Jenis Ayam Hias Ketawa – Ayam Ketawa merupakan salah satu jenis ayam hias yang berasal dari daerah Sindrap atau Sindereng Rappang (Sulawesi Selatan). Pada daerah Sindrap inilah terdapat satu jenis ayam yang berbeda dengan jenis ayam lainnya. Secara fisik jenis ayam ini memang sama dengan jenis ayam kampung biasa, namun ada perbedaan yang hanya dimiliki dari ayam ini. Perbedaannya itu terletak dari  suara yang cukup unik pada saat berkokok. Kokokan ayam sindrap pada ujung suara kokokan yang seperti orang ketawa dan memiliki berbagai jenis suara ayam ketawa.

Pada umumnya ciri-ciri Ayam Ketawa sendiri memiliki jengger pada bagian belakang yang menempel pada tempurung kepala. Selain itu ayam ketawa juga memiliki bentuk pita suara yang bentuknya aneh dan pita suara ayam ketawa tersebut terputus. Dan tidak heran jika jenis ayam ini memiliki suara yang terputus-putus sehingga suaranya mirip dengan orang ketawa. Sedangkan ciri-ciri pada anakan ayam ketawa sendiri dapat dilihat pada saat usia 1.5 bulan biasanya hanya bisa berkotek sehingga terkesan lucu bila kita mendengar kokok ayam dewasa jika dibandingkan kokokan pada anakan ayam ketawa.

jenis ayam ketawa

Ayam Ketawa

Pada kali ini kita akan membahas berbagai jenis ayam ketawa yang digolongkan kedalam 6 jenis .

Berikut merupakan jenis ayam ketawa diantaranya :

  • Ayam Ketawa Bakka
    Jenis Ayam Ketawa Bakka merupakan salah satu jenis ayam ketawa yang memiliki warna bulu dasar putih yang dihiasi dengan warna oranye, merah dan memiliki kaki yang berwarna hitam maupun putih yang memiliki arti bahwa warna putih ini dapat mengembangkan harta pemilik ayam ketawa.
  • Ayam Ketawa Lappung
    Yakni jenis ayam ketawa yang memiliki bulu dengan dasaran warna hitam dengan merah hati dan memiliki mata yang berwarna putih yang dapat diartikan bahwa jenis warna ini dalam kepeercayaan sebagaian suku bugis yang dapat menampung harta.
  • Ayam Ketawa Ceppaga
    Pada jenis Ayam Ketawa Ceppaga memiliki warna dasar hitam dengan putih dan memiliki kaki yang berwarna hitam. Arti dari ayam sendiri adalah adanya sebagian harta.
  • Ayam Ketawa Kooro
    Merupakan jenis ayam ketawa yang memiliki warna dasar hitam dengan perpaduan hijau dan putih serta kuning yang mengkilap. Pada warna bulu ayam ini yang berartikan atau menunjukan bahwa adanya sesuatau harta.
  • Ayam Ketawa Ijo Buata
    Jenis ayam ketawa yang memiliki bulu dengan perpaduan antara warna hijau dengan merah dan memiliki kaki yang berwarna kuning. yang bisa di artikan harta yang abadi.
  • Ayam Ketawa Bori Tase
    Apabila dibandingkan dengan jenis lainnya, Ayam ketawa bori tase ini memiliki warna yang mencolok dengan perpaduan warna merah yang dihiasi dengan bintik-bintik yang berwarna kuning keemasan.

Namun dengan adanya arti warna antara kepercayaan dengan keindahan, sebagian masyarakat Suku Bugis percaya akan adanya warna bulu ayam ketawa yang memiliki arti atau makna, sehingga pada sebagian kolektor ayam ketawa juga percaya dan memiliki kepercayaan tertentu pada ayam ketawa.

jenis ayam ketawa

Ayam Ketawa

Dengan cara memilih ayam ketawa yang memilih kokokan dengan durasi yang panjang , suara ayam yang semakin terbahak akan semakin bagus bagi seekor ayam ketawa. Namun, akan lebih bagus lagi jika ketawanya lebih panjang dan mengalun. Cara yang dapat dilakukan pada ayam ketawa agar memiliki kualitas suara yang bagus dapat dilakukan dengan penjemuran pada ayam untuk menjaga stamina, minuman juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas suara ayam ketawa dalam jumlah dan pada waktu yang tepat juga perlunya menjaga kebersihan air minum dan dapat diberikan vitamin C.

Selanjutnya dalam pemeliharaan ayam ketawa agar menghasilkan jenis ayam ketawa yang bagus dalam pemberian pakan ayam ketawa sendiri merupakan faktor yang diperlukan dalam beternak ayam ketawa yang penting guna menjaga stamina pada ayam yang dapat menjadikan suara ayam merdu dengan diberikan jagung giling,beras merah. Sedangkan makanan ayam ketawa pada anakan ayam ketawa sendiri akan lebih baik jika diberikan voer dengan kandungan protein yang cukup tinggi sehinga dapat membantu pertumbuhan pada ayam tersebut.

jenis ayam ketawa

jagung

Dalam ciri ciri ayam ketawa betina asli dalam sekali bertelur jenis ayam ketawa betina dalam produktifitasnya bisa menghasilkan 10-13 butir telur dalam satu kali periode. Pada ayam ketawa betina sendiri terdapat daya tetas tinggi yang tidak terdapat pada telur pertama yang dihasilkan ayam betina hal ini dikarenakan pembuahan ayam yang belum sempurna. Oleh karena itu untuk menunjang masa kesuburan pada ayam betina agar lancar bertelur harus ditunjang dengan pakan. Pakan yang digunakan yakni kacang ijo yang fungsinya untuk meningkatkan daya tetas pada ayam betina dan bisa menghasilkan telur ayam yang lebih banyak.

Selain itu, ayam ketawa juga memiliki ciri antara lain memiliki badan yang kecil dan ramping. Namun, untuk saat ini yang banyak dipelihara adalah memiliki jengger besar lebar, badan kecil dan warna kaki abu – abu gelap, tetapi ada juga ayam ketawa yang mempunyai kaki kuning. Jengger ayam ketawa mawar yang biasanya  paling banyak dicari oleh para kolektor, alasannya karena memiliki kokokan seperti orang ketawa. Dari suara tersebutlah yang menjadikan perbedaan antara ayam ketawa ini dengan ayam lainnya. Maka tak heran jika ayam ketawa ini harganya cukup mahal. Pemeliharaan ayam ketawa ini juga bisa di pastikan akan mendapatkan laba yang cukup besar.

Jika membahas seputar ayam hias tentu tidak lepas dari harga ayam tersebut. Selain kualitas dari ayam tentu ada beberapa hal lainnya yang biasanya menjadi topik pembahasan misalkan saja harga ayam tersebut. Untuk harga ayam yang kami sediakan dari usia anakan sampai indukan. Berikut untuk harga anak ayam ketawa sampai indukan :

1 Bln Rp125.000/ekor
2 Bln Rp150.000/ekor
3 Bln Rp200.000/ekor
4 Bln Rp250.000/ekor
5 Bln Rp300.000/ekor
Dewasa Rp450.000/ekor

Harga tersebut tentu berbeda lagi, jika ayam ketawa ini di jadikan ayam kontes. Karena untuk ayam ketawa kontes ini harga nya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dari jaman dahulu, ayam jenis ketawa ini sudah sering diadakan kontes. Dalam sekali kontes, pesertanya bisa berjumlah antara 700 sampai 800 ekor.

Berikut ini ada beberapa gambar dan jenis ayam ketawa :

 

Jenis ayam ketawa

 

Jenis ayam ketawa

Jenis ayam ketawa

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam ketawa, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
gambar dan jenis ayam ketawa, ayam ketawa bakka, jenis ayam ketawa yang bagus, cara memilih ayam ketawa, makanan ayam ketawa, jengger ayam ketawa, ciri ciri ayam ketawa betina asli, harga anak ayam ketawa

Viky Ristiyarti

 

 


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: