Apakah Ayam KUB Mau Mengerami Telurnya?

Ayam KUB mempunyai keunggulan yaitu produktivitas telur yang tinggi. Pada jangka waktu satu tahun, ayam KUB bisa menghasilkan sekitar 160-180 butir per ekornya. 

Hal tersebut tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa, karena produktivitas telur KUB mencapai 50% sedangkan ayam kampung biasa hanya 25-30%.

Ayam KUB usia 5 bulan | Image 1
Ayam KUB usia 5 bulan | Image 1

Selain mempunyai keunggulan produktivitas telur yang tinggi, ada beberapa keunggulan lain yang tak kalah dengan jenis ayam kampung lainnya.

Diantaranya sifat mengeram sangat rendah, konsumsi pakan rendah, mortalitas rendah, daya tetas telur lebih tinggi dan pertumbuhan lebih cepat. 

Saat pertama kali ayam KUB muncul, sebenarnya ayam ini diarahkan sebagai ayam kampung petelur. Namun seiring dengan perkembangan zaman, ayam KUB juga dijadikan sebagai ayam kampung pedaging. 

Jadi bisa dikatakan kalau ayam KUB masuk dalam jenis ayam dwiguna yang bisa di ternak untuk dimanfaatkan sebagai ayam petelur dan pedaging. 

Masa panen ayam KUB petelur yaitu usia 5 bulanan dan masa panen ayam KUB pedaging yaitu 70 hari.

Apakah ayam KUB mau mengerami telurnya?

Berbicara mengenai ayam kampung petelur, banyak dari peternak maupun masyarakat pada umumnya yang menanyakan apakah ayam KUB mau mengerami telurnya sama seperti ayam kampung biasa?

Nah, menjawab pertanyaan tersebut, pada dasarnya ayam KUB bisa mengerami telurnya. Namun memang sifat mengeram ayam KUB sangat rendah.

Berbeda dengan ayam kampung biasa yang mempunyai sifat mengeram sampai 100%, KUB hanya memiliki sifat mengeram 10% saja. 

Daya mengeram ayam KUB sangatlah rendah yakni 10% | Image 2
Daya mengeram ayam KUB sangatlah rendah yakni 10% | Image 2

Tentu sangat rendah perbandingannya dengan ayam kampung biasa. Ada beberapa penyebab kenapa ayam KUB memiliki sifat mengeram yang rendah. 

Berikut alasan mengapa ayam KUB memiliki sifat mengeram yang rendah : 

  • Memang dari gennya yang membuat KUB memiliki sifat mengeram rendah
  • Kondisi lingkungan yang tidak mendukung untuk proses pengeraman telur
  • Penggunaan kandang baterai yang membuat ayam tidak bisa mengerami telurnya
  • Tidak ada tempat mengeram atau sarang bertelur ayam di dalam kandang

Dari persentase 10% daya eram pada ayam KUB yang sudah kami infokan sebelumnya, maka tidak menutup kemungkinan juga kalau ayam KUB akan mengerami telurnya sendiri. 

Ada beberapa penyebab juga KUB mau mengerami telurnya. Diantaranya yaitu tersedianya sarang bertelur di dalam kandang, lingkungan kandangnya tenang tidak berisik dan dari genetiknya yang tiba-tiba muncul ingin mengerami telur. 

Memang seperti halnya ayam biasa, ayam KUB juga mampu mengerami telurnya. Hanya saja sifat mengeramnya sangat rendah. 

Telur ayam KUB | Image 3
Telur ayam KUB | Image 3

Keunggulan telur ayam KUB

Daya tetas pada telur ayam KUB bisa dibilang paling tinggi, karena daya tetas ayam KUB bisa mencapai 85%. 

Berbeda dengan ayam kampung biasa pada saat pemeliharaan secara intensif daya tetasnya hanya 84%, pemeliharaan semi intensif 79% dan pemeliharan ekstensif 74%. 

Ayam KUB usia 1 bulan | Image 4
Ayam KUB usia 1 bulan | Image 4

Manajemen pemeliharaan ayam KUB yang paling sering peternak lakukan yaitu dengan sistem intensif. Jadi semua aktivitas ayam berada di dalam kandang. 

Untuk kandang sendiri, khusus ayam KUB petelur bisa menggunakan jenis kandang baterai. Tujuannya agar perawatan lebih tertata dan proses pengambilan telur ayam oleh peternak akan lebih mudah. 

Kesimpulan : 

Ayam KUB mampu mengerami telurnya namun sifat mengeramnya sangat rendah yakni 10% saja. 

Infografis ayam kub
Infografis ayam kub

Bagi Anda yang ingin memelihara ayam KUB kami dari hobiternak.com menyediakan usia DOC, usia remaja dan indukan. Pengiriman menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. 

Pengiriman BERGARANSI sampai diterima oleh pembeli. Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor dibawah ini :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0856-4772-3888

CS 2
0812-4648-2525

CS 3
0813-6330-7506

5/5 - (5 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • Image 2: pertanianku.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA