Bagaimana Strategi Memasarkan Bebek Potong?

Bagi sebagian orang menghasilkan suatu produk lebih mudah dibandingkan dengan memasarkan produk tersebut hingga dapat diserap oleh pasar. Padahal ujung tombak keberhasilan suatu usaha adalah pemasaran atau marketing. Sehingga tak mengherankan bila tenaga marketing mempunyai pendapatan yang fantastis. Banyak yang memanfaatkan tenaga marketing untuk menunjang keberhasilan usahanya mulai dari bank, perusahaan, badan usaha, pengembang perumahan hingga bidang usaha menengah ke bawah.

Memasarkan Bebek Potong

Dalam beternak bebek pedaging juga membutuhkan team marketing yang handal. Team ini bergerak mencari informasi seputar pemasaran bebek siap potong sebelum dilakukannya pemeliharaan bebek. Sehingga saat waktu panen tiba, peternak tidak kebingungan cara memasarkannya. Team marketing pada peternakan bebek potong bisa dilakukan oleh peternak sendiri atau dengan dibantu oleh orang yang terpercaya serta berpengalaman dalam memasarkan bebek siap potong.

Bebek yang telah siap potong yang berumur sekitar 45 hari jika dipelihara terlalu lama maka akan membutuhkan pakan yang lebih banyak, sehingga kurang efisien dalam hal pakan. Bebek yang tidak segera terjual dan masih terus dipelihara juga bobotnya akan bertambah besar sehingga menyulitkan pada saat memasarkan karena pada umumnya yang banyak dicari adalah bebek yang bobotnya berkisar 1 – 1,2 kg per ekor.

Dalam memasarkan bebek siap potong, peternak bisa melakukan dengan berbagai cara diantaranya :

Memasarkan langsung ke rumah makan atau restoran

Cara ini banyak dilakukan oleh peternak pemula. Caranya dengan mendatangi rumah makan atau restoran yang mau diajak kerjasama dan mau menampung hasil panen nantinya. Pada saat menawarkan, berikan keunggulan pada bebek yang siap potong seperti dagingnya gurih, harganya yang terjangkau, beratnya seragam, umurnya muda dan bisa mensuplai secara kontinyu. Bila cara ini kurang berhasil maka bisa menggunakan cara lain yaitu melalui seorang pengepul.

Memasarkan melalui jasa pengepul

Saat ini keberadaan pengepul sangat penting pada usaha ternak unggas. Pengepul mempunyai jaringan pemasaran yang bagus. Mereka bahkan mau menampung panen hingga ribuan ekor. Para pengepul biasanya yang akan mengambil langsung ke kandang sehingga peternak tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mengirimkan. Harga yang ditawarkan pengepul biasanya dibawah rata-rata harga pasaran karena mereka mau membeli banyak, namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena peternak tidak menanggung ongkos kirim. Agar harga tidak terlalu jauh dari harga pasar, sesekali peternak memantau harga pasar bebek siap potong.

Membentuk perkumpulan atau paguyuban peternak bebek

Kalau kita cermati sekarang ini marak perkumpulan atau paguyuban peternak bebek yang memasarkan melalui media social seperti facebook. Dari perkupulan tersebut biasanya ada pertukaran informasi mengenai masalah pemeliharaan hingga pemasaran bebek siap potong. Untuk itu peternak perlu bergabung dalam paguyuban tersebut yang mana dapat memperoleh informasi yang positif.

Pilihlah anggota-anggota yang siap dan bisa diajak bekerjasama dengan mengedepankan sikap profesionalisme dan kejujuran. Dengan demikian paguyuban akan dapat bersaing dan berkembang lebih baik lagi.

Untuk menjaga kestabilan harga dan tersedianya pasokan barang maka peternak bisa melakukan cara yang efektif yaitu melakukan perjanjian kerjasama atau kontrak dengan pihak tertentu. Dalam perjanjian tersebut disebutkan kisaran harga dan jangka waktu kerjasama. Perjanjian tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak karena peternak tidak khawatir bebek tidak laku terjual sedangkan pihak lain akan terbantu masalah ketersediaan barang.

Untuk lebih memaksimalkan pendapatan, peternak bisa menjadi peternak bebek sekaligus penyedia daging bebek (karkas). Saat ini cukup banyak yang sudah berpraktek seperti ini. Tidak hanya beternak, penyedia karkas bahkan mau menerima pesanan daging bebek siap santap dalam boks sehingga pembeli tidak perlu mengolahnya lagi. Cara ini akan mengurangi tingkat pengangguran karena melibatkan beberapa pihak seperti pengelola peternakan, tukang potong, juru masak dan kurir.

Memasarkan Bebek Potong

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOD bebek dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812 2028 8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait:
pengepul bebek pedaging, pemasaran bebek hibrida, market bebek potong, pasar bebek pedaging, pemasaran itik petelur, cara pemasaran bebek petelur, pembeli bebek potong di bandung,

**Yuni Ambarwati**

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: