Jual Mesin Penetas Semi Otomatis untuk Menetaskan Telur Unggas

Jual Mesin Penetas Semi Otomatis – Kemajuan industri peternakan saat ini cukup pesat, hasil sektornya mencapai jumlah yang cukup tinggi. Saat ini usaha yang paling banyak digeluti yaitu ternak ayam. Komoditas ayam banyak yang dicari mulai dari telur hingga dagingnya. Permintaan ayam hias juga tidak kalah peminat.

Untuk menghasilkan ayam yang banyak tentu kita harus giat dalam menetaskan telur. Kalau dahulu, peternak menggunakan indukan ayam untuk menetaskan telur. Lain dari sekarang, semakin canggihnya teknologi saat ini sudah muncul alat praktis yang bisa menetaskan telur dengan mudah dan bisa menetaskan dalam jumlah yang banyak. Namanya yaitu Mesin Penetas. Saat ini pun sudah banyak yang menyediakan atau jual mesin penetas telur sehingga dapat memdahkan para penghobi ayam hias maupun orang yang hobi memelihara unggas.

Mesin Tetas Otomatis
Dengan tuntutan harus bisa menetaskan banyak telur dalam waktu singkat, kini Anda tak perlu lagi khawatir karena sudah terdapat mesin penetas.

Mesin Penetas

Cara kerja alat ini yaitu membantu proses pengeraman tanpa indukan dengan bantuan lampu pijar. Mesin penetas juga dilengkapi dengan alat pengatur suhu yang disebut thermostat.

Dahulu Mesin Penetas pertama kali ditemukan tercatat sekitar 3000 tahun lalu di Mesir. Tentu saja saat itu masih cukup sederhana. Meskipun demikian, keberhasilan dalam menetaskan telur cukup membantu untuk memperbanyak unggas dengan efektif dan efisien. Dalam sekali menetaskan bisa memuat hingga 1000 butir telur, sedangkan apabila menggunakan indukan hanya 6 butir dalam sekali mengeram. Bahkan, sampai sekarang di Fayum (salah satu kota di Mesir) masih meneruskan penggunaan mesin kuno ini karena tingkat keberhasilan cukup tinggi sekitar 90%.

Mesin tetas semi otomatis
Contoh bentuk dari mesin tetas yang memdahkan peternak untuk menetaskan telur unggasnya

Di Indonesia, mesin penetas telah ada sebelum kemerdekaan dengan prinsip dan cara pengoperasian yang hampir sama dengan mesin penetas saat ini. Hanya saja cara membuat mesin tetas telur saat ini lebih modern. Meskipun, masih dalam bentuk yang sederhana namun, Indonesia sudah mampu membuatnya dan diharapkan bisa terus dikembangkan. 

Salah satu jenis yang cukup diminati yaitu mesin penetas semi otomatis karena harganya lebih terjangkau dan lebih memudahkan peternak. Desain mesin penetas semi otomatis yaitu rak tempat telur telah dimodifikasi sehingga dalam proses membalik telur bisa dilakukan sekaligus tanpa harus menyentuh telur dan membaliknya satu persatu. Cara kerja mesin penetas telur semi otomatis ini sedikit berbeda dengan cara kerja mesin penetas telur otomatis. Jika semi otomatis rak putar nya di putar secara manual menggunakan tuas,  sedangkan yang otomatis artinya rak putar nya sudah berputar sendiri atau otomatis. Cara membuat mesin tetas otomatis pun juga berbeda dengan yang semi otomatis. Maka dari itu, terdapat perbedaan harga pada kedua jenis tersebut.

Panduan Pengoperasian Mesin Tetas Semi Otomatis System Rak Putar

Tahap Pertama

  • Setelah mesin penetas di terima, pertama kali yang harus di lakukan yaitu pasang kaki terlebih dahulu dengan bantuan obeng
  • Letakkan mesin penetas di tempat yang aman dan sirkulasi udara bagus.
  • Periksa kelengkapan mesin penetas seperti thermometer, thermostat, rak telur dan bak air apakah dalam kondisi yang baik atau tidak.
Mesin penetas semi otomatis
Pada awal perakitan, pasanglah kaki kaki mesin tetas dengan menggunakan obeng.

Tahap Kedua

  • Kami menyarankan kepada Anda untuk tetap melakukan fumigasi (penyucihamaan) ruangan mesin penetas. Meskipun mesin penetas masih baru namun hal tersebut sangat penting untuk membersihkan kuman-kuman yang kemungkinan terdapat dalam mesin penetas.
  • Letakkan thermometer dan hygrometer di atas rak dengan posisi yang mudah bagi Anda untuk membaca skala mesin penetas.
  • Isi nampan air sebanyak 1/2 dari volume nampan dengan air yang bersih (air hangat lebih baik) catatan jika menetaskan dalam musim kemarau, atau isi 1/4 jika menetaskan dalam musim penghujan. Jika air sudah berkurang bisa di tambah (minimal 3 hari sekali)
Thermometer mesin tetas
Thermometer berfungsi untuk mengecek suhu di dalam mesin tetas apakah sudah sesuai atau belum.

Tahap Ketiga

  • Setelah siap semua, hubungkan mesin penetas dengan aliran listrik (stop kontak) lalu tunggu beberapa menit sampai lampu mati. Saat lampu mati lihat suhu yang di tunjukkan oleh thermometer. Jika suhu belum sesuai maka lakukan penyetelan thermostat. Suhu yang baik yaitu sekitar 37-38 derajat celcius. Cara penyetelan thermostat yaitu : atur posisi handle sedemikian rupa hingga terlihat baut thermostas pada lubang kecil di bagian atau mesin penetas. Jika suhu yang di tunjukkan thermometer lebih rendah dari suhu yang di inginkan maka putarlah baut ke arah kiri (naik) dan begitu sebaliknya.
  • Tunggulah lampu sampai mati kembali dan lihat kembali suhu pada thermometer. Jika suhu sudah sesuai 37-38 derajat celcius, Anda jangan tergesa-gesa untuk memasukkan telur ke dalam mesin penetas. Tunggulah sekitar 2-3 jam ke depan untuk memastikan bahwa suhu pada mesin penetas sudah stabil.
  • Jika suhu sudah stabil, Anda bisa masukkan telur ke dalam mesin penetas dengan meletakkan bagian tumpul (bagian yang terdapat rongga udaranya) berada di bagian atas dan yang lancip di bagian bawah. Jika jumlah telur yang di tetaskan kurang dari daya tampung maka sebaiknya telur di letakkan di tengah-tengah rak dan bagian yang kosong di isi spons/percahan kain/busa sebagai penahan telur agar telur dalam posisi berdiri.
Telur di Mesin Penetas
Posisi telur saat awal dimasukkan dalam rak mesin tetas adalah bagian runcing berada di bawah.

Tahap Keempat

  • Mulailah pembalikan telur pada hari ke-3 terhitung saat telur masuk. Minimal pembalikan telur 3 kali sehari (setiap 8 jam). Pembalikan telur di lakukan sampai 3 hari sebelum perkiraan tanggal menetas.
  • Lakukan peneropongan telur pada hari ke-3. Jika ada telur yang kosong atau tidak ada embrio maka bisa Anda keluarkan dari mesin penetas. Sebaliknya jika telur terdapat embrio maka bisa Anda masukkan lagi ke mesin penetas. Ulangi kembali peneropongan pada hari ke-7, ke-14 untuk telur ayam, serta hari ke-21 untuk telur itik.
  • Pindahkan posisi telur, misal telur yang semula berada di pinggir rak pindah ke tengah dan sebaliknya. Lakukan setidaknya 3-4 kali sehari.
Mesin penetas telur
Ketika telur sudah menetas, angkatlah ketika bulunya sudah kering dan letakkan di dalam wadah dengan alas jerami atau kain bersih.
  • Naikkan kelembapan ruangan mesin tetas dengan cara penyemprotan atau penambahan volume bak air atau penambahan spons atau busa di sekeliling rak pada minggu terakhir.
  • Keluarkan anakan ayam/itik yang sudah menetas dengan ciri bulu sudah kering. Tempatkan anakan ayam/itik ke bok khusus . Gunakan alas dengan jerami padi atau pakaian bekas yang sudah di bersihkan. Hindari penggunaaan alas yang licin seperti koran, kertas atau hvs. Jangan lupa beri penghangat saat malam hari.

Informasi Penting

  1. Jika ada lampu yang mati segera di ganti
  2. Ganti lampu dengan daya (watt) yang lebih besar apabila suhu di ruangan mesin penetas belum memenuhi ukuran standart.
  3. Selalu sediakan pemanas darurat seperti lilin atau lampu minyak
  4. Usahakan mempunyai cadangan thermostat dan bohlam

Galeri Foto Mesin Tetas Telur Semi Otomatis Rak Putar Manual

Mesin Penetas Semi Otomatis
Kami Jual Mesin Penetas Telur Semi Otomatis Kapasitas 30 Butir
Mesin Penetas Telur
Gambar Mesin Penetas Telur Semi Otomatis Kapasitas 50 Butir
Mesin Penetas Telur
Foto Mesin Penetas Telur Semi Otomatis Kapasitas 75 Butir
Mesin Penetas Telur
Gambar Mesin Penetas Telur Semi Otomatis Kapasitas 100 Butir
Mesin Penetas Telur
Foto Mesin Penetas Telur Semi Otomatis Kapasitas 200 Butir

Selain tipe semi otomatis rak putar, kami hobiternak.com juga jual mesin penetas telur jenis lain. Seperti tipe knock down, automatic turning (rak putar otomatis), dan juga digital system. Secara umum, alat alat mesin tetas otomatis, semi otomatis, digital system, maupun knock down hampir sama. Yakni terdapat rak, thermometer, thermostat, nampan air, dan lampu bohlam.

Galeri Foto Mesin Tetas Telur Knock Down

Mesin Penetas Telur Knock Down
Contoh Gambar Mesin Penetas Telur Tipe Knock Down Kapasitas 36 Butir
Mesin Penetas Telur
Contoh Foto Mesin Penetas Telur Tipe Knock Down Kapasitas 72 Butir

Galeri Foto Mesin Tetas Telur Automatic System (Rak Putar Otomatis)

Jual Mesin Penetas
Foto Mesin Penetas Telur Rak Putar Otomatis Kapasitas 50 Butir
Jual Mesin tetas C-100AT
Gambar Mesin Tetas Telur Rak Putar Otomatis Kapasitas 100 Butir
Jual Mesin tetas C-200AT
Foto Mesin Tetas Rak Putar Otomatis Kapasitas 200 Butir

Galeri Foto Mesin Tetas Telur Digital System

Jual mesin tetas telur
Contoh Foto Mesin Penetas Telur Digital System Kapasitas 50 Butir
Jual Mesin Tetas C-100DS
Contoh Gambar Mesin Tetas Telur Digital System Kapasitas 100 Butir.

Harga Mesin Tetas

*Harga Mesin Penetas*

Semi Otomatis Rak Putar

C-30 380.000,00
C-50 420.000,00
C-75 450.000,00
C-100 550.000,00
C-200 750.000,00
C-500 3.340.000,00
C-1000 4.350.000,00

Automatic Turning

C-50AT 850.000,00
C-100AT 1.050.000,00
C-200AT 1.600.000,00
C-500AT 5.500.000,00
C-1000AT 6.700.000,00

Digital System

C-50DS Rp 1.300.000,00
C-100DS Rp 1.500.000,00
C-200DS Rp 2.000.000

Knock Down

C-36 Rp 500.000
C-72 Rp 600.000

*Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim*
*Pengiriman Via DACOTA*

Bagi Anda yang berminat untuk menetaskan telur sendiri, kami jual mesin penetas semi otomatis. anda bisa menetaskan telur ayam, telur itik, telur burung, bahkan telur puyuh menggunakan mesin tetas tersebt. Selain itu, kami juga menyediakan telur ayam hias segar dan siap ditetaskan, sehingga Anda bisa memiliki ayam hias dengan harga yang lebih terjangkau. Silahkan hubungi kami kapan saja :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
alat alat mesin tetas otomatis, cara membuat mesin tetas otomatis, harga mesin tetas full otomatis kapasitas 1000, cara kerja mesin penetas telur otomatis, harga mesin penetas telur type c30, cara membuat mesin tetas telur, cara kerja mesin penetas telur semi otomatis, cara membuat mesin tetas semi otomatis, komponen mesin penetas telur otomatis, cara membuat mesin penetas telur otomatis sendiri, harga mesin penetas telur semi otomatis, harga mesin tetas full otomatis, contoh cara membuat mesin penetas telur, cara membuat rak tetas telur sistem geser,

<Duwi Kristinawati>

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP