Penyakit Tetelo yang Menyerang Ayam Kampung Super

Mengenal Penyakit Tetelo (Newcastle Disease) yang Bisa Menyerang Ayam Kampung Super

Mengenal Penyakit Tetelo (Newcastle Disease) yang Bisa Menyerang Ayam Kampung Super

Bagi peternak, mengenal berbagai jenis penyakit merupakan hal yang perlu dilakukan. Kita mengetahui ada banyak jenis penyakit yang bisa menjangkit unggas yang kita pelihara, apapun jenis ayam kita, tanpa terkecuali Ayam Kampung Super. Ayam kampung super termasuk jenis ayam yang lebih tahan terhadap penyakit. Namun ada beberapa penyakit yang bisa menjangkit ayam kampung super. Penyakit yang bisa menyerang tersebut diantaranya penyakit tetelo, penyakit gumboro, bronkitis dan penyakit ngorok. Penyakit menular yang sering menyerang ayam tersebut cukup berbahaya karena 3-4 hari dari merebaknya tetelo maka ayam yang terdapat dalam satu populasi bisa terjangkit semua.

Penyakit tetelo atau sampar menyerang sistem bagian tubuh ayam. Penularan penyakit tetelo disebabkan sanitasi kandang yang kurang baik, kontaminasi maupun tertular dari burung yang masuk ke area kandang.

Penyakit Tetelo yang Menyerang Ayam Kampung Super

Penyakit Tetelo yang Menyerang Ayam Kampung Super

Ada berapa tingkatan penyakit tetelo itu?

Penyakit sampar atau tetelo ini mempunyai tingkatan yang berbeda-beda:

  1. Tipe Velogenik

Penyakit tetelo dengan tipe velogenik sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian hingga 100 %.

  1. Tipe Mesogenik (Strain ND tipe sedang)

Penyakit ini dapat menjangkiti anak ayam dan ayam yang masih muda. Kematian akibat penyakit denga tipe mesogenik bisa mencapai 30% dari seluruh populasi ayam dikandang. Ayam yang jarang terkena tetelo tipe mesogenik adalah ayam yang berumur 8 bulan keatas (yang sudah dewasa). Bagian tubuh yang diserang adalah sistem pernapasan dan syaraf.

  1. Tipe Lentogenik (strain ND tipe lemah)

Ayam yang terkena penyakit ini menyebabkan produktivitas telur menjadi berkurang. Telur yang dihasilkannya juga mengalami penurunan kualitas. Penyakit ND stadium lemah ini hampir tidak menyebabkan kematian hanya pernapasan agak megap-megap.

Penyakit sampar atau tetelo ini mempunyai beberapa gejala diantaranya megap-megap, lemah, lesu, tidak mempunyai nafsu makan, ngorok dan beberapa gejala lainnya.

Cara penanggulangannya dengan diberikan vaksinasi secara teratur. Jenis vaksin yang diberikan ND Lasota, ND Komarov. Sekarang ini ada vaksin ND-IB yang merupakan kombinasi vaksin yang cukup efektif. Sebaiknya vaksinasi NB-IB diberikan saat anak ayam berumur kurang dari 1 minggu.

Penyakit Tetelo pada Ayam Kampung Super

Penyakit Tetelo pada Ayam Kampung Super

Untuk tindakan pencegahan bisa dilakukan dengan cara:

  1. Membersihkan kandang secara teratur. Kandang diusahakan mendapat sinar matahari yang cukup agar dalam kondisi kering dan tidak lembab.
  2. Ayam yang terdeteksi terkena tetelo dipisahkan dan diletakkan dalam kandang karantina agar tidak menular ke unggas yang lain.

Pengobatan dengan cara dilakukan pemberian antibiotik yang bertujuan untuk mengobati infeksi sekunder akibat kuman. Pemberian antibiotik dilakukan bersamaan dengan pemberian multivitamin agar stamina ayam cepat pulih. Multivitamin diberikan melalui air minum yang biasa diberikan ke Ayam Kampung Super.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Kata terkait:

Harga DOC ayam kampung super wilayah Sumatera, peluang usaha ternak ayam kampung super, ukuran kandang ayam kampung super fase grower, harga jual ayam kampung super pedaging tahun 2017, pengiriman DOC ayam kampung super ke Sulawesi Selatan, DOC ayam kampung super, DOC ayam jawa super, peternak DOC ayam kampung super, sedia DOC ayam kampung super, penyedia DOC ayam kampung super, tempat penyedia DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, pesan DOC ayam kampung super, kirim DOC ayam kampung super, pengiriman DOC ayam kampung super

Leave a Reply