7 Cara Rahasia Kandang Ayam Tanpa Bau

Kandang ayam tanpa bau – Kandang merupakan tempat istirahat, tempat berlindung dari cuaca panas atau hujan, serta menjadi pelindung dari segala ancaman hewan predator. Dalam peternakan ayam, kandang menjadi salah satu hal yang cukup penting diperhatikan. 

Kandang yang bau dan tidak sedap dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan. Tidak hanya berpengaruh pada unggas yang dipelihara, namun juga akan berpengaruh terhadap lingkungan sekitar. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan kandang menjadi bau dan tidak sedap, yaitu manajemen kandang yang tidak baik, kebersihan kandang yang tidak dikelola dengan baik, kotoran ayam yang dibiarkan saja tanpa dibersihkan, sisa pakan tercecer di sembarang tempat dan lain sebagainya.

Penyebab-penyebab tersebutlah yang menjadi sumber berbagai penyakit dan munculnya bau yang tidak sedap. Untuk artikel kali ini, kami akan lebih memfokuskan mengenai informasi tentang rahasia kandang ayam tanpa bau. Simak informasi dibawah ini ya….

Tidak perlu merasa khawatir tentang bau yang akan ditimbulkan saat beternak ayam, karena semua bisa teratasi dengan berbagai cara | Image 1
Tidak perlu merasa khawatir tentang bau yang akan ditimbulkan saat beternak ayam, karena semua bisa teratasi dengan berbagai cara | Image 1

Bau yang tidak sedap menjadi pencemaran udara

Bau yang tidak sedap memanglah dapat menjadi pencemaran udara yang bisa menimbulkan manusia yang menghirupnya menjadi pusing, mual bahkan menimbulkan penyakit serius lainnya. Bau tersebut dapat ditimbulkan dari berbagai macam, salah satunya dari kandang ayam. 

Bau yang ditimbulkan dari peternakan ayam membuat masyarakat merasa terganggu, dan pada akhirnya orang yang ingin beternak ayam harus meminta izin warga setempat saat akan mendirikan usaha ternak ayam. 

Perizinan tersebut juga menyebabkan beberapa orang memilih enggan untuk membuka usaha ternak ayam. Padahal bau ayam tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara yang sudah pernah di praktek kan peternak senior dan itu berhasil. 

Berikut cara atau rahasia kandang ayam tanpa bau : 

1. Pembersihan kandang secara teratur

Selain bau tidak akan muncul, pembersihan kandang secara teratur akan membuat ayam terhindar dari serangan penyakit | Image 2
Selain bau tidak akan muncul, pembersihan kandang secara teratur akan membuat ayam terhindar dari serangan penyakit | Image 2

Bau muncul karena disebabkan oleh tempat yang kotor (tidak bersih). Maka dari itu pembersihan kandang harus selalu dilakukan minimal 2 hari sekali. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan sapu dan serok atau bisa dilakukan penyemprotan kandang menggunakan cairan antiseptik.

Untuk penyemprotan pastikan cairan yang digunakan aman bagi ayam yang diternak. Pastikan dahulu di poultry shop cairan antiseptik mana yang bisa digunakan untuk penyemprotan kandang. 

2. Pemberian probiotik

Menggunakan EM4 bisa untuk mengurangi bau amonia yang ditimbulkan dari kotoran ayam | Image 3
Menggunakan EM4 bisa untuk mengurangi bau amonia yang ditimbulkan dari kotoran ayam | Image 3

Salah satu rahasia kandang ayam tanpa bau yang sering di praktek kan peternak yaitu pemberian probiotik. Probiotik dapat memaksimalkan nutrisi pakan yang diserap oleh tubuh ayam sehingga saat ayam mengeluarkan kotoran, kadar protein pakan yang masuk di tubuh ayam tidak akan ikut keluar. 

Probiotik yang terkenal di dunia peternakan ayam yaitu Em4. Cara menghilangkan bau kotoran ayam dengan Em4 terkenal ampuh, karena cairan ini dapat membantu mencegah bau yang tidak sedap pada kandang. 

Em4 untuk semprot kandang merupakan campuran mikroorganisme bermanfaat, yang terdiri dari mikroorganisme Anaerob dan Aerob berupa larutan coklat dengan ph 3,4-4,0. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah yaitu dengan cara disemprotkan ke alas kandang, dinding kandang, dan kotoran ayam. 

3. Kotoran ayam digunakan sebagai pupuk

Kotoran ayam dapat diolah menjadi pupuk yang bisa menyuburkan tanaman | Image 4
Kotoran ayam dapat diolah menjadi pupuk yang bisa menyuburkan tanaman | Image 4

Penyebab kandang ayam menjadi bau yaitu dari kotoran ayam yang menumpuk banyak dan tidak dibersihkan sama sekali. Daripada kotoran tersebut hanya menjadikan polusi udara, maka buatlah menjadi pupuk.

Kotoran ayam bisa diproses untuk dijadikan pupuk tanaman. Pupuk yang sudah jadi bisa dipakai sendiri atau bahkan bisa diperjualbelikan sehingga Anda akan mendapatkan tambahan keuntungan. 

4. Pastikan kotoran ayam tetap kering

Kotoran ayam yang kering tidak akan menimbulkan bau yang berlebihan | Image 5
Kotoran ayam yang kering tidak akan menimbulkan bau yang berlebihan | Image 5

Bau yang ditimbulkan dari kotoran yang kering akan lebih sedikit (minim) ketimbang kotoran yang cair. Biasanya kotoran yang cair dan encer akan mengakibatkan bau yang lebih menonjol sampai ke luar sekitar kandang. 

Lalu bagaimana cara agar kotoran tetap kering? Caranya yaitu dengan memberikan pakan yang berkualitas tinggi, seperti pakan pabrikan. Pakan yang diproduksi oleh pabrik sudah dipastikan kelayakannya dan kualitasnya. 

Selain pakan, air minum juga harus dipastikan berkualitas dan berasal dari sumber yang bersih pula, agar ayam tetap sehat.

5. Penyebaran kapur

Penggunaan kapur dapat meminimalisir bau pada kotoran ayam | Image 6
Penggunaan kapur dapat meminimalisir bau pada kotoran ayam | Image 6

Kapur penghilang bau kotoran ayam, dapat diaplikasikan pada kandang unggas. Kapur berfungsi sebagai pengurai bau dalam kandang, sehingga dapat meminimalisir.

Penggantian kapur bisa dilakukan 2 bulan sekali, namun penggantian juga menyesuaikan jumlah kotoran ayam yang dihasilkan. Penghilang bau kotoran ternak alami bisa dilakukan juga dengan cara tersebut. 

6. Mengatur sirkulasi udara di kandang

Sirkulasi udara yang baik dapat membuat ayam nyaman didalam kandang | Image 7
Sirkulasi udara yang baik dapat membuat ayam nyaman didalam kandang | Image 7

Pengaturan sirkulasi kandang sangat penting, agar bau amonia yang dihasilkan dari kotoran ayam tidak menumpuk di dalam kandang. 

Sirkulasi udara yang baik, udara yang cukup, makan dan minum terpenuhi dengan baik maka ayam tidak akan mudah terserang penyakit, sehingga kandang akan bebas dari bau. 

7. Penggunaan sekam bakar

Foto sebelah kiri adalah contoh sekam yang sudah dilakukan proses pembakaran, dan siap untuk dijadikan alas kandang | Image 8
Foto sebelah kiri adalah contoh sekam yang sudah dilakukan proses pembakaran, dan siap untuk dijadikan alas kandang | Image 8

Selain obat, ada serbuk penghilang bau kotoran ayam yang baru-baru ini cukup terkenal. Serbuk tersebut yaitu sekam bakar. Sudah ada beberapa peternak yang menggunakan sekam bakar sebagai alas kandangnya. 

Penggunaan sekam bakar ini dengan cara ditaburkan dan diratakan di setiap sudut kandang. Meskipun proses pembuatan sekam bakar ini membutuhkan waktu yang tidak singkat, namun sudah ada yang membuktikan dan berhasil, yang menjadikan kandang tidak bau kembali. 

Untuk cara pembuatan sekam bakar dapat Anda cek di artikel kami dengan cara klik di sini. Jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda tinggal beli saja. Sudah cukup banyak penjual sekam bakar, bisa dicari di marketplace.

Menghilangkan bau kandang masih menjadi problematika bagi sebagian peternak, dimana untuk hal tersebut cukup mengganggu keberlangsungan pertumbuhan dan perkembangan ayam.

Sehingga juga banyak yang menawarkan produk-produk penghilang bau kandang seperti  salah satunya obat kotoran ayam tidak bau Amonia. 

Obat tersebut dapat menghilangkan bau kandang, seperti mengurangi gas amonia, mengurangi penyakit pernapasan yang disebabkan oleh gas amonia, dan mengurangi munculnya lalat dan larva. 

Semoga apa yang kami sampaikan tentang cara kandang ayam tanpa bau bisa membantu dan bermanfaat untuk para peternak dalam meminimalisir dan menghilangkan bau pada kandang ayam.

Nahh setelah mengerti cara supaya kandang tidak bau, bagaimana apakah Anda masih enggan untuk membuka usaha ternak ayam? Beternak ayam bisa menjadikan usaha sampingan bahkan usaha utama untuk penghasilan pokok yang jika ternaknya berhasil, bisa memberikan keuntungan yang tinggi.

Jika Anda sedang mencari bibit ayam (DOC ayam) kami hobiternak.com menyediakan berbagai jenis unggas ayam serta, pengirimannya dapat kami jangkau ke seluruh penjuru Indonesia.

Untuk pemesanan silahkan hubungi kami sekarang di : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK kandang ayam tanpa bau word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : 
cara menghilangkan bau kotoran ayam dengan em4, obat kotoran ayam tidak bau, serbuk penghilang bau kotoran ayam, cara alami menghilangkan bau kotoran ayam petelur, kapur penghilang bau kotoran ayam, penghilang bau kotoran ternak alami, em4 untuk semprot kandang, cara menghilangkan bau kotoran ayam bangkok

5/5 - (15 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 1: alatternakayam.com
  • Image 2: google.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • Image 3: toko.sentratani.com
  • image 5: paper.id
  • Image 5: correcto.id
  • Image 6: sehatq.com
  • Image 7: pinterest.com
  • Image 8: kebun-kecil.blogspot.com
  • thumbnail: pinterest.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA