Mengenal Jenis-jenis Angsa yang Terdapat di Indonesia – Dalam beternak angsa kita juga perlu menggunakan manajemen usaha yang baik agar mencapai hasil yang maksimal. Terdapat banyak sekali jenis-jenis unggas yang dapat kita pelihara mulai dari ternak bebek, itik, ayam, angsa dan berbagai jenis unggas yang masing-masing jenis unggas tersebut memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri serta harga jual yang berbeda. Adapun beberapa jenis unggas yang sering dijadikan pilihan untuk diternakkan yang bisa dimanfaatkan mulai dari daging, telurnya, bulunya bahkan kotorannya yang bisa dimanfaatkan sebagai kompos yaitu jenis angsa. Angsa merupakan jenis unggas yang memiliki postur tubuh yang besar serta memiliki kemampuan terbang.

Terdapat berberapa jenis angsa di wilayah Indonesia yang dapat dibedakan menurut warna bulunya, diantaranya :

  • Black Swan

    Sesuai dengan namanya, jenis black swan atau yang biasa disebut angsa hitam dengan bulunya yang dominan berwarna hitam kecuali pada bagian sayapnya yang terdapat campuran berwarna putih. Untuk bobot angsa dewasa yang bisa mencapai 7-8 kg dengan tinggi sekitar 110-145 cm serta paruhnya yang berwarna merah tua, dan lehernya yang memanjang melingkar yang berbentuk seperti huruf “S”. Angsa merupakan jenis burung air yang termasuk dalam jenis angsa. Angsa hitam merupakan jenis angsa yang berasal dari daratan australia. Sebagai salah satu jenis angsa hias yang dapat mudah beradaptasi dalam suhu apapun, jenis angsa black swan sangatlah cocok dikembangbiakkan yang mampu beradaptasi dalam suhu tropis serta memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat bila dibandingkan dengan jenis ayam hias lainnya.

  • Angsa Putih

    Angsa putih merupakan jenis angsa yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Sesuai dengan namanya mungkin kita sudah tau apa itu angsa putih. Ya, merupakan jenis angsa yang memiliki bulu dominan berwarna putih. Mulut angsa memiliki murut kerucup yang berwarna kekuningan, kemerahan dan ada pula yang berwarna kecokelatan, biasanya memiliki leher panjang mencapai 30-40 cm bahkan lebih. Untuk jenis angsa jantan juga memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan betinanya.

    Berikut merupakan klasifikasi angsa putih 
    Kingdom : Plantae
    Kelas : Aves
    Genus : Cygnus
    Ordo : Anseriformes
    Spesies :Cygnus Olor
    Filum : Chordata

Sebagai tambahan informasi saja, ada berbagai jenis angsa yang dapat kita pelihara. Tetapi, umumnya banyak masyarakat pedesaan yang memelihara jenis angsa putih selain cukup mudah untuk diternakkan dan ditemukan harganya juga relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis angsa lainnya.

Berikut merupakan beberapa Jenis-jenis angsa peliharaan yang terdapat di  belahan bumi :

  • Angsa Putih
  • Black Swan ( Angsa Hitam)
  • Angsa Leher Hitam
  • Jenis Angsa Peteriak
  • Angsa Terompet
  • Angsa Tundra

Seperti yang kita tahu, banyak masyarakat yang memelihara angsa ini baik sebagai hiasan  maupun digunakan untuk bisnis. Angsa adalah hewan yang galak, apalagi ketika memiliki anak maka galaknya akan bertambah dua kali lipat. Sehingga banyak angsa atau soang yang hanya diternakkan untuk di manfaatkan sebagai “penjaga” rumah. Jenis angsa atau soang ini dinamai dengan julukan jenis angsa penjaga.

Berikut merupakan ciri-ciri angsa yang dapat dibedakan dengan berbagai jenis unggas lainnya :

  1. Ukuran tubuh angsa cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis unggas pada umumnya
  2. Memiliki leher yang cukup panjang
  3. Berkembangbiak dengan cara bertelur
  4. Bulunya berwarna putih, cokelat, hitam maupun campuran
  5. Paruhnya besar dan berwarna kuning ada pula yang berwarna hitam
  6. Memiliki kaki yang besar serta telurnya memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis  unggas lainnya.

Mungkin untuk saat ini jumlah angsa yang dibudidayakan semakin berkurang dengan diimbanginya berbagai jenis keberadaan ayam hias maupun bebek yang sudah berkembang di pasaran Indonesia. Padahal tanpa makanan khusus angsa akan mudah tumbuh dan cepat besar dibandingkan dengan jenis unggas lainnya. Berikut merupakan upaya yang dapat kita lakukan dalam beternak angsa.

Pemberian pakan angsa

Makanan angsa yang dapat kita berikan cukup murah dan mudah kita temukan. Baik itu pakan yang harus kita beli maupun pakan yang terdapat dilingkungan kita seperti konsentrat, dedak, bekatul. Sesekali juga bisa diberikan pakan yang dicampurkan dengan irisan sayuran seperti sawi, kol, kangkung bayam atau bisa juga diberikan daun pepaya segar. Untuk anakan angsa akan lebih baik jika diberikan pakan voer dengan kandungan proteinnya yang tinggi yang dapat membantu pertumbuhan bagi anakan angsa tersebut.

Kandang angsa

Angsa merupakan jenis unggas yang biasa kita umbarkan dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah. Biasanya kandang angsa memerlukan ukuran yang cukup luas karena memang angsa lebih suka diumbarkan dibandingkan dengan dikandangkan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bisa dibuatkan pagar-pagar di sekeliling kandang yang terbuat dari bambu misalnya, atau bisa juga menggunakan kawat strimin. Untuk ukuran kandang sendiri tergantung  dari berapa ekor angsa yang akan dipelihara atau sesuai dengan jumlah angsa.

Dalam kandang angsa sebaiknya diberikan atap agar ketika hujan maupun panas angsa tidak kehujanan dan kepanasan. Jangan lupa berikan tempat makan atau wadah seperti baskom maupun panci yang ditempatkan di tenpat terbuka. Serta untuk air minumnya sebaiknya diletakkan diluar kandang yang sangat berfungsi agar kandang tetap dalam keadaan kering.

Pentingnya dalam menjaga kebersihan kandang baik dari sisa pakan angsa maupun kotoran yang selalu rutin dibersihkan. Tempat pakan dan minum angsa juga selalu dibersihakan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi anda yang berminat dan tertarik untuk membudidayakan angsa, bisa anda pesan di tempat kami kapan saja. Kami menjediakan angsa putih maupun hitam (black swan) berkualitas siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Kami tidak hanya melayani akan permintaan jenis unggas saja, tetapi kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :

Jenis-jenis angsa peliharaan , jenis angsa penjaga, jenis angsa hias, klasifikasi angsa putih, angsa terompet, makanan angsa

Viky Ristiyarti 


2 Comments

Harga Anak Angsa Hitam Serta Pembudidayaan Angsa Hitam yang Mudah · October 25, 2018 at 7:32 am

[…] Mengenal Jenis-jenis Angsa yang Terdapat di Indonesia […]

Memelihara Angsa : Tips Memilih Makanan Angsa Biar Cepat Besar · October 13, 2018 at 1:39 am

[…] yang ada didunia yang dapat dibedakan melalui warna kakinya,bulunya serta paruhnya. Keunikan pada jenis-jenis angsa Angsa ini terletak pada suaranya yang  biasanya mengeluarkan suara yang nyaring ketika orang asing […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: