Mengenal Lebih Dekat dengan Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB)

Ayam Kampung Unggul Balitnak atau biasa disebut sebagai ayam KUB adalah jenis ayam kampung yang berasal dari persilangan antar sesama ayam kampung yang memiliki keunggulan. Jenis ayam KUB ini ternyata berasal dari riset Badan Litbang Pertanian Bogor yang dilakukan selama 6 generasi.

Dari penelitian ini lahirlah jenis ayam KUB balitnak yang saat ini banyak dijadikan sebagai ayam penghasil daging dan penghasil telur.

Untuk masa panen ayam kub, rata – rata sekitar 70 – 75 hari sudah dapat dipanen. Mengapa demikian ? Karena ayam KUB merupakan ayam yang masih murni berasal dari ayam kampung.

Ayam KUB atau Ayam Unggulan Balitnak Bogor merupakan ayam buras yang banyak dijadikan sebagai sebagai ayam penghasil daging dan telur | image 1
Ayam KUB atau Ayam Unggulan Balitnak Bogor merupakan ayam buras yang banyak dijadikan sebagai sebagai ayam penghasil daging dan telur | image 1

Saat ini keberadaan ayam KUB ini cukup banyak di cari dan diminati oleh masyarakat di Indonesia. Karena, ayam KUB memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis ayam lainnya.

Sebelum mengetahui keunggulan – keunggulan ayam kub, mari kita bahas sedikit mengenai ciri – ciri ayam unggul kub dibawah ini :

Ciri – ciri Ayam Unggulan KUB

1. Ketika masih usia DOC atau kurang dari 1 bulan ayam kub memiliki ciri khas mata yang cenderung gelap
2. Jengger pada DOC KUB berbentuk gerigi atau disebut sebagai jengger wilah
3. Warna kaki ayam kampung cenderung bermacam – macam. Ada yang berwarna kuning, kehitaman, kehijauan dan kuning.
4. Memiliki bobot yang lebih ringan dibanding dengan jenis ayam bangkok
5. Ayam KUB memiliki bulu yang lebih tebal dibanding dengan jenis ayam bangkok.

Ayam KUB memiliki bulu yang lebih tebal dibanding dengan jenis ayam bangkok.| image 2
Ayam KUB memiliki bulu yang lebih tebal dibanding dengan jenis ayam bangkok.| image 2

Keunggulan Ayam Unggul KUB

Ayam KUB dikenal memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis ayam kampung lainnya, sehingga prospek budidaya ayam kub dapat dibilang masih cukup tinggi, dan berpeluang besar untuk di kembang biakkan, baik untuk dijadikan sebagai ayam penghasil daging maupun telur.

Adapun untuk keunggulan – keunggulan ayam unggul kub adalah sebagai berikut :

1. Ayam KUB memiliki masa panen yang cukup singkat, yakni 70 – 75 hari.
2. Masa panen ayam KUB cenderung lebih cepat dibanding dengan ayam kampung asli atau biasa. Tetapi beberapa peternak ada yang mengatakan bahwa masa panen kedua ayam ini relatif sama.
3. Memiliki masa panen telur yang cukup cepat
4.
Ayam KUB memiliki sifat mengeram yang cukup rendah sehingga dapat memaksimalkan masa bertelur. Berat telur ayam kampung unggul kub sekitar 35 – 45 gram/ butir
5. Pencapaian bobot saat panen yakni antara 0,9 – 1 kg per ekor
6. Produktivitas telur yang dihasilkan ayam kampung unggulan ini sekitar 130 – 160 butir per ekor dalam setahun.
7. Masa bertelur ayam kampung unggulan terjadi saat ayam memasuki usia 20 – 22 minggu.
8. Memiliki daya tahan terhadap penyakit yang cukup tinggi. Sehingga resiko terserang nya penyakit saat dipelihara juga relatif rendah.
9. Memiliki jumlah konsumsi pakan ketika masa pertumbuhan pun cukup rendah, yakni berkisar 80 – 85 gram/ekor/hari. Sedangkan jumlah pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan telur dalam 1 kg yakni 3,8 kg.

Ayam KUB yang merupakan ayam galur baru yang telah diakui secara nasional sejak 2012 lalu | Image 1
Ayam KUB yang merupakan ayam galur baru yang telah diakui secara nasional sejak 2012 lalu | Image 1

Apakah Ayam Kampung Unggul ini dapat dijadikan sebagai Indukan ? 

Banyak dari beberapa pelanggan yang menanyakan “Apakan ayam unggulan ini dapat dijadikan Indukan sebagaimana ayam kampung ?” Jawabannya adalah bisa dijadikan sebagai Indukan.

Hal ini dikarenakan ayam unggul kub ini berasal dari seleksi berbagai jenis ayam kampung unggulan dari berbagai daerah dengan waktu yang tidak banyak. Oleh karena itu, keunggulan yang dimiliki ayam kub balitnak ini cukup banyak.

Beternak ayam unggulan kub ini merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi masyarakat. Karena ayam kub ini memiliki 2 fungsi, yakni dapat dijadikan sebagai penghasil daging dan petelur.

Produktifitas telur yang tinggi menjadikan ayam kub sebagai ayam penghasil telur yang potensial | image 3
Produktifitas telur yang tinggi menjadikan ayam kub sebagai ayam penghasil telur yang potensial | image 3

Sifat DOC ayam KUB balitnak adalah Parent Stock (PS) sehingga dijadikan sebagai indukan.

Untuk pilihan ini kami kembalikan kepada Anda akan menjadikan sebagai ayam penghasil daging atau petelur. Untuk telur yang dihasilkan ayam ini pun dapat langsung dijual dan dapat dijadikan sebagai DOC KUB. Kami pun juga jual ayam kub bogor dengan harga doc ayam kub terjangkau. Dapatkan bibit atau doc ayam kub berkualitas di hobiternak.com

Bagaimana Cara Pemilihan Indukan yang berkualitas ?

Ayam KUB memang menjadi salah satu jenis ayam galur baru yang dihasilkan dari Badan Litbang Pertanian. Untuk harga telur ayam kub ini pun saat ini masih cukup tinggi. . Karena kebutuhan masyarakat akan telur ayam kampung masih belum tercukupi, sehingga diharapkan dengan adanya ayam kub ini produksi telur yang dihasilkan dapat mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Perlu diketahui bahwa jenis ayam unggulan kub ini ternyata memiliki sifat mengeram yang rendah tetapi produksi telur yang dihasilkan tinggi.

Bagi peternak yang ingin membudidayakan ayam kub untuk dijadikan sebagai indukan, perlu mengetahui beberapa hal berikut ini untuk menjadi perhatian agar peternak ataupun masyarakat mendapatkan doc yang baik dari indukan yang berkualitas.

Agar mendapatkan bibit ayam KUB yang berkualitas maka perlu adanya pemilihan indukan yang berkulitas, sehat dan tidak cacat | image 4
Agar mendapatkan bibit ayam KUB yang berkualitas maka perlu adanya pemilihan indukan yang berkulitas, sehat dan tidak cacat | image 4

Indukan Pejantan

1. Sehat dan tidak cacat
2. Sifat licah dan gesiit
3. Fisik tegap, mata bening, bulu halus/ mengkilap, kaki/ kuku bersih dan sisik teratur
4. Memiliki nafsu kawin yang tinggi
5. Usia indukan jantan 1 – 2,5 tahun, sudah memiliki taji

Indukan Betina

1. Sehat dan tidak cacat
2. Memiliki produksi telur yang tinggi
3. Sudah memiliki periode peneluran pertama di usia 7 – 8 bulan
4. Posisi indukan sedang bertelur
5. Perbandingan indukan yakni 1 jantan : 6 betina

Jika peternak ingin menetaskan telur ayam kub untuk dijadikan sebagai bibit DOC ayam KUB, usahakan agar peternak meletakkan indukan tersebut di dalam kandang intensif. Hal ini bertujuan agar peluang keberhasilan telur fertil dapat tercapai dengan maksimal.

Anda ingin Ternak Ayam Unggulan KUB ?

Layaknya beternak ayam kampung biasa, dalam beternak ayam kampung unggulan kub pun juga sama perawatan nya. Mulai dari pembuatan kandang yang intensif, penanganan saat DOC KUB sampai di kandang, pengendalian penyakit, perawatan saat menjelang panen dan ketika panen tiba.

Selain itu peternak juga perlu memperhatikan macam jenis pakan yang diberikan. Usahakan agar pemberian pakan sesuai dengan tujuan ayam tersebut dipelihara.

Jika ingin dijadikan sebagai pedaging maka pakan ayam yang diberikan berupa konsentrat khusus ayam pedaging. Sedangkan jika dijadikan sebagai penghasil telur maka pakan yang dapat diberikan berupa konsentrat petelur.

Apabila Anda tertarik untuk mengembangkan ternak ayam kub. Kami dari hobiternak.com menyediakan ayam kub usia baru saja menetas dan siap untuk pengiriman ke Jawa dan Luar Pulau Jawa | image 5
Apabila Anda tertarik untuk mengembangkan ternak ayam kub. Kami dari hobiternak.com menyediakan ayam kub usia baru saja menetas dan siap untuk pengiriman ke Jawa dan Luar Pulau Jawa | image 5

Ayam Unggul yang biasa dijadikan sebagai ayam pedaging dan petelur ini ternyata memiliki ciri – ciri yang tidak begitu jauh dengan ayam kampung pada umumnya. Tetapi peternak perlu mengetahui ciri – ciri kub ini agar tidak keliru saat beternak, begitu pun dengan masyarakat.

Bagi Anda yang bingung untuk ternak ayam kampung atau ayam unggulan alangkah baiknya sebelum beternak, sudah dapat menentukan akan dijadikan ayam penghasil apakah saat panen tiba.

Selain itu peternak juga perlu mengukur daya minat masyarakat yang ada di wilayah peternak. Karena hal ini sangat potensial untuk menentukan keuntungan serta kemudahan peternak dalam melakukan pemasaran hasil panen. 

Kami dari hobiternak.com ready doc kub usia baru saja menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia | image 6
Kami dari hobiternak.com ready doc kub usia baru saja menetas dan siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia | image 6

Anda tertarik untuk mengembangkan DOC Ayam KUB ? Kami jual Ayam KUB baru saja menetas berkualitas siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk jual ayam KUB Medan pun kami juga ada, dengan harga ayam kub murah dengan ongkos kirim terjangkau.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam KUB baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa : 

Konsultasi Hobi Ternak HOBI TERNAK ayam kampung unggul word3

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

YAYUK
Ayam Hias Ekslusif

0812-2028-8686

HASTI
Ayam Hias & Merpati Hias

0856-4772-3888

KARIN
Bebek Petelur & Pedaging

0812-4648-2525

MEILANI
Broiler & Petelur

0819-3140-9353

YUNI
Ayam Petelur & Ayam Arab

0813-6330-7506

Pesan Sekarang via whastapp hobi ternak

Kata terkait : ayam kub vs ayam joper, ayam kub medan, keunggulan ayam kub, harga telur ayam kub, jual ayam kub, jual ayam kub bogor, harga doc ayam kub, harga ayam kub

#nra

Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 3: hobiternak.com
  • image 6: rilis.id
  • image 4: facebook.com
  • image 5: Facebook
  • image 5: hobiternak.com

2 pemikiran pada “Mengenal Lebih Dekat dengan Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB)”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA