Kandang Postal

Kandang Bebek Peking Pedaging Dengan Metode Kandang Kering

Kandang Bebek Peking Pedaging Dengan Metode Kandang Kering

Pemeliharaan bebek pada umumnya masih menggunakan kolam sebagai tempat untuk bermain dan tempat untuk membuahi betinanya. Metode seperti itu banyak digunakan pada pembesaran bebek dengan tujuan mendapatkan telur tetas. Sedangkan bila pemeliharaan untuk tujuan diambil dagingnya maka pemeliharaan diletakkan di dalam kandang atau dilepasliarkan di alam terbuka. Namun metode seperti itu kurang efisien karena mengurangi produktivitas dan pendapatan peternak menjadi menurun. Bebek yang cukup unggul untuk dijadikan bebek pedaging adalah bebek peking. Untuk meningkaatkan produksi daging bebek peking maka kita bisa menggunakan metode kandang kering.

Bebek Peking/ Bebek Pedaging

Bebek Peking/ Bebek Pedaging

Apa yang dimaksud dengan metode kandang kering?

Pemeliharaan dengan metode kering adalah pemeliharaan secara intensif dimana peternak mengalihkan pemeliharaan dengan cara dikandangkan. Dengan cara ini bebek hanya beraktivitas didalam kandang. Jadi untuk aktivitas makan, minum, bermain dan bertelur bebek berada di dalam kandang. Dengan demikian penggunaan kolam dapat ditiadakan. Penggunaan air hanya untuk pemberian minum, membersihkan peralatan kandang, membersihkan area kandang dan beberapa penggunaan lainnya.

Kandang untuk bebek peking dengan pemeliharaan metode kandang kering

 Kandang untuk pemeliharaan bebek peking pedaging dibagi menjadi beberapa jenis:

  1. Kandang boks untuk pemeliharaan DOD atau anakan bebek peking pedaging
  2. Kandang untuk pembesaran anakan bebek peking hingga dewasa

Kandang boks untuk pemeliharaan DOD atau bibit bebek peking pedaging

metode

kandang boks

Kandang untuk pemeliharaan bibit bbek peking pedaging bisa menggunakan kawat atau ram agar kotoran bebek tidak mengotori kandang namun langsung jatuh ke bawah kandang. Dengan cara ini peternak tidak perlu membuang alas kandang boks setiap hari. Bahan lain yang bisa digunakan untuk pengganti bahan ram atau kawat adalah bambu anyaman. Bahan ini lebih murah dan terjangkau dan diukur jarak anyaman 1-1,5 cm. Kapasitas 1 meter untuk 50 DOD. Kandang ini digunakan sejak DOD masuk kandang pemeliharaan hingga bibit berumur 3 minggu.

Kandang untuk pembesaran bebek peking pedaging :

Kandang untuk bebek yang berumur lebih dari 3 minggu mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda. Disamping itu tujuan pemeliharaan akan mempengaruhi bentuk kandang.

Kandang untuk bebek peking remaja dan dewasa mempunyai 3 bentuk yaitu :

  1. Bentuk baterai
  2. Kandang postal
  3. Kandang ren

Kandang baterai

metode

kandang baterai

Kandang baterai adalah kandang dengan bentuk petak kecil-kecil. Pada satu petak terdiri dari 1 ekor bebek. Biasanya kandang baterai digunakan untuk bebek petelur. Kandang dibuat miring agar telur bisa menggelinding dan tidak terinjak oleh bebek. Ukuran kandang baterai panjang 45 cm, lebar 35 cm dan tinggi 60 cm. Kandang baterai juga bermanfaat pada saat seleksi bibit.

Kandang postal

metode

Kandang Postal Litter

Kandang postal adalah kandang dengan bentuk memanjang yang dapat ditempati banyak bebek. Seluruh aktivitas bebek seperti makan, minum, bertelur, istirahat dilakukan di dalam kandang. Metode ini biasanya digunakan untuk pemeliharaan secara intensif.

Kandang ren

metode

kandang ren

Kandang ini mempunyai 2 ruangan yang berbeda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Jika kandang postal seluruh kegiatan bebek peking pedaging dilakukan di dalam kandang maka pada kandang ren ada pemisahan berdasarkan aktivitas bebek. Ruangan pertama menjadi tempat bebek untuk makan, minum dan bermain di waktu siang hari. Ruangan ini dibiarkan dalam keadaan terbuka. Sedangkan ruangan yang satunya lagi berfungsi sebagai tempat tidur, beristirahat dan bertelur. Tempat ini diberi atap atau naungan agar bebek tidak kepanasan dan kehujanan.

Kandang ren lebih praktis digunakan karena adanya fungsi yang berbeda. Untuk memisahkan ruangan yang satu dengan ruangan yang lain diberi penyekat.

Kandang yang ada atapnya diberi alas dari sekam padi, kapur dan campuran pasir. Di tempat ini juga disediakan tempat untuk bertelur yang penempatannya dapat mulai dilakukan pada saat bebek peking mulai memasuki masa remaja.

Informasi cara pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

AXIS:

0838-6918-5523

 

Kata Terkait :
Ternak bebek pedaging, bebek ternak ras, cara ternak bebek Peking Pedaging, ternak bebek potong, ternak bebek Peking Pedaging, bebek Peking Pedaging, usaha ternak bebek, cara ternak bebek

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek Peking
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply