5 Kegiatan Sanitasi yang Perlu di Ketahui Peternak Pemula

Untuk mendapatkan ayam kampung super dengan kualitas yang bagus memerlukan beberapa penanganan. Untuk kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya seperti memilih DOC yang berkualitas, pemeliharaan intensif, pembuatan kandang yang sesuai menejemen, pemberian multivitamin dan progam vaksinisasi. 

Pembuatan kandang ini perlu adanya penanganan yang baik, terutama pada bagian pembuatan ventilisasi yang tidak kalah pentingnya dari sanitasi kandang yang lain. 

5 Kegiatan Sanitasi yang Perlu di Ketahui Peternak Pemula | gambar 1

Kegiatan Sanitasi Kandang yang perlu penanganan  yang baik 

Untuk mendapatkan kandang dengan sanitasi yang baik maka kita perlu melakukan beberapa kegiatan seperti : 

1. Mencuci tempat Pakan dan Minum sebelum digunakan

Tempat pakan dan minum sebelum digunakan perlu dicuci dengan sabun hingga besih. Kemudian tempat pakan minum tersebut perlu dicuci kemudian dengan disinfektan agar dapat membunuh hama. Setelah aktivitas tersebut selesai, wadah pakan minum tersebut dibilas dengan menggunakan air sehingga bersih. 

Agar menunjang kesehatan Ayam yang diternakan maka perncucian wadah pakan perlu dilakukan peternak | gambar 2
Agar menunjang kesehatan Ayam yang diternakan maka perncucian wadah pakan perlu dilakukan peternak | gambar 2

2. Kandang yang akan digunakan perlu dibersihkan dari segala kotoran

Kandang yang baik harus dilakukan pembersihan secara berkala, yakni bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Pembersihan ini dilakukan agar kandang ayam bersih sehingga tercipta suasanya yang nyaman dan aman bagi Ayam.

Pembersihan kotoran ayam ini bertujuan agar bakteri dan senyawa berbahaya lainnya dapat hilang dari kandang. Sehingga ayam akan selalu dalam keadaan sehat – sehat.

Sebelum kandang digunakan untuk ternak Ayam Joper perternak perlu membersihkannya telebih dahulu | gambar 2
Sebelum kandang digunakan untuk ternak Ayam Joper perternak perlu membersihkannya telebih dahulu | gambar 3

3. Pembersihan Area Halaman Kandang

Selain pembersihan di dalam kandang. Peternak juga perlu meningkatkan kebersihan juga pada area luar atau halaman kandang. Usahakan agar area kandang bersih dari benda – benda yang bertumpuk, genangan air atau semak – semak lainnya.

Baca juga !

4. Mengecek Keamanan Kandang 

Penting bagi peternak untuk selalu mengecek kebersihan dan keamanan kandang. Hal ini dilakukan agar kandang ayam tetap terjaga dari adanya bangkai, seperti bangkai tikus, ular, serangga lainnya ataupun ayam yang mati mendadak.

Kegiatan ini perlu penjadwalan, karena bau busuk yang ditimbulkan dari bangkau akan perpengaruh pada kesehatan ayam yang diternakkan.

Ketika sisa pakan bercecer di lantai kandang. Usahakan agar peternak dapat segera membersihkan sisa pakan tersebut. Hal ini bertujuan agar pakan yang jatuh tersebut tidak ditumbuhi jamur | gambar 4
Ketika sisa pakan bercecer di lantai kandang. Usahakan agar peternak dapat segera membersihkan sisa pakan tersebut. Hal ini bertujuan agar pakan yang jatuh tersebut tidak ditumbuhi jamur | gambar 4

5. Membersihkan Sisa Pakan yang Membusuk

Untuk sisa bahan pakan yang telah membusuk sebaiknya perlu dibuang. Hal ini dikarenakan agar sisa pakan tersebut tidak ditumbuhi jamur. Ayam yang mengkonsumsi pakan berjamur dapat menyebabkan keracunan bahkan sampai kematian.

Untuk itu diharapkan peternak dapat memantau pada lantai kandang apakah pakan tersebut bercecer di lantai atau tidak. Selain itu peternak dapat juga menyimpan pakan dengan baik dan benar. Cara itu yakni dengan menyimpannya pada tempat yang kering dengan suhu kamar, tidak terlalu panas dan lembab.

Penyimpanan pakan juga jangan terlalu banyak, karena beresiko akan ditumbuhi jamur.

Mengapa Kegiatan Sanitasi Kandang perlu dilakukan setelah Masa Panen ? 

Kegiatan sanisati kandang selain dilakukan saat akan memelihara Ayam juga harus diterapkaan setelah masa panen tiba. Litter yang menjadi alas kandang perlu dibersihkan dan dimasukkan dalam wadah yang dapat diletakan dalam tempat penyimpanan. Dengan begit litter tidak akan menebarkan aroma yang kurang sedap ke sekeliling kandang.

Setelah ayam dipanen maka peternak perlu melakukan pengosongan, yakni peternak dapat melakukan pembersihan kandang agar terhindar dari bakteri yang menempel di lantai, dinding maupun wadah pakan | gambar 5
Setelah ayam dipanen maka peternak perlu melakukan pengosongan, yakni peternak dapat melakukan pembersihan kandang agar terhindar dari bakteri yang menempel di lantai, dinding maupun wadah pakan | gambar 5

Baca juga !

Aroma amoniak yang ada di dalam kadang juga mempunyai pengaruh buruk terhadap kesehatan ayam. Ayam yang dipelihara akan mudah terserang penyakit karena menghirup aroma tersebut. Apalagi bila diunjang dengan ventilasi yang tidak baik maka suhu kandang akan menjadi meningkat dan membuat ayam stress serta kehilangan nafsu makan. Bila hal ini terus berkelanjutan maka ayam akan mudah terserang penyakit.

Pentingnya Sanitasi Kandang bagi Peternakan Ayam 

Kegiatan yang telah disebutkan diatas tersebut kelihatannya cukup sederhana tetapi ternyata memegang peranan penting. Hal ini dikarenakan merupakan tahap awal dari keberhasilan peternak dalam mengembangkan usaha budidaya ternak ayam. 

Dengan sanitasi dan ventilasi kandang yang baik dan sesuai dengan menejemen maka udara di dalam kandang akan terjadi pergantian. Sehingga ayam yang berada di dalam kandang akan merasa nyaman dan aman. 

Pentingnya kegiatan sanitasi kandang untuk peternakan ayam | gambar 5
Pentingnya kegiatan sanitasi kandang untuk peternakan ayam | gambar 5

Kondisi inilah yang akan menunjang produktivitas ternak ayam menjadi lebih baik, pertumbuhan ayam dan perkembangan menjadi baik. Serta ayam akan tumbuh pada lingkungan kandang yang kondusif. Sehingga diharapkan peternak dapat mendapatkan keuntungan tinggi saat masa panen tersbeut tiba. 

Bagi Anda yang berminat untuk mengembangkan bisnis ternak ayam joper pedaging. Bisa pesan bibit atau DOC ayam joper ditempat kami. Kami menyediakan berbagai jenis bibit ayam pedaging dan petelur salah satunya jenis ayam joper. 

Kami siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Informasi lebih lengkap dapat mengubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-4648-2525

Telkomsel:
0812-4648-2525
0813-6330-7506

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ternak ayam kampung super pedaging, produksi telur ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, beternak secara intensif, jenis kandang untuk ayam kampung, pakan untuk ayam kampung super, jadwal vaksinasi untuk ayam kampung super, cara mengatasi berbagai penyakit pada ayam, jual ayam kampung super pedaging, ternak ayam kampung super

*Yuni Ambarwati*

Image Sources :

  • gambar 1: Admin 2 hobiternak.com
  • Image 6: Admin 1 hobiternak.com
  • gambar 2: kandangclosehouse.com
  • Image 2: Admin 3 hobiternak.com
  • gambar 5: Admin 2 hobiternak.com
  • gambar 5: bisnisbroiler.com

2 thoughts on “5 Kegiatan Sanitasi yang Perlu di Ketahui Peternak Pemula

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: