Beternak Bebek Peking

Mengenal Bebek Peking dengan Pertumbuhan yang Cepat Serta Pembudidayaan Bebek Peking Secara Instensif 

Mengenal Bebek Peking dengan Pertumbuhan yang Cepat – Bebek Peking adalah bebek yang berasal dari negeri China. Setelah mengalami perkembangan di Inggris dan Amerika Serikat, bebek ini menjadi sangat populer. Bebek Peking merupakan bebek dwiguna yaitu dapat menjadi bebek petelur dan jantan sebagai Itik pedaging yang baik. Bebek Peking semakin populer setelah seleksi di peternakan Palmer. Namun belum banyak masyarakat Indonesia yang beternak bebek ini dikarenakan masih kurangnya informasi mengenai bebek peking. Bibit bebek ini diperoleh dari Sumatera Utara, cara pemeliharaan bebek ini sama dengan pemeliharaan bebek pada umumnya.

Bebek Peking dilihat dari fisiknya memang memiliki badan yang cukup gemuk dan mempunyai bulu yang putih seperti angsa. Bebek Peking mempunyai kelebihan lebih tahan terhadap penyakit tertentu. Biasanya bebek membutuhkan waktu 2-3 bulan untuk mencapai bobot 2 kg. Berbeda dengan Bebek Peking yang hanya membutuhkan waktu 45 hari saja untuk menghasilkan bobot 2-3 kg. Oleh karena itu beternak Bebek Peking akan menghemat biaya pakan dan pemeliharaan.

"Beternak

Permintaan Bebek Peking dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan daging bebek peking mempunyai tekstur yang empuk, gurih, lembut serta kandungan gizi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bebek lokal. Oleh karenanya banyak para pedagang memilih bebek peking.

Baca juga di : 

Memang dalam berbisnis Bebek Peking mempunyai peluang yang sangat . Mengingat belum banyak peternak yang membudidayakan jenis bebek ini. Sebelum Anda beternak bebek peking ini, Anda perlu mempertimbangkan prospek bisnis yang akan Anda jalankan.

DOD Bebek Hibrida
DOD Bebek Hibrida

Apa saja prospek yang dijadikan untuk beternak Bebek Peking ?

  • Pertumbuhan bebek peking relatif cepat, lebih cepat jika dibandingkan dengan ayam bloiler. Bebek peking yang sudah berumur 1 bulan bisa mencapai bobot 1,5 kg.

  • Bebek peking lebih tahan terhadap serangan penyakit.

  • Perlengkapan yang dibutuhkan untuk beternak bebek peking sangat sederhana. Dengan diumbar dan diberikan pagar disekelilingnya dengan menggunakan bambu atau jaring paranet dan memberikan penutup seadanya.

  • Pakan bebek mudah dicari, seperti cacing, dedak, bekatul, sisa nasi dan tumbuhan lain seperti kangkung.

  • Bebek harganya lebih stabil jika dibandingkan dengan ayam.

  • Bebek peking merupakan unggas air dan tidak mempunyai sifat kanibal, berbeda dengan ayam.

"<yoastmark

Jika dilihat dari prospek bisnis ternak Bebek Peking memang beternak bebek ini cukup menjanjikan. Karena daging bebek banyak dijadikan menu hidangan di restoran, hotel dan rumah makan lainnya.

Beternak Itik Pedaging atau Peking Secara Instensif 

Beternak bebek secara Instensif merupakan teknik beternak yang hampir sama dengan beternak bebek pada umumnya. Sistem pemeliharaan secara instensif ini terdiri dari sistem perkandangan, penyiapan bibit ternak itik pedaging unggul, pemberian pakan dan juga pemeliharaan lainnya.

1. Perkandangan

Kandang merupakan tempat tinggal hewan terutama untuk bebek. Kandang yang baik akan membuat bebek terasa nyaman melakukan segala aktifitasnya. Untuk bentuk dan letak kandang ternak bebek peking pada dasanya sama dengan kandang bebek petelur. Karena bebek peking merupakan bebek dwifungsi dapat digunakan untuk pedaging dan petelur, maka sistem perkandangan dibuat dengan 2 fungsi juga terdiri dari tempat hidup dan juga tempat bertelur. Macam – macam kandang berdasarkan usia pada bebek peking terdiri dari 2 sistem yaitu kandang starter dan kandang finisher :

usaha ternak bebek
Kandang bebek model lantai
  • Kandang Starter 

Kandang starter digunakan untuk usia DOD 0 – 4 minggu berupa kandangbatrai (brooder) dengan ketinggian 80 cm dari lantai dengan ukuran kandang 90 cm x 60 cm x 30 cm untuk menampung 15 ekor ternak itik. Dalam pembuatan kandang tersebut peternak harus memberikan penerangan dengan lampu penerangan 40 watt sebanyak 2 buah per kandang dengan ketinggian 45 cm dari alas kandang. Fungsi pemanans tersebut adalah sebagai induk buatan untuk menjaga suhu tubuh DOD agar tetap stabil.

  • Kandang Finisher

Kandang finisher digunakan untuk menampung bebek peking usia 21 – 50 hari. Perkandangan ini dibuat sampai dengan masa panen , maka dari itu alas pada kandang harus dilapisi dengan litter berupa sekam padi. Untuk pembuatan kandang ini dapat dibuat dengan sistem panggung maupun dengan sistem umbaran, untuk sistem umbaran sebaiknya peternak membersihkan lantai pada kandang setiap hari agar kotoran bebek tidak menumpuk dan mengakibatkan pertumbuhan jamur.

2. Penyediaan Bibit 

Penyediaan bibit dapat dapat dilakukan dengan dengan cara menetaskan sendiri, membeli telur tetas atau dengan membeli DOD langsung dari produsen. Jenis itik pedaging yang unggul dapat berasal dari itik Serati, Itik Manila, Itik Peking , Itik Hibrida Ratu Raja, Itik PMp dan Itik Pejantan Lokal. Hal terpenting dalam beternak bebek adalah dalam pemilihan DOD yang berkualitas.

DOD Peking

Adapun DOD yang berkulitas dan unggul adalah sebagai berikut : 

  • Umur DOD 4 hari
  • Bobot minimal 40 gram
  • Bulu DOD bersih dan kering
  • Nafsu makan Besar
  • Tubuh Tegap, mata jernih , dan kaki kokoh
  • Tidak Cacat
  • Bebas dari penyakit unggas

Saat DOD bebek telah tiba dipenangkaran segera letakan bebek pada kandang boxs yang telah diberi lampu penerangan dan sediakan air minum berupa larutan gula jawa. Larutan gula jawa berfungsi untuk mengembalikan stamina dan mengurangi rasa dehidrasi pada DOD karena telah melakukan perjalanan jauh.

3. Pakan 

Pemberian pakan pada bebek peking harus disesuaikan dengan umur pada bebek, hal ini bertujuan agar kebutuhan gizi pada bebek dapat seimbang dengan masa pertumbuhan bebek tersebut. Pakan bebek usia DOD 1 – 3 minggu dapat diberikan berupa pakan pabrikan konsentrat. Untuk mendapatkan pertumbuhan beebk yang optimal maka pemberian pakan perlu memperhatikan kebutuhan gizi pada itik pedaging.

Untuk bebek usia diatas 4 minggu peternak dapat memberikan pakan rasum. Untuk memenuhi sumber tenaga stamina pada bebek, pakan harus mengandung protein tinggi. Kandungan protein yang tinggi dapat memacu produktifitas daging dan telur pada bebek peking lebih unggul. Protein ini biasanya terdapat pada hewani dan pada tumbuhan atau nabati.

Sumber Protein Hewani terdiri dari :

  • Bungkil Kedelai
  • Sorgum
  • Jagung Kuning
  • Singkong
  • Dedak Padi
  • Polar
  • Tepung Roti
  • Bungkil Kelapa
  • Bungkil Kacang Tanah

Sumber Protein Hewani terdiri dari : 

  • Tepung Ikan
  • Tepung Daging dan Tulang
  • Tepung Kerang
  • Limbah Udang
  • Ikan Kecil
  • Bekicot
  • Keong

Bagi anda yang ingin beternak Bebek, kami menyediakan bibit bebek yang siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

Kata Terkait:
Bebek Peking, DOD Bebek Peking, Ternak Bebek Peking, Peternak Bebek Peking, Jual DOD Peking, Harga DOD Peking, pakan bebek peking, harga bebek peking per ekor, harga itik peking, cara ternak bebek peking petelur, kandang bebek peking, ternak bebek peking jawa timur, bibit bebek peking, bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, cara beternak bebek, ternak bebek pedaging, kandang bebek, cara ternak bebek, kandang bebek petelur, bebek hibridaa, pakan bebek petelurr, itik petelur, harga telur bebek, beternak bebek petelur, usaha ternak bebek, pakan bebek pedaging, jenis bebek

** Hasti Nurchayati **
*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Bebek Peking
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 thoughts on “Mengenal Bebek Peking dengan Pertumbuhan yang Cepat Serta Pembudidayaan Bebek Peking Secara Instensif ”

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: