Melirik Peluang Ternak Bebek Pedaging yang Menggiurkan – Budidaya bebek pedaging merupakan salah satu kegiatan yang banyak digeluti masyarakat Indonesia. Tak heran, minat masyarakat Indonesia akan daging bebek semakin hari semakin meningkat. Maka, beternak bebek merupakan salah satu lapangan usaha yang berpotensi memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Indonesia memang dikenal sebagai negara agraris yaitu negara yang sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian, namun mengingat kondisi geografis Indonesia, tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat untuk bisnis budidaya bebek pedaging. Selain itu, cara beternak bebek pedaging untuk pemula tergolong mudah dilakukan, sehingga banyak yang mulai beralih untuk menjadi peternak. Tidak hanya itu, harga bebek pedaging juga cukup stabil.

cara beternak bebek

Namun, sayangnya persediaan bebek pedaging masih belum bisa memenuhi permintaan yang tinggi. Pasalnya, bebek pedaging yang ditawarkan merupakan bebek afkir bebek yang sudah tidak bisa bertelur, sehingga menunggu masa panennya cukup lama. Selain itu, daging bebek afkir memiliki tekstur keras dan alot.

Perkembangan Bebek dari Masa ke Masa

Semakin berkembangnya teknologi, maka dilakukanlah perkawinan silang antara induk bebek sehingga diharapkan bisa mewarisi sifat baik kedua indukan yang biasa disebut dengan bebek hibrida. Salah satu jenis bebek hibrida yaitu hasil perkawinan silang antara bebek mojosari betina dengan bebek peking jantan. Bebek mojosari merupakan salah satu jenis bebek lokal yang terkenal dengan bebek petelur unggulan, sedangkan bebek peking merupakan bebek yang berasal dari Cina yang dikenal dengan bebek pedaging yang memiliki citarasa gurih.

Kandang Bebek Pedaging
Kandang Bebek Pedaging

Memang bebek hasil kawin silang tidak bisa menghilangkan kelemahan indukannya, namun setidaknya dengan perkawinan silang ini, sifat buruk tersebut tertutupi dan sifat baiknya yang lebih menonjol. Oleh karena itu, bebek hibrida merupakan jenis bebek yang bisa diternakkan untuk tujuan pedaging maupun petelur. Namun, kebanyakan orang, bebek hibrida ditujukan sebagai bebek pedaging, dikarenakan telur bebek hibrida berwarna putih atau abu-abu sehingga kurang menarik jika dikonsumsi. Cara ternak bebek pedaging hibrida tidak terlalu sulit, asalkan ulet dan sabar dalam mempelajari cara beternak agar sukses.

Selain itu, bebek peking merupakan salah satu jenis bebek pedaging yang berasal dari Cina dan sangat populer. Masa panen bebek peking juga tergolong cepat, yaitu sekitar umur 45 hari sudah bisa dipanen dengan berat sekitar 1,5 kilogram. Sehingga resiko kematian rendah dan lebih hemat biaya pemeliharaan maupun pakan. Dan tentu saja dagingnya lebih lembut dan gurih.

Sebelum budidaya bebek pedaging, terlebih dahulu melakukan analisa budidaya bebek pedaging untuk mengetahui modal yang kita butuhkan, bahkan kita juga mengira-ngira berapa keuntungan yang akan didapat nantinya.

Bagaimana Cara Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar ? 

Cara ternak bebek potong agar cepat besar sebaiknya menggunakan sistem intensif, yaitu bebek dipelihara dalam kandang dengan pemeliharaan yang teratur termasuk pakan dan pemberian vitamin. Pemeliharaan secara intensif lebih baik hasilnya dibandingkan pemeliharaan secara tradisional atau umbaran.

Bebek Peking
Bebek Peking

Dalam budidaya bebek intensif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang pertama yaitu kandang. Lokasi kandang perlu diperhatikan. Kandang jauh dari keramaian atau kebisingan, karena bebek mudah kaget dan stres dengan suara bising. Sebaiknya jauh dari permukiman, dikarenakan bau yang ditimbulkan bebek sangat menyengat, dikhawatirkan akan merugikan masyarakat di sekitarnya. Akses transportasi yang mudah juga membantu dalam pemasaran bebek.

Ternak Bebek Petelur
Kandang Ren

Pembuatan Kandang Bebek Pedanging yang Baik

Kandang bebek pedaging merupakan tempat beraktivitas bebek setiap hari, jadi kandang tidak perlu mahal, yang menjadi perhatian, kandang harus dibuat nyaman bagi bebek. Ukuran kandang menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Selain itu juga menyesuaikan jumlah bebek yang akan dipelihara. Tentu saja ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor berbeda dengan bebek 200 ekor dan seterusnya. Anda bisa membuat kandang sederhana dari bambu atau kayu.

Kandang sebaiknya menghadap ke timur atau matahari terbit, agar sinar matahari yang masuk cukup. Kandang diusahakan dalam kondisi kering, agar bebek tidak mudah terserang penyakit. Lebih baik lagi, apabila kandang bebek dibuat panggung agar kotorannya bisa langsung jatuh. Hal ini untuk menghindari bebek memakan kotorannya yang megakibatkan kematian.

usaha ternak bebek
Kandang bebek model lantai

Selain itu, Anda juga bisa membuat kandang bebek pedaging sistem keringyaitu tidak dibuatkan kolam dalam kandang, kebutuhan air hanya untuk minum. Hal ini biasa dilakukan peternak di daerah perkotaan, untuk mengurangi polusi bau, mengingat daerah perkotaan tidak bisa jauh dari permukiman.

Pemilihan Bibit Bebek Unggul Penunjang Produktifitas

Saat ini peternak bebek masih didominasi dari Pulau Jawa, sehingga dari luar Jawa masih mendatangkan bibit dari Jawa. Bibit merupakan salah satu penentu keberhasilan nantinya, sehingga Anda harus cermat dalam memilih bebek yang akan diternakkan. Beberapa ciri-ciri bebek yang sehat antara lain tidak cacat, tidak telihat sakit, gerakan lincah, bulu kering. DOD atau bibit bebek bisa Anda dapatkan dengan cara menetaskan sendiri atau membeli DOD di tempat yang sudah terpercaya. Untuk menetaskan sendiri, sebaiknya harus memiliki pengalaman terlebih dahulu. Karena penggunaan mesin penetas pun juga ada tata cara tersendiri.

Jual DOD atau Bibit Bebek Hibrida Pedaging untuk Daerah  Jakarta
DOD Hibrida

Selanjutnya yaitu mengenai pemberian pakan dan vaksinasi. Pakan bebek buatan pabrik biasanya berupa BR. Anda juga bisa memberikan pakan alternatif untuk menekan biaya pakan. Beberapa pakan alternatif antara lain jagung, dedak dan bekatul, tepung ikan, tepung keong atau bekicot, dan masih banyak lagi. Meskipun diberikan pakan yang murah tersebut, namun pemberian kosentrat harus tetap rutin meskipun sedikit, karena pakan alternatif tersebut hanya sebagai pakan tambahan untuk menekan biaya.

Silahkan hubungi kami hobiternak.com untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
cara ternak bebek potong agar cepat besar, analisa budidaya bebek pedaging, cara ternak bebek pedaging hibrida, kandang bebek pedaging, kandang bebek pedaging sistem kering, ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor, harga bebek pedaging, cara beternak bebek pedaging untuk pemula

<Duwi Kristinawati>
*.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: