Bebek yang akan bertelur akan terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesteron sehingga membuat tingkah laku menjadi aneh.

Ada beberapa tingkah laku aneh bebek yang akan terjadi pada saat belum bebek bertelur. Simak informasi dibawah ini untuk mengetahui ciri-ciri bebek bertelur :

Menjelang bebek akan bertelur biasanya terjadi keanehan atau tingkah laku yang tidak seperti biasanya | Image 1
Menjelang bebek akan bertelur biasanya terjadi keanehan atau tingkah laku yang tidak seperti biasanya | Image 1

1. Penurunan nafsu makan

Menjelang masa bertelur tiba, bebek tiba-tiba akan mengalami penurunan nafsu makan. Jika dihari biasa, dalam 1 hari bebek akan menghabiskan pakan sebanyak 150-180 gram. Namun berbeda saat menjelang bertelur, bebek hanya akan menghabiskan 120gram pakan dalam satu hari. Tenang saja, peristiwa ini bukan tanda bebek akan sakit, tetapi untuk mengurangi kadar lemak yang ada pada tubuh si bebek supaya pada saat pelepasan telur lebih mudah dan lancar.

2. Bulu halus akan rontok

Sebagai tanda bahwa bebek akan bertelur tidak lama lagi yaitu salah satunya rontoknya bulu halus atau bulu kapas dibagian tubuhnya. Bulu-bulu halus dibagian sayapnya akan rontok dan akan memecah. Jangan bersihkan bulu yang rontok tersebut, karena biasanya bulu halus tersebut akan digunakan bebek untuk membuat alas bagi telurnya sehingga tidak kedinginan.

3. Bebek akan sering mengorek tanah

Bebek tetaplah bebek yang memiliki naluri ilmiah untuk membuat sarang sendiri. Saat waktu bebek bertelur tidak lama lagi, ia biasanya akan mengorek tanah sampai terlihat cekung untuk sebagai tempat meletakkan telur.

4. Kotoran bebek berwarna kuning dan putih

Sebagai tanda bahwa bebek akan bertelur selanjutnya yaitu warna pada kotoran yang keluar pada bebek yang diternak yaitu kuning dan putih. Presentasenya biasanya 70% kekuningan dan 30% putih.

Baca juga : Yuk, kenali 6 Tips Supaya Bebek Bertelur Setiap Hari

5. Terjadinya perkawinan sesama jenis

Jika yang diternakan dalam satu populasi hanya yang berjenis kelamin betina saja, biasanya perkawinan sesama jenis akan terjadi. Secara naluri bebek juga akan membutuhkan proses perkawinan untuk mempengaruhi alat reproduksinya. Karena tidak ada bebek yang berjenis kelamin jantan, makanya bebek betina akan kawin dengan bebek betina. Hal ini bukanlah perilaku yang menyimpang, pasalnya bebek hanya membutuhkan perkawinan.

6. Bebek akan tiba-tiba gaduh dan berisik

Jika bebek betina sudah memiliki kelamin yang matang, maka biasanya pada saat malam hari meskipun tidak ada manusia yang lewat, hewan liar atau faktor yang lainnya, mereka akan bersuara dan gaduh tanpa alasan. Hal ini terjadi karena hormon yang telah dijelaskan diatas tadi yaitu hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi bebek akan berisik dan gaduh. Saat ada salah satu bebek yang berbunyi, biasanya diikuti dengan bebek yang lainnya. Sehingga menambah kegaduhan dan kebisingan terjadi di kandang bebek petelur.

Proses pemanenan dan pengumpulan telur bebek mojosari | Image 2
Proses pemanenan dan pengumpulan telur bebek mojosari | Image 2

Beberapa ciri diatas akan terjadi jika bebek sudah mendekati waktu bertelur. Dengan terjadinya tingkah laku tersebut, peternak tidak perlu khawatir dan risau karena hal tersebut memang lazim dan akan terjadi di semua jenis bebek. Yang terpenting perlakukan bebek semaksimal mungkin baik dari pakan bebek petelur, maupun perawatannya. Tidak usah langsung menjual bebek Anda jika terjadi tingkah laku seperti informasi diatas. Karena itu adalah ciri-ciri bebek akan bertelur.

Bebek akan bertelur pada usia 5-6 bulan. Biasanya jumlah telur yang dihasilkan pada jangka waktu 1 tahun yaitu sekitar 250-300 butir. Dan untuk masa produktif bebek yaitu selama 2 tahun. Pada waktu 2 tahun tersebut produktivitas bebek sedang bagus-bagusnya. Harga telur bebek juga lebih tinggi daripada ayam. Jadi untung yang didapat juga akan lebih tinggi. Cara memelihara bebek juga tidak terlalu rumit. 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Salam hobiternak

Baca juga : Sukses Berbisnis dengan Usaha Bebek Petelur

Bebek mojosari si bebek petelur yang memiliki produktivitas tinggi | Image 3
Bebek mojosari si bebek petelur yang memiliki produktivitas tinggi | Image 3

Dan jika Anda ingin ternak bebek petelur juga, kami dari hobiternak.com menyediakan bibit bebek maupun bayah atau bebek yang usia dewasa. Bebek yang disediakan yaitu jenis lokal Mojosari. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia dengan menggunakan kargo hewan terpercaya. Silahkan hubungi kami kapan untuk pemesanan dan daftar harganya.

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK bebek akan bertelur word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : 
kandang bebek, kandang bebek petelur, pakan bebek petelur, jenis bebek petelur, ternak bebek pedaging, ternak bebek petelur modern, cara memelihara bebek

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: Owned by the author
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 2: mongondow.com
  • image 1: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA