3 Tipe Penyakit Tetelo pada Ayam Kampung Super

Bagi peternak, mengenal berbagai jenis penyakit merupakan hal yang perlu dilakukan.

Kita mengetahui ada banyak jenis penyakit yang bisa menjangkit unggas yang kita pelihara, apapun jenis ayam kita, tanpa terkecuali Ayam Kampung Super.

Ayam kampung super termasuk jenis ayam yang lebih tahan terhadap penyakit. Namun ada beberapa penyakit yang bisa menjangkit ayam kampung super.

Penyakit yang biasanya menyerang pada ayam kampung super tersebut diantaranya penyakit tetelo, gumboro, bronkitis dan ngorok.

Saat ini ternak ayam kampung super banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Karena memiliki masa panen yang cepat yakni sekitar 60 hari panen atau 2 bulan saja | image 1
Saat ini ternak ayam kampung super banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Karena memiliki masa panen yang cepat yakni sekitar 60 hari panen atau 2 bulan saja | image 1

Penyakit tetelo pada ayam kampung ini biasanya menular dengan waktu yang cepat. Biasanya penyakit tetelo pada ayam ini dapat menjangkit 3 – 4 hari, bahkan ayam yang terdapat dalam satu populasi bisa terjangkit semua.

Penyakit tetelo pada ayam atau sampar menyerang sistem kekebalan bagian tubuh ayam.

Penularan penyakit tetelo disebabkan sanitasi kandang yang kurang baik, kontaminasi maupun tertular dari burung yang masuk ke area kandang.

Salah satu gambar penyakit tetelo pada ayam kampung super | image 2
Salah satu gambar penyakit tetelo pada ayam kampung super | image 2

Tipe – tipe Penyakit Tetelo pada Ayam

Penyakit sampar atau tetelo ini mempunyai tingkatan yang berbeda – beda :

1. Tipe Velogenik

Pada tingkatan inilah penyakit tetelo akan menjadi momok menakutkan bagi peternak ayam.

Setelah virus menyebar dan tidak adanya penanganan yang lebih lanjut biasanya penyakit dengan tipe velogenik sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kematian hingga 100 %.

Pada fakta yang bersumber dari para peternak penyakit tetelo belum ditemukan obat yang efisien untuk mengobati atau disembuhkan.

Oleh sebab itu, ayam yang sudah terkena dan terjangkit harus segera dimusnahkan karena untuk mencegah penuralan ke ayam yang lainnya.

Ayam yang terserang penyakit tetelo jika tidak segera dipindah atau dimusnahkan akan menyebabkan penularan secara massal. Sehingga ayam yang sehat pun akan secara tiba tiba terjangkit penyakit dan menyebabkan kematian dengan jumlah yang banyak | image 3
Ayam yang terserang penyakit tetelo jika tidak segera dipindah atau dimusnahkan akan menyebabkan penularan secara massal. Sehingga ayam yang sehat pun akan secara tiba tiba terjangkit penyakit dan menyebabkan kematian dengan jumlah yang banyak | image 3

Pencegahan terbaik guna mengurangi serangan penyakit tetelo adalah dengan memberikan vaksinisasi ayam secara rutin dengan jenis vaksin strain F, strain K dan Lasota.

Dalam melakukan pembelian vaksin peternak harus memperhatikan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan, sebab vaksin harus habis dalam satu kali pemakaian.

Sebelum melakukan vaksinisasi pada ayam peternak harus memperhatikan juga beberapa hal seperti dibawah ini :

  • Simpan vaksin dalam suhu dingin
  • Alat yang akan digunakan untuk vaksinisasi pada ayam harus steril dan bebas dari kuman
  • Sebelum melakukan vaksin sebaiknya ayam diberikan makan terlebih dahulu
  • Lakukan vaksinisasi pada waktu pagi atau sore hari, jangan melakukan vaksin pada saat siang hari saat matahari sedang panas – panasnya
  • Pastikan ayam yang akan diberikan vaksin dalam keadaan sehat.

2. Tipe Mesogenik (Strain ND tipe sedang)

Penyakit ini dapat menjangkit anak ayam dan ayam yang masih muda. Kematian akibat penyakit denga tipe mesogenik bisa mencapai 30% dari seluruh populasi ayam dikandang.

Ayam yang jarang terkena tetelo tipe mesogenik adalah ayam yang berumur 8 bulan keatas (yang sudah dewasa).

Baca juga : Ancaman Penyakit Tetelo atau ND pada Ternak Ayam Kampung di Musim Peralihan

Penyakit tetelo pada ayam tipe ini biasanya banyak menyerang ayam muda sekitar 30 % dan kebanyakan menyerang ayam usia dewasa | image 4
Penyakit tetelo pada ayam tipe ini biasanya banyak menyerang ayam muda sekitar 30 % dan kebanyakan menyerang ayam usia dewasa | image 4

Bagian tubuh yang diserang adalah sistem pernapasan dan syaraf. Pada tingkatan ini gejala yang akan ditimbukan adalah gangguan pernafasan pada ayam.

Biasanya tingkat ini akan membuat ayam yang masih berusia muda akan lebih banyak mengalami kematian.

3. Tipe Lentogenik (strain ND tipe lemah)

Ayam yang terkena penyakit ini menyebabkan produktivitas telur menjadi berkurang. Telur yang dihasilkannya juga mengalami penurunan kualitas.

Penyakit ND stadium lemah ini hampir tidak menyebabkan kematian hanya pernapasan agak megap – megap.

Penyakit sampar atau tetelo ini mempunyai beberapa gejala diantaranya megap-megap, lemah, lesu, tidak mempunyai nafsu makan, ngorok dan beberapa gejala lainnya.

Cara penanggulangannya dengan diberikan vaksinasi secara teratur. Jenis vaksin yang diberikan ND Lasota, ND Komarov.

Penyakit tetelo yang menyerang pada ayam petelur biasanya akan menyebabkan menurunnya jumlah produktivitas telur | image 5
Penyakit tetelo yang menyerang pada ayam petelur biasanya akan menyebabkan menurunnya jumlah produktivitas telur | image 5

Sekarang ini ada vaksin ND-IB yang merupakan kombinasi vaksin yang cukup efektif.

Sebaiknya vaksinasi NB-IB diberikan saat anak ayam berumur kurang dari 1 minggu.

Gejala yang ditimbulkan ketika ayam terkena penyakit tetelo adalah sebagai berikut : 

  • Excessive mocus di bagian trakea
  • Gangguan pernafasan pada ayam yang biasanya ayam akan mengalami batuk, bersin – bersin, ngorok, dan juga nafasnya ngap – ngapan
  • Pada tubuh ayam akan terlihat lesu dan lemas
  • Nafsu makan pada ayam akan menjadi menurun dinanding pada hari – hari biasanya.
  • Bila penyakit ini menyerang pada ayam betina, ini akan mengakibatkan produktivitas telur menjadi menurun
  • Kotoran ayam akan terlihat lebih encer dan berwarna hijau
  • Pada kornea mata ayam terlihat keruh, jenggernya berwarna biru, sayam akan menjadi menurun dan ketika sudah parah maka akan terjadi kelumpuhan saraf yang akan mengakibatkan kejang – kejang dan leher terpuntir ke arah bawah

Baca juga : Jual Trimezyns Persachet dan Perdus Terjangkau

Untuk mencegah terjadinya penyakit ayam tetelo pada ayam yakni dengan memberikan vaksin rutin sesuai dengan jadwal | image 7
Untuk mencegah terjadinya penyakit ayam tetelo pada ayam yakni dengan memberikan vaksin rutin sesuai dengan jadwal | image 7

Pencegahan penyakit tetelo pada ayam dilakukan dengan cara :

  1. Membersihkan kandang secara teratur. Kandang diusahakan mendapat sinar matahari yang cukup agar dalam kondisi kering dan tidak lembab.
  2. Ayam yang terdeteksi terkena tetelo dipisahkan dan diletakkan dalam kandang karantina agar tidak menular ke unggas yang lain.
  3. Pemberian vaksinisasi pada ayam harus dilakukan agar dapat memperoleh imun dan kekebalan tubuh menjadi kuat terhadap serangan berbagai penyakit. Vaksinasi pertama dapat dilakukan dengan cara pemberian obat melalui tetes mata pada kedua mata ayam. Untuk selanjutnya, pemberian vaksin dapat dilakukan dengan cara suntik di intramuskuler otot dada pada ayam.

Cara menyembuhkan penyakit tetelo dilakukan dengan memberikan antibiotik yang bertujuan untuk mengobati infeksi sekunder akibat kuman.

Pemberian antibiotik dilakukan bersamaan dengan pemberian multivitamin agar stamina ayam cepat pulih. Multivitamin diberikan melalui air minum yang biasa diberikan ke Ayam Kampung Super.

Vaksinasi bisa juga diberikan ke dalam air minum | image 8
Vaksinasi bisa juga diberikan ke dalam air minum | image 8

Selain itu obat penyakit tetelo pada ayam dapat juga didapatkan dengan menggunakan bahan – bahan herbal. Seperti dengan menggunakan daun pepaya yang ditumbuk lalu diambil airnya.

Setelah airnya terkumpul peternak dapat langsung memberikan air perasan tersebut minimal sehari dua kali.

Untuk obat tetelo paling ampuh saat ini memang belum ditemukan, tetapi peternak bisa memanfaatkan obat herbal dan obat yang dapat di beli di toko obat hewan terdekat.

Apakah penyakit Tetelo menular ?

Penyakit ND atau Newcastel Disesea tergolong berbahaya, walaupun tidak menular pada manusia. Tetapi penyakit tetelo ini memiliki masa penularan yang cepat bahkan pada ayam yang terserang penyakit ini akan mengalami kematian hingga mencapai 90 %.

Cara penularan penyakit tetelo pada ayam ini biasanya berasal dari kontak langsung dengan ayam yang sakit kemudian juga berasal dari fases atau kotoran ayam.

Jika ayam Anda mengalami gejala – gejala seperti yang kami sebutkan diatas sebaiknya segera dipisah. Karena jika tidak dipisah dengan ayam yang lain akan terjadi penularan penyakit.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak Ayam Kampung Super kami dari hobiternak.com menyediakan DOC/ Bibit Ayam JOPER usia baru saja menetas. 

Kami siap mengirimkan DOC Ayam JOPER hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dengan biaya ongkir terjangkau. 

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya : 

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS Admin Umum
0812-2028-8686

VERA
Joper & Ayam Kampung Asli
0895-6124-93491

Kata terkait : tetelo, obat penyakit tetelo pada ayam, obat tetelo paling ampuh, apakah penyakit tetelo menular, cara menyembuhkan penyakit tetelo, cara penularan penyakit tetelo, apa akibatnya jika ayam terserang penyakit tetelo, pencegahan penyakit tetelo pada ayam

5/5 - (12 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya.

Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat. Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Image Sources :

  • image 4: Owned by the author
  • image 2: hobiternak.com
  • image 1: independent.co.uk
  • image 4: animalequality.org
  • image 5: agrozine.id
  • image 4: colabug.com
  • image 3: sohu.com
  • thumnail: topagrar.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA