Beternak Bebek Peking Masih Berpeluang Besar dan Masa Panennya juga Cepat

Beternak Bebek Peking Masih Berpeluang Besar dan Masa Panennya juga Cepat

Bebek peking adalah salah satu bebek pedaging yang paling nikmat untuk kita santap. Bebek asal Cina ini memiliki ciri-ciri yang cukup khas diantaranya bulu berwarna putih, mirip seperti angsa namun berleher pendek, postur tubuhnya gemuk seperti mentok tapi bukan mentok, paruh dan kakinya berwarna orange.

Jenis bebek Peking paling banyak di pelihara untuk di ambil daging dan bulunya (Menurut F. Rahardi, pengamat agribisnis di tingkat Internasional). Kalau di Indonesia saat ini bebek peking baru di pelihara untuk di ambil dagingnya jadi belum sampai ke tahap penghasil bulu. Kalau di Luar Indonesia bulu peking di manfaatkan untuk bantal, shuttlecock, kasur dan lain sebagainya.

Segerombolan bebek peking usia dewasa siap panen
Segerombolan bebek peking usia dewasa siap panen

Dari segi ekonomi, potensi yang di miliki bebek ini cukup bagus. Hidangan atau menu makanan yang di hasilkan dari bahan dasar daging bebek peking bisa sangat mahal per porsinya. Jika kita pintar mengolahnya harga per porsi bisa mencapai Rp 350 ribu.

Di lihat dari segi fisiknya, pertumbuhan bebek peking lebih cepat di bandingkan ayam. Contohnya pada usia 1 bulan bebek peking sudah mencapai bobot 1,5 kg, sedangkan ayam 1 kg. Selain itu bebek peking lebih tahan terhadap penyakit di bandingkan dengan unggas jenis lainnya.

Bahan-bahan atau perlengkapan beternak bebek peking ini juga tidak serumit bebek biasa. Bahkan ada juga yang hidup di alam terbuka dengan tempat teduh yang seadanya. Makanan atau pakan yang bisa di berikan yaitu konsentrat, ikan atau sayuran. Bebek peking ini termasuk dalam golongan hewan omnivora atau pemakan segala. Jadi cukup mudah jika di ternakan atau pelihara.

Prospek dan Persaingan

Daging bebek peking terkenal dengan rasanya yang lezat dan enak. Sayangnya, daging bebek peking yang di jual di supermarket masih impor. Jadi belum asli dari peternak lokal sendiri. Dengan begitulah, penyebab mengapa peternak lokal kurang mampu memasok pesanan secara kontinyu dalam jumlah yang banyak.

Masakan berbahan dasar daging bebek peking yang lezat
Masakan berbahan dasar daging bebek peking yang lezat

Menurut F. Rahardi, peternakan bebek peking saat ini masih kalah besar dengan itik (bebek) Indian Runner (Itik Alabio, Tegal, Magelang, Mojosari dan Bali), yang sudah di usahakan oleh rakyat dalam skala sangat besar.

Baru-baru ini mulai ada perusahaan ayam broiler yang menambah atau beralih ke produk bebek peking. Tak sedikit juga yang mengajak peternak lokal untuk bermitra. Jadi, ada peternak bebek usaha perseorangan yang berskala besar meskipun baru satu dua pengusaha.

Dengan adanya hal tersebut, tidak menutup kemungkinan banyak muncul wirausaha-wirausaha perseorangan yang beternak bebek peking dalam skala yang besar. Karena banyak pesanan daging bebek peking yang belum terpenuhi.

Impor bebek peking legal sudah dilakukan sebanyak 350.403 dari Amerika dan China. Dari tahun ke tahun ternyata impor yang masuk mulai berkurang, hal ini di sebabkan karena banyaknya peternak-peternak lokal yang mulai tumbuh. Kalau menurut F Rahardi lebih baik usaha ternak bebek peking di lakukan dalam skala besar. Karena jika hanya beternak sedikit maka untungnya juga sedikit.

DOD Bebek Peking Pedaging
DOD Bebek Peking Pedaging

Kriteria DOD Bebek Peking yang bagus dan berkualitas :

  • Minimal bobot 6 gram usia 1 hari
  • Bergerak lincah
  • Mempunyai insting yang kuat
  • Kedua matanya melek atau terbuka
  • Memiliki bulu yang bagus dan kering
  • Kakinya tidak cacat
  • Warna paruh dan kaki orange (tidak pucat)

DOD yang bagus sudah bisa di pastikan dari indukan yang bagus pula. Indukan yang dapat menghasilkan DOD yang berkualitas yaitu saat perkawinan indukan jantannya sudah berusia lebih dari satu tahun dan untuk betinanya sudah lebih dari 9 bulan.

Kandang ideal yang bagus untuk bebek yaitu maksimal berjumlah 4 ekor tiap meter perseginya. Perbandingan jantan dan betinanya yaitu 1 : 5.

Untuk pemberian pakan bisa menggunakan pakan pabrikan, campuran jagung, menir, ikan atau dedak. Selain itu bisa di beri makan sayuran limbah pasar, kecuali eceng gondok. Karena kalau di beri eceng gondok di takutkan akan ada lintah yang menempel dan mengakibatkan bebek mati. 

Pemasaran Bebek Peking

Harga bebek peking memang cukup tinggi. Mulai dari DOD sampai karkasnya. Saat awal memasarkan, Anda bisa melakukan pendataan restoran, rumah makan atau hotel yang biasa menghidangkan bebek . Carilah pegawai resto atau orang yang melayani pembelian bebek. Carilah informasi yang banyak mengenai siapa pemasok selama ini, mengapa menggunakan pihak tersebut, dan apa kelemahan pesaing.
Setelah Anda mendapatkan jawabannya. Paparkanlah kelebihan bebek peking yang Anda ternakan, tujuannya agar pihak resto, hotel atau rumah makan beralih ke Anda.

Jangan lupa juga selalu menjaga hubungan baik dengan klien. Selain di tempat-tempat tersebut, Anda bisa menargetkan untuk menawarkan ke supermarket. Saat menyuplai di supermarket agar kemasannya bagus, Anda bisa menggunakan plastik styrofoam dan wrapping agar lebih menarik. Jangan lupa juga memberikan merk di kemasan tersebut.

Sumber : Berempat.com (Berita Empat Mata)

DOD Bebek Peking di hobiternak.com
DOD Bebek Peking di hobiternak.com

Jika Anda ingin memelihara bebek peking, Anda bisa mendapatkan DOD Bebek Peking usia baru saja menetas di hobiternak.com . Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk informasi lebih lengkap silahkan bisa menghubungi nomor layanan pelanggan kami di bawah ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
dod bebek, bebek peking, bebek pedaging, beternak bebek, dod bebek peking, dod bebek pedaging, bebek pedaging, jual dod bebek

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: