7 Keuntungan Ternak Ayam Broiler, Anda Pasti Tercengang

Daging ayam yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yaitu daging ayam broiler. Selain mudah didapat, dagingnya empuk dan rasanya juga lezat.

Ayam broiler adalah jenis ayam ras pedaging yang berasal dari hasil persilangan bangsa-bangsa ayam yang mempunyai produktitivitas tinggi, terutama dalam memproduksi dagingnya.

Tak heran jika banyak peternak yang memilih untuk beternak ayam broiler karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Pada usia 35 hari ayam broiler sudah dapat dipanen dan dijual | image 1
Pada usia 35 hari ayam broiler sudah dapat dipanen dan dijual | image 1

Bila dilihat dari fisiknya, ayam broiler memiliki bobot yang berat dan dagingnya cukup tebal. Cirikhas dari ayam broiler yaitu bulunya full berwarna putih. Seringkali orang awam menyebutnya dengan sebutan ayam putih.

Saking banyaknya permintaan daging ayam broiler, membuat banyak bermunculan perusahaan penetas telur ayam yang memproduksi DOC ayam broiler.

Hobiternak.com adalah perusahaan penyedia DOC ayam broiler berkualitas dan berbagai jenis DOC ayam pedaging lainnya. Pengiriman dapat menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia.

Lalu sebenarnya apasih keuntungan beternak ayam broiler??? mari simak informasinya dibawah ini ya

Banyak keuntungan yang bisa didapat apabila beternak ayam broiler | image 2
Banyak keuntungan yang bisa didapat apabila beternak ayam broiler | image 2

Keuntungan Ternak Ayam Broiler

1. Masa panen cepat

Ayam pedaging dengan masa panen yang cepat peringkat pertama yaitu ayam broiler. Pada usia 35 hari pemeliharaan, ayam broiler sudah dapat dipanen dengan bobot yang lumayan besar yakni bisa sampai 1,5 kg an.

Bobot yang berat ini sangat menguntungkan peternak karena saat di jual harganya bisa tinggi.

2. Permintaan pasar tinggi

Hampir di semua pasar, supermarket ataupun rumah potong banyak yang menjual daging ayam broiler. Karena peminatnya yang tinggi membuat banyak yang membuka usaha jual beli daging ayam broiler ini.

Baca Juga!  Ternyata Penting, Masa Istirahat Kandang Pasca Panen

Semakin tingginya jumlah penduduk di Indonesia dari hari kehari tentu menjadi salah satu faktor kenapa permintaan daging ayam broiler cukup tinggi.

3. Cash flow cepat

Seperti yang sudah di informasikan sebelumnya bahwa ayam broiler sudah dapat dipanen pada usia 35 hari. Jadi dengan begitu perputaran modal para peternak ayam broiler cukup cepat.

Pada 35 hari peternak sudah bisa balik modal dan bisa langsung beternak kembali dari usia DOC (Day Old Chicken).

Berbeda dengan ayam petelur, meskipun keuntungan yang didapat akan lebih tinggi namun beternak ayam petelur perputaran modalnya cukup lama. Dikarenakan ayam petelur mulai menghasilkan telur pada usia 17 mingguan.

4. Cocok dengan suhu di Indonesia

Indonesia termasuk negara tropis jadi suhunya relatif cukup hangat. Jadi jika membuka usaha ternak ayam broiler sangat cocok.

Ayam broiler bisa tumbuh dengan optimal sesuai dengan standarnya.

5. Tidak terlalu aktif

Ayam broiler termasuk jenis ayam yang mageran atau tidak banyak gerak. Mereka seringnya duduk atau berdiri namun tidak banyak jalan.

Hal ini tentu cukup menguntungkan bagi peternak karena ayam yang tidak banyak gerak pakan yang dikonsumsi tidak banyak keluar.

Jadi ayam broiler akan cepat gemuk dan bobotnya besar.

6. Di butuhkan dalam skala besar

Biasanya baik itu bibit atau ayam yang siap di panen banyak di cari oleh para peternak dalam skala besar.

Apalagi peternak tersebut menggunakan sistem pemeliharaan kandang closed house. Jumlah kapasitas yang diternak tentu akan banyak sampai beribu-ribu.

Kandang closed house saat ini menjadi trend para peternak karena bisa pelihara ayam langsung dengan kapasitas yang banyak.

Selain itu peralatan pendukungnya sudah modern dan canggih. Ini bisa menguntungkan peternak karena semua sudah dilakukan secara otomatis oleh alat tersebut. Baik itu pemberian pakan atau minum.

Baca Juga!  Tips Ampuh Mengurangi Kematian Ayam Saat Pengiriman Menggunakan Mobil Pick Up

7. Modal tidak terlalu besar

Untuk membuka usaha ternak ayam broiler bisa disesuaikan dengan modal yang dipunyai, jadi bisa disesuaikan dengan budget.

Jika modal yang dipunyai hanya cukup untuk memelihara ayam broiler dengan kapasitas 100 ekor saja, maka bisa dicoba dulu dengan jumlah 100 ekor tersebut.

Para pengusaha broiler yang sukses juga awal mulanya dari beternak ayam broiler kapasitas sedikit dahulu. Lalu apabila sudah sukses dan sudah memahami cara beternak ayam broiler dengan benar, peternak akan menambah jumlah kapasitas ayam secara berkala.

Infografis keuntungan ternak ayam broiler | image 3
Infografis keuntungan ternak ayam broiler | image 3

Baca juga : 

Keuntungan yang banyak berkat ternak ayam broiler menjadikan para peternak pemula bermunculan untuk mencoba juga.

Dengan tekat kuat dan ilmu yang memadai tentu kesuksesan bisa di depan mata. Banyak orang sukses karena ternak ayam broiler. 

Bagaimana Anda tertarik juga???

Apabila tertarik untuk beternak ayam broiler, kami dari hobiternak.com menyedikan bibit/DOC nya. Pengiriman mampu ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
5/5 - (7 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA