Mitos Ayam Walik – Ayam Walik merupakan jenis ayam lokal khas Indonesia. Jenis ayam ini memiliki keunggulan dengan bulunya yang indah memiliki kokok yang merdu juga unik. Selain itu Ayam Walik memiliki bulu yang terbalik ke belakang atau kedepan pada seluruh tubuhnya sehingga sering disebut sebagai ayam yang memiliki bulu keriting. Oleh karena itu jenis ayam ini sering disebut sebagai ayam walik. Ayam ini dapat dikatakan sebagai ayam yang langka karena untuk wilayah Indonesia sendiri jenis ayam ini masih cukup jarang keberadaannya jika dibandingkan dengan jenis ayam kampung biasa.

mitos ayam walik

Ayam Walik

Dari segi penampilanya sendiri jenis ayam ini memang cukup unik sehingga banyak kolektor yang memburu ayam ini yang hanya dijadikan sebagai ayam hias. Banyak orang yang menjadikan jenis ayam ini sebagai ayam hias karna memiliki harga yang tinggi namun tak menyurutkan para kolektor untuk membeli jenis ayam walik ini.

Jawa Barat merupakan daerah yang dominan penyebaran ayam walik dan dikenal dengan sebutan ayam rintit.

Berikut merupakan jenis ayam kate yang tersebar di Indonesia dan dibedakan menjadi 3 yakni :

  • Ayam Walik Sekul yakni jenis ayam yang memiliki bulu terbaluik
  • Ayam Walik Tulak yakni jenis ayam yang memiliki bulu berwarna hitam pada bagian dadanya dan memiliki sayap yang berwarna putih dengan bulu keriting.
  • dan yang terakhir Ayam Walik Sura yakni jenis ayam yang memiliki bulu terbalik atau keriting dengan memiliki bulu berwarna hitam.

Kelebihan ayam walik

Kelebihan Ayam Walik yakni memiliki kemampuan bertahan hidup yak beriklim panas. Selain itu ayam kate walik mampu  meregulasikan lingkungan pada suhu panas sehingga ayam walik tetap merasa nyaman dalam suhu tinggi. Jenis Ayam Walik miliki postur tubuh sedang seperti ayam kampung lainnya, jenggernya yang berbertuk tunggal berwarna merah dan kulit ayam walik yang berwarna putih kekuningan serta paruh yang berwarna putih kekuningan. Produktifitas telur ayam walik sama dengan ayam kampung biasa yaitu dapat mencapai 10-15 butir telur pada satu kali periode.

Ayam Walik

Ayam Walik Putih

Baca juga :

Mitos Ayam Walik

Banyak masyarakat Indonesia yang percaya bahwa ayam walik ini memiliki banyak mitos. Salah satu mitos ayam walik yakni sebagai salah satunya ayam berbulu kebalik atau yang sering disebut ayam walik ini dayanya yang digunakan untuk menangkal daya negatif selain itu ayam walik dipercaya dapat menolak ilmu sihir atau santet juga unuk menolak getaran jahat. Khasiat ayam bulu terbalik ini dapat digunakan sebagai obat untuk meningkatkan stabolisme tubuh selain itu khasiat ayam walik cukup penting untuk pertumbuhan anak. Selain itu khasiat pitik walik juga dapat dipercaya sebagai salah satu ayam yang dijadikan pertanda alam.

Selain itu ayam walik hitam juga memiliki banyak mitos dikalangan masyarakat yakni bulu ayam walik yang di percaya masyarakat Batak dapat menangkal roh jahat sedangkan untuk telur ayam walik sendiri dipercaya masyarakat dapat mendatangkan rezeki. Harga ayam walik atau harga ayam bulu terbalik umumnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ayam Cemani Walik. Karena ayam ini bisa saja dari hasil persilangan berbagai jenis ayam lainnya.

Bagi anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan maupun ingin membeli Ayam Walik bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau anda yang lebih memilih bibit ayam walik ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi. Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
081931409353

Kata terkait :
kelebihan ayam walik, khasiat ayam walik, harga ayam walik, ayam walik hitam, ayam walik tulak, harga ayam bulu terbalik, khasiat ayam bulu terbalik, khasiat pitik walik

Viky Ristiyarti


0 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: