5 Jenis Obat Herbal untuk Meningkatkan Produktivitas pada Bebek

Beternak merupakan salah satu kegiatan yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Untuk jenis ternak yang saat ini memiliki prospek yang cukup tinggi yakni beternak Bebek Petelur. Cukup banyak masyarakat yang mencoba ternak bebek petelur jenis Mojosari. Hal ini dikarenakan produktivitas telur bebek yang dihasilkan juga cukup tinggi. Selain itu peternak juga dapat menjual bebek afkir atau yang sudah tidak dapat bertelur menjadi bebek pedaging. 

Untuk meningkatkan jumlah produktifitas telur maka peternak perlu memberikan asupan gizi dan vitamin yang baik untuk pertumbuhan bebek petelur. Salah satu cara agar bebek tetap sehat serta menghasilkan telur yang bagus peternak perlu memberikan pakan berkualitas. Jenis pakan yang mengandung nilai gizi tinggi terdiri dari bahan pakan nabati dan hewani. Bahan pakan nabati dapat terdiri dari bekatul, dedak, nasi aking, bungkil kelapa, ampas tahu, tepung hijauan dan aneka sayur – sayuran lainya. Sedangkan untuk bahan pakan hewani terdiri dari bekicot, ikan runcah, keong mas, cacing, plankton, aneka tepung – tepungan seperti, tepung tulang, tepung kerang, tepung daging dan lain sebagainya. 

Selain dengan memberikan pakan yang berkuallitas tentu peternak juga harus memberikan tambahan bahan lain seperti ramuan herbal. Ramuan herbal ini dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan bebek serta meningkatkan produktifitas daging dan telur. Pemberian obat herbal alami untuk bebek dapat diberikan dengan cara dicampurkan pada makanan atau minuman bebek. Mengapa peternak menggunakan bahan herbal alami untuk meningkatkan produktifitas daging atau bebek ? Karena bahan alami tidak mengandung efek samping bagi bebek, sehingga tidak menyebabkan efek samping. Selain itu bahan herbal ini cukup mudah ditemukan di lingkungkan sekitar. Adapun untuk bahan – bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

1.Daun Katuk

Salah satu daun herbal yang mengandung khasiat adalah daun katuk atau sauropus androgynus merupakan daun yang banyak terdapat di pekarangan dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Daun katuk dipercaya sebagai salah satu daun yang dapat memperlancar ASI atau air susu ibu. Penggunaan ada bebek juga berkhasiat karena dapat menurunkan kolestrol daging bebek serta meningkatkan vitamin A pada daging dan hati. Selain itu kandungan kolesterol pada kuning telur pada jenis bebek petelur juga berkurang. Sehingga lebih aman bagi yang masyarakat yang mempunyai  masalah pada kolestrolnya.

Penggunaan ada bebek juga berkhasiat karena dapat menurunkan kolestrol daging bebek serta meningkatkan vitamin A pada daging dan hati. | image 1
Penggunaan ada bebek juga berkhasiat karena dapat menurunkan kolestrol daging bebek serta meningkatkan vitamin A pada daging dan hati. | image 1

Cara Membuat Ramuan Herbal  Daun Katuk untuk Bebek 

  1. Siapkan daun yang akan dijadikan daun herbal. (setiap daun dipetik satu per satu dari tangkainya)
  2. Diamkan daun katuk di udara terbuka hingga menjadi layu.
  3. Masukkan ke dalam oven selama 2 hari. Alternatif lain yakni dnegan cara lain dijemur dibawah sinar matahari selama 3 – 4 hari hingga kering.
  4. Daun katuk yang telah kering di blender hingga lembut. (Jika tidak mempunyai blender bisa menggunakan mesin penggiling atau ditumbuk hingga hancur atau lembut)
  5. Daun katuk siap digunakan untuk pakan ternak atau sebagai obat herbal ayam.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Teknik Budidaya Bebek Petelur

2. Daun Beluntas

Daun beluntas juga bisa dijadikan sebagai obat herbal karena mengandung minyak asiri, alkaloid dan flavonoid. Daun beluntas berfungsi untuk mengurangi rasa amis pada daging bebek. Selain itu daun beluntas juga mengandung antioksidan dan karotenoid yang dapat meningkatkan kepekatan pada kuning telur bebek. Bebek yang kuningnya lebih pekat lebih disukai konsumen terutama untuk pembuatan telur asin.  Bahan yang juga mengandung  karotenoid selain daun beluntas adalah daun pisang. Untuk penggunaannya daun pisang ini perlu dibatasi karena mengandung serat kasar yang tinggi.

Penggunaan Ramuan Herbal Untuk Meningkatkan Produktivitas Pada Bebek | image 2
Penggunaan Ramuan Herbal Untuk Meningkatkan Produktivitas Pada Bebek | image 2

3. Kunyit

Kunir atau disebut sebagai kunyit merupakan salah satu bahan herbal alami yang dapat memberikan efek yang baik untuk pertumbuhan bebek. Untuk mendapatkan kunyit pun peternak tidak perlu bersusah payah. Karena kunyit merupakan bahan herbal yang mudah ditemukan. Selain itu tumbuhan kunyit juga mudah tumbu di area persawahan atau di pinggir – pinggir aliran air.

Obat herbal kunyit ini dipercaya mengandung curcumin atau senyawa utama yang dapat bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan, antibakteri dan antiradang. Pemberian kunyit ini dilakukan dengan cara memarut kunyit. Setelah kunyit diparut kemudian dicampur ke dalam wadah minum bebek.

Kunyit menjadi salah satu bahan obat herbal yang dapat diberikan kepada Bebek | image 3
Kunyit menjadi salah satu bahan obat herbal yang dapat diberikan kepada Bebek | image 3

4. Daun Pepaya

Siapa yang tidak mengenal daun pepaya ? Tentu semua orang pasti mengenal daun pepaya. Saat ini banyak orang yang memanfaatkan daun pepaya sebagai bahan pangan. Selain itu ternyata daun pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan baik digunakan untuk manusia maupun hewan.

Baca juga : 5 Jenis Energi yang Dibutuhkan Dalam Pakan Bebek

Penggunaan daun pepaya untuk bebek ini dapat memberikan manfaat sebagai antimalaria, antiparasit cacing, meningkatkan nafsu makan, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pemberian daun pepaya untuk bebek ini dengan cara dicampurkan pada wadah minum si bebek. Yakni dengan cara daun pepaya di potong atau dicincang hingga menjadi potongan kecil. Kemudia daun pepaya tersebut dicuci menggunakan air. Pencucian ini dapat bermafaat untuk menghilangkan getah yang ada dalam daun pepaya. Kemudian daun pepaya tersebut dapat dimasukan ke wadah minum si bebek. 

Daun Pepaya ternyata juga dapat meningkatkan produktivitas pada Bebek Pedaging dan Petelur | image 4
Daun Pepaya ternyata juga dapat meningkatkan produktivitas pada Bebek Pedaging dan Petelur | image 4

5. Jahe

Bahan herbal yang berasal dari Jahe ini ternyata juga memberikan efek yang baik untuk pertumbuhan bebek. Jahe berkhasiat untuk membantu kerja kelenjar enktrin karena kandungan salakol terdapat dalam jahe. Dengan memberikan jahe untuk bebek ini akan menghangatkan tubuh bebek dan menambah stamina tubuh .

Jahe memiliki manfaat yang baik untuk bebek yakni dapat mengembalikan stamina dan menjaga kekebalan tubuh | image 5
Jahe memiliki manfaat yang baik untuk bebek yakni dapat mengembalikan stamina dan menjaga kekebalan tubuh | image 5

Bagaimana tentu mudah bukan untuk menemukan aneka bahan obat herbal tersebut ? Nah dalam pemberiannya perlu peternak ingat bahwa pemberiannya obat herbal tersebut harus diberikan sesuai dengan takaran yang pas. Sehingga kesehatan bebek akan tetap terjaga selama pemberian obat herbal tersebut. 

Bagi Anda yang berminat untuk mengembangkan usaha ternak Bebek pedaging maupun petelur. Kami menyediakan DOD Bebek Petelur dan Pedaging usia baru saja menetas dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia. Untuk keterangan lebih lengkap silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami untuk informasi pemesana, daftar harga, cara pengiriman dan konsultasi gratis di nomor berikut ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK herbal word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida, jangka waktu itik bertelur, umur berapa bebek mulai bertelur, ciri ciri bebek mulai bertelur, berapa lama produksi bebek petelur, agar bebek bertelur tiap hari, kandang bebek petelur yang bagus, masa hidup bebek, ciri ciri bebek petelur afkir

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: alodokter.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 2: Pinterest.com
  • image 3: Pinterest.com
  • image 4: Pinterest.com
  • image 5: Shutterstock.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA