Jual Ayam Mutiara Silver Dari Anakan Hingga Indukan Siap Produksi

Jual ayam mutiara silver – Sekilas dari namanya kita pasti sudah memiliki gambaran tentang ayam ini. Yang terbenak dalam fikiran kita adalah ayam yang memiliki  jenis warna bulunya yang  mirip dengan warna mutiara. Memang benar ayam mutiara silver memiliki bulu yang menyerupai warna mutiara yang indah. Jenis ayam mutiara silver biasa disebut juga ayam mutiara lavender karena memiliki bulu yang berwarna abu-abu diseluruh tubuhnya. Ayam mutiara dapat dibedakan dalam beberapa jenis. Dari segi warnanya memang berbeda. Berikut merupakan jenis ayam mutiarayaitu ayam mutiara hitam,ayam mutiara putih,ayam mutiara silver dan ayam mutiara plangkok

jual ayam mutiara silver
Mutiara Silver

Ayam Mutiara Silver

Ayam mutiara silver adalah salah satu dari empat jenis ayam mutiara yang ada didunia. Secara umum ayam mutiara memiliki tinggi badan sekitar 40-70 cm dengan berat 0,7-1,6 kg per ekor. Ciri-ciri mutiara silver sendiri diantaranya seluruh bulu ditubuhnya berwarna putih keabu-abuan dengan sentuhan bintik-bintik putih disepanjang tubuhnya. Dengan kepala berwarna putih kehitaman dan warna kaki kuning keabu-abuan.

Sebenarnya ayam mutiara hampir sama dengan ayam kalkun. Perbedaannya hanya terletak pada warna bulunya. Karakternya pun sama, hewan ini termasuk dalam keluarga burung (aves) hanya saja ayam ini tidak suka terbang tinggi. Ayam mutiara mampu bertelur 50 butir-100 butir dalam sekali musim telur. Jumlah telur yang cukup banyak ini di dalam habitat aslinya hanya tertimbun daun dan tanah. Saat telur mutiara tertimbun dalam tanah maka telur akan hangat didalamnya dan proses menetasnya telur akan terjadi.

Ayam Mutiara Silver
Ayam Mutiara Silver

Pakan Ayam Mutiara

Pada dasarnya ayam mutiara merupakan hewan omnivora yang bisa diberikan pakan apa saja. Pemberian makanan ayam mutiara dapat diberikan nasi,dedak,bekatul,jagung dan jenis kacang-kacangan lainnya. Di dalam budidaya ayam mutiara pakan merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Dalam pemberian tersebut kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan gizi yang dibutuhkan ayam setiap harinya dengan memberikan sayur-sayuran,bekatul dan lainnya.

Baca Juga!  Penting di Baca Bagi yang Hobi atau Ingin Beternak Ayam Polan atau Ayam Berjambul

Seperti halnya berternak jenis ayam lainnya, pola pemberian pakan jenis ayam mutiara berbeda-beda mulai dari anakan hingga indukan. Pada anakan ayam sebaiknya diberikan pakan voer yang kaya akan protein yang dapat membantu pertumbuhan pada ayam tersebut. Pada usia perkembangan dapat diberikan pakan dengan kandungan konsentrat dan pada usia dewasa akan lebih baik jika diberikan pakan yang  banyak memicu telur serta keindahan pada tubuh ayam tersebut.

Pemeliharaan Ayam Mutiara

Mengenai cara pemeliharaannya sangat mudah tidak sesulit yang kita bayangkan. Ayam mutiara menyukai makanan yang berasal dari sayuran hijau, untuk pakan lainnya sama seperti ayam kampung. Bila ayam mutiara diternakkan buatlah kandang didekat rumah. Lokasi kandang yang tepat yaitu didepan pintu, karena ayam mutiara sering terbang. Saat masa produksi telur ayam ini bisa menghasilkan 80 butir lebih, karena bertelur hanya setahun sekali yaitu pada musim hujan. untuk mempercepat proses penetasan , bisa menggunakan indukan lain untuk menetaskan telur ayam mutiara ini.

Para peternak ayam di Indonesia masih jarang yang memilih menjadi  peternak ayam mutiara. Pada dasarnya masih jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi bagi penghobi ayam hias di Indonesia ayam mutiara sudah tidak asing lagi di telinganya. Para penjual ayam di Indonesia memang banyak, tetapi mereka lebih memilih menjadi penjual ayam kampung. Tentunya dengan melihat dari segi penjualnya, masih sangatlah jarang para penjual ayam hias.

Ayam Mutiara Silver
Ayam Mutiara Silver

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam hias bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam mutiara, ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.

WHATSAPP
TELPON
SMS

Baca Juga!  Pengiriman Sepasang Indukan Ayam Mutiara Ke Jati Uwung Tangerang

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB

Kata terkait : 
ayam mutiara plangkok, makanan ayam mutiara, harga ayam mutiara lavender, jenis ayam mutiara,

Viky Ristiyarti
*.

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA