7 Peralatan Kandang Yang Digunakan Untuk Mendukung Budidaya Ayam Kampung Super

7 Peralatan Kandang Yang Digunakan Untuk Mendukung Budidaya Ayam Kampung Super – Beternak memeang merupakan suatu kegiatan yang telah banyak masyarakat lakukan. Bahkan beternak juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan tanpa menimbulkan rasa bosan. Umumnya beternak yang paling banyak orang lakukan adalah dengan beternak ayam kampung super atau bisa disebut dengan JOPER. 

Saat peternak mulai memutuskan untuk membudidayakan ternak Ayam Kampung Super maka hal yang tidak boleh dilupakan adalah pembuatan kandang berserta peralatan pemeliharaan ayam. Peralatan kandang tersebut berguna untuk memudahkan peternak dalam proses pembersaran ayam kampung super. 

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super saat di dalam kandang diberikan lampu penerangan agar DOC selalu dalam keadaan hangat

Peralatan kandang yang dapat mendukung suksesnya budidaya ayam tersebut memiliki beberapa macam jenisnya, dan perlu dipersiapkan sebelum kandang terisi dengan bibit atau DOC JOPER. Tetapi sebelum mempersiapkan peralatan apa saja yang diperlukan alangkah baiknya jika peternak mempersiapkan kandang ayam joper sederhana. 

Untuk kandang usia DOC/Bibit peternak dapat mempersiapkan kandang berupa kandang boks atau kandang starter. Ukuran kandang ayam joper 100 ekor, bisa menggunakan ukuran 2 x 2 x 0,4 m. Pembuatan model kandang ayam di lahan sempit juga bisa peternak terapkan. Karena pada umumnya beternak ayam kampung super atau joper ini tidak memerlukan ukuran kandang yang cukup luas. 

Apa saja peralatan pendukung yang dibutuhkan untuk memelihara Ayam Kampung Super ?

1. Wadah pakan dan minum

Selama ayam berada di dalam kandang, peternak perlu mempersiapkan makanan dan minuman. Bentuk tempat pakan untuk ayam yang baru menetas (DOC) dengan ayam yang sudah berada pada masa pembesaran bentuknya berbeda. Untuk anak ayam, tempat pakan berbentuk persegi empat atau bulat datar agar anak ayam mudah saat mengambil makanan. Minuman untuk ayam biasanya berbentuk panjang dan lurus dengan bentuk mirip huruf U atau V. Ada juga yang bentuknya seperti ember terbalik atau sarang koloni.

Salah satu contoh tempat pakan yang bisa digunakan
Salah satu contoh tempat pakan yang bisa digunakan

Peternak memberikan pakan dan minum pada wadah tersebut dengan tujuan agar pakan atau minum tersebut tidak berceceran. Jumlah wadah pakan pada masa starter ukuran kandang doc 100 ekor DOC ayam kampung super, diperlukan 15 wadah pakan bentuk panjang dan wadah minum bulat 10 buah. Setelah anak ayam berumur 6 minggu wadah pakan dikurangi menadi 10 buah dan wadah minum menjadi 6 buah.

2. Alat pemanas (brooder)

Alat pemanas atau brooder ini fungsinya sebagai penghangat ruangan agar anak ayam tidak kedinginan. Bentuk brooder sendiri bentuknya seperti lampu pijar, lampu minyak, kompor atau gasolek. Penggunaan gasolek bilamana jumlah DOC yang dipelihara dalam jumlah yang banyak, pada umumnya dilakukan oleh peternak besar dan dengan pengelolaan yang modern.

Gas Brooder berfungsi sebagai pemanas kandang ayam JOPER
Gas Brooder berfungsi sebagai pemanas kandang ayam JOPER

Gasolek dapat menghangatkan anak ayam yang berjumlah 1000 – 1500 ekor. Untuk gasolek menggunakan energi gas. Bila jumlah DOC yang dipelihara tidak terlalu banyak bisa menggunakan pemanas seperti bohlam listrik dengan kekuatan yang disesuaikan dengan suhu sekitar. Pemanas buatan ini dapat bermanfaat menghangatkan suhu untuk anak ayam yang berumur hingga 30 hari.

3. Termometer

Fungsi termometer adalah pengatur suhu. Alat ini digunakan mengontrol suhu dalam kandang untuk tahap awal pemeliharaan ayam kampung super (fase starter). Dengan adanya alat ini maka peternak dapat memantau suhu optimal setiap tingkatan umur ayam. Penempatan termometer sebaiknya tidak mengganggu ketenangan anak ayam dan diletakkan pada tempat yang mudah dilihat oleh peternak.

Termometer
Termometer sebagai Pengatur Suhu Kandang

Baca lebih lanjut :

4. Ember dan gayung

Ember diperlukan sebagai tempat mengangkut pakan ke kandang agar dapat mempermudah peternak dalam pemberian pakan pada ternak ayam. Hal ini dilakukan agar pakan tidak tumpah saat dibawa dan lebih praktis. Selain itu dapat juga digunakan untuk mengambil air. Sedangkan gayung digunakan untuk mengambil air dari bak penampungan dan mengambil air dari ember ke tempat minum.

5. Selang dan sekop

Selang mempunyai manfaat mengalirkan air dari sumber air ke bak penampungan dan menyemprotkan air ke kandang saat kita membersihkan kandang. Sedangkan sekop bermanfaat untuk membersihkan kotoran ayam, alat pengaduk pada saat kita menyusun ransum pakan ayam.

6. Kawat atau tali

Kawat atau tali berguna untuk menggantungkan tempat pakan dan minum ayam. Selain itu dapat digunakan untuk menali tirai kandang agar tidak lepas ketika terkena angin. Panjang kawat atau tali yang digunakan sekitar 2 meter bahkan bisa lebih tergantung pada jumlah pemakaian. 

7. Drum

Drum berfungsi sebagai bak penampungan air dari sumber air. Selain itu drum juga dapat berfungsi untuk pembuatan pakan fermentasi. 

Keterangan diatas merupakan beberapa perlatan yang dapat peternak persiapkan sebelum memulai usaha budidaya ayam kampung super. Bagi Anda yang tertarik untuk memlihara dan mengembangkan usaha budidaya ayam kampung super kami menyediakan DOC Ayam Kampung Super dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOC Ayam Kampung Super baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa.
Untuk pemesanan hubungi kami segera d

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP