Kandang Bebek Peking Pedaging Dengan Metode Kandang Kering – Pemeliharaan bebek pada umumnya masih menggunakan kolam sebagai tempat untuk bermain dan tempat untuk membuahi betinanya. Metode seperti itu banyak digunakan pada pembesaran bebek dengan tujuan mendapatkan telur tetas. Sedangkan bila pemeliharaan untuk tujuan diambil dagingnya maka pemeliharaan diletakkan di dalam kandang atau dilepasliarkan di alam terbuka. Namun metode seperti itu kurang efisien karena mengurangi produktivitas dan pendapatan peternak menjadi menurun. Bebek yang cukup unggul untuk dijadikan bebek pedaging adalah bebek peking. Untuk meningkaatkan produksi daging bebek peking maka kita bisa menggunakan metode kandang kering.

Bebek Peking/ Bebek Pedaging
Bebek Peking/ Bebek Pedaging

Apa yang dimaksud dengan Metode Kandang Kering ?

Pemeliharaan dengan metode kering adalah pemeliharaan secara intensif dimana peternak mengalihkan pemeliharaan dengan cara dikandangkan. Dengan cara ini bebek hanya beraktivitas didalam kandang. Jadi untuk aktivitas makan, minum, bermain dan bertelur bebek berada di dalam kandang. Dengan demikian penggunaan kolam dapat ditiadakan. Penggunaan air hanya untuk pemberian minum, membersihkan peralatan kandang, membersihkan area kandang dan beberapa penggunaan lainnya.

Pada pemeliharaan bebek, seringkali peternak dihadapkan dengan bau menyengat yang berasal dari kotoran bebek. Bau kotoran itok yang menyengat terutama pada saat musim penghujan tiba akan menimbulkan bau yang akan sangat menganggu. Bau tersebut disebabkan oleh banyak faktor seperti pakan yang diberikan, kandang yang digunakan, dan pengelolaan kebersihan kandang dari kotoran. Sebab bau yang tercium di dalam kandang merupakan kombinasi dari berbagai gas yang diproduksi dari proses perombakan fases dan urin yang ada di dalam kandang. Kandungan gas amonia yang tinggi dalam kotoran juga menunjukan kurang sempurnanya proses pencernaan atau protein yang berlebihan dalam pakan ternak, sehingga menyebabkan tidak semua nitrogen diabsorbsi sebagai asam amino, tetapi dikeluarkan sebagai amonia dalam kotoran.

Dalam beternak bebek dengan metode kandang kering selain memberikan kesan bersih pada kandang dengan tidak adanya pemberian kolam untuk bebek ternyata dengan metode ini peternak dapat terhindar dari bau bebek yang tidak sedap. Dengan penerapan metode kandang kering ternak bebek terhindar dari bau yang membuat udara menjadi bersih serta lingkungan sekitar tidak tercemar.

Mengelola kotoran Bebek agar tidak bau dengan Probiotik

Kotoran bebek yang tidak dikelola dengan baikakan menimbulkan dampak negatif terhadap ternak, manusia dan lingkungan. Oleh karena itu disarankan untuk peternak bahwa dalam beternak bebek menggunakan metode kering atau tanpa bau. Ada beberapa cara agar beternak bebek tidak menghasilkan bau yang merugikan kesehatan ternak dan manusia.

Penggunaan probiotik atau suplemen pakan merupakan mikroba hidup, yang akan memberi pengaruh positif bagi ternak inang karena meningkatkan kesimbangan mikroorganismen dalam saluran pencernaan. Probiotik ini terdiri dari bentuk bubuk, cair, pasata dan tablet. Jenis mikroba yang digunakan sebagai komponen dalam probiotik sangat bergantung oleh tujuan pemberian dan jenis ternak yang digunakan. Mikroba yang terdapat pada probiotik ini dapat mengurangi pembentkan gas amonia sehingga bau kotoran dapat berkurang.

Beberapa Probiotik yang dapat mengurangi bau pada ternak Bebek adalah sebagai berikut :

1. Starbio

Probiotik starbio merupakan probiotik berwarna coklat yang bekerja secara enzimatis menghasilkan enzim yang berfungsi memecah protein , karbohidrat struktural dan lemak serte dilengkapi dengan bakteri nitrogen fiksasi non simbiotik. Penggunaa starbio ini dicampurkan pada pakan bebek dengan demikian maka nutrien dari bahan pakan dapat diserap secara sempurna baik secara langsung maupun melalui sintesa protein mikroba.

2. Effective Microorganism 4 (EM4)

EM4 merupakan campuran mikroorganisme tanah yang telah dikemas dalam bentuk cairan dan bentuk serbuk. Mikroorganisme tersebut berperan dalam mempercepat proses dekomkposisi kotoran secara biologis sehingga bau dapat berkurang. EM4 dapat memperbaiki proses pembusukan didalam saluran pencernaan ternak sehingga kesehatan ternak meningkat, tidak mudah stress dan bau kotoran akan berkurang. Pemberian EM4 pada pakan dan air minum ternak dapat meningkatkan nafsu makan ternak karena aroma manis pada EM4 yang ditimbulkan.

3. Biodekstran

Biodekstran merupakan bakteri probiotik dan bersifat anaerob dan dapat menguraikan bahan – bahan organik yang beracun menjadi bahan organik sederhana dan tidak mencermari lingkungan dan menghilangkan bau limbahnya. Zat ini dapat menguraikan NH3 dan NO2 pada kotoran unggas secara anaerob dan menekan jumlah bakteri patogen  di kandang unggas sehingga bau kotoran unggas tereduksi dan kandang menjadi lebih sehat.

Cara pemakaian biodekstran dapat dilakukan dengan mencampurkan 150ml biodekstran dengan 5 liter air kemudian diaduk. Kemudian zat ini disemprotkan pada permukaan kotoran unggas secara merata namum jangan sampai terlalu basah. Bila tumpukan kotoran unggas sudah tebal perlu dilakukan pembalikan atau disemprotkan lagi sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Kotoran tersebut akan terdekomkposisi menjadi bahan organik yang tidak berbau.

Kandang untuk Bebek Peking dengan pemeliharaan Metode Kandang Kering

 Kandang untuk pemeliharaan bebek peking pedaging dibagi menjadi beberapa jenis:

  • Kandang boks untuk pemeliharaan DOD atau anakan bebek peking pedaging
  • Kandang untuk pembesaran anakan bebek peking hingga dewasa

Kandang Boks untuk pemeliharaan DOD atau Bibit Bebek Peking Pedaging

metode
kandang boks

Kandang untuk pemeliharaan bibit bbek peking pedaging bisa menggunakan kawat atau ram agar kotoran bebek tidak mengotori kandang namun langsung jatuh ke bawah kandang. Dengan cara ini peternak tidak perlu membuang alas kandang boks setiap hari. Bahan lain yang bisa digunakan untuk pengganti bahan ram atau kawat adalah bambu anyaman. Bahan ini lebih murah dan terjangkau dan diukur jarak anyaman 1-1,5 cm. Kapasitas 1 meter untuk 50 DOD. Kandang ini digunakan sejak DOD masuk kandang pemeliharaan hingga bibit berumur 3 minggu.

Kandang untuk pembesaran Bebek Peking Pedaging :

Kandang untuk bebek yang berumur lebih dari 3 minggu mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda. Disamping itu tujuan pemeliharaan akan mempengaruhi bentuk kandang.

Kandang untuk Bebek Peking Remaja dan Dewasa mempunyai 3 bentuk yaitu :

  • Bentuk baterai
  • Kandang postal
  • Kandang ren

Kandang Baterai

metode
kandang baterai

Kandang baterai adalah kandang dengan bentuk petak kecil-kecil. Pada satu petak terdiri dari 1 ekor bebek. Biasanya kandang baterai digunakan untuk bebek petelur. Kandang dibuat miring agar telur bisa menggelinding dan tidak terinjak oleh bebek. Ukuran kandang baterai panjang 45 cm, lebar 35 cm dan tinggi 60 cm. Kandang baterai juga bermanfaat pada saat seleksi bibit.

Kandang Postal

metode
Kandang Postal Litter

Kandang postal adalah kandang dengan bentuk memanjang yang dapat ditempati banyak bebek. Seluruh aktivitas bebek seperti makan, minum, bertelur, istirahat dilakukan di dalam kandang. Metode ini biasanya digunakan untuk pemeliharaan secara intensif.

Kandang Ren

metode
kandang ren

Kandang ini mempunyai 2 ruangan yang berbeda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Jika kandang postal seluruh kegiatan bebek peking pedaging dilakukan di dalam kandang maka pada kandang ren ada pemisahan berdasarkan aktivitas bebek. Ruangan pertama menjadi tempat bebek untuk makan, minum dan bermain di waktu siang hari. Ruangan ini dibiarkan dalam keadaan terbuka. Sedangkan ruangan yang satunya lagi berfungsi sebagai tempat tidur, beristirahat dan bertelur. Tempat ini diberi atap atau naungan agar bebek tidak kepanasan dan kehujanan.

Kandang ren lebih praktis digunakan karena adanya fungsi yang berbeda. Untuk memisahkan ruangan yang satu dengan ruangan yang lain diberi penyekat.

Kandang yang ada atapnya diberi alas dari sekam padi, kapur dan campuran pasir. Di tempat ini juga disediakan tempat untuk bertelur yang penempatannya dapat mulai dilakukan pada saat bebek peking mulai memasuki masa remaja.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Kami siap mengirimkan keseluruh wilayah Indoneseia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :
Ternak bebek pedaging, bebek ternak ras, cara ternak bebek Peking Pedaging, ternak bebek potong, ternak bebek Peking Pedaging, bebek Peking Pedaging, usaha ternak bebek, cara ternak bebek

*Yuni Ambarwati*
*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 7 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek Peking
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

5 Comments

Langkah Dalam Pembesaran DOD Bebek Pedaging · November 24, 2018 at 4:59 am

[…] Kandang Bebek Peking Pedaging Dengan Metode Kandang Kering  […]

Bebek Lokal Siap Potong yang Seragam Saat di Panen · November 6, 2018 at 2:37 am

[…] Kandang Bebek Peking Pedaging Dengan Metode Kandang Kering […]

Beternak Bebek Peking Dengan Mudah - hobiternak.com · November 5, 2018 at 4:36 am

[…] Kandang Bebek Peking Pedaging Dengan Metode Kandang Kering […]

Mengenal Potensi Bebek Peking Jawa Timur · September 18, 2018 at 1:59 am

[…] berkembang dan semakin lancar. Bebek Peking sebagai bebek pedaging dapat dipelihara dengan berbagai tipe kandang, bisa menggunakan sistem postal, sistem baterai maupun sistem ranch. Bebek Peking pedaging ini juga […]

Cara Ternak Bebek Peking Pedaging Untuk Pemula  - hobiternak.com · September 1, 2018 at 2:20 am

[…] Kandang bebek peking mulai DOD hingga masa panen […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: