Ternak Bebek Peking Sebagai Penghasil Telur

Beternak bebek peking petelur saat ini menjadi semakin digemari. Hal ini seharusnya menjadi dorongan dan manfaat bagi para penggelut dunia usaha. Maraknya rumah makan dan restorant yang menyajikan makanan menu bebek peking dan telur bebek, dapat dijadikan peluang usaha beternak bebek peking. DOD bebek peking yang cukup menjadi incaran para peternak, untuk diternakan. Harga bebek peking per ekornya untuk setiap daerah berbeda-beda, biasanya tergantung dari harga jual dipasaran.

Bebek Peking/ Bebek Pedaging
Selain difokuskan untuk menjadi bebek pedaging ternyata bebek peking juga dapat bertelur dengan produktifitas yang cukup tinggi pula.

Berbicara mengenai beternak bebek peking, pasti tidak luput dari komponen utama yaitu kandang. Berfungsi sebagai tempat berlindung dari hewan pemangsa, panas, dan cuaca yang kurang mendukung, kandang juga digunakan untuk tempat berkembangbiak dan tumbuh. Cara beternak bebek peking pedaging untuk kandang bebek peking menyesuaikan usia dari bebek peking tersebut. Tipe dari kandang berdasarkan usia bebek.

Apakah Bebek Peking bisa Bertelur ? 

Pada jenis – jenis bebek pedaging tertentu selain diunggulkan dalam produktifitas telurnya, ternyata bebek pedaging tersebut juga dapat menghasilkan telur sama hal nya dengan bebek petelur. Hasil terlurnya pun juga memiliki jumlah yang cukup tinggi. Seperti contoh bebek peking ini yang dapat menghasilkan telur, baik untuk ditetaskan kembali maupun dikonsumsi sebagai bahan pangan. 

Produktitifitas telur bebek peking hampir sama dengan bebek petelur lainnya. 
Produktitifitas telur bebek peking hampir sama dengan bebek petelur lainnya.

Pada dasanya bebek peking memang diunggulkan sebagai bebek penghasil daging dengan masa pertumbuhan yang singkat. Yakni dapat dipanen pada usia 40 – 45 hari dengan bobot mencapai 1,5 – 3 kg per ekornya. Sama juga dengan bebek hibrida yang memiliki masa panen sama seperti bebek peking yakni 40 – 45 hari panen. Lalu apakah bebek hibrida bisa bertelur sama seperti bebek peking ? Jawabannya adalah bisa, karena bebek hibrida ini juga dikenal sebagai bebek dwi fungsi, bisa dijadikan pedaging dan petelur. Bebek hibrida bisa bertelur layaknya bebek petelur, dengan warna kerabang hijau kebiru biruan. 

Berapa Bulan Bebek Peking Bertelur ?

Telur bebek peking biasanya ditujukan untuk ditetaskan, karena bebek peking lebih dominan ke bebek pedaging. Cara ternak bebek peking pedaging sama halnya dengan beternak bebek petelur lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah telurnya untuk ditetaskan dan dikonsumsi.

Telur yang dihasilkan oleh bebek peking biasanya digunakan untuk ditetaskan kembali untuk menjadi bibit bebek peking
Telur yang dihasilkan oleh bebek peking biasanya digunakan untuk ditetaskan kembali untuk menjadi bibit bebek peking

Untuk bebek peking tersebut akan mulai bertelur memasuki usia 6 bulan atau sekitar 60 harian. Produktivitasnya juga tidak kalah banyaknya dengan ayam khusus petelur lainnya. Dan untuk bebek peking ini mampu menghasilkan telur sebanyak 250 – 270 butir per tahunnya. Sama halnya dengan bebek hibrida yang juga bisa bertelur di usia 6 bulan.

Apakah bebek peking bisa mengerami telurnya ? Ternyata bebek peking ini tiidak dapat mengerami telurnya, jadi perlu bantuan dari mesin penetas atau ayam dan entok yang sedang mengerami. Masa menetasnya bibit bebek ini berlangsug selama 28 – 35 hari lamanya. 

Lalu apalah bebek hibrida juga bisa mengerami telurnya ? Ternyata tidak dapat mengermai juga sama halnya seperti penjelasan bebek peking diatas. 

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida memiliki dwi fungsi, yakni bisa dijadikan bebek pedaging dan petelur.

Bagi Anda yang menginginkan telur bebek hibrida dan peking tersebut untuk ditetaskan. Peternak dapat menyeiapkan mesin penetas agar dapag digunakan untuk menetaskan telur – telur bebek tersebut. Hal ini juga bertujuan agar bebek peking dan hibrida tersebut lebih fokus dalam proses bertelur sehingga dapat mengasilkan jumlah telur yang cukup tinggi untuk ditetaskan. Seperti halnya ternak bebek peking Jawa Timur, para peternak memanfaatkan telur bebek peking untuk ditetaskan, dan hasil tetasan yang sudah berwujud DOD/ bibit bebek peking.

Cara Agar Bebek Peking Cepat Bertelur 

Untuk menentukan hasil telur yang berkualitas dan produksinya tinggi, maka peternak juga harus memberikan metode pemeliharaan yang baik terutama yang menjadi hal terpenting adalah pemberian pakan. Pakan yang baik akan menentukan hasil yanng baik pula. Untuk bebek petelur sendiri peternak dapat memberikan pakan berupa konsentrat dan pakan alami lainnya seperti bekicot, keong mas, ampas tahu, tepung tepungan yang mengandung protein tinggi dan sayur – sayuran lainnya. 

Telur tetas tertas tersebut merupakan telur yang dibuahi oleh pejantan. Dalam pemeliharaan yang intensif, menghasilkan telur tetas yang terjamin. Karena pada dasarnya pemeliharaan sendiri akan lebih mudah untuk diawasi. Selain itu kita lebih tahu prosesnya dari awal sampai akhir.

analisa budidaya bebek petelur
Sanitasi Air yang dekat dan terawat

Untuk menghasilkan telur tetas kandang harus dilengkapi dengan kolam khusus yang berisi air. Karena bebek hanya mau kawin bilamana ada air. Dalam perbandingannya bebek betina dan pejantan paling banyak 8 betina : 1 jantan untuk diambil telur tetasnya. Perlu diperhatikan juga, perbandingan jumlah bebek betina jangan terlalu banyak, bila terlalu banyak kemungkinan terbuahi sangat kecil.

Biasanya peternak menyediakan bebek petelur yang sudah tua untuk bertugas sebagai telur tetas, tujuan agar tidak mengganggu produksi telur konsumsi. Perhatikan juga bebek yang terlalu tua cenderung menghasilkan telur tetas yang kurang baik. Apabila sudah tidak menghasilkan telur tetas yang tidak memenuhi syarat, segera diafkirkan untuk dijadikan bebek potong.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan telur tetas sebagai berikut:

  1. Telur tetas harus berasal dari indukan dan pejantan yang memiliki sifat-sifat unggul.
  2. Perbandingan antara jumlah indukan betina dan jantan harus memenuhi standar, yaitu 8 betina : 1 jantan
  3. Tersedia bahan pakan yang berkualitas untuk indukan telur tetas
  4. Fasilitas kandang dapat mendukung berkembangbiakan telur tetas dengan kualitas baik, seperti kondisi air kolam sesuai dengan kebutuhan bebek

Mengenal 2 Metode dalam Penetasan Telur Bebek 

Dalam menetaskan ada 2 metode yaitu dengan cara alami dan menggunakan mesin penetas. Untuk cara alami telur bebek akan diletakan pada ayam atau entok yang sedang mengeram. Mengapa harus diletakan pada ayam atau entok yang sedang mengeram ? Ya, karena bebek tidak memiliki sifat mengeram, sekali bertelur bebek akan meninggalkan telurnya di sembarang tempat. Alangkah baiknya jika peternak menyediakan mesin penetas akan telur yang dihasilkan untuk bebek peking dan hibrida cenderung lebih banyak dan akan fokus pada proses bertelur. 

Permintaan bebek peking yang mengalami pasang surut diharga pasaran, membuat bebek peking cukup dicari untuk dikembangbiakkan dan dikonsumsi. Dari segi daging, bebek peking memiliki cita rasa yang cukup dikenal yaitu empuk dan gurih. Selain itu daging bebek dipercaya mengandung kalori, protein, lemak, dan kolesterol.

Cara beternak bebek peking pedaging sudah mulai dipahami oleh peternak. Jual bebek peking dapat dipasarkan ke rumah makan dan restorant, dan ada juga yang dijual ke pengepul daging bebek.

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak bebek peking, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD atau bibit bebek peking yang siap kami kirimakn ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : harga bebek peking per ekor, kandang bebek peking, cara ternak bebek peking pedaging, ternak bebek peking jawa timur, jual bebek peking, bibit bebek peking, telur bebek peking, apakah bebek pedaging bisa bertelur, bebek hibrida apa bisa bertelur, berapa bulan bebek peking bertelur, berapa lama bebek peking bertelur, apakah bebek peking bisa mengerami telurnya, umur bebek peking bertelur, umur bebek hibrida bertelur

*Dwi Sri Rahayu*

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP