Mengenal Bebek Hibrida Dengan Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat dan Singkat –  Salah satu jenis bebek hasil persilangan yang mempunyai keunggulan diantaranya adalah bebek hibrida. Bebek hibrida merupakan persilangan antara bebek Mojosari dan bebek Peking sehingga banyak yang menyebut bebek hibrida merupakan bebek MP (Mojosari Peking). Bebek hibrida mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan bebek lokal. Salah satu kelebihan itu adalah mempunyai pertumbuhan yang cepat. Peternak berupaya untuk menjadikan bebek hibrida super jumbo. Sebenarnya bebek peking dan hibrida secara fisik hampir sama, namun masih banyak yang kebingungan membedakan antara bebek peking dan hibrida.

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida termasuk dalam kategori unggas yang memiliki pertumbuhan daging yang lebih cepat.

Mengenal Ciri – ciri Bebek Hibrida 

Untuk membedakan antara bebek hibrida dengan bebek peking sebenarnya tidak begitu sulit. Peternak dapat mengamatinya dari bentuk fisik yang ada. Adapun ciri – ciri yang dapat dengan mudah peternak amati adalah sebagai berikut : 

  1. Mempunyai bulu yang coklat kemerahan
  2. Warna kulit telur biru kehijauan
  3. Bentuk kepala agak besar
  4. Warna kaki dan paruh hitam.
DOD BEBEK hibrida adalah salah satu bebek pedaging dengan masa panen sekitar 45 hari

DOD BEBEK hibrida adalah salah satu bebek pedaging dengan masa panen sekitar 45 hari

Cara beternak bebek hibrida petelur mungkin terdapat sedikit perbedaan  dibandingkan dengan hibrida pedaging. Untuk bebek hibrida petelur membutuhkan bahan pakan yang mengandung karotenoid yang berfungsi untuk membuat pekat warna kuning telur. Bahan ini banyak terdapat dialam seperti berbagai dedaunan seperti daun katuk, beluntas dan bahan alami lainnya. Sedangkan dari hewan yang baik untuk dijadikan bahan pakan tambahan adalah bekicot, kerang, ikan kecil dan bahan pakan lainnya.

Beternak Bebek Hibrida
Bebek Hibrida memiliki dominal warna yang berbeda – beda. Ada warna cokelat, hitam dan putih.

Beberapa Kelebihan Bebek Hibrida 

  1. Mempunyai pertumbuhan yang cepat
  2. Citarasa yang dihasilkan daging bebek hibrida cenderung lebih lezat dibanding dengan daging ayam 
  3. Dapat mulai bertelur dengan lebih cepat dibandingkan bebek jenis lainnya. Jika pada bebek lain mulai bertelur pada umur 6 minggu maka
  4. Mempunyai bentuk telur yang lebih besar. Telur bebek hibrida dapat mencapai bobot lebih dari 67 gram/ butir. 
  5. Bebek tidak mudah terserang penyakit, karena memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. 

Kandang Bebek Pedaging Hibrida

Kandang bebek hibrida bisa menggunakan kandang postal litter, kandang ren atau setengah terbuka dan kandang baterai. Kandang baterai diperuntukkan bebek yang menghasilkan telur untuk konsumsi sedangkan untuk menghasilkan  telur untuk tujuan ditetaskan biasanya menggunakan kandang ren atau kandang setengah terbuka. Untuik kandang bebek pedaging bisa menggunakan jenis kandang diatas. Kandang untuk pembesaran yang ideal bisa menggunakan kandang ren atau setengah terbuka. Jadi bebek mempunyai ruang untuk bermain-main dan  berproduksi.

Adapun tata cara pembuatan kandang bebek sebagai berikut : 

1. Menentukan lokasi budidaya itik

Dalam memulai usaha budidaya bebek hibrida alangkah baiknya jika peternak menentukan lokasi yang baik, tidak bising, memiliki kualitas udara yang bersih, ketersediaan sumber air bersih dan sumber pakan untuk menunjang kebutuhan bebek setiap hari. 

2. Perkandangan dan Sanitasi

Sebelum memulai usaha/ budidaya bebek ini kita harus menyiapkakan kandang. Kandang merupakan faktor utama menentukan keberlangsungan usaha bebek ini untuk kedepannya. Kandang bebek ini berfungsi untuk tempat berlangsungnya hidup bebek dan proses untuk bereproduksi. Pembutan kandang ini juga tidak memerlukan biaya yang cukup mahal cukup dengan bambu sebagai tiang penyangga, kayu sebagai dinding kandang dan asbes/genting sebagai atap

usaha ternak bebek

Contoh pembuatan kandang bebek pedaging yang sederhana.

Ada 3 tipe perkandangan dalam budidaya bebek pedaging ini, yaitu sebagai berikut :

1. Tipe Kandang Battery

Tipe kandang baterry ini, bebek dikandang satu persatu dalam satu kotak dengan ukuran panjang x lebar x tinggi (45 x 45 x 35 cm). Untuk ukuran kandang ini hanya cukup untuk 1 ekor bebek saja. Dengan tipe kandang ini, sistem perkawinannya harus menggunakan kawin buatan yang dilakkan oleh tanaga ahli atau inseminator

2. Tipe Kandang Postal

Tipe kandang postal, bebek dipelihara dan di tempatkan dalam satu ruangan besar dengan jumlah tertentu. Pada tipe kandang ini, pemberian makan dan miniuman ditempatkan di dalam ruangan kandang, sehingga ternak itik yang dipelihara selalu berada di dalam ruangan. Kapasitas itik untuk tipe kandang postal ini tergantung dari jenis itik yg dipelihara seperti bebek starter dan grower

3. Tipe Kandang Ranch

Tipe kandang ranch ini merupakan pengembangan dari tipe kandang postal. Karena bebek tidak tahan terhadap panas, maka pembuatan kandang dengan tipe ini di bagian luar kandang/halaman disediakan halaman tempat bermain yang biasa dikenal dengan kandang umbaran yang dilengkapi dengan saluran air yg bersih atau kolam. Penggunaan saluran air bersih dan kolam ini berfungsi sebagai tempat mandi bebek/ tempat untuk membersihkan kotoran yang menempel di badan bebek dan untuk mendidnginkan tubuh diwaktu siang hari.

Pakan Bebek Pedaging Hibrida

Agar bebek hibrida mempunyai daging yang tidak alot dan amis maka pakan tambahan berupa tepung ikan atau tepung daging dan penggunannya tidak melebihi 2% dari total pakan ternak secara keseluruhan. Pakan utama bebek pedaging hibrida yaitu konsentrat atau voer. Untuk menghemat pengeluaran bisa diberikan bahan pakan lainnya seperti bekatul, nasi aking (nasi kering) yang direndam selama 4 jam sebelum ditambahkan pada pakan ternak. Selain itu bisa diberikan jagung kuning giling dan irisan sayuran sebagai selingan makanan bebek.

Adapun Jenis – jenis Pakan Alternatif Untuk Beternak Bebek sebagai berikut : 

1.Ampas Tahu

Ampas tahu adalah limbah yang berasal dari proses pembuatan tahu yang sudah tidak dipergunakan lagi. Kandungan yang terdapat dalam ampas tahu ini ternyata memiliki protein yang tinggi,disamping itu juga memiliki kelemahan berupa serat yang kasar, memiliki lemak yang tinggi serta mudan ditumbuhi jamur.

Ampas Tahu
Ampas Tahu

Dalam pemakain amapas tahu ini hanya dapat diberikan dalam bentuk tambahan pada pakan ternak dan tempat pakan ini harus segera dibersihkan agar tidak ditumbuhi jamur.Sebelum dicampurkan ke dalam pakan bebek, sebaiknya ampas tahu dikeringan terlebih dahulu sampai kadar air yang terkandung kurang dari 13%.

2. Ampas Tempe

Ampas tempe berasal dari pembuatan tempe berupa kulit ari kedelai. Ampas tempe ini mudah dijumpai dimana saja, karena ketersediannya yang cukup melimpah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrik tempe yang berada di Indonesia. Namun, penggunaannya dalam pakan itik ini terbatas karenakandungan serat kasarnya yang tinggi.

ternak bebek peking jawa timur
Nasi Kering/ Aking

3. Nasi Kering

Nasi aking/nasi kering merupakan pakan alternatif yang mudah sekali dijumpai. Nasi aking ini merupakan sumber energi bagi bebek petelur. Untuk penggunaanya lebih baik menggunakan nasi aking/nasi kering yang tidak berjamur karena bebek mudah terserang penyakit oleh jamur mikroskopik.

4. Limbah Tauge

Limbah tauge yang dimaksud adalah kulit tauge berwarna hijau yang sering kita jumpai di pasaran. Limbah ini berpotensi sebagai bahan pakan bebek karena mengandung protein yang cukup tinggi.

5. Tepung hijauan

Tepung hijauan ini berasal dari tumbuh – tubuhan yang tumbuh disekitar lingkungan kita. Kandungan nutrien yang terkandung dalam tumbuh – tumbuhan hijau ini sangat baik bagi kelangsungan pertumbuhan bebek.Beberapa pakan alternatif yang dapat kita gunakan sebahai bahan tambahan pakan bebek ini diantaranya :

  1. Tepung daun singkong
  2. Tepung daun lamtoro
  3. Tepung enceng gondok
  4. Tempung kayambang
  5. Tepung kulit pisang
  6. Tepung daun pisang
  7. Tepung daun katuk
  8. Tepung daun beluntas

Harga Bebek Pedaging Hibrida 

Harga bebek hibrida cenderung stabil karena permintaan daging bebek cenderung mengalami peningkatan. Agar bebek hibrida mempunyai daging yang tidak alot dan amis maka pakan tambahan berupa tepung ikan atau tepung daging dan penggunannya tidak melebihi 2% dari total pakan ternak secara keseluruhan.

Bagi Anda yan gtertarik untuk memelihara bebek Hibrida silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini. Untuk keterangan seputar cara pemesanan, cara pengiriman, daftar harga lebih lengkap dan konsultasi mengenai pemeliharaan lainnya bisa langsung menghubungi kami. 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida

**Yuni Ambarwati**



3 Comments

Harga Jual DOD atau Bibit Bebek Peking & Hibrida Pedaging untuk Daerah Metro Lampung · November 22, 2018 at 8:09 am

[…] Mengenal Bebek Hibrida Dengan Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat dan Singkat  […]

Cara Beternak Bebek Didesa dan Kota, Apa Saja Perbedaannya? · November 7, 2018 at 2:33 am

[…] Mengenal Bebek Hibrida Dengan Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat dan Singkat […]

Bebek Lokal Siap Potong yang Seragam Saat di Panen · November 6, 2018 at 2:35 am

[…] Mengenal Bebek Hibrida Dengan Keunggulan Pertumbuhannya yang Cepat dan Singkat […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: