Bebek Mojosari

Pemeliharaan Bebek Petelur Pada Masa Rontok Bulu

Pemeliharaan Bebek Petelur Pada Masa Rontok Bulu – Bebek petelur pada umumnya mengalami masa rontok bulu. Periode ini dimulai setelah selesainya periode bertelur tahap pertama.  Tanda bebek yang mengalami masa kerontokan bulu seperti terhentinya produksi bertelur, bulu-bulu banyak yang terlepas (rontok) kemudian diikuti tumbuhnya bulu-bulu pengganti bulu lama. Peristiwa rontok baru membutuhkan waktu 1,5 bulan. Pada saat rontok bulu produktivitas telur hampir 0 % atau dengan kata lain berhenti berproduksi sementara waktu. Pemeliharaan pada bebek petur pada masa rontok bulu berbeda dibandingkan dengan periode bertelur. Pasda pemelihaarn bebek pada saat rontok bulu harus dilakukan secara instensif agar saat pertumbuhan bulu pada bebek dapat terjadi secacra serentak.

Masa Rontok Bulu pada Bebek
Masa Rontok Bulu pada Bebek *Sumber Gambar

Pemberian pakan untuk bebek petelur masa rontok bulu adalah :

• Pada minggu 1- 3 diberikan pakan untuk bebek fase grower dengan jumlah yang terbatas agar mempercepat kerontokan bulunya dan serempak selesainya.

• Alternatif lain dengan cara pemberian pemberian pakan yang sedikit lebih banyak yaitu 80 gram per hari namun jumlah protein hanya berkisar 12 – 13 %

• Pada minggu diberikan pakan layer dengan jumlah agak banyak agar mempercepat pertumbuhan bulu dan pertumbuhannya bisa serempak. Pada minggu ke-8 diharapkan bebek sudah dapat bertelur kembali. Pemberian pakan 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Kebutuhan pakan dan minum pada saat moulting (bulu rontok)

  1. Minggu pertama jumlah pakan 74 gram grower , jumlah minum 0,48 liter
  2. Minggu ke- 4 jumlah pakan 74 gram grower, jumlah minum 0,48 litter
  3. Minggu ke-5 jumlah pakan 80 gram, jumlah minum 0,49 liter
  4. Minggu ke-6 jumlah pakan 90 gram, jumlah minum 0,50 lite
  5. Minggu ke-7 jumlah pakan 100 gram, jumlah minum 0,5 liter
  6. Minggu ke-8 jumlah pakan 120 gram, jumlah minum 0,5 liter

Ada beberapa peternak yang melakukan  pemeliharan secara ekstensif dengan digembalakan di sekitar pematang sawah atau daerah yang banyak terdapat sumber pakannya. Cara ini dianggap menguntungkan karena dapat mengurangi pengeluaran pakan disaat bebek tidak produktif.

Masa Rontok Bulu

Pada minggu ke – 7 biasanya akan ada bebek yang mulai bertelur. Seminggu kemudian produktivitas telur akan meningkat. Pemeliharaan bisa dilakukan seperti pemeliharaan pada periode pertama. Peternak dalam menghadapi bebek yang rontok bulunya memang berbeda-beda. Ada yang menjual karena dianggap kurang produktif lagi.

Selain itu ada yang ingin mengganti dengan bibit bebek yang lain agar mendapatkan hasil yang lebih cepat. Tindakan itu dengan mengganti dengan jenis bebek pedaging. Bebek pedaging dengan bibit yang unggul disertai dengan pola pakan yang baik serta pemeliharaan yang intensif maka dalam jangka waktu 45 – 60 hari sudah bisa dipanen. Untuk waktu panen dapat disesuaikan dengan bobot yang dikehendaki.

Untuk bebek petelur saat ini yang cukup potensial adalah bebek mojosari dan hibrida petelur. Bebek mojosari dapat bertelur 200 – 220 butir per ekor per tahun. Untul lebih menghemat efisien setelah periode pertama bertelur maka bisa dijual sebagai bebek pedaging afkir yang masih muda. Dengan begitu peternak bisa memilih untuk memelihara bibit petelur yang baru. Namun hal itu memakan waktu yang cukup lama karena membutuhkan waktu 6 bulan hingga dapat bertelur.

Baca juga di : 

jenis pakan
Bebek Lokal Mojosari

Setelah dikaji memang ada kelebihan dan kekurangan jika memelihara bebek petelur yang sedang memasuki masa rontok bulu. Dengan tetap memelihara maka peternak hanya perlu menunggu 8 minggu kemudian sudah bertelur kembali sedangkan jika menjual sebagai bebek afkir dan ganti memelihara bebek petelur yang masih anakan maka akan membutuhkan waktu 5,5 bulan – 6 bulan  kemudian baru akan bertelur.

Dengan pertimbangan yang matang maka akan didapat hasil yang lebih maksimal. Sebagai solusi kita bisa terus memelihara bebek tersebut sehingga memperlama produktivitas telurnya. Cara tersebut bisa untuk mengatasi lamanya menunggu bebek bertelur kembali. Dengan pemeliharaan yang optimal maka 8  minggu kemudian bebek sudah dapat bertelur kembali.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
lama periode rontok bulu itik, masa bertelur bebek petelur, ciri bebek rontok bulu, bebek ganti bulu, penyebab bebek cepat rontok bulu, cara mengatasi bebek tidak bertelur, bebek makan bulu temannya, bebek rontok bulu halus,

**Yuni Ambarwati**
*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD atau Bibit Bebek Petelur Mojosari
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.