Bagaimana Manajemen Pemeliharaan Ayam KUB yang Benar ?

Beternak ayam saat ini sudah menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh masyarakat, baik sebagai pekerjaan utama, atau hanya untuk kegiatan sampingan. Cukup banyak alternatif pilihan ayam yang bisa diternakkan di skala kecil maupun besar.

Belakangan ini, muncul jenis ayam kampung terobosan terbaru yang memiliki banyak keunggulan, yakni ayam KUB atau Ayam Kampung Unggul Balitbangtan. Beternak ayam KUB dinilai memiliki nilai keuntungan yang lebih dibandingkan dengan ayam kampung biasa. 

Mengapa Beternak Ayam KUB Dikatakan Lebih Menguntungkan?

Ayam KUB merupakan ayam kampung galur baru yang ditemukan oleh peneliti senior di Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) setelah melewati masa seleksi genetik selama 6 generasi. Dengan demikian, berhasil ditemukan ayam kampung unggul yang memiliki keunggulan cepat panen, daya mengeram rendah serta produksi telur cukup tinggi. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi telur ayam kampung yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Ayam KUB dikenal sebagai ayam dwiguna yang mana dapat dibesarkan sebagai ayam pedaging cepat panen serta bisa dijadikan ayam penghasil telur yang dapat diandalkan. Karena produktivitas telurnya bisa mencapai 180 butir per tahun nya.

Produktivitas telur yang cukup tinggi merupakan salah satu ciri ayam KUB sekaligus menjadi poin keunggulannya. | cybex.ipb.ac.id
Produktivitas telur yang cukup tinggi merupakan salah satu ciri ayam KUB sekaligus menjadi poin keunggulannya. | cybex.ipb.ac.id

Maka dari itu, banyak para peternak pemula yang tertarik untuk membudidayakan ayam KUB ini. Namun, perlu anda ketahui bahwasanya dalam beternak ayam k u b, setidaknya terdapat 3 hal utama yang menunjang kesuksesan ketika panen. 

Baca juga : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Ternak Ayam KUB

Manajemen Pemeliharaan Ayam KUB

Beternak ayam KUB agar didapatkan hasil yang maksimal adalah dengan sistem intensif, yakni ayam selalu dikandangkan dan diberikan pakan secara terjadwal. Selain dengan pemeliharaan intensif, dalam manajemen pemeliharaan ayam KUB kurang lebih ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu kandang, perlengkapan ternak, serta kebersihan kandang.

1. Kandang Ayam KUB

Jenis – jenis Kandang Ayam KUB

Faktor yang cukup krusial dalam pemeliharaan ayam KUB adalah kandang. Kandang merupakan tempat dimana ayam dapat tumbuh, sehingga harus kita buat senyaman mungkin bagi ayam yang diternakkan. Ada 3 jenis kandang yang bisa anda terapkan dalam beternak ayam KUB, diantaranya :

1. Kandang Fase Starter

Pertumbuhan anak ayam diawali pada masa starter atau biasa disebut dengan fase brooding. Fase brooding merupakan masa emas pertumbuhan bibit ayam yang mendasari pertumbuhan selanjutnya, dalam artian bila fase brooding dilakukan dengan baik maka pada perkembangan sampai panen bisa maksimal, dan begitu pula sebaliknya.

Pada fase brooding, di dalam tubuh anak ayam saluran pencernaan, saluran pernapasan, serta kekebalan tubuh mulai berkembang. Bagaimana kandang fase starter yang baik untuk ayam KUB?

Contoh bentuk kandang boks yang bisa Anda terapkan untuk pemeliharaan ayam KUB fase starter | hobiternak.com
Contoh bentuk kandang boks yang bisa Anda terapkan untuk pemeliharaan ayam KUB fase starter | hobiternak.com

Dalam pemeliharaan skala kecil atau pemula, misalnya 100-200 ekor maka anda bisa menggunakan kandang box atau kandang bentuk persegi panjang. Dengan ukuran luas 1 m x 80 cm x 60 cm, yang mana dapat menampung 100 ekor DOC dari usia 0 hari sampai usia 4 minggu.

Untuk pemeliharaan skala besar misalnya diatas 500 ekor, maka bisa menggunakan kandang postal yang disekat menggunakan chick guard berbentuk lingkaran.

Hal itu untuk membatasi ruang gerak DOC dan juga memaksimalkan hasil pancaran pemanas kandang agar merata. Alas kandang diberikan sekam setelah minimal 5 cm dan tidak boleh dalam kondisi lembab. Setelah berusia 3 minggu, DOC mulai bisa dipindahkan ke kandang fase selanjutnya, yaitu kandang grower.

2. Kandang Fase Grower

Setelah berusia 4 minggu, ayam KUB mulai dipindahkan ke kandang fase grower. Apabila sebelumnya Anda menggunakan kandang dengan tipe postal yang disekat dengan chick guard, maka tidak perlu memindah ayam, hanya perlu menghilangkan sekat nya seiring dengan selesainya penggunaan alat pemanas.

Setelah itu peternak perlu sesuaikan dengan kebutuhan luas kandang dan jumlah ayam. Ayam KUB dipelihara di dalam kandang fase grower ini sampai umur masa panen yaitu 70 hari bila akan dijadikan sebagai ayam kampung pedaging.

Baca juga : Cara Membuat Sekam Bakar Untuk Alas Kandang Ayam

Namun, bila Anda bermaksud untuk membesarkan ayam KUB sebagai penghasil telur, maka ayam KUB berada di dalam kandang ini sampai pada usia 16 minggu. Ukuran kepadatan kandang ayam k u b fase grower adalah maksimal 1 : 6-8, atau dalam ukuran 1 m2 maksimal menampung 10 ekor ayam. Artinya, apabila Anda memelihara 100 ekor ayam, maka ukuran kandang ayam KUB 100 ekor adalah 14 m2.

Penggunaan kandang pada fase grower bisa dengan tipe kandang postal yang dialasi dengan sekam padi.
Penggunaan kandang pada fase grower bisa dengan tipe kandang postal yang dialasi dengan sekam padi.

3. Kandang Fase Layer

Setelah melewati masa pertumbuhan atau grower, ayam KUB yang berjenis kelamin betina bisa dipindahkan ke kandang berbentuk baterai untuk persiapan masa bertelur. Ayam KUB memiliki masa awal bertelur di usia 20 minggu dan masa puncak bertelurnya adalah pada usia 27 minggu. Untuk pemeliharaan di dalam kandang baterai, Anda bisa menggunakan kandang dengan ukuran per kotak 30 cm x 24 cm x 35 cm untuk 1 ekor ayam. Bentuk kandang baterai bisa anda buat bertingkat dan dalam satu baris bisa berisi beberapa ekor ayam menyesuaikan dengan luas kandang.

2. Perlengkapan Ternak

Sebagai hal penyokong lain dalam kesukses ternak ayam KUB, Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan kandang, diantaranya :

a. Tempat Pakan dan Minum

Kebutuhan tempat pakan ayam sejak usia 0 hari adalah dengan tempat pakan yang berbentuk nampan atau feeder tray. Dianjurkan menggunakan tempat pakan ini untuk meminimalisir kaki DOC terkilir karena menggunakan tempat gantung. Setelah berusia 10 hari, tempat pakan gantung mulai bisa digunakan sampai usia panen nanti.

Untuk tempat minumnya, anda bisa menggunakan tempat minum ayam yang berbentuk galon. Kapasitasnya bisa menyesuaikan dengan usia ayam nya, semakin besar usia ayam, maka tempat minumnya bisa menggunakan yang kapasitas yang lebih besar juga.

b. Pemanas Kandang

Dalam pemeliharaan skala kecil, Anda bisa menggunakan pemanas kandang dari lampu bohlam yang berwarna kuning. Karena pada masa brooding ini pemanas adalah salah satu hal yang utama. Untuk pemeliharaan dalam skala besar, Anda bisa menggunakan pemanas dari semawar, gasolec, ataupun jenis infrared. Dengan adanya chick guard, maka akan membantu pancaran panas menjadi merata di dalam kandang. Anda harus memperhatikan pemakaian pemanas kandang, yang mana harus merata ke seluruh bagian kandang. Gambar berikut ini adalah contohnya, yang mana persebaran ayam di dalam kandang bisa menjadi indikator. 

Pemasangan lampu yang tepat dan sesuai akan membuat DOC ayam nyaman dan tidak kedinginan
Pemasangan lampu yang tepat dan sesuai akan membuat DOC ayam nyaman dan tidak kedinginan

b.Tirai Kandang

Jika pemeliharaan masa brooding menggunakan kandang boks, maka tirai kandang sifatnya tidak wajib karena biasa kandang boks dari segi bentuk memang sudah tertutup. Bila ada sisi yang terbuka, misalnya terbuat dari kawat ram, maka ketika malam hari atau kondisi sedang dingin, bisa ditambah dengan terpal plastik bening. Kemudian untuk pemeliharan dengan skala besar yang mana kandang brooding menggunakan tipe postal yang disekat, maka apabila dinding bisa ditutupi dengan terpal atau plastik bening. 

3. Kebersihan Kandang

Kandang adalah tempat tinggal dan berkembang biak bagi ayam, sehingga kebersihan harus selalu terjaga. Sebelum diisi DOC, kandang harus dipastikan steril yaitu 3 hari sebelum DOC masuk, kandang harus disemprot dengan desinfektan kandang ayam. Penyemprotan menyeluruh ke semua bagian kandang termasuk dinding kandang. 

Setelah DOC masuk dan besar menjadi ayam, kandang juga harus tetap dijaga kebersihannya. Yaitu dengan memperhatikan keberadaan sekam, bila terlihat lembab bisa dibalik atau diganti dengan yang baru. Bila anda menggunakan kandang panggung untuk pembesaran, ayam yang sudah berusia diatas 3 minggu sudah tidak perlu menggunakan sekam. Kebersihan tempat pakan dan minum juga harus diperhatikan, karena di peralatan tersebut bakteri dan kuman dapat tumbuh.

Kebersihan kandang adalah faktor yang harus diperhatikan karena apabila kandang kotor bisa memunculkan bibit penyakit.
Kebersihan kandang adalah faktor yang harus diperhatikan karena apabila kandang kotor bisa memunculkan bibit penyakit.

4. Pakan Ayam KUB

Faktor utama pendukung keberhasilan ternak ayam KUB ini adalah pakan. Pakan berfungsi sebagai sumber energi bagi ayam untuk beraktivitas dan pendukung perkembangan daging, tulang, telur, dan juga bulu. Ayam KUB adalah ayam dwifungsi, yaitu bisa Anda jadikan sebagai penghasil daging dan juga penghasil telur. Maka untuk kebutuhan pakan ayam k u b dan pemberian pakan nya juga ada perbedaan. 

Baca juga : Ayam Kampung Joper dan Ayam KUB, Pilih yang Mana?

1. Pakan Ayam KUB Pedaging

a. Pakan Fase Starter (0 hari – 3 minggu)

Pada saat fase starter, atau pada saat bulan pertama pemeliharaan, maka pakan yang diberikan adalah pakan pabrikan atau konsentrat. Saat fase starter, pakan yang diberikan adalah pakan dengan kualitas baik, terutama untuk yang jenis kelamin betina. Pakan untuk ayam KUB usia 0 – 3 minggu adalah konsentrat ayam pedaging komersial yang diperuntukkan bagi anak ayam usia 0-21 hari.

b. Pakan Fase Grower (21 hari – panen)

Setelah melewati usia 3 minggu, maka pakan yang diberikan berbeda. Komposisinya adalah dengan konsentrat ayam pedaging, dedak padi, jagung kuning pipil, top mix. Konsentrat yang digunakan adalah konsentrat ayam pedaging untuk usia 21 hari sampai panen. Dalam 1 kg ransum pakan, salah satu contoh komposisi pakan ayam kub adalah 610gr konsentrat, 270gr dedak, 110gr jagung kuning, dan 10gr top mix. 

Penggunaan top mix bisa untuk melengkapi ransum pakan ayam KUB. | biggo.biz.id
Penggunaan top mix bisa untuk melengkapi ransum pakan ayam KUB. | biggo.biz.id

2. Pakan Ayam KUB Petelur

a. Pakan Fase Starter (0 hari – 3 minggu)

Pada saat fase starter, kebutuhan ayam kub petelur masih sama dengan ayam kub pedaging. Jadi untuk pemberian pakannya bisa diberikan pakan konsentrat komersial untuk ayam pedaging.

b. Pakan Fase Grower (3 minggu – 20 minggu)

Pada fase grower ini, pemberian pakan mulai berganti dari konsentrat ayam pedaging menjadi konsentrat ayam petelur. Anda bisa menggunakan konsentrat ayam petelur komersial sesuai untuk usia grower. 

c. Pakan Fase Finisher (mulai usia 20 minggu)

Pemberian pakan ayam KUB pada saat memasuki masa bertelur adalah dengan full konsentrat ayam petelur komersial atau dengan ransum pakan. Ransum pakan yang bisa diberikan adalah dengan komposisi pakan konsentrat ayam petelur, dedak padi, tepung ikan, dan mineral wonder. Contoh perhitungan pakan ayam KUB fase bertelur adalah 2,5 : 1 : 0,1 : 0,03 untuk sekali pemberian pakan dan disesuaikan dengan kebutuhan jumlah konsumsi pakan.

Pemberian ransum pakan yang sesuai dapat membantu pencapaian bobot ayam yang sesuai target.
Pemberian ransum pakan yang sesuai dapat membantu pencapaian bobot ayam yang sesuai target.

5. Program Vaksinasi Ayam KUB

Pemberian vaksin bertujuan untuk meminimalisir terjadinya serangan penyakit secara massal yang disebabkan oleh virus. Dalam siklus pemeliharaan ayam k u b sebagai ayam pedaging, setidaknya program vaksinasi nya adalah sebagai berikut :

Usia AyamJenis VaksinAplikasi
1 HariND-IBTetes Mata
4 HariND-Ai KilledSuntuk Subkutan
12 HariGumboro A (Live)Dicampur Air Minum
21 HariND La SotaDicampur Air Minum
35 HariND La SotaDicampur Air Minum
Salah satu vaksin yang diberikan untuk ayam KUB adalah vaksin Gumboro A. | PT Medion
Salah satu vaksin yang diberikan untuk ayam KUB adalah vaksin Gumboro A. | PT Medion

Pemilihan Bibit Unggul

Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk mencapai kesuksesan panen adalah dengan pemilihan bibit yang berkualitas baik. Bibit yang baik dan unggul akan bertumbuh kembang dengan baik pula dan didukung oleh pemberian pakan serta manajemen pemeliharaan yang sesuai. Untuk mendapatkan bibit unggul ayam KUB, Anda kini tidak perlu khawatir, karena kami hobiternak.com menyediakan bibit ayam KUB. 

Bibit ayam KUB yang kami sediakan berasal dari indukan yang terseleksi dan pemeliharaan yang terjaga serta DOC yang sudah melewati tahap seleksi juga sebelum dipasarkan. Yuk, menambah pundi penghasilan dengan ternak ayam KUB! Jika Anda membutuhkan bibit ayam KUB, segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812-2028-8686

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : cara buat pakan ayam kub, kandang ayam kub, komposisi pakan ayam kub, perhitungan pakan ayam kub, ukuran kandang ayam kub 100 ekor, kebutuhan pakan ayam kub, ciri ayam kub, kebutuhan pakan ayam kub petelur

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP