2 Model Kandang Ayam KUB Pedaging

Kandang menjadi salah satu faktor terpenting dalam dunia peternakan. Dengan adanya kandang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi hewan yang diternakan, terutama pada ternak ayam pedaging.

Selama ini banyak peternak yang sudah mulai beralih menggunakan kandang sistem intensif. Tetapi tidak sedikit pula peternak yang dipelihara dengan cara diumbar begitu saja.

Dalam pemeliharaannya peternak dapat membuat kandang ayam brahma dengan berbagai design. Tetapi perlu diingat bahwa pembuatan kandang harus memiliki ukuran yang luas | image 1
Dalam pemeliharaannya peternak dapat membuat kandang ayam brahma dengan berbagai design. Tetapi perlu diingat bahwa pembuatan kandang harus memiliki ukuran yang luas | image 1

Padahal jika diamati pemeliharaan dengan sistem intensif pun dapat meningkatkan produktivitas pertumbuhan daging menjadi lebih maksimal.

Fungsi dan Kelebihan Kandang Ayam KUB Pedaging

Adapun fungsi dan kelebihan kandang bagi pemeliharaan ayam kub pedaging secara intensif adalah sebagai berikut ini :

  1. Kandang berfungsi untuk membatasi gerak ayam sehingga energi yang dihasilkan tidak terbuang sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan ayam tersebut.
  2. Menghindari ternak ayam kub dari serangan predator pemangsa terutama saat ayam masih berusia bibit.
  3. Dapat melindungi ternak ayam kub pedaging dari sengatan panas matahari, terpaan angin kencang dan air hujan.
  4. Memiliki fungsi sebagai tempat ayam dalam beraktivitas dari usia DOC/ Bibit baru saja menetas hingga masa panen tiba

Baca juga : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Ternak Ayam KUB

Salah satu contoh model kandang ayam kub pedaging maupun petelur yang dapat peternak terapkan | image 2
Salah satu contoh model kandang ayam kub pedaging maupun petelur yang dapat peternak terapkan | image 2

Model Kandang Ayam KUB Pedaging

Model kandang ayam KUB pedaging yang dapat digunakan peternak untuk beternak ayam kub pada umumnya berupa kandang koloni. Kandang koloni tersebut terbagi menjadi kandang postal yang memiliki lantai berlapis tanah/ beton kemudian dialasi oleh sekam.

Selain itu peternak pun juga dapat menggunakan kandang panggung. Kedua kandang ini dapat digunakan untuk pemeliharaan ternak ayam kub mulai dari DOC/ Bibit sampai dengan masa panen.

1. Kandang Koloni (Kandang Postal & Panggung)

a. Kandang Koloni

Kandang koloni pada umumnya memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar 5 – 7 m. Untuk panjang kandang dapat juga menyesuaikan dengan ukuran lahan, biasanya 12 – 20 m.

Jika peternak menginginkan ukuran yang lebih kecil, peternak dapat membuat ukuran lebar 1 – 5 m dengan panjang 5 – 10 m menyesuaikan dengan populasi ayam yang diternakan.

Ini adalah salah satu contoh kandang sistem intensif atau disebut sebagai kandang koloni yang sudah banyak di terapkan oleh peternak ayam kub | image 3
Ini adalah salah satu contoh kandang sistem intensif atau disebut sebagai kandang koloni yang sudah banyak di terapkan oleh peternak ayam kub | image 3

Untuk tinggi dinding samping kandang minimal dibuat dengan ukuran 3 meter. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar dan suhu kandang tidak terlalu panas. Pada bagian dinding kandang biasanya terbuat dari bilah-bilah bambu dan kawat.

Lantai kandang postal pun dapat berupa tanah yang dipadatkan atau bisa juga berupa semen. Biasanya peternak banyak menggunakan lantai semen, karena lantai akan mudah diberishkan setelah panen.

b. Kandang Panggung

Untuk ukuran panjang, tinggi maupun lebar bisa dibuat sama seperti ukuran kandang koloni seperti diatas. Yang menjadi perbedaan dengan kandang koloni diatas yakni pada bagian lantai kandang.

Lantai pada kandang panggung terbuat dari bilah-bilah bambu yang disusun rata dengan jarak antar bilah sekitar 1 ruas jari telunjuk orang dewasa. Tujuan pembuatan lantai dengan bilah-bilah bambu ini agar kotoran ayam dapat langsung turun ke kolong kandang.

Jenis kandang panggung biasnaya banyak diterapkan pada daerah - daerah yang tergenang air, atau memiliki kontur tanah yang tidak rata.  | image 4
Jenis kandang panggung biasnaya banyak diterapkan pada daerah – daerah yang tergenang air, atau memiliki kontur tanah yang tidak rata. | image 4

Pada bagian atap kandang, baik kandang koloni maupun panggung sebaiknya menggunakan atap berupa genteng maupun asbes. Karena kedua bahan tersebut cenderung tidak meneruskan panas ke dalam kandang. Sehingga suhu di dalam kandang tidak terlalu panas dan akan membuat ternak ayam tetap aman.

Tinggi kaki kandang panggung idealnya yakni 150 – 160 cm ini bertujuan agar bau amonia yang dihasilkan hewan ternak yang menumpuk di kandang tidak langsung terhirup oleh ayam.

Tujuan lainnya yakni memudahkan pegawai dalam melakukan proses pembersihan kotoran setelah masa panen tiba.

Baca juga : Kandang Ayam KUB dari Masa Starter sampai Finisher

2. Kandang Brooding / Kandang Pemanas

Kandang brooding atau kerap disebut sebagai kandang pemanas biasanya digunakan peternak untuk merawat DOC Ayam usia baru saja menetas sampai 3 minggu. Bahkan ada juga yang menggunakan kandang pemanas ini hingga masa panen tiba.

Ukuran kandang pemanas ini biasanya menggunakan 1 m x 1 m x 0,5 m dengan tinggi 0,5 m. Setelah DOC Ayam berusia 3 minggu atau 21 hari peternak sudah dapat memindahkan ayam tersebut ke kandang yang lebih besar.

Ayam yang masih berusia anakan (DOC) masih perlu membutuhkan pemanas di dalam kandang agar ayam tetap merasa hangat seperti sedang dierami induknya | image 5
Ayam yang masih berusia anakan (DOC) masih perlu membutuhkan pemanas di dalam kandang agar ayam tetap merasa hangat seperti sedang dierami induknya | image 5

Kandang lanjutan dari kandang brooding atau pemanas ini biasanya peternak menggunakan kandang koloni dan kandang panggung. Penggunaan kandang pembesaran koloni atau panggung ini biasanya menyesuaikan dengan kondisi lingkungan peternak.

Dalam menggunakan kandang brooding perlengkapan seperti bohlam sebagai alat penghangat DOC Ayam perlu menjadi perhatian khusus bagi peternak. Dalam kandang brooding biasanya dibutuhkan 4 bohlam lampu dengan masing-masing daya 25 watt untuk kapasitas 100 ekor.

Perbedaan Model Kandang Ayam KUB Pedaging dengan Kandang Ayam KUB Petelur

Jenis kandang ayam kub pedaging dengan kandang ayam kub petelur tentu memiliki perbedaan. Perbedaanya terletak pada masa pemeliharaan ketika sudah memasuki masa indukan.

Pada ternak ayam kub pedaging memiliki masa panen di usia 70 – 75 hari. Sedangkan pada ternak ayam kub petelur memiliki masa panen atau pemeliharaan hingga usia 22 – 24 bulan.

Kandang indukan ayam kub petelur biasanya peternak menggunakan tipe kandang baterai ayam petelur. Kandang baterai ayam petelur ini biasanya terdiri dari beberapa pintu dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung kapasitas ayam tiap kotaknya.

Baca juga : Jenis-jenis Kandang Ayam KUB Pedaging & Petelur

Ini adalah contoh model kandang ayam kub yang dikhususkan untuk ayam petelur | image 6
Ini adalah contoh model kandang ayam kub yang dikhususkan untuk ayam petelur | image 6

Kami dari hobiternak.com pun juga menyediakan kandang baterai ayam petelur dengan kapasitas pintu 4 dan 6. Harganya pun berbagam mulai dari Rp. 150.000 – Rp. 200.000/ set.

Bagi Anda yang ingin ternak ayam kub pedaging maupun petelur dalam jumlah sedikit model kandang ang digunakannya pun dapat menggunakan model kandang ayam di lahan sempit.

Selain itu analisa usaha ayam kub 100 ekor juga bisa Anda pelajari terlebih dahulu agar saat praktek dalam pemeliharaanya dapat mencapai target yang diinginkan.

Bagaimana setelah mengetahui penjelasan kami berikut, Anda pasti akan semakin tertarik bukan untuk budidaya ayam kub, sebagai bisnis ternak ayam bukan.

Bagi Anda yang menginkan DOC Ayam KUB Pedaging & Petelur bisa order di hobiternak.com hubungi layanan pelanggan kami berikut ini 0812 2028 8686 | image 7
Bagi Anda yang menginkan DOC Ayam KUB Pedaging & Petelur bisa order di hobiternak.com hubungi layanan pelanggan kami berikut ini 0812 2028 8686 | image 7

Apabila Anda tertarik untuk ternak ayam KUB, kami dari hobiternak.com menyediakan DOC Ayam KUB usia baru saja menetas dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia.

Silahkan hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

0812-2028-8686
0895-6124-93491
0819-3140-9353

kata terkait : kandang ayam kub petelur, kandang indukan ayam kub, ukuran kandang indukan ayam kub, analisa usaha ayam kub 100 ekor, ayam kub persilangan dari, ternak ayam kub 100 ekor, bobot ayam kub per minggu, model kandang ayam di lahan sempit

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 1: divisare.com
  • image 2: facebook.com
  • image 3: Owned by the author
  • image 2: blog.damarkita.com
  • image 5: Owned by the author
  • image 6: Owned by the author
  • image 7: hobiternak.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA