Pada umumya telur ayam arab warnanya hampir sama dengan telur ayam kampung. Perbedaanya adalah pada warna cangkang diantara keduanya, telur ayam arab cenderung berwarna putih sedangkan cangkang telur ayam kampung berwarna coklat keputihan. Warna telur ayam arab berwarna kuning jingga kemerahan, untuk ayam kampung berwarna kuning. Berat telur ayam arab lebih ringan dibanding telur ayam kampung. Produksi telur ayam arab lebih baik dibanding produksi telur ayam kampung.

Telur Ayam Arab

Telur Ayam Arab

Ada berbagai macam manfaat yang dihasilkan oleh telur ayam arab diantaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan Karotenoid yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan dan penetralisir radikal bebas di tubuh. Meningkatkan kecerdasan otak, telur ayam arab mengandung AA dan DHA yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, kandungan omega 3 juga meningkatkan elastilitas pembuluh darah sehingga menurunkan resiko sakit jantung dan juga menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan dari telur ayam arab.

 

Ayam Arab Petelur

Ayam arab petelur, akan bertelur pada saat memasuki umur lima bulan. Jenis ayam ini dapat bertelur hingga 250 – 300 butir per tahunnya. Jumlah ini tentu bukan jumlah yang sedikit. Ayam arab termasuk tipe ayam petelur, karena ayam arab tidak memiliki sifat mengeram yang baik. Jadi bisa dibilang ayam arab memang ayam petelur yang baik.

Bobot telur ayam arab dapat mencapai 40 – 45 gram. Dengan volume kuning telur mencapai 53,2% dari total berat telur. Ukuran telur ayam ini memang lebih besar dari pada telur ayam kampung atau telur ayam biasa.

 

Harga Ayam Arab

Ayam arab memang identik dengan warna bulu yang motifnya hampir sama dengan sorban. Corak yang dihasilkan berwarna hitam dengan bintik – bintik yang hampir menutupi tubuh ayam arab. Untuk corak ayam arab jantan dan ayam betina hampir sama, yang membedakanya hanyalah jengger yang terdapat pada ayam jantan.

Jengger ayam jantan dapat diketahui ketika ayam jantan memasuki usia 1 minggu setelah penetasan. Jengger ayam jantan bewarna merah, berbentuk seperti gerigi.

Harga ayam Arab dipasaran dibandrol dengan harga yang relatif cukup mahal. Untuk harga ayam arab jantan sekitar Rp. 65.000 ribu, dan untuk harga ayam betina Rp. 45.000 – 50.000 ribu. Terkadang harga ayam arab betina lebih mahal dikarenakan pada saat dijual ayam arab telah memasuki masa produktivitas yang baik untuk bertelur.

 

Daging Ayam Arab

Daging ayam arab dilihat dari kualitas, tekstur, dan bentuk daging yang hampir sama dengan daging ayam kampung lainnya. Hanya saja warna daging ayam arab ini cenderung berwarna keabu – abuan atau pucat. Jarang masyrakat sekitar yang memanfaatkan daginnya. Tekstur daging pada ayam arab cenderung lebih tipis dibandingkan dengan daging ayam kampung. Oleh sebab itu daging ayam arab kurang disukai oleh konsumen.

Ayam Arab

Ayam Arab

Padahal kandungan gizi yang terkandung dalam ayam arab cukup baik. Kandungan nutrisi pada ayam arab terutama proteinnya tidak berbeda jauh dengan ayam buras dan lebih tinggi dibanding ayam ras. Selain itu kandungan lemak ayam arab yang lebih rendah dari pada ayam ras maupun ayam buras membuat ayam ini lebih aman untuk dikonsumsi.

Namun bagi sebagian para peternak ayam, ayam arab dikawinkan silang dengan ayam kampung. Dan setelah dikawinkan menghasilkan postur tubuh ayam kampung biasa. Warna yang dihasilkan cangkang telur tidak berwarna putih lagi, sedangkan warna pada daging ayam arab setelah disilangkan lebih berwarna terang dibanding warna daging ayam arab yang asli.

 

Ayam Arab Merah

Ayam arab merah merupakan hasil persilangan antara ayam arab silver jantan dengan ayam buras merawang yang memiliki warna bulu merah keemasan bertotol – totol hitam diseluruh tubuh.Warna ayam arab merah ini didominasi oleh warna merahnya yang menyala.Dengan warna yang unik ini menambah daya tarik pecinta ayam untuk memeliharanya.

Mengenai asal usul ayam ini, belum dapat memastikan dengan benar karena banyak pendapat yang berbeda oleh sebagian masyarakat.

Postur tubuh ayam arab merah lebih tinggi dibanding postur tubuh ayam arab biasa. Tinngi ayam arab ini dapat mencapai 35 cm, dan warna kaki pada ayam arab merah ini cenderung berwarna keabu – abuan.

Karakter fisik pada ayam merah jantan yang mencolok yaitu sikapnya yang selalu waspada dan penuh curiga, gerakannya sangat gesit dan lincah. Sehingga pada saat didekati ayam ini akan langsung lari dan terbang. Ini menjadikan ayam arab merah sangat sulit untuk didekati atau dijinakan.

Baca juga :

Pakan Ayam Arab

Pakan ayam arab yang baik sangat mempengaruhi kualitas telur yang dihasilakan oleh ayam arab. Pemberian pakan ayam yang baik serta kebersihan kandang akan menjamin kesehatan ayam. Pakan yang baik untuk ayam arab adalah jenis voor, jagung yang ditumbuk halus, dan dedak.

"<yoastmark

Pakan ayam petelur yang berkualitas harus mengandung unsur protein, mineral, karbohidrat, lemak dan juga vitamin. Untuk pemberian pakan ini, peternak harus memperhatikan skala perbandingan agar pakan yang diberikan sesuai dengan usia dan kondisi ayam arab. Jika pemberian pakan kurang baik akan mengakibatkan pertumbuhan kurang produktif akibat lemak yang tidak sebanding dengan pembentukan telur ayam arab.

 

Kandang Ayam Arab

 

"Kandang

Kandang merupakan faktor utama terselenggaranya usaha ternak ayam arab. Karena pembuatan kandang yang baik dan sesuai dengan kondisi ayam akan membuat kesehatan ayam menjadi lebih terjamain. Letak kandang yang baik sebaiknya membujur dari arah utara ke selatan, hal ini dikarenakan agar sinar matahari lebih leluasa masuk kedalam kandang.

Kandang ayam berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keberlangsungan hidup ternak. Mencegah ganguan serangan predator, mencegah strees pada ayam, memudahkan tata laksana yang meliputi pemeliharaan dalam memberikan pakan dan minum serta dapat memantau keadaan ayam yang sehat dan yang sedang sakit.

Kandang ayam arab dapat dibuat sesuai selera, ini tergantung juga pada jumlah ayam arab yang ada.

Berdasarkan sistemnya, kadang dibedakan menjadi dua yaitu :

  1. Sistem Kandang Koloni, sistem ini dibuat dengan satu kandang yang luas  terdiri dari ribuan ekor ayam arab.
  2. Sistem Kandang Individual atau disebut sebagai kandang cage, sistem ini  dibuat dengan satu kotak kandang dihuni oleh satu ekor ayam. Dengan sistem  ini pengaruh individual ayam menjadi lebih dominan.

Dalam membuat kandang ayam arab usahakan dalam pembuatan menyesuaikan dengan jumlah ayam arab yang ada dan kondisi ayam dengan lingkungan tempat kandang ayam. Agar ayam dapat tumbuh berkembang dengan baik dan dapat meningkatkan produktivitas telur yang ada.

Bagi Anda yang ingin mencoba menternakan bibit Ayam Arab di tempat kami menyediakan bibit Ayam Arab. Kami siap mengirimkan pesanan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
ayam arab betina,telur ayam arab,ayam arab petelur,harga ayam arab,harga ayam arab jantan,daging ayam arab,ayam arab merah,pakan ayam arab,kandang ayam arab

 

-*Nuraaasikin*-


1 Comment

√ Informasi Lengkap Mengenai Ayam Arab - hobiternak.com · November 9, 2018 at 8:00 am

[…] menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ayam buras lokal pada umumnya. Selain memiliki produktivitas telur yang tinggi ayam arab memiliki penampilan yang unik dan menarik. Ayam arab memiliki ciri khas bulu […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: