Ternak Bebek Pedaging 45 Hari Panen

Ternak Bebek Pedaging 40 Hari Panen – Apabila Anda ingin memiliki usaha ternak bebek pedaging yang menguntungkan Anda harus tahu bagaimana cara pemeliharaan bebek yang baik dan benar.  Cara beternak bebek pedaging dan bebek petelur berbeda. Untuk bebek pedaging lebih difokuskan dalam penggemukan pada tubuhnya.

DOD BEBEK hibrida adalah salah satu bebek pedaging dengan masa panen sekitar 45 hari
DOD BEBEK hibrida adalah salah satu bebek pedaging dengan masa panen sekitar 45 hari

Berbicara mengenai bebek pedaging, cukup banyak jenis bebek pedaging di Indonesia yang cukup terkenal contohnya Bebek raja atau ratu, bebek serati, bebek tiktok, bebek manila, bebek magelang, bebek tegal, bebek alabio dan masih banyak lagi jenis bebek pedaging lainnya. 

Kami dari hobiternak.com menyediakan tiga jenis bebek, yakni ada bebek peking KW, bebek hibrida, dan betina mojosari 

Mengenal Bebek Peking dan Keunggulannya

Bebek Peking banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bebek penghasil daging. Daging yang dihasilkannya pun juga memiliki citarasa yang enak. Bebek ini merupakan persilangan antara indukan hibrida dan pejantannya peking KW. 

Keunggulan daru bebek peking ini yaitu memiliki pertumbuhan yang lebih cepat. Pertumbuhan bebek peking dari masa DOD hingga menunju masa panen membutuhkan waktu selama 40 – 45 hari panen. Dalam kurun waktu tersebut bebek peking ini dapat menghasilkan bobot 1,5 – 2 kg per ekornya.

Bebek Peking
DOD Peking usia anakan pada umumnya berwarna kuning dan ketika dewasa akan mengasilkan warna putih bersih

Selain itu bebek peking ini juga mempunyai daya tahan tubuh yang sangat baik, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Dengan banyaknya keunggulan bebek ini membuat pamor bebek peking semakin melejit. 

Mengenal Bebek Hibrida dan Keunggulannya 

Tidak jauh berbeda dengan bebek peking, bebek hibrida ini juga dijuluki sebagai bebek penghasil daging. Bebek Hibrida juga termasuk bebek persilangan dari betina mojosari dengan pejantannya bebek peking. Karena berasal dari keturunan bebek peking tingkat pertumbuhan bebek hibrida ini jauh lebih cepat dari pada bebek lokal. 

cara beternak bebek pedaging
Selain bebek peking, bebek hibrida juga merupakan bebek pedaging unggul dan prospektif untuk diternakkan.

Karena berasal dari indukan yang sama, maka pertumbuhan bebek hibrida berlangsung selama waktu 40 – 45 hari panen dengan bobot yang dihasilkan sekitar 1,1 – 1,5 kg per ekornya. Bebek Hibrida juga terkenal akan daya tahan tubun yang bagus. Pada lingkungan yang baru pun bebek ini mampu beradaptasi dengan baik. 

Baca juga : 

Tahapan Ternak Bebek Pedaging 45 hari Panen

1. Persiapan DOD

Tahap ternak bebek pedaging ada 2 aspek yang pertama menyiapkan kandang untuk DOD dan yang kedua yaitu pemilihan DOD yang unggul serta tepat. Pemilihan DOD yang tepat bisa mempengaruhi pembentukan daging yang dihasilkan oleh bebek tersebut.

Ciri-ciri DOD yang berkualitas : 
  • Bobot sekitar 40 gram
  • Tubuh tegap dan memiliki nafsu makan yang bagus
  • Bergerak aktif dan lincah 
  • Memiliki bulu yang bersih dan kering
  • Kakinya kokoh dan tidak pincang
  • Mata jernih sehat dan bersinar
  • Bebas dari penyakit
Pemilihan bibit bebek yang baik akan memberikan pengaruh baik pada pertumbuhan Bebek
Pemilihan bibit bebek yang baik akan memberikan pengaruh baik pada pertumbuhan Bebek

Setelah memilih DOD bebek yang berkualitas, Anda harus menyiapkan kandang dod bebek. Kandang dod bebek perlu di lengkapi dengan penghangat di setiap sudutnya. Tujuannya agar DOD tidak merasa kedinginan.

(Informasi : jika dod-dod mendekat ke lampu penghangat atau menggerombol maka DOD sedang merasa kedinginan, dan jika DOD bebek menjauh dari penghangat maka dod merasa kepanasan dan jika DOD menyebar dengan rata maka suhu di kandang sudah pas dan dod merasa nyaman.)

Apabila Anda memelihara sekitar 40 ekor DOD biasanya membutuhkan kandang yang berukuran 1 meter. Namun untuk ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor yaitu 4m x 4m. Untuk jenis bebek pedaging di tempat kami ada 2 yaitu hibrida dan peking KW. Meskipun ada dua jenis, antara kandang bebek peking dan bebek hibrida tetap sama.

2. Masa Anakan (Fase Starter)

Saat DOD mulai beranjak dewasa dengan bertumbuhnya bulu, sebaiknya bebek langsung dipindahkan ke kandang yang sedikit lebih besar. Agar bibit bebek ini tumbuh dengan besar dan memiliki daging yang banyak, dan kita harus memperhatikan masalah pakannya.

Pakan cochin
Pemberian pakan berupa jagung giling dapat meningkatkan pertumbuah bebek

Untuk pakan yang dapat meningkatkan pertumbuhan bebek yaitu seperti tepung cangkang, tepung jagung atau tepung ikan. Anda juga bisa menambahkan dengan berbagai jenis sayuran seperti daun pepaya, daun mengkudu dan berbagai jenis sayuran hijau yang memiliki sumber serat. Untuk inovasi agar bebek tidak merasa bosan bisa berikan voer atau aneka biji-bijian.

3. Masa Penggemukan (Fase Grower)

Masa penggemukan yaitu dimana bebek sudah berusia dewasa sekitar 5 minggu. Pada masa penggemukan Anda bisa pindahkan bebek ke kandang yang cukup besar. Kandang yang besar bisa membuat bebek tumbuh dengan leluasa tanpa mengurangi ruang gerak bebek. Kandang bisa dibuat dengan beralaskan tanah dengan dicampur kapur dan pasir agar tetap lembab. Untuk masa penggemukan, pakan bebek tetap sama seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Karena pada dasarnya pakan bebek pedaging tersebut dapat membuat berat tubuh bebek meningkat.

Kandang Postal untuk ternak Bebek Pedaging jenis Hibrida
Kandang Postal untuk ternak Bebek Pedaging jenis Hibrida dan Peking

Tahapan-tahapan tersebut adalah cara agar bisa menghasilkan berat badan yang lumayan cepat. Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek pedaging, Anda harus analisa budidaya bebek pedaging terlebih dahulu agar usaha Anda bisa berjalan dengan lancar.

Untuk pemula sebaiknya Anda membaca atau mempelajari cara beternak bebek pedaging untuk pemula terlebih dahulu agar peternakan Anda bisa berjalan dengan baik dan benar.

Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek pedaging kami dari hobiternak.com menjual jenis bebek Hibirda dan Peking KW. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau kargo hewan.
Silahkan hubungi tim layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor, cara beternak bebek pedaging untuk pemula, kandang bebek peking, analisa budidaya bebek pedaging

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: