Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Dengan Sistem Baterai

Kandang memiliki fungsi yang cukup penting bagi ayam. Kandang dapat melindungi ayam dari teriknya sinar matahari, hujan, dinginnya malam, dan berbagai serangan hewan pemangsa yang dapat merugikan ayam. Selain itu, kandang juga dapat mempermudah peternak untuk memelihara ayam tersebut.

1. Dapat memberikan kenyamanan bagi ayam yang sedang di pelihara
2. Dapat memberikan kemudahan peternak dalam memelihara
3. Tidak merugikan orang lain atau pihak lain

Kandang Ayam Petelur sistem Baterai banyak digunakan oleh karena praktis dan efisien
Kandang Ayam Petelur sistem Baterai banyak digunakan oleh karena praktis dan efisien

Untuk kandang yang cocok bagi ayam petelur yaitu kandang system baterai. Kandang sistem baterai adalah kandang yang memiliki bentuk seperti sangkar atau kurungan yang di susun berderet dan memanjang serta bertingkat. Biasanya setiap sangkar bisa di isi 1 atau 2 ekor tergantung peternak sendiri. Namun dari hasil penelitian yang sudah ada, pengisian 1 ekor per kandang lebih baik. Selain itu kandang ayam baterai bisa di katakan sebagai kandang ayam petelur modern yang murah namun tidak terkesan murahan.

Untuk membuat kandang baterai bisa menggunakan bambu atau kawat. Kandang bambu bisa di buat sendiri, namun dengan mengikuti pedoman ukuran yang benar. Apabila Anda tidak ingin repot untuk membuat kandang petelur sendiri, Anda bisa membeli langsung kandang yang menggunakan bahan dari kawat dan ini akan menghemat waktu Anda juga. Karena memang cara membuat kandang baterai dari kawat ini cukup rumit. Dan apabila Anda ingin praktis dan menghemat waktu bisa langsung membeli ke penjual kandang baterai. Karena saat ini cukup banyak yang menjual atau menyediakan kandang ayam baik kandang ayam dengan bambu ataupun dengan kawat.

Berapa harga Kandang Ayam Petelur ? 

Harga kandang ayam petelur bervariasi. Jika di bandingkan kandang ayam petelur bambu dan kandang ayam petelur kawat atau kandang ayam petelur baja ringan lebih mahal kandang kawat karena kandang ayam petelur tersebut lebih tahan lama dan lebih bersih juga. Jika harga kandang ayam petelur dari bambu tersebut harganya lebih murah karena tidak tahan lama. Tidak tahan lama tersebut di sebabkan oleh rayap.

Namun untuk kandang ini kami kembalikan kembali ke peternak, karena memang untuk kandang itu sesuai selera dari peternak sendiri. Ada yang lebih menyukai menggunakan bambu dan ada juga yang lebih menyukai dengan kawat besi.

Kandang Baterai banyak digunakan oleh peternak Ayam Petelur karena lebih efektif dan efisien
Kandang Baterai banyak digunakan oleh peternak Ayam Petelur karena lebih efektif dan efisien

Ukuran kandang baterai untuk ayam petelur tiap peternak berbeda – beda jadi tergantung dengan peternak sendiri. Berikut adalah ukuran standari kandang baterai :

1.Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm

Kandang dengan ukuran tersebut dapat menampung 8 ekor ayam dengan posisi kepala ayam di dalam kandang. Ukuran kandang di atas di sekat menjadi 4 pintu dan tiap sekat berisi 2 ekor ayam.

2. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm

Kandang dengan ukuran tersebut sama dengan ukuran sebelumnya yang dapat menampung 8 ekor ayam petelur namun bedanya kepala pada ayam ini berada di luar.

3.  Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm

Model kandang ini sama seperti pada nomor 1 . Kandang dengan ukuran ini dapat menampung 6 ekor ayam dengan kandang di sekat menjadi 6 pintu dan setiap pintu di isi 1 ekor saja.

4. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm

Ukuran kandang ini sama seperti model nomor 3 hanya saja ini versi minimalisnya. Kandang dengan ukuran diatas dapat menampung 6 ekor ayam.

Sebagai informasi saja ukuran kandang nomor 3 dan 4 memiliki kelebihan yaitu Anda bisa mengetahui kualitas telur yang di hasilkan dan dapat mengetahui produktivitas masing–masih ayam.. Namun balik lagi semua itu tergantung dari peternak sendiri.

Berapa ukuran kandang Ayam Petelur 50 ekor dan 100 ekor ?

Untuk ukuran kandang ayam petelur dengan kapasitas 50 ekor bisa dengan luas 10 meter persegi. Sedangkan ukuran kandang ayam petelur 100 ekor bisa dengan luas 20 meter persegi. Namun untuk ukuran tersebut bisa di sesuaikan dengan kondisi ayam dan peternak itu sendiri. Selain itu ukuran kandang ayam petelur 500 ekor dan ukuran kandang ayam petelur untuk 1000 ekor peternak dapat menyesuaikan ukuran luas perkandang dengan kapasitas ayam petelur yang diperlihara tersebut. 

Beternak Ayam Petelur merupakan hal yang mudah diterapkan, bahkan dapat menggunakan skala yang kecil
Beternak Ayam Petelur merupakan hal yang mudah diterapkan, bahkan dapat menggunakan skala yang kecil

Berapa ukuran kandang Ayam Petelur menurut peraturan menteri pertanian ?

Menurut peraturan menteri pertanian nomor 31 Tahun 2004 ukuran standar kandang ayam petelur di lihat dari jumlah populasinya yaitu sebagai berikut :
1. 100-500 ekor = luas kandang 50 meter persegi
2. 500-1000 ekor = luas kandang 100 meter persegi
3. 1000-1500 ekor = luas kandang 150 meter persegi
4. 1500-2000 ekor = luas kandang 200 meter persegi
5. 2000-2500 ekor = luas kandang 250 meter persegi
6. 2500-3000 ekor = luas kandang 300 meter persegi

Ukuran kandang ayam petelur ini bisa di sesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. Yang terpenting usahakan ayam nyaman berada di dalam kandang. 

Salah satu contoh kandang ayam petelur dengan sistem baterai
Salah satu contoh kandang ayam petelur dengan sistem baterai

Tempat pakan dan minum untuk ayam petelur ini cukup penting. Karena bentuk kandang baterai sendiri biasanya beringkat jadi usahakan pakan dan minum di buat bertingkat juga. Untuk peletakan sebaiknya tempat pakan berada di bawah agar bisa terjangkau ayam . Sedangkan untuk minumnya berada di atas. Bahan yang di gunakan untuk membuat tempat pakan bisa menggunakan kayu atau pipa.

Namun untuk para peternak sendiri biasanya lebih suka menggunakan pipa karena lebih murah dan terjangkau dari sisi harganya. Selain terjangkau bentuk pipa juga sudah berbentuk melengkung jadi memudahkan juga.

Lokasi kandang sebaiknya jauh dari pemukiman agar bau yang di timbulkan dari ayam atau kotoran ayam tidak mengganggu masyarakat sekitar atau pemukiman sekitar. Selain jauh dari pemukiman, kandang juga harus selalu dalam keadaan kering.

Apabila Anda menggunakan kandang baterai sebaiknya dibuat bertigkat maksimal 3 sampai 4 tingkat dan di susun dengan aturan kandang yang paling atas di susun ke belakang yang fungsinya agar kotoran yang ada di kandang atas tidak jatuh di kandang bawah.

Informasi di atas adalah cara membuat kandang ayam petelur dengan sistem baterai, namun apabila usaha Anda baru untuk skala kecil jadi cara membuat kandang ayam petelur skala kecil berbeda. Biasanya kalau untuk skala kecil pembuatannya lebih sederhana atau simpel di bandingkan skala yang besar.

Dan apabila Anda tertarik untuk beternak Ayam Petelur kami dari hobiternak.com menyediakan DOC atau bibit ayam petelur usia baru saja menetas atau usia 1 hari. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Silahkan hubungi layanan pelanggan kami baik via watsapp atau telepon di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : cara membuat kandang ayam petelur skala kecil,harga kandang ayam petelur,ukuran kandang ayam petelur 100 ekor,kandang ayam petelur modern,ukuran kandang ayam petelur 50 ekor,desain kandang ayam petelur modern,cara membuat kandang baterai dari kawat,harga kandang ayam petelur dari bambu, kandang ayam petelur baja ringan, ukuran kandang ayam petelur untuk 1000 ekor

Image Sources :

  • kandang baterai kawat: id.pinterest.com

6 thoughts on “Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Dengan Sistem Baterai

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: