Kandang Ayam Kampung Super

Beberapa Kegiatan Sanitasi yang Perlu di Ketahui Peternak Pemula

Beberapa Kegiatan Sanitasi yang Perlu di Ketahui Peternak Pemula

Untuk mendapatkan ayam kampung super dengan kualitas yang bagus memerlukan beberapa penanganan seperti memilih DOC yang berkualitas, pemeliharaan dengan cara intensif (penyediaan kandang dengan sanitasi dan ventilasi kandang yang baik, pemberian multivitamin dan program vaksinasi), penanganan kandang sebelum masa pemeliharaan, ventilasi pada kandang dan yang tak kalah pentingnya adalah sanitasi kandang.

Kandang Ayam Kampung Super

Kandang Ayam Kampung Super

Untuk mendapatkan kandang dengan sanitasi yang baik maka kita perlu melakukan beberapa kegiatan seperti:

  1. Tempat pakan dan minum sebelum digunakan perlu dicuci dengan sabun hingga bersih. Kemudian tempat pakan minum tersebut perlu dicuci kembali dengan desinfectan agar dapat membunuh hama. Setelah aktivitas tersebut selesai, wadah pakan minum tersebut dibilas dengan menggunakan air sehingga bersih.

  2. Kandang yang akan digunakan perlu dibersihkan dari segala kotoran.

  3. Area halaman kandang juga tak luput dari pembersihan.

  4. Membersihkan bangkai binatang yang ada di dalam area kandang seperti bangkai tikus, bangkai ayam dan lain-lain.

  5. Sisa dan bahan pangan yang telah membusuk perlu dibuang agar tidak ditumbuhi jamur. Ayam yang mengkonsumsi pakan yang mengandung jamur bisa menyebabkan keracunan bahkan kematian. Untuk itu perlu penyimpanan pakan yang baik dengan cara menyimpan pada tempat yang kering dan pada suhu kamar, menyimpan pakan tidak perlu dalam jumlah banyak karena beresiko akan berjamur.

Kandang Ayam Kampung Super Sistem Postal

Kandang Ayam Kampung Super Sistem Postal

Sanitasi juga perlu dilakukan pada saat setelah panen selesai. Litter yang menjadi alas kandang perlu dibersihkan dan dimasukkan dalam wadah yang dapat diletakkan dalam tempat penyimpanan. Dengan begitu litter tidak akan menebarkan aroma yang kurang sedap ke sekeliling kandang. Aroma amoniak di dalam kandang juga mempunyai pengaruh yang buruk bagi ayam karena akan mudah terkena penyakit dengan menghirup aroma amoniak. Apalagi bila ditunjang dengan ventilasi yang buruk maka suhu kandang akan meningkat dan membawa ayam stress dan kehilangan nafsu makan dan bila berlanjutan maka ayam akan mudah sakit.

Kegiatan yang telah disebutkan di atas tersebut kelihatannya cukup sederhana namun memegang peranan penting karena merupakan awal dari keberhasilan. Dengan sanitasi dan ventilasi kandang maka dalam kandang akan terjadi pergantian udara sehingga ayam yang berada di dalamnya akan merasa nyaman. Dengan kondisi nyaman maka akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan ayam. Ayam yang tumbuh pada lingkungan yang kondusif akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian maka pada saat panen dapat diharapkan hasilnya memuaskan.

Ayam Kampung Super

Ayam Kampung Super

Kami menyediakan DOC ayam kampung super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Beternak ayam kampung super pada kandang litter, jual ayam kampung super pedaging, ternak ayam kampung super, beberapa ciri-ciri DOC ayam kampung super yang berkualitas, pengaruh tingkat kepadatan terhadap jumlah populasi yang dipelihara pada ayam kampung super periode grower, sanitasi kandang pdf, ayam kampung super, DOC Ayam Kampung Super

*Yuni Ambarwati*

2 comments

Leave a Reply