sistem pemeliharaan

Mengenal Sistem Pemeliharaan Bebek dan Membandingkan Produktivitas Yang Dihasilkannya

Mengenal Sistem Pemeliharaan Bebek dan Membandingkan

Produktivitas Yang Dihasilkannya

Bebek dengan produksi telur yang banyak ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal. Bukan hanya sistem pemeliharaan, namun dipengaruhi oleh jenis bebek yang dipelihara. Bebek sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu bebek pedaging, bebek petelur dan bebek dwiguna (bebek pedaging dan petelur). Sehingga bebek yang dipelihara harus sesuai dengan tujuan pemeliharaan.

sistem pemeliharaan

Bebek Peking

Sistem pemeliharaan

Dalam sistem bebek pedaging, kita mengenal beberapa sistem pemeliharaan seperti sistem ekstensif, semi intensif dan intensif. Sistem yang menghasilkan bebek dengan produksi telur yang tinggi yaitu sistem intensif. Cara pemeliharaan dengan cara tradisional hanya akan menghasilkan telur 125 butir/ ekor/ tahun. Namun apabila peternak beralih menggunakan sistem semi intensif maka produk telur yang dihasilkan akan meningkat menjadi 165-170 butir/ ekor/ tahun.

Sistem pemeliharaan ekstensif

Sistem pemeliharaan bebek mempunyai pengaruh terhadap produktivitas bebek. Bebek yang dipelihara dengan sistem ekstensif (tradisional) tidak mempunyai kandang dengan sanitasi dan ventilasi yang baik. Bebek yang banyak diumbar di alam bebas untuk mendapatkan makanan secara alami. Bebek dengan pemeliharaan diumbar hanya akan menghasilkan telur sekitar 125 butir/ ekor/ tahun. Pemeliharaan secara tradisional kurang terkontrol asupan makanan dan minumnya. Jadi, bebek banyak mendapat makanan dari alam seperti di sawah, sungai atau lingkungan sekitar.

Sekarang ini sumber pakan alami ini sudah mengalami pengurangan karena semakin sempitnya area persawahan dan pemakaian pestisida yang sangat membahayakan unggas. Dengan demikian bebek yang dipelihara dengan cara ini perlu mendapatkan sumber pakan alami lainnya.

Sistem pemelihaaraan semi intensif

Sistem pemeliharaan semi intensif mempunyai perbedaan dibandingkan dengan pemeliharaan dengan sistem tradisional. Dengan metode ini peternak menyediakan kandang dan mempersiapkan makanan. Pada saat panen padi telah usai, bebek akan dilepaskan di alam terbuka guna mendapatkan makanan alami.

Bentuk kandang sistem semi intensif ini menggunakan sistem setengah terbuka. Di dalam kandang terdapat area terbika di mana bebek bisa bebas berkeliaran. Namun pemberian pakan dan minum belum optimal karena menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh di pasaran tanpa memperhatikan jumlah komposisi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk bahan pakan tambahan yang ada di alam biasanya dijadikan andalan guna memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti bekicot, keing, ikan kecil dan siput. Peternak menambahkan sejumlah pakan tambahan seperti dedak dan bekatul. Penggunaan konsentrat sendiri masih jarang dilakukan karena harganya yang cukup mahal. Dengan sistem ini bebek bisa menghasilkan telur sekitar 203-232 butir/ ekor/ tahun.

Sistem pemeliharaan intensif

Sistem pemeliharaan dengan sistem intensif mampu mendongkrak produktivitas telur menjadi 240-280 butir/ ekor/ tahun. Tentu faktor pemilihan bibit juga memegang peranan yang cukup penting untuk menghasilkan bebek dengan produksi telur yang tinggi. Pemeliharaan intensif membutuhkan kandang dengan ventilasi yang lancar, pemberian pakan yang baik, pengendalian terhadap penyakit, penanganan pasca panen dan pemasaran bebek. Di samping pemeliharaan, faktor lain yang bisa menunjang keberhasilan dalam pemeliharaan bebek yaitu pemilihan jenis bebek.

Pemilihan jenis bebek

Bebek sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, baik bebek lokal maupun impor. Bebek digolongkan menjadi 3 jenis yaitu bebek pedaging, petelur dan dwi guna (petelur dan pedaging). Masing-masing bebek mempunyai kemampuan produksi yang berbeda-beda. Untuk itu perlu memilih bebek yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan yang kita harapkan.

Kami menyediakan DOD bebek dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812 2028 8686
0822-2123-5378

AXIS:
0838-6918-5523

Kata terkait:

Ternak bebek pedaging, ternak semi intensif, beternak bebek petelur unggul, budidaya bebek mojosari, bebek betina lokal, harga pejantan lokal, harga DOD atau bibit bebek hibrida, kandang bebek

*Yuni Ambarwati*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
Jual DOD atau Bibit Bebek

Leave a Reply