Sebenarnya Ayam KUB untuk Apa Sih?

Memutuskan untuk beternak ayam, tentu peternak perlu mengetahui terlebih dahulu seluk beluk ayam tersebut seperti apa dan ditujukan untuk apa ayam tersebut diternakan. 

Di Indonesia ada banyak jenis ayam yang bisa diternakan. Baik itu jenis ayam petelur, ayam pedaging ataupun ayam dwiguna (bisa dijadikan ayam pedaging & petelur).

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu dari jenis ayam yang ada di Indonesia dan saat ini mulai banyak yang memelihara.

Ayam KUB masuk dalam jenis ayam dwiguna yang bisa dijadikan pedaging dan petelur | image 1
Ayam KUB masuk dalam jenis ayam dwiguna yang bisa dijadikan pedaging dan petelur | image 1

Ayam tersebut adalah ayam KUB. Apakah ada yang tau ayam KUB itu apa? KUB diternak untuk apa? Nahh berikut akan kami jelaskan, simak informasi dibawah ini ya…

Ayam KUB

KUB yaitu kepanjangan dari Ayam Kampung Unggul Balitbangtan. Ayam ini berasal dari hasil riset Balai Penelitian Ternak (Balitnak) di Bogor.

KUB menjadi salah satu jenis ayam produksi yang saat ini cukup terkenal. Banyak para peternak yang tertarik untuk memelihara ayam KUB ini.

Selain itu kami juga melihat dari daftar pesanan di hobiternak.com , banyak pembeli yang order ayam KUB baik itu DOC maupun indukan yang siap bertelur.

DOC Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) | image 2
DOC Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) | image 2

Ayam KUB masuk dalam jenis ayam dwiguna karena bisa diternak dengan tujuan sebagai ayam pedaging dan petelur. Peternak bisa menentukan sendiri akan ditujukan sebagai ayam pedaging atau petelur.

Jika peternak memelihara ayam KUB ditujukan sebagai ayam petelur maka peternak bisa memetik hasilnya pada usia 5 bulanan. Ayam KUB mulai bertelur pada usia 5 bulanan, jadi peternak bisa menjual telur-telur tersebut ke pengepul yang sudah ada.

Sedangkan jika peternak memelihara ayam kub ditujukan sebagai ayam pedaging, maka pada usia 70 hari peternak sudah bisa memetik hasilnya. KUB pedaging masa panennya usia 70 hari dengan bobot yang dihasilkan sekitar 1 kg.

Untuk telur KUB sendiri bisa di konsumsi oleh manusia dan bisa dijadikan sebagai bahan olahan pembuatan kue ataupun makanan.

Kalau KUB pedaging bisa dijual dalam bentuk karkas ataupun masih dalam keadaan hidup. Sebenarnya menjual KUB dalam bentuk karkas lebih menguntungkan karena belum terlalu banyak kompetitor/saingan yang menjual KUB dalam bentuk karkas.

Produktivitas telur ayam KUB lumayan banyak | image 3
Produktivitas telur ayam KUB lumayan banyak | image 3

Karkas KUB yaitu ayam yang sudah disembelih dan dibersihkan bulu-bulu dan jeroannya. Jadi pembeli bisa langsung mengolahnya menjadi berbagai jenis menu masakan.

Permintaan karkas ayam tergolong masih tinggi untuk saat ini. Di barengi dengan jumlah penduduk yang semakin banyak, maka tingkat konsumsi daging ayam juga meningkat.

Daging dan telur ayam memang menjadi makanan yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat terkhusus di negara Indonesia. Bisa diolah dengan berbagai menu masakan dan rasanya yang lezat menjadikan kedua bahan masakan ini banyak dicari.

Manajemen pemeliharaan ayam KUB hampir sama seperti jenis ayam kampung lainnya.

Untuk pakan ayam KUB bisa diberikan konsentrat pedaging atau petelur. Untuk pakan bisa  di sesuaikan dengan tujuan pemeliharaannya.

Ayam KUB berasal dari ayam apa?

Ayam KUB (Kampung Unggulan Balitnak) merupakan ayam kampung hasil seleksi genetik selama enam generasi yang diteliti oleh Balai Penelitian Ternak (Badan Litbang Pertanian), Kementrian Pertanian.

Ayam KUB apa bisa mengeram?

Sebenarnya ayam KUB memiliki sifat mengeram namun sangat rendah. Jadi disarankan menggunakan mesin penetas untuk menetaskan telur KUB.

Sebenarnya Ayam KUB untuk Apa Sih | cover
Sebenarnya Ayam KUB untuk Apa Sih | cover

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam KUB kami dari hobiternak.com sedia dari DOC, usia remaja dan indukan. Untuk pengiriman bisa ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Garansi sampai diterima pembeli. 

Untuk pemesanan atau konsultasi silahkan bisa hubungi nomor di bawah ini : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

5/5 - (7 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 3: facebook.com
  • image 2: Owned by the author
  • image 3: Owned by the author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA