Jual DOD atau Bibit Bebek Hibrida Pedaging untuk Daerah  Jakarta

Usaha Ternak bebek Petelur Bisa Menjadi Tambahan Penghasilan

Usaha Ternak bebek Petelur Bisa Menjadi Tambahan Penghasilan

Bebek petelur merupakan salah satu jenis bebek yang cukup banyak diminati oleh peternak. Usaha ternak bebek petelur yang kini, permintaan telur bebek cukup banyak dan meningkat dari tahun ke tahun. Bebek petelur cukup mudah dipelihara dan dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan tambahan atau sebagai bisnis utama masyarakat.

Dalam pemeliharaan bebek petelur, masyarakat menggunakan cara pemeliharaan yang berbeda-beda. Sistem pemeliharaan dengan cara diumbar supaya bebek bisa mendapatkan pakan di lingkungan sekitar. Namun, cara ini kurang efektif karena pakan bebek tidak terkontrol, karena pada masa awal bebek petelur akan lebih lama dibandingkan dengan pemeliharaan secara intensif. Cara intensif lebih efektif karena bebek dipelihara didalam kandang sehingga, pada umur 6 bulan sudah mulai bertelur.

usaha ternak bebek petelur

Sistem Angon/ diumbar untuk Bebek Petelur

Beberapa ciri bebek petelur diantaranya:

  1. Mempunyai badan yang tinggi dan tegak seperti botol serta kuat jalan jauh

  2. Gerakannya lincah dan matanya bersinar

  3. Mempunyai nafsu makan yang tinggi.

Jenis bebek petelur yang potensial diantaranya bebek Mojosari, bebek tegal, bebek alabio, bebek Khaki Champbell, bebek ratu, bebek Bali. Produksi telur dan masa bertelur, masing-masing jenis bebek berbeda-beda. Diantara bebek yang paling banyak produksi telur adalah bebek Khaki Champbell berproduksi 300-330 butir per ekor per tahun. Mulai bertelur umur 22-24 minggu. Alabio yang mampu bertelur 275-300 butir telur per ekor per tahun. Mulai bertelur umur 24 minggu.

Dengan produktivitas telur yang tinggi maka akan memberi keuntungan pada peternak, usaha ternak bebek petelur dapat menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak. Untuk mendapatkan produksi telur yang tinggi memang membutuhkan bibit yang berkualitas, cara pemeliharaan dan penanganan yang tepat terhadap gangguan kesehatan bebek.

Kandang untuk bebek petelur mempunyai ukuran yang bermacam-macam. Yang paling praktis adalah kandang dengan sistem ren atau kandang sistem setengah terbuka. Kandang ini cukup praktis karena mempunyai 2 fungsi yang berbeda, yaitu sebagai tempat bebek tidur, istirahat dan bertelur. Ruangan ini diberi tempat naungan atau atap sebagai tempat berteduh. Sementara sisa ruangan digunakan sebagai tempat makan, minum dan beraktivitas kala siang hari.

usaha ternak bebek petelur

kandang sistem ren atau kandang sistem setengah terbuka

Dengan memiliki lahan yang tidak begitu luas, maka masyarakat dapat memulai beternak bebek petelur. Bagi peternak pemula dapat memulai memelihara bebek skala kecil-kecilan sekitar 100-200 ekor dalam satu kandang. Setelah mengetahui cara ternak dengan metode yang lebih baik lagi maka dapat ditingkatkan lagi jumlah populasinya. Sekarang ini untuk memasarkan telur bebek cukup mudah karena biasanya pengepul yang akan datang ke kandang untuk mengambil telur tersebut.

Untuk telur bebek yang berwarna hijau kebiru-biruan biasanya dijadikan telur asin. Telur asin tersebut akan diolah oleh pengusaha telur asin dan didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia karena tahan selama beberapa hari. Untuk telur yang berwarna putih biasanya dijadikan telur tetas. Telur tetas biasanya dari jenis bebek yang potensial dijadikan pedaging.

Setelah mengetahui potensi dari ternak bebek petelur, maka kita tidak perlu ragu untuk memulai ternak bebek petelur. Dengan ditunjang pemasaran yang relatif lebih mudah dan modal yang terjangkau maka dapat memulai bisnis pembesaran bebek petelur.

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

Kata terkait:

Ternak bebek petelur modern, analisa usaha bebek petelur, cara ternak bebek petelur kering, kandang bebek petelur, cara ternak itik petelur tanpa air, jenis bebek yang potensial dijadikan bebek petelur, pakan bebek petelur, sistem pemeliharaan bebek petelur

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek petelur
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

One comment

Leave a Reply