8 Alasan Kenapa Anda Harus Ternak Ayam KUB

8 Alasan Kenapa Anda Harus Ternak Ayam KUB | thumbnail
8 Alasan Kenapa Anda Harus Ternak Ayam KUB | thumbnail

Apakah Anda mengetahui jenis ayam KUB? Ya, KUB adalah jenis ayam kampung hasil seleksi genetik yang memiliki banyak keunggulan. KUB atau Kampung Unggul Balitbangtan termasuk dalam jenis ayam produksi yang beberapa tahun terakhir ini populer dan banyak diternak oleh masyarakat di Indonesia. Ciri ayam KUB yaitu berwarna abu-abu, hitam, putih atau cokelat. KUB memiliki bulu tebal dibandingkan dengan ayam kampung atau bangkok. Ayam KUB bisa dimanfaatkan dagingnya maupun telurnya. Memiliki banyak kelebihan membuat para peternak ayam di Indonesia berlomba-lomba untuk mencoba ternak ayam KUB ini. 

Usaha ternak ayam menjadi salah satu usaha yang saat ini cukup banyak ditekuni. Baik itu masyarakat menengah ke bawah sampai ke atas. Biasanya masyarakat tersebut beternak ayam karena memang membutuhkan pendapatan yang lebih tinggi dan ada juga yang hanya ingin mengisi waktu luang saja atau sebagai kegiatan saat masa pensiun tiba. 

Saat ini banyak jenis ayam kampung yang bisa Anda ternakan dan dikembangbiakan. Lalu apa yang membuat ayam KUB ini banyak memikat para peternak. Dan mengapa peternak harus mencoba ternak ayam KUB????

Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) | Image 1
Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) | Image 1

Simaklah informasi dibawah ini…

Memiliki banyak kelebihan dan keunggulan, KUB banyak diincar oleh para peternak dan pengepul ayam kampung. Berikut kelebihan atau keunggulan ayam KUB dibandingkan dengan ayam kampung biasa :

1. Pertumbuhan cepat

KUB memiliki pertumbuhan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Pada usia 10 minggu bobot yang dihasilkan ayam KUB sekitar 1 kg. Hal ini tentu berbeda dengan ayam kampung asli yang pada usia 12 minggu baru bisa menghasilkan bobot 1 kg.

2. Tahan terhadap serangan virus

Mengandung gen penanda ketahanan terhadap flu burung, membuat ayam KUB jauh lebih tahan terhadap serangan virus AI (Avian Influenza).

3. Konversi pakan rendah

Ayam KUB memiliki konversi pakan rendah, yakni 3,8 kg pakan per kg telur. Rendahnya konversi pakan yang dibutuhkan, tentu membuat peternak senang. Pasalnya biaya pakan yang dikeluarkan tidak akan terlalu banyak. Sudah diketahui bahwa biaya pakan yaitu 80% dari biaya produksi yang harus dikeluarkan.

4. Produktivitas telur tinggi

Ayam KUB termasuk jenis ayam dwiguna. Ia bisa menghasilkan telur yang banyak dan juga penghasil daging yang bagus. Dalam satu tahun rata-rata KUB dapat memproduksi telur sekitar 180 butir. Jumlah ini tentu sangat banyak, karena jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa pertahun 146 butir, maka selisihnya cukup banyak.

DOC KUB yang baru saja masuk ke dalam kandang brooding | Image 2
DOC KUB yang baru saja masuk ke dalam kandang brooding | Image 2

5. Memiliki sifat mengeram yang rendah

KUB memiliki sifat mengeram yang lebih rendah daripada ayam kampung biasa.

6. Waktu bertelur

Ayam KUB dapat bertelur pada usia 20-22 minggu. Waktu ini tentu cukup singkat karena ayam kampung biasa bertelur pasa usia 20-24 minggu.

7. Tingkat kematian rendah

Saat beternak, kematian pada ayam menjadi momok yang menakutkan bagi peternak. Kematian itu memang wajar terjadi saat beternak. Dengan catatan kematian yang tidak berlebihan. Untuk KUB sendiri, tingkat kematiannya sangat rendah. Pada usia dibawah 6 minggu tingkat kematian ayam KUB dibawah 5%. Tentu sangat jauh dari ayam kampung biasa yang memiliki tingkat kematian sekitar 27%.

8. Harga jual tinggi

Ayam KUB termasuk dalam jenis ayam pedaging yang memiliki harga jual tinggi. Daging KUB dijual dipasaran lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam broiler.

Ayam KUB termasuk dalam jenis ayam unggul yang dimiliki oleh Indonesia. Prospek dan pangsa pasarnyag juga sangat bagus. KUB bisa diternak dan dimanfaatkan untuk diambil dagingnya maupun telurnya. Dengan demikian, tentu beternak ayam KUB bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Banyak dari peternak yang saat ini berminat untuk beternak ayam KUB. 

Baca juga : 

Pertumbuhan ayam KUB lebih cepat daripada ayam kampung biasa | Image 3
Pertumbuhan ayam KUB lebih cepat daripada ayam kampung biasa | Image 3

Langkah-langkah beternak KUB

1. Menentukan jumlah ayam yang akan di ternak

Sebelum beternak KUB, tentu Anda perlu memikirkan berapa jumlah ayam KUB yang akan Anda ternakan. Bagi pemula bisa mencoba dengan kapasitas 100 ekor, nanti jika sudah mengetahui trik jitu sukses ternak KUB, kapasitasnya bisa ditambah misal 500 ekor atau 1000 ekor. Analisa usaha ayam KUB 100 ekor atau 500 ekor dapat membantu Anda mengetahui berapa biaya yang dan peralatan yang harus dikeluarkan. 

2. Membuat kandang

Setelah menentukan berapa jumlah KUB yang akan diternak, Anda bisa memulai membuat kandang. Usahakan kandang yang dibuat sesuai dengan prosedur kandang ayam KUB yang baik. Seperti bangunan yang kokoh, jauh dari pemukiman, ventilasi yang cukup, dekat dengan sumber air dan lain sebagainya.

3. Membeli DOC KUB

Supaya ternak ayam Anda berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala dari DOC nya, maka Anda perlu membeli DOC ayam yang berkualitas. DOC KUB bisa Anda dapatkan di hobiternak.com . Hobiternak.com bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia menggunakan kargo hewan terpercaya.

KUB yang siap untuk dipanen | Image 4
KUB yang siap untuk dipanen | Image 4

4. Proses perawatan ayam KUB

Proses ini salah satu hal yang sangat penting dan harus dilakukan secara hati-hati. Peternak harus ekstra dalam merawat ayam KUB, baik itu dalam hal pakan, vaksin, vitamin, obat, air minum dan biosecurity kandang.

5. Masa panen

Waktu ini yang paling ditunggu oleh para peternak yaitu masa panen. Masa panen ayam KUB jika akan diambil dagingnya yaitu pada usia 70 hari, sedangkan bila diternakan untuk dijual telurnya maka pada usia 4,5 bulanan. Daging maupun telurnya dapat di pasarkan ke pengepul yang telah Anda miliki atau di warung ataupun toko-toko.

Baca juga :

Bagaimana Anda tertarik untuk ternak ayam KUB? 

Silahkan bisa order sekarang juga, hobiternak.com jual ayam KUB dan siap mengirimkan ke seluruh Indonesia. Pengiriman aman dan bergaransi. Untuk pemesanan silahakan hubungi contact person dibawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : 
analisa usaha ayam kub 100 ekor, ciri ayam kub, jual ayam kub, kandang ayam kub, peternak ayam di Indonesia, KUB, doc ayam, ternak ayam, ayam kampung, ayam KUB, DOC KUB

Image Sources :

  • thumbnail: Owned by the author
  • image 6: rilis.id
  • Image 2: Owned by the author
  • Image 3: Owned by the author
  • image 7: pertanianku.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Mau pesan atau tanya dulu? WA kami sekarang