Bebek Peking

Bisnis Ternak bebek Pedaging dan Petelur


Bisnis Ternak Bebek Pedaging dan Petelur

Dalam bisnis ternak bebek pedaging dan petelur, peternak perlu mengetahui cara ternak yang baik. Untuk  beternak ada  perbedaan bebek petelur dan pedaging dalam pemberian makanannya. Tetapi, Untuk saat ini bebek pedaging yang mempunyai keunggulan adalah bebek peking. Dalam hal pemeliharaannya beda bebek peking dan bebek lokal. Untuk Cara ternak bebek peking sebenarnya cukup sederhana dan dapat dilakukan bagi peternak pemula. Dengan pemeliharaan secara intensif dan dilakukan kontrol terhadap pakan, minum serta upaya pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit maka ternak bebek pedaging dapat menghasilkan pendapatan yang baik untuk peternak. Apalagi kebutuhan daging segar bebek mengalami peningkatan karena tingkat konsumsi masyarakat yang berubah. Saat ini fast food cukup digemari masyarakat menengah keatas karena praktis dan harganya cukup terjangkau.

Olahan Bahan Bebek
Olahan Bahan Bebek

Selain itu, jenis bebek yang cukup banyak peminatnya adalah bebek petelur. Telur bebek sendiri banyak dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan telur asin dan aneka kuliner berbahan telur. Dalam melakukan peningkatan pada produktivitas telur, biasanya orang lebih memilih dengan cara ternak bebek petelur kering. Maksud dari ternak bebek petelur kering ini, adalah bebek melakukan segala aktivitasnya didalam kandang. Bisnis ternak bebek petelur juga tidak membutuhkan modal yang banyak. Dalam memulai usaha sebaiknya melakukan perhitungan usaha ternak bebek dahulu agar bisa mengetahui berapa butuh modal yang dibutuhkan apalagi peternak sudah mempunyai kandang jadi modal yang ada penggunaannya untuk pengadaan bibit bebek petelur, pakan, minum, multivitamin dan sarana prasarana lainnya.

Aneka Olahan Telur Bebek
Aneka Olahan Telur Bebek

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang analisis usaha ternak bebek petelur lengkap dapat melihat table dibawah ini :

  1. Modal untuk kandang
  2. Sarana dan prasarana kandang
  3. Pengadaan bibit bebek petelur
  4. Pakan dan minum bebek
  5. Biaya obat-obatan

Selain itu juga perlu mengetahui analisa biaya ternak bebek pedaging. Hal tersebut untuk mengantisipasi meningkatnya pengeluaran yang tak terduga. Dengan demikian peternak mengetahui gambaran modal yang dibutuhkan dalam bisnis ternak bebek pedaging. Bebek pedaging yang potensial adalah bebek peking karena mempunyai beberapa keunggulan antara lain lebih tahan terhadap penyakit, cepat dipanen, mempunyai pertumbuhan yang cepat dan mempunyai peminat yang cukup banyak.

Untuk peternak pemula, dapat memulai bisnis ternak bebek pedaging dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.  Sebagai contoh untuk jumlah bebek yang dipelihara sekitar 100 ekor maka modal awal ternak bebek petelur untuk pengadaan bibit sekitar Rp584,000. Sedangkan untuk pakan harian membutuhkan 1 kg konsentrat 411, 20 kg bekatul dan 5 kg nasi aking (untuk penggunaannya perlu direndam selama 4 jam baru bisa diberikan). Setelah umur 6 bulan, bebek dapat mulai bertelur. Sedangkan pada bebek hibrida petelur mulai bertelur pada umur yang lebih muda yaitu umur 4 bulan.

Pada tahap awal bertelur, produksi telur mencapai sekitar 65%. Setelah berumur 6 bulan keatas produksi dapat mencapai lebih dari 75%. Dengan demikian peternak akan mendapatkan produksi telur yang terus meningkat. Keuntungan ternak bebek petelur diantaranya harga jual yang relatif stabil, biaya pemeliharaan yang relatif lebih terjangkau karena tidak mengandalkan pakan konsentrat yang harganya mahal, mudah dalam memasarkan produk telur dan dalam setelah memasuki masa afkir, bebek dapat dijadikan bebek pedaging.

Dalam ternak bebek pedaging dan petelur, peternak perlu mengetahui resiko ternak bebek pedaging. Bebek termasuk sejenis unggas yang lebih tahan terhadap penyakit namun peternak perlu mengantisipasi dengan melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit serta pengobatan terhadap bebek yang terkena penyakit. Dengan demikian peternak dapat mengurangi resiko kematian bebek. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk  mengurangi resiko penyakit pada bebek misalkan saja  kita juga harus melihat kondisi kandang bebek itu  apabila  lantai kandang  basah maka peternak bebek pedaging kandang panggung bisa digunakan sebagai alternatif lain.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek peking, bebek hibrida dan bebek mojosari baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:

ternak bebek pedaging, budidaya bebek peking, jenis bebek pedaging lokal, kandang untuk bebek petelur tujuan ditetaskan, jenis bebek pedaging unggulan lokal untuk, pengaruh kandang terhadap perkembangan bebek petelur, harga DOD atau bibit bebek pedaging hibrida

**Yuni Ambarwati**

 

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3.5 based on 2 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOD Bebek
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: