6 Permasalahan Yang Menyebabkan Stres Pada Ayam Kampung

Banyak masyarakat yang tertarik dengan memelihara ayam potong jenis ayam kampung super (joper). Joper ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Pemeliharaan sederhana dan dapat dilakukan oleh peternak pemula dan peternak profesional. Untuk mendapatkan ayam kampung super berkualitas dibutuhkan pemeliharaan yang optimal. Untuk itu diperlukan upaya pencegahan terhadap penyakit dan mengurangi resiko ayam terkena stres.

Kematian DOC atau bibit ayam joper yang bisa berujung kerugian ternak
Kematian DOC atau bibit ayam joper yang bisa berujung kerugian ternak

Beberapa permasalahan yang menyebabkan stres pada ayam  diantaranya :

Apa saja penyebab Ayam Kampung mengalami stres?

1.Ventilasi yang tidak lancar

Ventilasi cukup mempengaruhi tingkat kenyamanan ayam di dalam kandang. Jika ventilasi lancar maka ayam tidak mudah terkena stres namun jika ventilasi kurang bagus maka akan menyebabkan kandang menjadi pengap, panas dan ayam mudah stress. Ayam yang kepanasan akan banyak minum dan berkurang dalam mengkonsumsi makanan sehingga kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu bila dalam suatu kandang kekurangan ventilasi perlu penambahan jumlah ventilasi sehingga udara yang keluar masuk menjadi lancar.

Kandang Ayam Pejantan
Kandang Ayam Pejantan

2. Perubahan pakan ayam

Perubahan pola pakan secara mendadak juga akan mempengaruhi tingkat stres pada ayam karena akan tidak terbiasa makan makanan tersebut sebelumnya. Untuk itu dalam merubah pola pakan atau merubah jenis pakan dilakukan secara perlahan dan dalam jangka waktu yang tidak singkat. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya stres pada ayam. Ayam yang stres karena perubahan pola pakan akan menyebabkan kehilangan nafsu makan dan akan mempengaruhi tumbuh kembang ayam. Untuk itu perlu perhitungan yang matang dan tidak dilakukan secara serta merta.

3. Suhu kandang      

Suhu dalam kandang yang terlalu tinggi akan menyebabkan tingkat stres pada ayam meningkat. Untuk itu penanganan dengan memberikan tambahan ventilasi agar udara segar dapat masuk ke kandang. Dengan begitu udara di dalam kandang cukup nyaman untuk ayam.

Permasalahan Ayam
Kandang Bagus dan Tepat

4. Bentuk dan jumlah wadah pakan dan minum

Mungkin bagi peternak pemula belum menyadari bahwa bentuk pakan mempengaruhi tingkat stres pada ayam. Untuk itu perlu pemberian bentuk pakan yang tepat sesuai umur ayam untuk menghindari resiko ayam menjadi stres. Pada umumnya pakan untuk DOC atau anakan yang baru menetas hingga berumur 3 minggu diberikan pakan yang berbentuk bubuk atau butiran yang sangat halus sehingga memudahkan DOC memakannya. Setelah berumur 3 minggu lebih dapat diberikan pakan dnegan bentuk yang lebih besar.

Wadah Pakan Ayam
Wadah Pakan Ayam

Selain itu wadah pakan juga mempengaruhi tingkat stres jika tidak tepat pemberiannya. Untuk DOC yang baru menetas hingga umur 3 minggu dapat diberikan wadah pakan yang lebar sehingga mudah mengambilnya atau bahkan cukup ditabur di atas kertas koran. Jika diletakkan dalam tempat yang tinggi dengan sulit untuk menjangkaunya maka anakan akan mudah stres. Tempat minum juga perlu mendapatkan perhatian yang baik agar DOC dapat dengan mudah minum tanpa membasahi tubuhnya atau DOC dapat tercebur ke dalam tempat minuman tersebut sehingga menyebabkan kedinginan bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Ruangan kandang terlalu terang/ gelap

Selain faktor yang telah disebutkan diatas, ada hal lain yang juga mempengaruhi tingkat stres pada ayam salah satunya adalah ruangan atau kandang terlalu terang atau bahkan terlalu gelap. Kandang perlu diatur pencahayaannya agar tepat , tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Jika terlalu gelap ayam akan banyak tidur sehingga kurang cepat tumbuh dan itu akan merugikan peternak karena masa panen akan lebih lama dibandingkan biasanya.

Permasalahan Ayam
Kandang Kurang Baik

6. Dalam satu kandang terdapat beberapa kategori umur

Jika dalam satu kandang terdapat beberapa jenis umur jelas akan mempengaruhi tingkat stres terutama pada ayam yang mempunyai kategori umur lebih muda. Ayam muda akan kesulitan dalam mendapatkan makanan karena kalah dalam memperebutkan makanan dengan ayam  yang umurnya lebih besar. Selain itu ayam muda bisa mendapatkan gangguan dari ayam yang lebih besar sehingga memperbesar tingkat stres. Untuk itu penanganan yang tepat adalah dengan memisahkan kandang ayam berdasarkan kategori umur.

Bagaimana cara mencegah ayam tidak mengalami kanibalisme?

1. Potong paruh

Untuk menghindari kanibalisme pada ayam biasanya dilakukan pemotongan pada paruhnya. Pemotongan paruh disisi lain memberikan nilai positif karena mengurangi kanibalisme pada ayam namun ada pengaruh negatif juga. Setelah dipotong paruhnya biasanya menyebabkan kesulitan saat mengambil makanan.

Pemotongan paruh setelah melewati masa yang dianjurkan akan memberi dampak stres pada ayam. Untuk itu perlu waktu yang tepat agar mengurangi resiko stres pada ayam. Ayam yang dipotong paruhnya akan berdampak mengurangi konsumsi pakan secara drastis jika dilakukan pada waktu yang tidak dianjurkan. Waktu yang baik adalah pada saat umur 1 hari dan pada saat umur 9 – 10 minggu.

DOC Ayam
DOC Ayam

2. Pindah kandang

Pindah kandang juga mempengaruhi tingkat stres pada ayam. Untuk itu perlu dipertimbangkan untuk memindahkan ayam ke kandang yang lain sebelum masa panen tiba. Sebaiknya dari DOC hingga masa panen dalam satu kandang dan cukup digeser sekat yang membatasi antar blok kandang. Dengan begitu akan mengurangi resiko stres ayam.

3. Vaksinasi yang tidak tepat

Untuk mencegah terjangkitnya penyakit pada ayam biasanya peternak melakukan vaksinasi pada ayamnya. Vaksinasi sendiri bisa dilakukan mulai umur 3 hari, 10 hari, 21 hari dan 30 hari. Ayam yang baru saja diberi vaksinasi dengan tidak tepat akan menyebabkan stres pada ayam. Vaksinasi sendiri dilakukan pada ayam yang benar-benar sehat dan pada umur yang dianjurkan.

Jenis vaksin pada Ayam dengan metode menggunakan vaksin tetes
Jenis vaksin pada Ayam dengan metode menggunakan vaksin tetes

Itulah beberapa permasalahan yang menyebabkan ayam menjadi stres. Dengan menghindari pemicu stres maka akan mengurangi resiko ayam terkena stres. Ayam yang terkena stres akan berkurang nafsu makannnya. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang optimal akan mengakibatkan sakit dan terkena resiko terjadi kematian.

Kami dari hobiternak.com menyediakan berbagai jenis DOC Ayam dan bisa mengirimkan ke seluruh Indonesia. Untuk itu jika mau memesan segera hubungi kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
081931409353

Kata terkait:
obat ayam stres, obat herbal ayam stres, penyebab ayam stres, heat stress pada ayam, obat anti stres ayam, cara mengatasi ayam hutan yang stres mengatasi ayam berhenti bertelur, cara menghilangkan stres pada ayam 

**Yuni Ambarwati**

*.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: