Ayam Arab Pejantan

Panduan Dalam Beternak Ayam Arab Petelur

Ayam Arab Petelur – Kemampuan sebagai penghasil telur yang produktivitasnya tinggi, ayam arab sudah tidak bisa diragukan lagi. Jenis ayam arab dapat menghasilkan 250 telur per tahun. Ayam arab mulai bertelur pada umur 5 bulan. Jenis ayam arab mempunyai corak warna 2 jenis yaitu bulu perak/silver dan warna merah/emas. Ayam arab mempunyai karakter yang khas diantaranya kurang mempunyai kemampuan mengerami telurnya sehingga jika ingin menetaskan telur ayam arab perlu dimasukkan ke dalam mesin penetas telur atau dititipkan pada indukan ayam lain. Untuk menghasilkan ayam dengan produktivitas yang tinggi, saat ini para peternak melakukan persilangan antara pejantan ayam kampung (ayam buras) dengan ayam arab. Sebelum beternak, ada baiknya kita mengetahui panduan dalam beternak ayam arab petelur.

Ayam Arab Pejantan
Ayam Arab Pejantan

Beberapa Kelebihan Ayam Arab :

  • Mempunyai masa produksi telur yang panjang mencapai 18 bulan.
  • Tidak gampang stres sehingga tingkat kematian/ mortalitas rendah.
  • Mempunyai daya tahan yang kuat terhadap perubahan cuaca.
  • Konsumsi pakan cukup rendah. Satu ekor memerlukan pakan 80 gram per hari dengan kandungan protein 18 %.

Panduan Beternak Ayam Arab

1. Menghitung Masa Produktif Ayam Arab

Ayam arab dapat berproduksi selama 2 tahun. Periode pertama 5 bulan – 8 bulan masa bertelur. Setelah itu istirahat 15 hari. Setelah itu ayam arab akan bertelur kembali. Produktivitas lebih tinggi dibandingkan ayam petelur dan mencapai persentase 90 %.

2. Pemberian Pakan Ayam Arab

Sebagai ayam petelur, ayam arab membutuhkan pakan dengan nutrisi yang tinggi. Untuk itu perlu pakan dengan kandungan protein 16 – 18 %. Pemberian pakan setiap pagi dan siang dengan jumlah 80 – 90 gram per ekor per hari. Cara mengetahui ayam arab tersebut terpenuhi atau tidak dengan mengecek kualitas telurnya. Jika pakan bagus maka cangkang telurnya akan tebal dan kuat. Jika pakan kurang bernutrisi maka cangkang telurnya akan tipis dan mudah pecah. Untuk meningkatkan kualitas perlu penambahan protein pada konsumsi pakannya.  

Saat ini banyak terdapat pakan ternak yang siap diberikan produksi pabrik. Untuk menghemat pengeluaran biasanya peternak melakukan penambahan dengan bahan pakan alternatif. Namun perlu diingat bahwa komposisi protein perlu diperhatikan.

Ayam Arab Betina Persiapan Produksi
Ayam Arab Betina Persiapan Produksi

3. Kandang yang Sesuai Untuk Ayam Arab Petelur

Dalam membuat kandang, yang perlu diingat adalah arah kandang. Kandang yang baik menghadap ke timur atau barat. Hal itu akan mempermudah kandang dalam mendapatkan sinar matahari. Kandang yang baik mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk menjaga agar kandang tidak lembab. Kandang yang terkena sinar matahari secara cukup akan kering, tidak lembab dan tidak mudah ditumbuhi jamur. Selain itu, kandang merupakan aset penting dalam pemeliharaan ayam karena merupakan tempat tumbuh dan berkembang ayam dari kecil hingga dewasa. Untuk itu peternak perlu menjaga kebersihan kandang agar ayamnya tidak mudah terkena virus dan bakteri.

Untuk ayam arab yang hanya dijadikan sebagai petelur untuk tujuan konsumsi biasanya kandang berbentuk dengan baterai yang agak miring. Sehingga telur yang dihasilkannya tidak kotor. Kandang baterai biasanya berbentuk memanjang dan disekat dengan kecil-kecil dalam satu sekat terdapat 1 ekor ayam arab. Kandang ayab arab perlu dijaga kebersihannya. Selama seminggu kandang perlu disemprot menggunakan desinfentant.

Jenis – jenis kandang ayam arab adalah sebagai berikut : 

  • Kandang boks untuk DOC hingga umur 3 minggu – 1 bulan

    Kandang jenis boks ini dilengkapi dengan pemanas buatan untuk menjaga kehangatan kandang. Pemanas bisa dari bohlam listrik atau dari briket batubara. Dalam satu meter bisa muat 70 ekor DOC ayam arab. Bagian dinding kandang boks perlu ditutup agar angin tidak mudah masuk. Lantai kandang bisa terbuat dari ram atau kawat agar kotoran mudah jatuh dan tidak mengotori kandang.kandang ayam kate

  • Kandang postal litter untuk umur 3 minggu ke atas

    Kandang jenis liter merupakan kandang dengan alas yang dibuat menggunakan sekam, serbuk kayu dan kapur,litter ini mempunyai ketebalan 7 – 10 cm. Dalam kandang postal fasilitas pemanas ruangan (lampu bohlam) bisa dilepaskan. Litter berfungsi sebagai penyerap kotoran atau cairan sisa minuman dan memberikan kehangatan pada ayam.  Pasir berfungsi mencegah terbentuknya gas amonia sedangkan kapur sebagai pembunuh kuman dan tidak mudah ditumbuhi jamur. Untuk litter sebaiknya dilakukan pembalikan agar tidak lembab. Litter yang terlalu basah bisa ditumbuhi jamur dan menyebabkan ayam terserang penyakit. Penggunaan kandang postal dapat digunakan hingga masa panen dengan kepadatan atau kapasitas per meter dikurangi sesuai umurnya.

    Kandang Sistem Postal Litter
    Kandang Postal
  • Kandang ren atau kandang setengah terbuka

    Tipe kandang ren merupakan salah satu kandang untuk pemeliharaan ayam arab. Kandang yang terbuka digunakan untuk aktivitas bermain, makan dan minum sedangkan kandang yang tertutup digunakan untuk bertelur, beristirahat dan tidur. Tipe kandang ini banyak digunakan untuk proses pembuahan sedangkan untuk kandang bertelur biasanya menggunakan kandang baterai.

    Tipe Kandang Ren
    Tipe Kandang Ren
  • Kandang baterai

    Tipe kandang baterai adalah kandang yang banyak digunakan untuk memelihara ayam arab siap telur. Kandang baterai biasanya memanjang dan disekat menjadi kandang kecil yang biasanya diisi 1 ekor ayam arab. Kandang baterai berbentuk agak miring sehingga telur yang dihasilkannya tidak terkena kotoran ayam."<yoastmark

Baca selanjutnya di :  

4. Kapasitas Kandang

Untuk kandang dengan ukuran 4 x 4 dan tinggi 2,5 meter dapat menampung 200 DOC hingga umur 1 bulan. Untuk kandang litter (umur 2 – 5 bulan) kapasitas 5-  7 ekor per meter. Sedangkan untuk umur 5 bulan keatas kapasitas per meter adalah 4 ekor per meter persegi. Di dalam kandang perlu dibuatkan tempat bertengger yang terbuat dari kayu atau mampu berdiameter 4 cm. Tinggi dari permukaan kantai sekitar 40 – 60 cm.

5. Suhu dan Kelembaban Kandang

Dalam beternak ayam arab, perlu diperhatikan suhu dan kelembapan kandang yang ideal bagi ayam. Untuk ayam arab, suhu ideal di dalam kandang adalah 27 derajat Celcius. Untuk kelembaban berkisar 60 – 80 %. Suhu yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kandang menjadi panas dan ayam menjadi dehidrasi serta bisa stres.

 6. Perkawinan Ayam Arab

Ayam arab termasuk ayam yang mempunyai produktivitas telur tinggi dan mempunyai libido yang tinggi. Dalam satu hari mereka bisa berkali-kali melakukan perkawinan. Jadi karakter mirip dengan ayam kate, ayam serama, ayam batik kanada dan ayam batik Itali. Dari segi postur tubuhnya yang mungil, produktivitas tinggi dan libido yang tinggi juga. Dalam melakukan perkawinan komposisi jantan dan betina berbanding 1 : 8. Sehingga dalam 1 kandang 1 jantan dan 8 betina. Pada umur 5 bulan ayam arab sudah mulai bertelur.  Sedangkan puncak produksi pada umur 8 bulan.

7. Pengendalian Terhadap Penyakit

Seperti halnya ayam lain, ayam arab juga bisa berpotensi terkena penyakit. Penyakit yang biasa menjangkiti adalah jenis ND atau Newcastle Desease. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit ayam arab tersebut bisa di vaksin ND. Vaksinasi dilakukan pada saat umur 3 atau 4 hari, umur 10 hari, umur 21 hari dan umur 30 hari. Selain itu ada jenis penyakit yang bisa menyerang hati ayam arab yang disebabkan virus marek. Untuk penyakit lain yang bisa hinggap pada ayam adalah flu burung. Untuk itu sebagai upaya pencegahan bisa dilakukan vaksinasi.
Ayam Arab
Ayam Arab
Selain itu, untuk mengurangi resiko terkena penyakit bisa dilakukan upaya pencegahan seperti menjaga kebersihan kandang, mengupayakan kandang terkena sinar matahari agar tidak lembab dan ditumbuhi jamur, kandang mempunyai ventilasi yang lancar dan sanitasi di seluruh bagian kandang.
Demikian beberapa informasi mengenai ayam arab petelur. Melihat potensinya yang sangat besar maka banyak peternak yang beralih memelihara ayam arab untuk mencukupi kebutuhan telurnya maupun untuk dijual kembali.
Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOC ayam kampung asli dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS

0838-6918-5523

Kata terkait :
Budidaya DOC ayam arab, beternak ayam arab di lahan sempit, masa panen ayam arab, tantangan beternak ayam arab, produktivitas ayam arab, harga DOC ayam arab, analisa usaha beternak ayam arab untuk 100 ekor, ukuran kandang baterai untuk ayam arab siap telur

**Yuni Ambarwati**

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
Hobiternak.com
Nama Produk
DOC Ayam Arab
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: