Kandang Bebek Hibrida

Kriteria dan Jenis Kandang Bebek Hibrida yang Ideal Dalam Usaha Peternakan

Kandang Bebek Hibrida – Dalam pemeliharaan Bebek memperhatikan kriteria kandang yang ideal adalah salah satu faktor yang mendukung keberhasilan dalam menciptakan sebuah usaha peternakan Bebek. Bebek Hibrida adalah salah satu jenis bebek yang umum dipelihara sebagai bebek potong atau bebek pedaging yang mampu dipanen pada usia 45 hari.

DOD Bebek Hibrida
DOD Bebek Hibrida

Bebek Hibrida adalah salah satu jenis bebek pedaging yang berasal dari persilangan antara bebek peking jantan dengan bebek lokal betina. Bebek Peking selama ini dikenal dengan postur tubuhnya yang pendek dan berisi sehingga mampu menghasilkan daging yang lebih banyak. Dari persilangan ini akan menghasilkan bebek dengan masa panen yaitu pada usia 45 hari dengan pencapai berat 1,5 kg.

Dalam menghasilkan kandang yang berkualitas ada berbagai aspek yang mendukungnya yaitu kebersihan kandang, kenyamanan, penerangan dan ketinggian kandang. Untuk dapat menciptakan sebuah kandang yang ideal ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan yaitu :

1. Faktor Kenyamanan Kandang

Kenyamanan kandang menjadi suatu hal yang cukup penting. Pada bagian utama kandang diusahakan kondisinya tertutup. Selain itu, pada dinding kandang dibiarkan sedikit terbuka guna untuk sirkulasi udara. Pada atap kandang berguna untuk bebek berteduh untuk melindungi dari cuaca dan sinar matahari.

2. Tempetur Ruang Kandang

Untuk temperatur ruang kandang yang ideal yaitu 27-30 derajat celcius. Alangkah lebih baiknya jika rutin untuk mengecek suhu dan kondisi ruangan yang cukup penting dilakukan terkait hal ini yaitu pada tahap awal pembuatan kandang. Pembuatan kandang bisa dilakukan dengan membujur ke arah timur atau barat yang bertujuan agar sirkulasi udara lancar dan sinar matahari dapat mengurangi kelembaban dalam kandang.

3. Ruang Gerak

Faktor ruang gerak yang luas juga termasuk dalam kriteria kandang untuk pemeliharaan Bebek Hibrida. Ruang kandang yang leluasa memiliki tujuan untuk dapat menghemat waktu, sehingga pemeliharaan lebih efisien.

4. Penerangan dalam Kandang

Guna penerangan dalam kandang yaitu dapat mempermudah perawatan dan mengecek kondisi bebek itu sendiri. Disamping itu juga bisa memberikan kenyamanan serta suhu lebih terkontrol.

5. Ketinggian Kandang

Usahakan untuk kandang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Keitnggian kandang yang cukup ideal yaitu sekitar 2-3 meter dengan tujuan untuk mempermudah pemberian pakan, minum dan perawatannya.

6. Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang juga dapat mempengaruhi kondisi kandang itu sendiri. Baik kandang, lingkungan kandang berserta peralatannya memang perlu dbersihkan secara rutin. Menyemprot kandang dengan desinfektan juga dapat diterapkan. Kegiatan ini bisa dilakukan saat bebek keluar kandang. Tipe kandang bebek yang ideal yaitu selalu bersih, kering dan bebas penyakit.

Setelah mengetahui berbagai kriteria yang perlu diterapkan untuk menghasilkan kandang bebek yang ideal, kita juga perlu untuk mengetahui macam-macam kandang untuk beternak Bebek Hibrida ini. Setiap jenis kandang memiliki tujuan dan fungsi masing-masing serta mempunyai sisi positif dan nengatif dalam penerapannya. Dengan begitu kita perlu unuk mempelajarinya.

Berikut beberapa jenis kandang yang dapat diterapkan dalam beternak Bebek hibrida:

1. Kandang Postal

"<yoastmark

Tipe kandang Postal yaitu jenis kandang yang mana bebek ditempatkan dalam 1 kandang besar dengan jumlah yang ditentukan. Untuk kapasitas dalam satu kandang disesuaikan dengan tujuan jenis kandang itu sendiri. Bisa untuk 3 tahap yaitu starter, grower, hingga layer.
– Kandang bebek starter untuk usia 1-60 hari , dengan kapasitas 1 kandang bisa untuk 10-15/m 2.
– Tipe kandang Grower 61 -150 hari 6-9 ekor /m2
– Kandang Layer yang sudah siap bertelur 3-5 ekor/ m2 menggunakan kandang sistem postal ini untuk makananan dan minuman ditempatkan dalam satu ruangan. Jenis kandang ditujukan untuk starter dan grower.

2. Kandang Battery

analisa budidaya bebek petelur
Kandang Baterai

Type kandang batery ini dalam satu kandang hanya terdiri 1 ekor bebek dewasa. Jenis kandang memungkinkan peternak dapat lebih mudah untuk mengontrol kesehatan bebek satu persatu. Sehingga untuk mengamati kondisi bebek pun jauh lebih mudah karena jika ada bebek yang terserang penyakit akan lebih mudah terdeteksi. Selain itu juga dapat mengamati pertumbuhan hingga produksi telur masing-masing. Namun, karena dalam satu kandang hanya dapat dihuni 1 ekor saja maka biaya yang dikeluarkan juga cukup tinggi. Untuk ukuran bisa diterapkan 45 x 45 x35 cm.

3. Kandang Ranch

Jenis Kandang Peternakan
Kandang Ranch

Jenis kandang ini adalah sebuah inovasi dari tipe postal karena dalam ruangan ternak terdapat bagian luar halaman depan yang berguna sebagai tempat bermain bebek atau yang biasa disebut sebagai kandang umbaran. Dengan dilengkapi saluran air atau kolam, yang berguna untuk aktivitas bebek seperti mandi, membersihkan kotoran dan mendinginkan badan.

Ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor = 3 X 5 m (selama 30 hari)

Untuk ukuran kandang bebek pedaging 200 ekor = 6 X 10 m (selama 30 hari)

Ukuran kandang bebek untuk 1000 ekor = 30 X 50 m (selama 30 hari)

Selain kandang-kandang diatas, ada juga tipe kandang lain seperti kandang bebek pedaging sistem panggung, kandang bebek pedaging sistem kering.

Di atas adalah beberapa model kandang bebek pedaging yang bisa menjadi referansi bagi Anda. Kriteria maupun jenis kandang dalam usaha peternakan Bebek Hibrida memegang peran yang cukup penting sebagai faktor pendorong dalam keberhasilan usaha tersebut. Mempelajarinya sebagai salah satu contoh untuk dapat diterapkan ketika berkeinginan beternak Bebek Hibrida. Semoga bermanfaat!

Bagi anda yang ingin beternak Bebek, kami menyediakan bibit bebek yang siap kirim ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

 

Kata Terkait :

Kandang bebek pedaging sistem panggung, ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor, ukuran kandang bebek 200 ekor, kandang bebek pedaging sistem kering, ukuran kandang bebek untuk 1000 ekor, model kandang bebek pedaging

_Hasti Nurchayati_

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
Hobiternak.com
Nama Produk
Bebek Hibrida
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: