3 Jenis Kandang Ayam Close House Sederhana berdasarkan Tipe Dinding

Para peternak ayam dituntut untuk dapat menghasilkan ayam berkualitas sesuai dengan permintaan pasar. Maka dari itu, para peternak memerlukan pemeliharaan ayam yang baik terutama kandang ayam.

Kandang cukup berperan penting bagi para peternak sebagai penentu keberhasilan ternak mereka.  Sistem atau model serta teknologi perkandangan ayam akan selalu berkembang secara dinamis.

Kandang close house berteknologi canggih dan modern cocok untuk pemeliharaan ayam dengan skala yang besar | image 1
Kandang close house berteknologi canggih dan modern cocok untuk pemeliharaan ayam dengan skala yang besar | image 1

Salah satu model kandang ayam broiler sederhana yang sedang trend saat ini adalah sistem close house.

Seperti yang kita tahu di beberapa negara maju, sudah banyak yang menggunakan sistem kandang tertutup atau yang biasa kita sebut (close house).

Dengan menggunakan teknologi yang cangih, jenis kandang ini dapat bekerja secara otomatis dengan menggunakan teknologi modern dalam ruangan kandang yang berguna agar ayam dapat berkembang secara optimal.

Kandang Close House ini akan dapat tertutup rapat selama proses pemeliharaan ayam berlangsung selain itu suhu udara serta kelembapan dalam kandang juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan ayam tersebut.

Apa itu Kandang Close House ?

Kandang Close House merupakan jenis kandang ayam yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai jenis ayam, seperti Ayam Pedaging, Petelur, Broiler maupun jenis ayam potong sekalipun.

Sistem Kandang ayam close house akan lebih banyak dan mampu menampung banyak ayam dibandingkan dengan jenis kandang terbuka. Seperti kandang ayam potong 100 ekor bahkan bisa mencapai 1000 ekor lebih.

Baca juga : 13 Kelebihan Menggunakan Kandang Close House

Menerapkan kandang close house untuk beternak ayam memiliki kelebihan dan keuntungan yang banyak | image 2
Menerapkan kandang close house untuk beternak ayam memiliki kelebihan dan keuntungan yang banyak | image 2

Kandang ayam dapat dilihat berdasarkan jenis tipe kandangnya, seperti jenis kandang terbuka (open house), kadang semi tertutup, serta kandang tertutup (close house). Berikut merupakan penjelasan mengenai jenis kandang ayam berdasarkan tipe dindingnya :

Jenis-jenis Kandang Close House berdasarkan Tipe Dinding

1. Kandang Terbuka (Open House)

Jenis kandang terbuka merupakan jenis kandang ayam yang dindingnya terbuka dan  biasanya terbuat dari bambu atau kayu.

Penerapan kandang terbuka pada peternakan ayam broiler biasanya dilakukan oleh peternak tradisional | image 3
Penerapan kandang terbuka pada peternakan ayam broiler biasanya dilakukan oleh peternak tradisional | image 3

2. Kandang Tertutup (Close House)

Jenis kandang tertutup merupakan jenis kandang ayam dengan dinding tertutup yang  terbuat dari  bahan permanen dengan teknologi tinggi.

Ini adalah blower yang digunakan untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam kandang close house sederhana | image 4
Ini adalah blower yang digunakan untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam kandang close house sederhana | image 4

3. Kandang Semi Tertutup (Semi Close House)

Kandang ini merupakan jenis kandang gabungan antara kandang terbuka dengan kandang tertutup dan biasanya tirai kandang terbuat dari bahan yang mudah dibuka, tetapi juga bisa menggunakan bahan permanen dengan teknologi modern yang cukup tinggi.

Baca juga : 3 Tipe Kandang Ayam Broiler, Mana yang Paling Bagus?

Keunggulan Sistem Kandang close house dibandingkan dengan sistem kandang open house :

  • Keuntungan yang akan diperoleh akan jauh lebih besar dibandingkan dengan sistem kandang open house
  • Memudahkan dalam pengelolaan ayam
  • Tipe kandang tertutup akan dapat menampung ayam lebih banyak dibandingkan dengan jenis kandang terbuka (open house) tanpa menambah bagunan baru
  • Ayam akan lebih tenang, segar dan nyaman
  • Udara yang tersedia dalam kandang akan lebih baik dan terkontrol
  • Dapat meningkatkan produktifitas pada ayam

Manajemen Kandang Close House

Manajemen kandang close house memang harus dilaksanakan dengan tepat bagi para peternak yang akan menjadi masalah serius jika tidak dijalankan secara benar.

Manajemen tersebut dapat dimulai dengan memastikan kandang agar kotoran ayam dapat selalu dibersihkan, misalnya dengan memastikan minuman ayam tidak tumpah yang akan menimbulkan genangan air di kotoran ayam dalam kandang.

Pentingnya dalam menjaga kondisi kandang seperti pengontrolan kepadatan kandang serta kondisi lingkungan kandang juga merupakan salah satu manajemen dalam sistem kandang close house pada ayam tersebut.

Biaya pembuatan kandang close house tidak sedikit, namun sebanding dengan keuntungan yang didapat | image 5
Biaya pembuatan kandang close house tidak sedikit, namun sebanding dengan keuntungan yang didapat | image 5

Walaupun dengan menggunakan sistem kandang close house  memerlukan biaya yang cukup tinggi, dengan menggunakan sistem kandang close house memiliki keuntungan yang cukup tinggi. 

Misalnya dengan  menggunakan sistem kandang close house masa pemeliharaan ayam akan lebih pendek, berbeda pada jenis kandang terbuka untuk jenis kandang close house.

Sebaiknya dalam pembuatan kandang juga dilengkapinya dengan ventilasi udara.

Pada kandang broiler sederhana dapat memberikan keuntungan karena kondisi kandang ayam lingkungan serta kandang yang nyaman sehingga ayam akan dapat tumbuh secara maksimal serta berkualitas.

Dalam kandang juga memiliki konsep pertukaran udara yaitu yang dapat mengeluarkan gas-gas berbahaya yang tidak dibutuhkan oleh kandang.

Dalam pembuatan kandang ayam menggunakan sistem kandang close house dengan memerlukan biaya kandang close house sesuai dengan.

Salah satu perlengkapan sistem kandang close house | image 6
Salah satu perlengkapan sistem kandang close house | image 6

Melayani Jasa Pembuatan Kandang Close House

Menyediakan semua peralatan kandang close house. Baik itu tempat pakan ayam  maupun minum, pemanas maupun alat penunjang lainnya.

Untuk konsep dalam pembuatan kadang close house sederhana dapat menyesuaikan dengan permintaan.

Bagi Anda yang ingin membuat kandang semi close house sederhana, kami dari hobiternak.com melayani jasa pembuatan kandang close house sederhana. Untuk biaya kandang close house biasanya menyesuaikan dengan tipe kandang yang diinginkan peternak.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kandang close house sederhana silahkan bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Kata terkait : kandang semi close house sederhana, biaya kandang close house, manajemen, kandang close house, kandang ayam broiler sederhana, kandang ayam potong 100 ekor

5/5 - (6 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: poultrybazaar.co.in
  • image 5: paktanidigital.com
  • image 2: researchgate.net

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA