Bagaimana Cara Ternak Bebek Tanpa Bau ?

Beternak bebek memang menjadi suatu pilihan bagi sebagian besar masyarakat pedesaan. Kegiatan ini jika dilakukan secara sungguh-sungguh, maka keuntungan yang dihasilkan juga tidak dapat diremehkan tentunya. Teknik pembudidayaan nya pun beragam.

Karena aktivitas ini dipengaruhi oleh perkembangan waktu ke waktu. Berawal dari ilmu yang didapatkan yang semakin bertambah sehingga perlahan mulai diterapkan. Dan sebaliknya yang awalnya dilakukan secara sederhana hingga menjadi peternakan modern dengan segala keunggulan yang ada.

Bebek menjadi satu unggas yang saat ini banyak diternakkan oleh masyarakat di Indonesia | image 1
Bebek menjadi satu unggas yang saat ini banyak diternakkan oleh masyarakat di Indonesia | image 1

Dalam dunia peternakan tak terkecuali pada peternakan bebek, tercium bau yang terdapat pada area kandang memang sudah umum terjadi. Kondisi bau ini meskipun wajar, apabila sangat menyengat tentu akan mengganggu aktivitas.

Bau yang ada dalam area tersebut tidak hanya mempengaruhi kegiatan peternak melainkan, kondisi ternak hingga masyarakat sekitar jika letak kandang tidak terlalu jauh dari pemukiman. Bahaya bau kotoran bebek juga tidak bisa kita anggap sepele pasalnya, ini sangat berkaitan dengan produktivitas ternak bebek yang dibudidayakan.

Mengapa Kondisi Peternakan Bebek dapat Mengalami Bau ?

Kondisi pada peternakan bebek yang mengalami bau dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yakni jenis pakan yang semakin beragam. Sebagian besar pakan bebek mengandung protein sekitar 15 % – 30 %, hal ini yang menjadi satu penyebab dari bau yang dihasilkan dalam ternak bebek.

Penyebab kandang bebek bau ternyata disebabkan oleh beberapa faktor | image 2
Penyebab kandang bebek bau ternyata disebabkan oleh beberapa faktor | image 2

Disamping itu faktor lainnya yakni, seperti kotoran dan limbah kandang. Keadaan tersebut akan semakin memburuk bila musim penghujan tiba dan mendorong bau tersebut akan lebih menyengat, terlebih limbah kandang juga memiliki peran yang sangat besar untuk menghasilkan bau dalam ternak bebek tersebut.

Menurut Nobertus Kaleka sebagai penulis buku “Beternak Itik Tanpa Bau dan Tanpa Angon”, dalam setahun pada peternakan bebek dengan kapasitas sejumlah 300-500 ekor menghasilkan kotoran 1,5 ton dalam empat bulan atau 4,5 ton dalam setahun.

Baca juga : Bebek Hibrida adalah Jenis Bebek Pedaging Unggul

Kotoran Bebek yang menumpuk dan tidak segera diberisihkan dapat menjadi sumber penyakit bagi bebek | image 3
Kotoran Bebek yang menumpuk dan tidak segera dibersihkan dapat menjadi sumber penyakit bagi bebek | image 3

Inilah mengapa faktor tunggal tidak bisa menjadi acuan karena berbagai hal saling berkaitan. Sementara itu, peternak harus memiliki upaya untuk menciptakan kondisi ternak bebek tanpa bau salah satunya dengan cara menjaga kebersihan kandang bebek.

Bagaimana Cara Beternak Bebek Agar Tidak Bau?

Mempelajari penyebab – penyebab yang membuat peternakan bebek menjadi bau ini, merupakan langkah awal untuk kita dapat memulai tindakan yang bertujuan untuk mengatasinya. Perlahan, apabila kondisi ini akan berkurang tentu akan meningkatkan keuntungan bagi peternak itu sendiri.

Agar dapat menghasilkan ternak bebek tanpa bau maka kita perlu mengetahui cara menghilangkan baunya. Cara menghilangkan bau kandang bebek  bisa dengan melakukan berbagai tindakan yang cukup tepat untuk kita lakukan. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Memperbaiki Jenis Pakan Bebek

Tidak bisa kita pungkiri bahwa, salah satu hal yang menyebabkan bau yaitu pakan. Dengan demikian cara yang dapat kita lakukan agar ternak bebek tanpa bau yaitu, dengan memperbaiki kondisi pakannya.

Pemberian pakan bebek yang tepat dan sesuai dapat mengurangi bau kotoran bebek yang menyengat | image 4
Pemberian pakan bebek yang tepat dan sesuai dapat mengurangi bau kotoran bebek yang menyengat | image 4

Kotoran yang basah pada bebek bisa dipengaruhi dari pakan bebek yang sudah mengandung jamur mikotoksin sehingga tidak dapat dicerna secara sempurna dan bisa menjadi encer. Itulah penyebab mengapa kandang bebek menjadi bau.

2. Pemberian Probiotik

Pemberian probiotik bebek bisa menjadi cara agar ternak bebek tanpa bau. Manfaat dari probiotik mampu memperbaiki fungsi saluran pencernaan supaya dapat bekerja secara maksimal. Dengan kinerja yang maksimal, maka akan mengurangi nutrisi yang terbuang sia-sia bersama kotoran yang nantinya akan berakibat bau yang menyengat.

Selain itu, probiotik bisa disemprot kan pada kotoran yang bertujuan untuk menyerap nutrisi pada kotoran yang dihasilkan.

3. Membuang Kotoran yang Menumpuk

Bau tidak sedap pada kandang apabila dibiarkan secara terus menerus akan mengganggu kelangsungan ternaknya. Kotoran menumpuk harus segera disingkirkan ke tempat penampungan limbah atau kotoran, namun ini bisa memunculkan masalah baru bila hanya dibuang saja.

Kotoran ayam dapat diolah menjadi pupuk yang bisa menyuburkan tanaman | image 5
Kotoran ayam dapat diolah menjadi pupuk yang bisa menyuburkan tanaman | image 5

Menggunakan pengurai limbah organik menjadi cara untuk mengurangi bau pada tempat pembuangan tersebut. pengurai ini bisa kita dapatkan di toko pertanian baik dalam bentuk serbuk,cair maupun padat. Cukup dengan mencampurkan pada tempat pembuangan, maka akan mengurangi bau kotoran tersebut.

Baca juga : Bebek Peking adalah Bebek Pedaging Cepat Panen

4. Posisi Kandang

Posisi kandang memiliki peran yang penting untuk menciptakan ternak bebek tanpa bau. Lalu bagaimana caranya ? membuat posisi kandang bebek yang benar yakni dengan menghadap ke arah barat atau timur supaya memperoleh sinar matahari yang cukup. Tidak hanya berguna untuk kesehatan bebek, namun juga dapat membuat kandang menjadi kering lebih cepat. 

5. Suplemen Ternak

Suplemen ternak memang lebih dikenal mampu meningkatkan berat badan bebek dan meningkatkan nafsu makan, namun siapa sangka agar ternak bebek tanpa bau memberikan suplemen menjadi cara yang ampuh untuk membuat kotoran menjadi tidak bau. 

6. Mengubur Kotoran

Sudah kita bahas sebelumnya bahwa untuk ternak bebek yang bau memang disebabkan oleh berbagai hal. Apabila kita ingin menghasilkan ternak bebek tanpa bau, mengubur kotoran juga menjadi cara yang tepat.

Untuk mengurangi bau kotoran bebek, peternak juga dapat langsung mengubur kotoran tersebut ke dalam tanah | image 6
Ternak bebek tanpa bau dapat slusikan dengan mengubur kotoran bebek tersebut ke dalam tanah | image 6

Cara melakukannya bisa dengan membuat lubang dalam tanah kemudian kumpulkan kotoran tersebut, lalu dibakar dan dikubur. Selain menjadi cara sederhana, juga tidak membutuhkan biaya. Lakukan satu minggu sekali atau satu bulan sekali bila dirasa kotoran yang ada di dalam kandang tidak terlalu banyak.

7. Menggunakan Perpaduan Kapur Halus dan Pasir Kering

Jenis kapur untuk kandang bebek dengan tujuan untuk menghilangkan bau kotoran bisa dengan menggunakan kapur halus. Kapur halus ini, dipadukan dengan  pasir kering sebagai upaya untuk menghilangkan bau pada kandang bebek. Langkahnya yaitu sebagai berikut :

Penggunaan kapur halus yang dicampur dengan pasir ternyata dapat menghilangkan bau kotoran bebek | image 7
Penggunaan kapur halus yang dicampur dengan pasir ternyata dapat menghilangkan bau kotoran bebek | image 7
  1. Siapkan kapur halus dan pasir kering secukupnya sesuai luas lubang yang akan dibuat dibawah kandang.
  2. Buat lubang dengan panjang dan lebar sesuai ukuran kandang dengan kedalaman sekitar 20 cm.
  3. Isi lubang dengan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1 hingga seluruh lubang terisi.
  4. Kotoran bebek akan jatuh dalam lubang tersebut sehingga tercampur dengan kedua bahan tersebut. Nantinya kotoran akan cepat kering sehingga dapat mengurangi yang menyengat.

    Penggantian bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali atau menyesuaikan dengan kondisi kotoran yang menumpuk. 

    8. Menggunakan Kunyit

    Sejak dahulu bahan-bahan alami seperti kunyit memang bermanfaat dalam peternakan ayam, entok hingga bebek. Kunyit sebagai penghilang bau kotoran ternak alami, tidak hanya untuk menghilangkan bau kotoran pada bebek namun juga sebagai cara menghilangkan bau kotoran entok.

    Penggunaan kunyit untuk menghilangan bau kotoran bebek dapat dicampurkan ke dalam pakan bebek, sebelum dicampurkan ke dalam pakan alangkah baiknya jika dihaluskan terlebih dahulu | image 8
    Penggunaan kunyit untuk menghilangan bau kotoran bebek dapat dicampurkan ke dalam pakan bebek, sebelum dicampurkan ke dalam pakan alangkah baiknya jika dihaluskan terlebih dahulu | image 8

    Dalam ternak bebek, Kunyit bisa dicampurkan dalam pakan dengan cara dihaluskan terlebih dahulu. Perbandingannya 1/ 4 kunyit halus untuk 1 kg pakan. Selain mengurangi bau kotoran, Kunyit juga menyehatkan. Sehingga ternak bebek tanpa bau dengan kondisi bebek yang sehat. 

    9. Menggunakan bahan – bahan alami

    Jenis jejamuan seperti kencur, jahe, bawang merah dan serai bisa menjadi bahan yang ampuh sebagai penghilang bau kandang dan em4 penghilang bau kotoran ternak. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan kedalam pakan.

    10. Pengaturan Populasi Bebek dalam Kandang

    Kepadatan dalam suatu kandang juga dipercaya menjadi suatu penyebab dalam menghasilkan bau dalam kandang, dengan demikian jumlah dalam populasi harus kita perhatikan. Secara sederhana per petak dapat kita atur dengan menampung 25- 30 ekor saja. 

    Usahakan agar peternak dapat mengatur jumlah kepadatan bebek, agar kotoran tidak mudah menumpuk dan bebek terhindari dari serangan penyakit | image 9
    Usahakan agar peternak dapat mengatur jumlah kepadatan bebek, agar kotoran tidak mudah menumpuk dan bebek terhindari dari serangan penyakit | image 9

    11. Mengatur Posisi Tempat Minum

    Kondisi kandang yang becek atau basah menjadi peluang untuk menimbulkan bau dalam kandang. Supaya ternak tanpa bau maka, perlu diperhatikan letak tempat minumnya.

    Posisi kan tempat minum dalam posisi yang agak tinggi dari lantai kandang agar air tidak digunakan untuk mainan atau mandi bebek yang mana bila tumpah, kandang akan menjadi basah dan bau. 

    Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam mengatasi bau pada peternakan bebek. Semoga bermanfaat.

    Bagi Anda yang berminat untuk mengembangbiakan ternak Bebek, kami dari hobiternak.com menyediakan bebek pedaging dan bebek petelur usia baru saja menetas. Pengiriman dapat kami jangkau via kargo hewan hingga keseluruh wilayah Indonesia dengan harga terjangkau dan aman.

    Pemesanan dan informasi lengkap lainnya dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

    Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK ternak bebek tanpa bau word2

    WHATSAPP
    TELPON
    SMS

    CS Admin Umum
    0812-2028-8686

    VERA
    Joper & Ayam Kampung Asli
    0895-6124-93491

    YAYUK
    Ayam Hias Ekslusif

    0812-2028-8686

    HASTI
    Ayam Hias & Merpati Hias

    0856-4772-3888

    KARIN
    Bebek Petelur & Pedaging

    0812-4648-2525

    MEILANI
    Broiler & Petelur

    0819-3140-9353

    YUNI
    Ayam Petelur & Ayam Arab

    0813-6330-7506

    Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

    Kata terkait : cara menghilangkan bau ternak bebek, penghilang bau kotoran ternak alami, penghilang bau kandang, em4 penghilang bau kotoran ternak, cara menghilangkan bau kandang bebek, bahaya bau kotoran bebek, probiotik bebek, ternak bebek tanpa bau

    *nra

    Pak Agus dan hobiternak.com

    Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

    Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

    Image Sources :

    • image 1: Pinterest.com
    • image 2: Owned by the author
    • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
    • image 3: agrozine.id
    • image 4: Pinterest.com
    • image 5: paper.id
    • image 6: kabartani.com
    • image 7: bobo.grid.id
    • image 8: qoala.app
    • image 9: hobiternak.com
    • cover: agrozine.id

    Tinggalkan Balasan

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA