Inilah Kriteria Kandang Bebek Hibrida yang Ideal

Dalam mencapai bobot sesuai target ada berbagai aspek yang sangat mendukung salah satunya yaitu kandang. Kandang memang salah satu aspek yang cukup penting dalam melalukan usaha peternakan.

Kandang adalah salah satu rumah atau tempat untuk hewan yang berguna untuk melindungi dari hujan atau panas, melindungi dari serangan predator lain dan untuk tempat beristirahat.

Karena sangat penting, maka kandang bebek harus di buat senyaman mungkin, ideal dan tentunya berkualitas.

Untuk mendapatkan hasil panen bebek hibrida maka perlu adanya memperhatikan pembuatan kandang bebek yang baik | image 1
Untuk mendapatkan hasil panen bebek hibrida maka perlu adanya memperhatikan pembuatan kandang bebek yang baik | image 1

Untuk menghasilkan kandangbebek yang berkualitas ada berbagai aspek yang mendukungnya yaitu kebersihan kandang, kenyamanan, penerangan dan ketinggian kandang.

Agar dapat menciptakan sebuah kandang yang ideal ada berbagai hal dan kriteria yang perlu dipersiapkan yaitu :

Kriteria Kandang Bebek Hibrida

1. Faktor Kenyamanan Kandang

Kenyamanan kandang menjadi suatu hal yang cukup penting. Pada bagian utama kandang diusahakan kondisinya tertutup.

Selain itu, pada dinding kandang dibiarkan sedikit terbuka guna untuk sirkulasi udara. Pada atap kandang berguna untuk bebek berteduh untuk melindungi dari cuaca dan sinar matahari.

Kandang bebek hibrida yang nyaman akan memberikan pengaruh baik pada pertumbuhan bebek | image 2 redemptivelovefarm.com
Kandang bebek hibrida yang nyaman akan memberikan pengaruh baik pada pertumbuhan bebek | image 2

Usahakan luas kandang sesuai dengan ukuran kapasitas yang harus di penuhi. Kandang jangan terlalu sempit dan juga jangan terlalu luas.

Karena jika kandang kesempitan, bebek akan susah bergerak dan akan mengakibatkan stres dan jika kandangnya terlalu luas pertumbuhan bebek akan terganggu karena lebih sering bergerak.

2. Temperatur Ruang Kandang

Untuk temperatur ruang kandang yang ideal yaitu 27-30 derajat celcius. Alangkah lebih baiknya jika rutin untuk mengecek suhu dan kondisi ruangan yang cukup penting dilakukan terkait hal ini yaitu pada tahap awal pembuatan kandang.

Suhu udara yang terlalu tinggi di dalam kandang akan membuat bebek hibrida menjadi stres | image 3
Suhu udara yang terlalu tinggi di dalam kandang akan membuat bebek hibrida menjadi stres | image 3

Pembuatan kandang bisa dilakukan dengan membujur ke arah timur atau barat yang bertujuan agar sirkulasi udara lancar dan sinar matahari dapat mengurangi kelembaban dalam kandang.

Baca Juga!  Keuntungan Yang Diperoleh dari Usaha Ternak Bebek 

3. Ruang Gerak

Faktor ruang gerak yang luas juga termasuk dalam kriteria kandang untuk pemeliharaan bebek hibrida. Ruang kandang yang leluasa memiliki tujuan untuk dapat menghemat waktu, sehingga pemeliharaan lebih efisien.

4. Penerangan dalam Kandang

Guna penerangan dalam kandang yaitu dapat mempermudah perawatan dan mengecek kondisi bebek itu sendiri. Disamping itu juga bisa memberikan kenyamanan serta suhu lebih terkontrol.

Penerangan lampu yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan organ dalam bebek hibirida | image 4
Penerangan lampu yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan organ dalam bebek hibirida | image 4

5. Ketinggian Kandang

Usahakan untuk kandang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Keitinggian kandang yang cukup ideal yaitu sekitar 2-3 meter dengan tujuan untuk mempermudah pemberian pakan bebek hibrida, minum dan perawatannya.

6. Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang juga dapat mempengaruhi kondisi kandang itu sendiri. Baik kandang, lingkungan kandang berserta peralatannya memang perlu dbersihkan secara rutin.

Menyemprot kandang dengan desinfektan juga dapat diterapkan. Kegiatan ini bisa dilakukan saat bebek keluar kandang. Tipe kandang bebek yang ideal yaitu selalu bersih, kering dan bebas penyakit.

Agar bebek hibrida selalu dalam keadaan sehat maka pembersihan kandang secara rutin harus selalu dilakukan | image 6 pinterest.com
Agar bebek hibrida selalu dalam keadaan sehat maka pembersihan kandang secara rutin harus selalu dilakukan | image 6

Setelah mengetahui berbagai kriteria yang perlu diterapkan untuk menghasilkan kandang bebek yang ideal, kita juga perlu untuk mengetahui macam-macam kandang untuk beternak Bebek Hibrida ini.

Setiap jenis kandang memiliki tujuan dan fungsi masing-masing serta mempunyai sisi positif dan nengatif dalam penerapannya. Dengan begitu kita perlu untuk mempelajarinya.

Jenis-Jenis Kandang Bebek Hibrida Pedaging

1. Kandang Postal

Tipe kandang Postal yaitu jenis kandang yang mana bebek ditempatkan dalam 1 kandang besar dengan jumlah yang ditentukan.

Kandang postal menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi ternak bebek pedaging hibrida | image 7 facebook.com
Kandang postal menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi ternak bebek pedaging hibrida | image 7

Untuk kapasitas dalam satu kandang disesuaikan dengan tujuan jenis kandang itu sendiri. Bisa untuk 3 tahap yaitu starter, grower, hingga layer.

  • Kandang bebek starter untuk usia 1-60 hari , dengan kapasitas 1 kandang bisa untuk 10-15/m 2.
  • Tipe kandang Grower 61 -150 hari 6-9 ekor /m2
  • Kandang Layer yang sudah siap bertelur 3-5 ekor/ m2 menggunakan kandang sistem postal ini untuk makananan dan minuman ditempatkan dalam satu ruangan. Jenis kandang ditujukan untuk starter dan grower.
Baca Juga!  Kisah Haru Seorang Peternak Bebek Yang Berusaha Bangkit Dari Jeratan Rentenir

2. Kandang Battery

Type kandang batery ini dalam satu kandang hanya terdiri 1 ekor bebek dewasa. Jenis kandang memungkinkan peternak dapat lebih mudah untuk mengontrol kesehatan bebek satu persatu.

Kandang bebek hibrida juga dapat menggunakan bentuk kandang baterai seperti pada contoh gambar berikut | image 8
Kandang bebek hibrida juga dapat menggunakan bentuk kandang baterai seperti pada contoh gambar berikut | image 8

Sehingga untuk mengamati kondisi bebek pun jauh lebih mudah karena jika ada bebek yang terserang penyakit akan lebih mudah terdeteksi.

Selain itu juga dapat mengamati pertumbuhan hingga produksi telur masing-masing.

Namun, karena dalam satu kandang hanya dapat dihuni 1 ekor saja maka biaya yang dikeluarkan juga cukup tinggi. Untuk ukuran bisa diterapkan 45 x 45 x35 cm.

3. Kandang Ranch

Jenis kandang bebek ini adalah sebuah inovasi dari tipe postal karena dalam ruangan ternak terdapat bagian luar halaman depan yang berguna sebagai tempat bermain bebek atau yang biasa disebut sebagai kandang umbaran.

Penggunaan kandang ranch juga bagus untuk perkembangan ternak bebek hibrida| image 9 bebekpeking.com
Penggunaan kandang ranch juga bagus untuk perkembangan ternak bebek hibrida| image 9

Dengan dilengkapi saluran air atau kolam, yang berguna untuk aktivitas bebek seperti mandi, membersihkan kotoran dan mendinginkan badan.

  • Ukuran kandang bebek hibrida 100 ekor = 3 X 5 m (selama 30 hari)
  • Untuk ukuran kandang bebek hibrida 200 ekor = 6 X 10 m (selama 30 hari)
  • Ukuran kandang bebek untuk 1000 ekor = 30 X 50 m (selama 30 hari)

Selain kandang-kandang diatas, ada juga tipe kandang lain seperti kandang bebek pedaging sistem panggung, kandang bebek pedaging sistem kering.

Di atas adalah beberapa model kandang bebek pedaging yang bisa menjadi referansi bagi Anda.

Kriteria maupun jenis kandang dalam usaha peternakan Bebek Hibrida memegang peran yang cukup penting sebagai faktor pendorong dalam keberhasilan usaha tersebut.

Mempelajarinya sebagai salah satu contoh untuk dapat diterapkan ketika berkeinginan beternak Bebek Hibrida. Semoga bermanfaat!

Bagi anda yang ingin beternak Bebek, kami menyediakan bibit bebek yang siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

WHATSAPP
TELPON
SMS

Baca Juga!  3 Tipe Kandang Bebek Pedaging, Pilih yang Paling Cocok!

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

Promo DOC KUB
Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA