Kandang Ayam KUB dari Masa Starter sampai Finisher

Kandang Ayam KUB dari Masa Starter sampai Finisher | thumbnail
Kandang Ayam KUB dari Masa Starter sampai Finisher | thumbnail

KUB termasuk dalam jenis ayam dwiguna, bisa dijadikan pedaging dan petelur. Karena masuk dalam jenis ayam dwiguna maka dari itu ada 2 tipe kandang yang digunakan yaitu kandang pedaging dan kandang petelur. Jika kandang pedaging maka harus membuat kandang brooding dan kandang postal. Jika dijadikan petelur maka diperlukan kandang starter, grower dan finisher. Selama ini masyarakat memelihara ayam kampung hanya menggunakan kandang ekstensif atau diumbar. Padahal jika peternak menggunakan kandang intensif untuk memelihara ayam kampung, tentu kualitas serta produktivitas yang dihasilkan akan lebih maksimal lagi. 

A. Kandang KUB Pedaging

Ayam KUB membutuhkan kandang yang nyaman dan sesuai selama proses pertumbuhannya. Kandang perlu dibuat karena terdapat kelebihan ataupun fungsi yang didapat, diantaranya :

  • Ayam bisa terhindar dari panasnya sinar matahari serta dinginnya air hujan
  • Dapat sebagai tempat ayam beraktivitas sejak DOC sampai dewasa atau panen
  • Membatasi aktivitas atau gerak ayam secara berlebihan
  • Menghindari serangan hewan pemangsa

Biasanya pemeliharaan ayam kampung menggunakan kandang tipe koloni. Kandang tipe koloni bisa dengan kandang postal (lantai tanah atau semen) dan juga berupa kandang panggung. Kandang koloni dan kandang postal tersebut dapat digunakan sejak ayam berusia 1 hari (DOC) sampai panen.

Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) | Image 1
Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) | Image 1

Kandang Koloni (Postal dan Panggung)

  1. Kandang berbentuk persegi panjang dengan lebar 5-7 meter dan panjang 12-20 meter dengan catatan menyesuaikan lahan yang ada. Lebar kandang 1-5 meter dan panjang 5-10 meter (menyesuaikan populasi ayam yang diternak).
  2. Tinggi dinding samping kandang minimal 3 meter. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dikandang tetap berjalan lancar.
  3. Dinding kandang bisa terbuat dari bilah bambu atau kawat. Bilah bambu bisa digunakan untuk dinding bagian bawah, sedangkan kawat bisa digunakan untuk diding bagian atas.
  4. Lantai kandang postal bisa berupa tanah yang dipadatkan atau beton. Untuk lantai kandang yang berupa tanah sebenarnya minim biaya, namun kekurangannya setelah panen sulit untuk dibersihkan dan kuman penyakit dapat mudah bersembunyi ditanah tersebut. Sedangkan lantai kandang beton biaya yang dikeluarkan lebih tinggi, namun memiliki kelebihan yakni setelah panen mudah dibersihkan.
  5. Lantai kandang panggung biasanya terbuat dari bilah bambu. Bilah bambu tersebut disusun rata dengan jarak antar bilah yakni 1 jari telunjuk orang dewasa. Tujuan antar bilah bambu harus ada jarak yaitu supaya kotoran ayam dapat otomatis jatuh di bawah kandang.
  6. Atap kandang bisa menggunakan genteng maupun asbes. Kedua bahan tersebut paling sering digunakan para peternak pada kandang postal dan panggung. Sedangkan asbes adalah bahan yang paling tidak disarankan digunakan pada ternak ayam KUB. Pasalnya asbes dapat meneruskan panas dari sinar matahari sehingga kandang akan panas, dan saat hujan tiba akan menimbulkan suara yang berisik.
  7. Untuk kandang panggung tinggi kaki kandang sekitar 150-160 cm.

Kata terkait :

Kandang Brooding

Kandang brooding atau biasa disebut dengan kandang pemanas berfungsi untuk memelihara ayam dari usia DOC samapi berusia 21 hari. Pada tipe kandang ini peternak sering membuat kandang bok panggung yang berukuran 1 meter X 1 meter X 0,5 meter dengan tinggi kaki pada kandang yaitu 0,5 meter. Karena disebut kandang pemanas tentu suhu di dalam kandang ini harus panas atau hangat. Cara supaya didalam kandang dapat bersuhu hangat yaitu dengan memasang lampu bohlam yang berwarna kuning. Biasanya dalam 1 kandang populasi 100 ekor yang berukuran 1 meter X 1 meter X 0,5 meter lampu bohlam yang dipasang yaitu 4 bohlam dengan daya watt nya 25 watt.

DOC ayam KUB berada dalam kandang starter | Image 2
DOC ayam KUB berada dalam kandang starter | Image 2

B. Kandang KUB Petelur

Tipe kedua yaitu kandang KUB petelur. Kandang KUB petelur terdapat beberapa persamaan dan perbedaan dengan kandang KUB pedaging. Karena pemanfaatannya berbeda, tentu kandang yang dibuat juga ada yang berbeda.

Kandang Starter

Saat KUB berusia 0-12 minggu kandang yang digunakan sama seperti kandang KUB pedaging yakni kandang koloni baik itu postal maupun panggung. Baru saat KUB memasuki usia 10-12 minggu, ayam KUB baru dipindahkan ke kandang grower dan finisher. Kandang tersebut bisa berupa kandang baterai atau masih menggunakan kandang postal yang sama. Jika ingin tetap menggunakan kandang postal maka perlu ditambah dengan tempat bertengger, tujuannya agar ayam leluasa dan lebih nyaman didalam kandang.

Contoh kandang ayam KUB | Image 3
Contoh kandang ayam KUB | Image 3

Kandang grower dan finisher

Pada masa ayam sudah berusia dewasa dan siap produksi maka, KUB betina bisa diletakkan dikandang baterai. Kandang baterai bisa dimasukkan masing-masing satu dengan disekat. Biasanya kandang baterai terbuat dari kawat dengan penyangganya yaitu besi yang berukuran sekitar 30 cm X 24 cm X35 cm. Saat masa grower, finisher sampai bertleur, KUB juga dapat di pelihara dengan kandang postal. Ukuran kepadatannnya biasanya 8 ekor/m2. Perbandingannya yaitu 1 jantan dan 6-8 betina. Jangan lupa berikan kotak atau tempat untuk bertelur.

Itu dia beberapa informasi mengenai kandang ayam KUB. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. 

Bagi Anda yang ingin pelihara ayam KUB, kami dari hobiternak.com menyediakan. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia, menggunakan kargo hewan terpercaya. Silahkan hubungi kami kapan saja di nomor bawah ini : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK Kandang ayam KUB word1

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Kata terkait : 
ayam kub vs ayam joper, harga telur ayam kub, ayam kub jogja, jual ayam kub, harga doc, jual ayam kub

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • thumbnail: paktanidigital
  • image 4: rilis.id
  • Image 2: Owned by the author
  • image 6: kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA