Ayam Mutiara lavender- Ayam Mutiara merupakan salah satu jenis ayam hias yang sudah banyak dibudidayakan dan diperjual-belikan sebagai ayam hias. Karakteristik yang khas dari ayam ini adalah pada bulu tubuhnya yang memiliki bintik-bintik putih dan leher kepala yang tidak berambut seperti mutiara. Selain itu jenis ayam ini memiliki berbagai macam keunikan yakni memiliki suara yang nyaring. Bahkan dibeberapa negara Ayam Mutiara banyak di kembangbiakkan untuk diambil daging dan telurnya.

Apa yang anda ketahui tentang Ayam Mutiara ?

Ayam Mutiara merupakan jenis unggas yang berasal dari Afrika. Beberapa jenis ayam mutiara yang dapat dibedakan menurut warna bulunya. Salah satunya yaitu Ayam Mutiara lavender. Ayam mutiara lavender merupakan jenis ayam hias yang memiliki warna bulu ke abu-abuan dan memiliki kepala yang berwarna putih kehitam-hitaman. Tak jarang  ayam mutiara lavender ini sering juga disebut sebagai ayam mutiara silver.  Keunikan ayam mutiara terletak pada bulunya, selain itu ayam mutiara merupakan ayam hasil persilangan antara ayam mutiara dengan jenis ayam lainnya, dengan begitu jenis ayam ini sedikit berbeda dengan jenis ayam pada umumnya.

Berikut mari kita ulas mengenai jenis-jenis ayam mutiara :

  • Ayam Mutiara Lavender

    ayam mutiara lavender

    Ayam Mutiara Silver/lavender

    Jenis ayam mutiara ini sering kali disebut dengan Ayam Mutiara Silver. Karena jenis ayam ini memiliki bulu yang berwarna abu-abu dengan perpaduan bintik-bintik putih seperti mutiara.

    Berikut merupakan daftar harga Ayam Mutiara Silver/lavender per ekor  :

    Mutiara Silver 1 Bulan   @ Rp200.000
    Mutiara Silver 2 Bulan   @ Rp250.000
    Ayam Mutiara Silver 3 Bulan   @ Rp350.000
    Mutiara Silver 4 Bulan   @ Rp400.000
    Untuk Mutiara Silver 5 Bulan   @ Rp450.000
    Sedangkan Mutiara Silver Dewasa   @ Rp500.000

  • Ayam Mutiara Hitam

    ayam mutiara lavender

    Ayam Mutiara Hitam

    Untuk saat ini jenis ayam mutiara hitam merupakan salah satu jenis sayam hias unggulan yang memiliki bulu dengan perpaduan antara hitam dengan bintik-bintik putih seperti mutiara. Sehingga ayam ini termasuk dalam salah satu ayam yang eksotis.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Hitam per ekor  :

    Ayam Mutiara 1 Bulan   @ Rp100,000
    Ayam Mutiara 2 Bulan   @ Rp125,000
    Mutiara Hitam 3 Bulan   @ Rp150,000
    Ayam Mutiara 4 Bulan   @ Rp200,000
    Untuk Ayam Mutiara 5 Bulan   @ Rp250,000
    Sedangkan Ayam Mutiara Dewasa   @ Rp300,000

  • Ayam Mutiara Putih

    ayam mutiara lavender

    Ayam mutiara putih

    Mungkin sudah tidak asing lagi apa itu Ayam Mutiara Putih karena di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang membudidayakan ayam ini. Jenis ayam ini memiliki bulu yang berwarna putih diseluruh tubuhnya dan untuk ayam ini sendiri hampir tidak memiliki bintik putih mutiara.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Putih per ekor  :

    Mutiara Putih 1 Bulan   @ Rp200,000
    Ayam Mutiara Putih 2 Bulan   @ Rp250,000
    Mutiara Putih 3 Bulan   @ Rp350,000
    Mutiara Putih 4 Bulan   @ Rp400,000
    Untuk Mutiara Putih 5 Bulan   @ Rp450,000
    Sedangkan Mutiara Putih Dewasa   @ Rp500,000

  • Ayam Mutiara Plangkok

    ayam mutiara lavender

    Ayam mutiara plangkok

    Untuk jenis Ayam Mutiara Plangkok sendiri umumnya memiliki warna bulu dengan perpaduan hitam dengan putih. Pada bagian perut dan sayap ayam mutiara berwarna putih, dan meiliki warna kuning pada bagian kepala, kaki juga paruh pada ayam tersebut.

    Berikut merupakan daftar harga jual Ayam Mutiara Plangkok per ekor  :

    Mutiara Plangkok 1 Bulan   @ Rp175,000
    Ayam Mutiara Plangkok 2 Bulan   @ Rp250,000
    Mutiara Plangkok 3 Bulan   @ Rp325,000
    Mutiara Plangkok 4 Bulan   @ Rp400,000
    Untuk Mutiara Plangkok 5 Bulan   @ Rp425,000
    Sedangkan Mutiara Plangkok Dewasa   @ Rp475,000

Cara membedakan antara ayam mutiara jantan dengan betina

Barangkali salah satu hal yang cukup susah bagi orang awam untuk membedakan antara ayam betina dengan jantan. Hal itu dapat terjadi dikarenakan pada ayam mutiara jantan maupun ayam mutiara betina memiliki bentuk jambul atau jengger yang hampir mirip sehingga sulit untuk membedakan antara ayam mutiara jantan dengan ayam mutiara betina.  Pada ayam mutiara betina umumnya memiliki pial pada bagian bawah yang berwarna merah pudar dan cenderung lebih kecil lain pada ayam mutiara jantan yang memiliki pial pada bagian bawah yang berwarna merah terang dan bentunya lebar.

Kebiasaan Hidup Ayam Mutiara

Konon habitat dan kebiasaan hidup ayam mutiara berasal dari daratan Afrika yang banyak menghuni Savana dan semak belukar secara bergerombol. Karena pada dasarnya ayam ini tidak suka sendiri. Ayam mutiara merupakan salah satu produk yang populer atau peluang usaha untuk saat ini terbilang unik. Meski ayam mutiara ini tergolong  ayam yang baru, Untuk saat ini ayam mutiara mulai dilirik oleh berbagai kalangan para kolektor ayam hias karena memiliki keidahan pada warna bulunya.

Makanan Ayam Mutiara

Pada dasarnya Ayam Mutiara merupakan hewan omnivora atau dapat memakan apa saja. Di alam aslinya makanan ayam mutiara ialah  rumput, daun-daunnan, serangga, cacing dan sebagainya. Untuk pembudidayaan ayam mutiara dirumah bisa diberikan pakan berupa nasi, sisa sayuran,dedak,bekatul dan makanan apa saja. Didalam budidaya ayam mutiara secara intensif merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam budidaya ayam mutiara. Pemberian pakan harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi setiap harinya. Kebutuhan gizi akan dapat terpenuhi jika memberikan pakan seimbang antara lain konsentrat,sayur-sayuran juga bekatul.

Seperti halnya berternak ayam jenis lainnya, pola pemberian pakan ayam mutiara berbeda-beda dalam setiap usianya. Pola pemberian pakan pada anak ayam mutiara lebih banyak menggunakan konsentrat untuk starter yang kaya akan protein tinggi hal itu dapat membantu pertumbuhan pada ayam. Pada usia perkembangan, pemberian pakan dengan memiliki kandungan konsentrat dan pada usia dewasa akan lebih banyak  menggunakan makanan yang memicu pada telur dan keindahan pada tubuh ayam tersebut

Apakah kandang merupakan hal yang penting bagi ayam mutiara?

Dapat dikatakan bahwa kandang merupakan hal yang penting bagi ayam mutiara. Karena kandang merupakan tempat tinggal maupun tempat berteduh dari teriknya sinar matahari maupun hujan bagi ayam.  Sebagai tempar beristirahat juga tempat berlindung dari gangguan hewan lain.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam mutiara, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.

Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

 

Kata terkait : 
harga ayam mutiara lavender, jenis ayam mutiara, makanan ayam mutiara, anak ayam mutiara, ayam mutiara putih, ayam mutiara plangkok, jumlah telur ayam mutiara, berat ayam mutiara,

Viky Ristiyarti


1 Comment

√ Mengenal Harga Ayam Mutiara Berdasarkan Jenisnya · October 8, 2018 at 1:45 am

[…] binti-bintik mutiara yang berwarna putih. Biasanya ada juga orang yang menyebutnya dengan nama ayam mutiara lavender. Ayam mutiara ini mempunyai kepala yang berwarna hitam keputihan serta kaki yang berwarna kuning ke […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: