ayam poland tanduk

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Dengan Ayam Poland atau Ayam Jambul Yang Imut

Iklan Bebek Hibrida

Ayam poland – Saat kita mengunjungi kandang utama ayam hias di wilayah Muntilan, Magelang, Jawa Tengah kita disuguhi dengan pemandangan yang menyejukkan mata. Betapa tidak, dipeternakan yang luas tersebut terdapat banyak sekali ayam hias yang terdiri dari berbagai jenis yang mempunyai keunikan yang berbeda. Salah satu yang nampak sangat lucu dan berbeda dengan jenis lain adalah ayam poland. Apa itu ayam poland ?

Ayam poland atau ayam jambul merupakan ayam yang mempunyai mahkota di kepalanya. Ayam ini merupakan salah satu jenis ayam hias yang berasal dari luar negeri. Memang banyak yang menyangka kalau ayam poland ini berasal dari Polandia seperti namanya namun setahu kami ayam ini malah berasal dari Belanda. Ayam Poland ini di negara asalnya memang digunakan sebagai ayam petelur maka kemampuan bertelurnya sudah tidak di sangsikan lagi. Jenis ayam poland terdiri dari 3 yaitu poland  galur murni, jenis ini hanya mempunyai warna seperti abu-abu atau hitam dan berjambul putih. Poland yang kedua jenis three colour dimana bulunya terdiri dari 3 warna misalnya warna abu-abu, kuning, hitam, putih atau perpaduan beberapa warna. Jenis yang terakhir adalah ayam poland tanduk yang memiliki jengger seperti tanduk. Berikut adalah penjelasan yang lebih detai lagi.

Ayam Poland Usia 3 Bulan1
Ayam Poland Usia 3 Bulan

Jenis-jenis ayam poland :

Berikut adalah beberapa jenis ayam poland yang cukup terkenal di sekitar kita :

  • Ayam Poland Galur Murni

Ayam poland galur murni adalah jenis ayam poland yang memiliki warna tunggal seperti abu-abu atau hitam dan jambulnya berwarna putih. Untuk warna bulu ayam poland galur murni ini memang belum beragam jadi warnanya masih hitam atau putih.

  • Ayam Poland Three Colour

Ayam poland three colour adalah salah satu jenis poland yang memiliki beraneka ragam warna. Warna bulu poland three colour yaitu seperti hitam bercampur cokelat, putih atau abu-abu, kuning dan perpaduan jenis warna lain. Poland jenis ini berbeda dengan poland jenis lain karena pada jambulnya memiliki warna yang bermacam-macam. Contohnya seperti hitam, kuning, cokelat dan lain sebagainya. Selain itu jenis poland three colour memiliki cukup banyak peminat.

  • Ayam Poland Bertanduk

Ayam poland bertanduk adalah jenis ayam poland seperti pada umumnya namun yang membedakan adalah pada bagian jenggernya yaitu mirip seperti tanduk. Dibandingkan dengan jenis ayam poland lain ayam ini lebih indah karena terdapat tanduk di kepalanya.

Tahapan memelihara ayam poland :

  • Mempersiapkan Kandang

Untuk kandang ayam poland dapat di buat dengan lebar sekitar 60 cm X 90 cm X 60 cm. Ukuran kandang tersebut bisa berisi 3 ekor ayam poland usia dewasa. Kandang ayam poland harus di tutup dengan kain atau pembatas agar saat ada hujan atau angin kencang ayam tetap terlindungi. Selain itu kandang harus selalu dibersihkan agar ayam terhindar dari berbagai serangan penyakit. Anda bisa membersihkan kandang seminggu sekali atau lebih bagus dan baiknya bisa dilakukan setiap hari. Kandang yang selalu dibersihkan akan membuat ayam merasa nyaman didalam kandang dan ayam tidak mudah terjangkit penyakit.

  • Pengembangbiakan Ayam Poland

Mengembangbiakan ayam poland dapat dengan cara mengawinkan poland yang sudah berusia dewasa kira-kira 8 bulan dan memiliki kualitas yang bagus atau baik. Poland adalah jenis ayam yang pandai bertelur. Telur yang dapat dihasilakan oleh ayam poland yaitu sekitar 10-20 butir. Cukup banyak bukan.

  • Pemeliharaan Ayam Poland

Telur ayam poland akan menetas setelah 21 hari dan setelah menetas, ayam diletakkan di bok pemanas.  Pakan yang bisa diberikan yaitu voer, jagung pecah dengan perbandingan 3 : 2. Pakan tersebut dapat diberikan 1 kali sehari.

 

Makanan Ayam Poland

Makanan ayam poland biasanya terdiri dari konsentrat atau voer. Makanan tersebut diletakkan di suatu tempat yang agak tinggi sehingga poland mudah mengambilnya. Usahakan makanan tersebut tidak mengenai jambulnya karena akan kotor dan mudah dihinggapi jamur. Untuk minuman diberikan seperlunya saja, jadi tidak sepanjang hari diberikan dalam jumlah yang banyak karena akan mengakibatkan pilek. Karena keunikannya, poland akhirnya banyak disilangkan dengan jenis ayam lain seperti dengan jenis ayam batik kanada, ayam walik, ayam kapas sehingga dengan adanya persilangan tersebut banyak dijumpai varian baru yaitu ayam poland kanada, ayam poland walik, ayam poland kapas. Ayam yang telah disilangkan biasanya harganya semakin mahal karena mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda.

Ayam Poland
Konsentrat untuk Ayam Poland

Saat ini harga ayam poland bervariasi tergantung usia ayam tersebut.

Berikut adalah daftar harga ayam poland dari usia 1 bulan sampai dewasa :

1 bulan Rp125.000,- / ekor

2 bulan Rp150.000,- / ekor

3 bulan Rp175.000,- / ekor

4 bulan Rp225.000, – / ekor

5 bulan Rp350.000, – / ekor

Indukan Rp450.000,- / ekor

Jantan 5 bulan Rp400.000,- / ekor

Indukan jantan Rp500.ooo,_ / ekor

 

Harga anakan ayam poland saat ini mencapai Rp125.000,- / ekor. Harga anak ayam poland tersebut untuk jenis poland biasa. Untuk poland walik atau poland kapas harganya mengalami perbedaan. Harga ayam jambul  tersebut bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan. Untuk harga ayam poland tanduk lebih mahal dibandingkan dengan jenis ayam poland biasa. Ayam poland atau ayam jambul mempunyai daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis ayam hias lain. Ayam jambul termasuk kategori ayam yang rentan sakit terutama bila terkena angin kencang. Untuk itu, kandang sebaiknya dimodifikasi untuk menghindari ayam terkena angin kencang secara langsung, jadi sebaiknya kandang sedikit tertutup.

Ayam Poland

Ayam yang telah dewasa mempunyai jambul yang panjang, terkadang jambul tersebut sampai menutupi matanya. Untuk itu pemberian pakan disesuikan dengan kepala ayam agar sejajar. Dengan demikian tidak akan menutupi pandangan saat mengkonsumsi makanannya. Jika nampak kotor pada bagian jambul sebaiknya segera dibersihkan agar tidak ditumbuhi jamur. Cara membersihkannya dengan cara dilap menggunakan kain lap yang bersih. Jika cuaca cerah dan sinar matahari cukup terang maka bisa sesekali dimandikan dan kemudian dijemur. Pemberian multivitamin bisa secara kontinyu dilakukan seminggu  sekali. Hal itu untuk menunjang stamina tetap prima.

Beternak ayam poland memang cukup memiliki prospek yang tinggi. Saat ini banyak pecinta ataupun penghobi ayam hias yang mencari ayam poland. Mereka tertarik dengan keunikan dari ayam ini. Ayam poland memang mempesona. Selain mempesona beternak ayam poland cukup mudah karena pemeliharaan ayam poland mirip dengan ayam kampung biasa. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk beternak atau memelihara ayam poland ini. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk memeliara ayam poland ?

Ayam Poland Usia 1.5 Bulan
Ayam Poland Usia 1.5 Bulan

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis ayam hias. Kami menyediakan dari telur, anakan, remaja hingga dewasa dan dapat mengirimkan ke wilayah di Indonesia. Untuk ayam poland Anda juga bisa pesan ayam poland putih. Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam poland di nomor whatsapp di bawah ini :

SMS / CALL / WhatsApp

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Axis:
0838-6918-5523

 

Kata terkait:
makanan ayam poland, ayam poland tanduk, jenis ayam poland, harga ayam poland tanduk, harga anak ayam poland, ayam poland putih, ayam poland walik

** Yuni ** 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Ayam Poland
No HP
0856-4772-3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only
Iklan Bebek Hibrida

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 thoughts on “Yuk, Mengenal Lebih Jauh Dengan Ayam Poland atau Ayam Jambul Yang Imut”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: