Mengenal Berbagai Bahan Pakan Bebek Alternatif Yang Banyak Terdapat Di Sekeliling Kita

pakan ayam kampung super

Mengenal Berbagai Bahan Pakan Bebek Alternatif Yang Banyak Terdapat Di Sekeliling Kita

Dalam memelihara bebek pedaging atau bebek petelur, dibutuhkan berbagai jenis pakan untuk menunjang produktivitas bebek tersebut. Pakan tersebut ada yang diproduksi dari pabrik yang siap pakan maupun pakan yang kita buat sendiri. Untuk pakan yang diprduksi dari pabrik , komposisi gizi telah disesuaikan dengan kebutuhan  bebek sehingga lebih praktis. Sedangkan untuk pakan yang kita buat sendiri memerlukan pengetahuan agar komposisi seimbang dan mendekati dengan kebutuhan gizi bebek.

Tepung bekicot dan keong emas

Tepung Bekicot

Saat musim  penghujan, hewan bekicot dan keong emas cukup banyak ditemukan terutama di wilayah pedesaan. Bekicot dan keong emas terutama banyak terdapat di persawahan sehingga dengan pasokan yang melimpah dapat dijadikan bahan pakan alternatif untuk bebek petelur maupun bebek pedaging. Untuk pakan dapat diiris tipis-tipis dan dicampurkan pada pakan bebek namun jika jumlahnya cukup banyak maka perlu dikeringkan terlebih dahulu baru digiling hingga menjadi tepung.

Nasi kering

Nasi Kering/ Aking

Nasi yang kita makan adalakalanya tidak habis dan masih menyisakan dan sayang untuk dibuang. Jika jumlahnya cukup banyak maka kita dapat mengeringkan terlebih dahulu agar dapat digunakan beberapa hari kemudian. Nasi kering (nasi aking) dapat kita tambahkan pada pakan harian bebek dengan cara direndam selama 3 atau 4 hari baru kemudian kita berikan dengan cara dicampurkan pada pakan bebek.

Tepung jangkrik dan tepung kadal

Tepung Jangkrik

Bagi sebagian orang, hewan kadal yang sering berkeliaran adalah hewan yang cukup menakutan atau menggelikan. Maka penggunaan sebagai bahan pakan alternatif bagi bebek belum banyak digunakan. Untuk dapat digunakan sebagai bahan pakan altermnatif, jangkrik dan kadal perlu diolah dan dijadikan sebagai tepung terlebih dahulu. Setelah menjadi tepung baru dapat dicampurkan sebagai bahan tambahan untuk bebek.

Tepung daun singkong

Tepung Singkong

Daun singkong cukup mudah ditemukan disekitar kita. Daun tersebut dapat diolah menjadi menu yang sangat lezat. Biasanya rumah makan padang menyediakan daun singkong yang direbus dan dilengkapi dengan sambal cabai hijau yang lezat. Daun singkong  dapat diberikan ke bebek karena mengandung sumber karotenoid dan sumber asam amino metionin. Karotenoid dapat menghasilkan kuning telur yang pekat. Namun daun singkong mengandung bahan asam sianida yang cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Pada saat menambahkan pada pakan bebek, sebaiknya tidak melebihi 10 % dari jumlah total pakan ternak.

Tepung kulit pisang

Kulit pisang merupakan bahan yang banyak terbuang kala kita mengkonsumsi pisang. Bagi peternak sapi, bisa menggunakan kulit pisang sebagai selingan pakan sapi selain rumput. Nah ternyata kulit pisang juga bisa diberikan pada bebek dengan cara diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Setelah itu bisa digiling dan diberikan dengan cara dicampur pada pakan bebek. Kulit pisang mengandung karotenoid yang dapat membuat kuning telur menjadi lebih pekat. Kuning telur yang pekat sangat disukai konsumen karena rasanya yang lebih lezat.

Tepung daun katuk

Tepung Daun Katuk

Daun katuk merupakan daun yang biasa digunakan sebagai sayuran yang menyehatkan terutama bagi ibu yang sedang menyusui karena dapat memperlancar ASI. Penggunaan daun katuk untuk bebek ternyata juga baik karena daun katuk mengandung sumber karoten yang baik. Sehingga jika diberikan pada bebek maka akan menurunkan kandungan kolesterol pada kuning telur. Sebelum digunakan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dengan cara di masukkan oven ataui bisa dijemur selama 3 atau 4 hari kemudian di blender atau ditumbuk halus dan bisa dicampurkan ke dalam pakan harian bebek.

Tepung enceng gondok

Enceng gondok merupakan tanaman gulma yang banyak terdapat di kolam atau di sepanjang sungai yang dangkal. Keberadaannya banyak dikeluhkan masyarakat karena dianggap tanaman pengganggu. Enceng gondok mempunyai pertumbuhan yang cepat sehingga banyak meresahkan karena sungai yang bersih akan kembali penuh dengan enceng gondok. Padahal dalam enceng terdapat beberapa zat yang bermanfaat  seperti protein kasar. Hanya saja untuk penggunannya perlu diolah terlebih dahulu. Contohnya adalah di fermentasi agar aman saat dikonsumsi bebek.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:
ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek Pedaging & Petelur
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

%d bloggers like this: