Cara Memilih Indukan Ayam KUB Penghasil Telur Tetas

Membahas tentang budidaya ayam kampung memang tidak pernah ada habisnya. Jenis ayam satu dengan yang lainnya pun juga memiliki perbedaan baik itu dari fisiknya, kegunaannya maupun keunggulan nya.

Keunggulan – keunggulan inilah yang menjadikan ayam tersebut banyak dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen di pasar ekonomi. 

Beternak memang merupakan kegiatan yang mengasyikkan dan menguntungkan. Kegiatan beternak ini sudah lama diminati oleh masyarakat di Indonesia, terutama beternak ayam KUB. Ayam KUB banyak dipilih untuk di ternak kan karena memiliki keunggulan sebagai penghasil telur ayam kampung yang berkualitas. 

Ayam Kampung Unggalan atau Ayam KUB menjadi salah satu jenis unggas yang saat ini menjadi favorit para peternak. Jadi tunggu apalagi, yuk dapatkan DOC Ayam KUB di hobiternak.com | image 1
Ayam Kampung Unggalan atau Ayam KUB menjadi salah satu jenis unggas yang saat ini menjadi favorit para peternak. Jadi tunggu apalagi, yuk dapatkan DOC Ayam KUB di hobiternak.com | image 1

Apa itu Ayam KUB ? Ayam KUB adalah jenis ayam kampung yang memiliki galur baru berasal dari Badan Litbang Pertanian. Ayam ini banyak di budidaya kan sebagai penghasil telur, karena produksi telur ayam kampung yang dimiliki ayam KUB ini cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehari – hari.

Produksi telur yang dihasilkan ayam KUB mampu mencapai angka 160 – 180 butir/ ekor/ tahun. Tentu jumlah yang cukup tinggi dibandingkan dengan produktivitas ayam kampung biasa. Ayam KUB juga memiliki daya tahan tubuh yang bagus, sehingga ayam selalu dalam keadaan sehat dan angka kematiannya pun juga cukup kecil. 

Baca juga : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Ternak Ayam KUB

Salah satu contoh bentuk kandang ayam kub petelur yang dapat peternak terapkan | image 2
Salah satu contoh bentuk kandang ayam kub petelur yang dapat peternak terapkan | image 2

Salah satu bisnis yang dapat dipillih oleh peternak yakni dengan menetaskan telur ayam KUB. Mengapa harus menetaskan telur ayam KUB ? Hal ini dikarenakan perputaran modal atau uang yang lebih cepat, ditambah biaya investasinya juga tidak terlalu tinggi. 

Cara Memilih Indukan Ayam KUB yang Berkualitas

Dalam budidaya ayam kampung KUB penghasil telur tetas untuk menghasilkan DOC Ayam KUB cenderung sama dan tidak ada penanganan khusus dalam pemeliharaan nya. Pemeliharaan yang diterapkan nya pun sama persis dengan pemeliharaan ayam kub untuk dijadikan pedaging maupun petelur. 

Sebelum masuk ke proses perkawinan alangkah baiknya jika peternak mempersiapkan atau memilih masing – masing indukan ayam kub betina dan jantan yang berkualitas.

Tujuan dilakukan pemilihan ini agar peternak mendapatkan DOC yang berkualitas serta pertumbuhan bobot yang maksimal. Indukan ayam KUB bisa didapatkan dari hasil pemeliharaan pribadi atau bisa di dapatkan dari para peternak yang jual indukan ayam KUB.

Agar mendapatkan bibit ayam KUB yang berkualitas maka perlu adanya pemilihan indukan yang berkulitas, sehat dan tidak cacat | image 3
Agar mendapatkan bibit ayam KUB yang berkualitas maka perlu adanya pemilihan indukan ayam KUB yang berkulitas, sehat dan tidak cacat | image 3

Untuk perbandingan pemeliharaan antara ayam KUB betina dengan ayam KUB jantan, yakni 8 : 1 atau 80 betina berbanding dengan 10 jantan. Agar menghasilkan hasil perkawinan yang bagus, peternak juga harus benar – benar memelihara indukan jantan hingga masuk masa produktif agar mendapatkan kualitas sperma yang baik. 

Untuk kriteria indukan Ayam KUB pejantan dan betina yang berkualitas adalah sebagai berikut ini : 

Indukan Pejantan

  • Memiliki umur minimal 9 bulan
  • Kaki kuat, panjang, tidak bengkok dan jari jari kakinya lurus
  • Warna pada bulu cerah dan tidak kusam 
  • Ayam dalam keadaan sehat dan tidak sakit 
  • Memiliki fisik yang kuat dan sempurna
  • Tidak terdapat sayap yang patah

Indukan Betina

  • Memiliki tubuh yang sehat dan tidak terdapat cacat
  • Produktivitas telur ayam KUB yang tinggi
  • Sudah mengalami masa bertelur pertama kali pada usia 7 – 8 bulan
  • Posisi indukan ayam KUB sedang bertelur
  • Indukan dipelihara dalam kandang postal atau litter dengan sistem pemeliharaan intensif

Pemeliharaan Indukan Ayam KUB

Saat ayam KUB jantan sudah memasuki usia 8 – 9 bulan, peternak dapat meletakkan ayam tersebut ke dalam kandang baterai. Untuk ukuran kandang baterai tersebut sekitar 40 cm x 40 cm x 45 cm.

Mengapa harus menggunakan kandang baterai ? Hal ini dilakukan agar memudahkan peternak dalam mengambil sel sperma indukan ayam kub jantan. 

 Sebelum dilakukan proses perkawinan IB pastikan dahulu indukan ayam KUB baik jantan atau betina dalam keadaan sehat - sehat | image 4
Sebelum dilakukan proses perkawinan IB pastikan dahulu indukan ayam KUB baik jantan atau betina dalam keadaan sehat – sehat | image 4

Untuk perkawinan yang akan dibahas pada kali ini yakni dengan inseminasi buatan atau disebut dengan sistem IB. Penerapan sistem inseminasi buatan ini banyak dipilih oleh peternak karena dinilai cukup mudah, efisien dan waktunya singkat.

Tetapi, jika peternak menginginkan sistem perkawinan alami, bisa juga meletakkan indukan ayam kub jantan & betina dengan perbandingan 1 : 8 ekor, seperti penjelasan kami diatas. 

Baca juga : Analisa Ayam KUB 100 Ekor versi Petelur

Pakan ayam KUB yang diberikan pada indukan pejantan harus memiliki kualitas yang bagus, seperti ter cukupi nya protein, vitamin dan lain sebagainya, sehingga menghasilkan sperma berkualitas.

Jumlah pakan yang diberikan sekitar 90 – 100 gram/ ekor/ hari dengan jadwal pemberian rutin setiap pagi dan sore. Sedangkan untuk air minum diberikan setiap saat atau terus menerus. 

Proses Perkawinan Sistem Inseminasi Buatan atau IB Ayam KUB

Sistem inseminasi buatan ini dilakukan dengan cara menyuntikan sel sperma indukan ayam kub jantan ke dalam indukan ayam kub betina. Saat ini sistem IB sudah banyak diterapkan oleh peternak – peternak ayam yang ada di Indonesia, terutama pada peternak besar. Karena jumlah telur yang dibutuhkan untuk ditetaskan setiap harinya dapat mencapai angka ratusan butir bahkan ribuan butir. 

Untuk bahan atau alat – alat yang dapat peternak siapkan dalam proses perkawinan IB ini sebagai berikut ini : 

Sebelum praktek sebaiknya peternak perlu mempersiapkan terlebih dahulu alat - alat yang tertera pada gambar | image 5
Sebelum praktek sebaiknya peternak perlu mempersiapkan terlebih dahulu alat – alat yang tertera pada gambar | image 5

1. Alat Suntik ukuran 1 ml
2. Cairan NaCl Fisiologis (pengencer sperma)
3. Tabung Gelas Inseminasi (penampung sperma)

Usahakan sebelum memulai proses inseminasi buatan minimal ada dua orang yang membantu. Agar memberikan kemudahan pada proses – prosesnya. Simak tahap – tahapan nya dalam poin dibawah ini : 

  1. Operator pertama memegang indukan ayam KUB jantan di kedua kaki, posisi dada ayam diletakkan diatas kandang atau di atas meja.

  2. Untuk operator kedua memegang tabung reaksi di tangan kanan, sedangkan untuk operator pertama mengelus bagian punggung ayam dan perlahan menekan hingga sampai ke bagian ekor hingga ibu jari dan jari tengah siap memijat kloaka.

  3. Dalam waktu yang sama operator kedua mengurut halus ke arah kloaka hingga cairan sperma keluar dan menampungnya di dalam tabung gelas inseminasi.

  4. Setelah itu peternak dapat mencampurkan sperma dalam tabung tersebut dengan cairan NaCl Fisiologis dengan perbandingan 1 : 1. Kemudian tutup tabung tersebut lalu guncang secara perlahan hingga homogen. Langkah selanjutnya yakni masukan cairan dalam tabung tersebut ke alat suntik dan siap di suntikan ke indukan ayam kub betina.

  5. Siapkan indukan ayam kub betina dengan cara dipegang pada ke dua kakinya, kemudian tekan kloaka hingga terlihat pada lubang kelamin betina. Setelah itu peternak dapat menyuntikan cairan tadi ke dalam lubang kelamin. Lalu letakkan kembali ayam ke dalam kandang. 
Waktu yang tepat untuk melakukan sistem inseminasi buatan dilakukan pada sore hari | image 6
Waktu yang tepat untuk melakukan sistem inseminasi buatan dilakukan pada sore hari | image 6

Perlu diingat bahwa waktu yang tepat untuk pelaksanaan sistem IB ini dilakukan pada waktu sore hari dan idealnya dilakukan dalam jangka waktu seminggu dua kali. Waktu yang dibutuhkan indukan ayam KUB setelah masa IB ini sekitar tiga hari, ayam sudah menghasilkan telur fertil dan siap dimasukkan ke dalam mesin penetas.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha budidaya ayam kampung unggulan KUB. Kami menyediakan DOC Ayam KUB usia baru saja menetas dan siap mengirimkan pesanan hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga ayam KUB dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK indukan ayam kub word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : ayam kub, ayam k u b, budidaya ayam kampung, kandang ternak ayam rumahan, apa itu ayam kub, jual indukan ayam kub, harga ayam kub, gambar ayam kub, jual doc ayam kub bogor, telur ayam kub

*nra

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 5: facebook.com
  • Image 3: facebook.com
  • Panduan Beternak Ayam Kampung Super Bagi Pemula | cover: Owned by the author
  • image 3: facebook.com
  • Image 3: pertanianku.com
  • image 5: lazada.co.id
  • Image 1: facebook.com
  • cover: dunia.tempo.co

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA